Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141397 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raden Isma Desiana
"ABSTRAK
Profesionalisme perawat di masyarakat dapat mempengaruhi persepsi pelajar
kelas XII dan minat melanjutkan pendidikan di bidang keperawatan. Tujuan
penelitian adalah mencari hubungan persepsi pelajar kelas XII tentang profesi
perawat dengan minat melanjutkan pendidikan keperawatan. Metode penelitian
ini survey analitik asosiasi dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 138
siswa kelas XII berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisa univariat
menunjukan responden terbanyak berusia 17 tahun (62%), jenis kelamin
terbanyak perempuan (70%), namun responden laki-laki (55%) memiliki persepsi
lebih positif dibandingkan perempuan (48%). Uji statistik yang digunakan Chisquare.
Hasil analisa bivariat menunjukan tidak ada hubungan antara persepsi
pelajar kelas XII di SMAN 1 Cibinong terhadap profesi perawat dengan minat
melanjutkan pendidikan di keperawatan (p=0.489, p>0.05). Peneliti
merekomendasikan dilakukannya penelitian lanjutan mengenai faktor yang
mempengaruhi persepsi pelajar tentang profesi perawat.

ABSTRACT
The professional nurses in the community can influence the perception of students
especially the class XII and the interests in continuing education in nursing. The
purpose of this research was to ain the relationship between perceptions of
students in the class XII about the nursing profession and their interest in
continuing education in nursing. The method is using an analityc survey of
associate with cross sectional approach. 138 high school students class XII
participated in this research. Research results are mostly students 17 years old
(62%), 70% girls, 48% girls comparate to 55% boys has positive perceptions
about nurse. Using Chi-square test, indicate that there relationship between
student perceptions of class XII at SMAN 1 Cibinong about the nursing
profession and their interest continuing education in nursing (p=0.489, p > 0.05).
This research recommends further research about factors that influance student
perceptions about nursing profession."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42593
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eko Cahyo Kurniawan
"Tesis ini menganalisa persepsi konsumen apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih skuter matik sekaligus atribut apa yang paling dominan dari atribut-atribut yang ada tersebut untuk dapat menjelaskan perkembangan skuter matik di wilayah Bali. Hal ini diangkat karena penjualan skuter matik di wilayah Bali memberi kontribusi yang terbesar terhadap total penjualan sepeda motor di Indonesia. Metode focus group discussion (FGD) digunakan sebagai metode awal dalam pembuatan kuesiner yang bertujuan untuk menganalisis persepsi atribut-atribut konsumen yang paling dominan baik dalam pemilihan sepeda motor (dalam lingkup luas) dan pemilihan skuter matik (dalam lingkup sempit). Responden adalah individu yang berusia 15 tahun ke atas, berdomisili di Bali dan menggunakan sepeda motor yang usia pemakaiannya tidak lebih dari 5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif dimana atribut-atribut yang ada dianalisis secara kuantitatif untuk dapat menunjang penjelasan kualitatif terhadap studi kasus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling dominan secara signifikan yang muncul dalam pemilihan sepeda motor adalah pendapatan konsumen yang diperoleh dari data pengeluaran rata-rata responden; sedangkan dalam pemilihan skuter matik, faktor yang secara signifikan dominan adalah atribut pendidikan responden. Meningkatnya penjualan skuter matik di Bali terjadi karena konsumen lebih mengutamakan atribut produk seperti model, kenyamanan dan hemat bahan bakar yang ditawarkan oleh produsen skuter matik.

Focus of this study are perception analyzing of which attributes that thinkable by consumer to choose automatic scoter include which is dominant for them, in case to explain automatic scooter in Bali area. This case chosen because of Bali`s automatic total sales contraibution compare to area`s motor cycle total sales. Focus group discussion (FGD) used as the first method to make questioner in order to perception analyzing of consumer attributes that dominant in case of choose motorcycle (large scope) and automatic scoter (small scope). Respondents are individu with 15 years old and up, live in Bali and use motorcycle not more than 5 years used. This study is quantitative-qualitative research, which attributes analyze in quantitative in order to support qualitative explanation of the case study. It showing that significantly dominant attribute in preferable consumer to choose motorcycle is individual income (base on individual expend every month); significantly attributes in preferable consumer are education level. Increasing Bali`s automatic scooter sales caused by product attributes that offering such as style, comfortable and less in using gasoline."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26601
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tasdikin
"Persepsi karyawan terhadap penerapan program K3 adalah pandangan karyawan terhadap apa yang diberikan perusahaan yang bertujuan agar karyawan terjamin keselamatan dan kesehatan kerjanya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali persepsi karyawan terhadap program Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Peternakan Ayam Broiler PT XYZ Wilayah Tangerang. PT XYZ merupakan perusahaan poultry atau peternakan ayam yang memiliki tingkat bahaya dan resiko yang cukup tinggi bagi karyawan yang bekerja di lapangan. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 56 orang.
Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu menggunakan kuesioner persepsi (kuantitatif) dan wawancara yang ditujukan kepada karyawan dan manajemen perusahaan (kualitatif). Program K3 yang diterapkan di PT XYZ antara lain pelatihan K3, Standar Operasional Prosedur (SOP), Alat Pelindung Diri (APD), Sarana dan prasarana, Jaminan K3, Beban kerja dan Jam kerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi secara umum responden terhadap program K3 di PT XYZ masih kurang baik. Dari hasil kuosioner didapatkan gambaran mengenai persepsi karyawan terhadap program K3 antara lain : Persepsi karyawan berdasarkan Pengetahuan K3 yg berkategori baik sebanyak 29 atau 51,8 % dan yang berkategori kurang baik sebanyak 27 atau 48,2 % responden, sedangkan persepsi karyawan berdasarkan sikap yang berkategori baik sebanyak 23 responden atau 41,1 % dan yang berkategori kurang baik sebanyak 33 responden atau 58,9 %.

Employee perceptions of program implementation Ocupational safety and health is a view of what is given to the employee that the company aims to secure the safety and health of employees work. The primary objective of this study is to investigate and explore employee perceptions of safety and health programs in Poultry Broiler XYZ Tangerang region. XYZ is a company of poultry or poultry that has the level of hazard and high risk for employees who work in the field. The number of respondents involved in this study were 56 people.
This research was conducted by two methods: using perception questionnaire (quantitative) and interviews addressed to employees and company management (qualitative). Ocupational safety and health program implemented in PT XYZ including training Ocupational safety and health, Standard Operating Procedures (SOP), Personal Protective Equipment, facilities and infrastructure, Security Ocupational Safety and Health , workload and working hours.
The results showed that the general perception of respondents to the Ocupational Safety and Health program in PT XYZ is still not good. From the results obtained questionnaire overview of employee perceptions of Ocupational Safety and Health program are: perception of employees based knowledge Ocupational Safety and Health which categorized either by 29 or 51.8% were categorized as poor and as much as 27 or 48.2% of respondents, while the perception of employees categorized by attitude well as much as 23 respondents or 41.1% were categorized as poor and a total of 33 respondents, or 58.9%.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahjoe Alkasah Gunawan Soeriakartalegawa
"Dewasa ini, produser menghadapi persaingan yang ketat untuk memasarkan berbagai barang. Oleh karena itu, pemasaran produk sekarang lebih menekankan kepada pelayanan kebutuhan pasar. Untuk dapat memenuhi hal ini, maka pemasar / produser memerlukan data yang lebih akurat itiengenai perilaku konsumen antara lain perilaku pembelian. Dengan adanya pengetahuan yang lebih akurat mengenai perilaku membeli ini maka diharapkan produser dapat mengarahkan produknya sesuai dengan kebutuhan pasar. Loudon dan Delia Bitta (1988) mengatakan bahwa ada satu jenis perilaku pembelian yang dikenal dengan nama pembelian impulsif atau pembelian tanpa perencanaan.
Hasil penelitian Dennis W Rook (1987 dalam Berkowitz. Kerin. Rudelius, 1989) menyatakan bahwa mereka mempunyai persepsi tertentu terhadap pembelian impulsif yang biasa mereka lakukan. Ada beberapa hipotesa yang telah mengulas pembelian impulsif, namun dengan melihat uraian yang diberikan Dennis terkesan bahwa hipotesa mengenai proses pembelian yang ada hubungannya dengan konsep-diri lebih sesuai untuk memperoleh jawaban sebagai hal yang berhubungan dengan pembelian impulsif.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep-diri dengan pendekatan 'multiple component'. Konsep-diri ini terdiri dari konsep-diri aktual, konsep-diri sosial, konsep-diri ideal. Perilaku seseorang merupakan cerminan dari konsep-dirinya. Dari segi perkembangan, konsep-diri ini merupakan suatu aspek penting pada remaja, oleh karenanya remaja dipilih sebagai sampel penelitian. Hurlock (1984) kemudian menjelaskan bahwa di antara konsep-diri-konsep-diri ini bisa terjadi diskrepansi/kesenjangan, antara lain diskrepansi antara konsep-diri aktual dengan konsep-diri ideal serta diskrepansi antara konsep-diri aktual dengan konsep-diri ideal. Buskirk dan Buskirk (1979) menjelaskan bahwa adanya kesenjangan ini menyebabkan seseorang lebih mudah tergiur untuk membeli barangbarang. Selain itu, dari hasil 'mini focus group' yang telah diadakan sebelumnya bahwa banyak remaja melakukan pembelian pakaian secara impulsif. Oleh karenanya peneliti berasumsi bahwa ada hubungan antara diskrepansi konsep-diri dengan pembelian pakaian secara impulsif.
Penelitian ini dilakukan terhadap 92 orang remaja yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya (Cinere, Ciputat dan sebagainya). Kepada mereka diberikan kuesioner yang terdiri dari data kontrol, alat pengukuran konsep-diri dan alat yang mengggambarkan perilaku pembelian pakaian secara impulsif.
Dari hasil penelitian ternyata pada remaja di Jakarta, semakin tinggi diskrepansi konsep diri aktual dengan konsep diri ideal akan diikuti dengan bertambah tinggi pembelian pakaian secara impulsif yang mereka lakukan. Beberapa hal menarik lain yang diteraukan adalah remaja Jakarta cenderung inelakukan 'reminder impulse buying' serta 'planned impulse buying'. Selain itu kebanyakan dari mereka menganggap bahwa potongan harga, promosi di TV, penyajian yang rapih dan teratur merupakan kriteria yang dipertimbangkan untuk membeli pakaian.
Beberapa hal yang menjadi bahan diskusi dan bisa dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut adalah penggunaan sampel dengan kelompok usia yang berbeda, pembuatan profil psikografis, pembuatan item-item yang standar untuk mengukur diskrepansi konsep-diri, penelitian pada jenis produk yang lebih beraneka ragam, serta melihat juga hubungan antara diskrepansi konsep-diri sosial dengan konsep-diri ideal sosial."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1994
S2622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Mulia Mayangsari
"Individu yang memiliki riwayat keluarga Diabetes Melitus tipe 2 (DMT 2) beresiko lebih tinggi untuk mengalami DMT 2. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki faktor risiko yang dapat dimodifikasi dengan dukungan kesadaran diri, persepsi dan sikap yang tinggi dari individu yang memiliki riwayat keluarga DMT 2. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi. Teknik Purposive Sampling digunakan untuk menentukan individu yang memiliki keluarga dengan diabetes tipe 2. Sembilan orang berpartisipasi dalam penelitian ini. Qualitative content analysis digunakan sebagai analisa data dan menggunakan pendekatan Collaizi. Tema utama yang menggambarkan individu dengan kesadaran diri, persepsi, & sikap adalah: Penyangkalan bahwa diabetes disebabkan oleh faktor keturunan; persepsi yang salah tentang diabetes; "Modalitas tradisional" sebagai upaya pencegahan terhadap diabetes tipe 2; dan DMT 2 dipersepsikan sebagai penyakit yang menakutkan. Diperlukan studi lebih lanjut untuk mengkaji secara mendalam tema yang telah teridentifikasi dengan jumlah partisipan yang lebih banyak dan bervariasi.

Individuals who have a family history of type 2 diabetes mellitus (DMT 2) have a higher risk of having type 2 diabetes. Type 2 diabetes can be prevented by improving modifiable risk factors, supported by self-awareness, perceptions and attitudes of individuals who have a high family history of DMT 2. This study used a qualitative phenomenological design. A Purposive Sampling techinique was applied to determine individuals who had parents with type 2 diabetes. Nine individuals participated in this study. A Qualitative content analysis with Collaizi approach used as a data analysis method. The main themes depicted individuals self awareness,perceptions, & attitudes were: denials that diabetes caused by heredity factors; misperception about diabetes; “traditional modalities” as a prevention measurement toward type 2 diabetes; and DMT 2 is perceived as a “threatening disease”. Further study is needed to examine in depth the themes that have been identified with more participants and various participants."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T41968
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cristy Damayanti Ridwan
"ABSTRAK
Kimchi bagi rakyat Korea bukan hanya sekadar makanan khas nasional, tetapi juga menjadi penjalin hubungan dengan nenek moyang dan generasi penerus. Kimchi juga berhasil menjadi magnit yang kuat untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia mengetahui tentang Kimchi dan berbagai makanan dari Korea Selatan. Hal ini tidak lepas dari usaha Korea Selatan untuk mempopulerkan Kimchi dan makanan Korea lainnya lewat drama, film, maupun persebaran restoran Korea Selatan di Indonesia. Tulisan ini menjelaskan tentang persepsi masyarakat umum di Indonesia tentang makanan khas Korea Selatan yang mulai dikenal hampir di seluruh negara sejak dilaksanakannya gastrodiplomacy. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media massa menjadi salah satu faktor penting dalam menjebatani perbedaan budaya, sehingga proyek gastrodiplomacy yang dilakukan Korea berhasil membuat Kimchi dan makanan khas Korea lainnya dapat diterima baik oleh masyarakat umum di Indonesia sebagai pilihan kuliner favorit ketika makan di luar rumah. Kata kunci: persepsi, masyarakat Indonesia, Kimchi

ABSTRACT<>br>
Kimchi for the Korean people is not just a typical national food, it also acts as a bond between the ancestors and the future generations. Kimchi also managed to become a powerful magnet to attract the attention of Indonesian society to know more about Kimchi and various foods from South Korea. This can not be separated from South Korea 39 s efforts to popularize Kimchi and other Korean food through dramas, films, and also the spread of South Korean restaurants in Indonesia. This paper explains the public perception in Indonesia about South Korean food that has been known almost in all countries since the implementation of gastrodiplomacy. Using qualitative descriptive method, the results of this research indicates that the role of mass media becomes one of the most important factors in overcoming cultural differences, so that Kimchi can be well accepted by Indonesian citizens as a favorite culinary choice when eating out. "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Naviska
"Ujian Nasional sebagai salah satu syarat kelulusan sekolah menimbulkan kecemasan dan perasaan stres bagi sebagian besar siswa kelas 3 SMA. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana yang bertujuan untuk mengetahui gambaran mekanisme koping pada siswa kelas 3 SMA menjelang Ujian Nasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 194 siswa kelas 3 SMA di SMAN 1 Purwakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi variabel penelitian. Hasil menunjukkan bahwa 51% siswa menggunakan mekanisme koping berfokus masalah dan 49% menggunakan mekanisme koping berfokus emosi.

National Exam as one of school graduation requirements cause anxiety and stress for most high school students in 3rd grade. This research used a simple descriptive design which has purpose to know the description of coping mechanisms of high school students in 3rd grade before the National Exam. Samples in this research were 194 high school students in grade 3 at SMAN 1 Purwakarta Academic Year 2011/2012. Sampling technique used was simple random sampling and use questionnaire as a research instruments. Furthermore, the data collected were analyzed using univariate analysis to determine the frequency of the study variables. The results showed that 51% of students use problem focused coping mechanisms and 49% of students use emotion focused coping."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43720
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>