Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112150 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Rifai
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S16225
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Theresia Augustina Sutan I.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25657
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fadilla Purwitasari
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh CSR pada kinerja keuangan 386 perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh negatif signifikan pada Market-to-Book MB value ratio of equity dan tidak berpengaruh signifikan pada Return On Asset ROA . Hal ini disebabkan karena pengaruh CSR baru bisa terlihat dalam profitabilitas jangka pendek dan belum adanya formulasi yang tepat mengenai pengaruh CSR pada kinerja keuangan membuat para investor masih menganggap kegiatan CSR hanya sebagai hal yang hanya menghabiskan aset perusahaan.

ABSTRACT
This thesis analyzes the effect of CSR on financial performance of 386 non financial companies listed on the Stock Exchange in 2014. The study was a quantitative research by regression analysis. The results showed that CSR has a significant negative effect on the MB value ratio of equity and no significant effect on the ROA. This is due to the influence of CSR can be seen in the long term profitability and the absence of proper formulation on the effect of CSR on financial performance makes investors still consider CSR as a matter of spending the company 39 s assets."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Anggraeni Amiruddin
"Dengan semakin meningkatnya era globalisasi, di dunia usaha semakin menyadari bahwa perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang mengacu pada single bottom line yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya saja, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya. Karena, menggantungkan semata-mata kepada kesehatan finansial belum tentu menjamin perusahaan bisa tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Tujuan dari karya akhir ini adalah melakukan analisis aktivitas Corporate Social Responsibilily pada Bank Syariah Mandiri sebagai bagian dari tanggung jawab yang bersifat sosial dari suatu perusahaan, untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan program CSR pada Bank Syariah Mandiri, prosedur kebijakan dalam pengambilan keputusan rentang kegiatan CSR, tingkat efektivitas pelaksanaan CSR Bank Syariah Mandiri, dan manfaat-manfaat yang diterima oleh para stakeholder khususnya karyawan, nasabah, dan masyarakat atas pelaksanaan CSR di Bank Syariah Mandiri. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa Bank Syariah Mandiri telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial kepada karyawan. masyarakat, dan nasabah. Pelaksanaan manajemen program CSR telah dilaksanakan dengan baik dan terprogram, kegiatannya sangat tergantung pada pemimpin divisi yang terkait dengan CSR, yang dalam menentukan jenis kegiatan CSR memperhatikan prioritas kegiatan, manfaat/faedah. mengatasi, mencegah masalah sosial, bersifat menguntungkan bagi perusahaan, dan anggaran dana yang tersedia. Secara menyeluruh efektivitas program CSR yang dilaksanakan selama ini oleh BSM telah berjalan dengan baik, hanya saja terdapat kekurangan, dimana sampai saat ini BSM tidak memiliki aturan yang secam ekaplisit dan khusus untuk rnenilai penyaluran dana CSR dari pihak BSM kepada pihak terkait. lmplementasi tingkat tanggung jawab sosial pada BSM bukan hanya sekedar memberikan bantuan dan sumbangan dana tetapi juga mengembangkan pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi begitupun dengan nasabah dan karyawan BSM yang telah merasa puas terhadap tanggung jawab sosial yang BSM berikan kepada mereka. Adapun manfaat-manfaat yang diterima oleh karyawan, nasabah, dan masyarakat contohnya adalah adanya peningkatan pertambahan kualitas sarana dan prasarana umum peningkatan kemandirian masyarakat secara ekonomis, serta peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat secara berkelanjutan.

In the globalization era, companies no longer face single bottom line responsibilities where corporate values are reflected not only by their financial conditions but also their social and environment aspects. Companies' sound financial conditions do not guarantee the sustainability of companies' growth. Therefore, the pllrpose of this theses is to analyze Corporate Social Responsibility activities in Bank Syariah Mandiri as part of corporate responsibilities and to find out about the concept and application of CSR program in Bank Syariah Mandiri, the procedures in making policy decision concerning CSR activities, the effectiveness of CSR program in Bank Syariah Mandiri, and the benefits received by its stakeholders especially its employees, customers, and society from CSR program in Bank Syariah Mandiri. Based on this study, Bank Syariah Mandiri has been implementing various social activities to its employees, society, and customers. The management of CSR program has been well programmed where its activities really depend on head of dlvision related to CSR who in determining CSR activities looks upon priority, benefit. social problem solving, corporate profitability, and budget availability. In whole, the effectiveness of CSR program in BSM is good, Nevertheless, until now BSM still does not have explicit and special rules to assess the donation of CSR fond from BSM. The CSR implementation in BSM is not only giving charity and donation but also empowering the society's social and economic condition as well as giving satisfaction to lhe customers and employees. The benefits received by stakeholders are, for example, the quality improvement of public facilities, the society's economic independence improvement and the sustainable increase of society 's quality of life."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27022
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amin Widjaja Tunggal
Jakarta: Harvarindo, 2008
658.4 AMI c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sibarani, Simon
"Berdasarkan UU PPh, biaya CSR dan biaya promosi dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto. Namun, pengakuan dana CSR sebagai biaya secara fiskal masih dibatasi yakni sebesar 5% dari penghasilan neto fiskal tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, perusahaan perlu melakukan perencanaan pajak terkait biaya CSR dan biaya promosi agar dicapai alokasi biaya yang optimal untuk mendukung untuk fungsi pemasaran, termasuk pada perusahaan FMCG.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan pertimbangan perlakuan PPh atas biaya CSR dalam PP Nomor 93 Tahun 2010 dan menggambarkan perencanaan Pajak Penghasilan atas biaya CSR dan biaya promosi pada perusahaan FMCG. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan deskriptif dan menggunakan studi lapangan berupa wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak terkait biaya CSR dan promosi mempertimbangkan perbandingan koreksi fiskal terhadap peningkatan omzet, serta aspek perpajakan lain seperti PPN dan PPh Pasal 23 yang juga dapat menjadi beban bagi perusahaan.

Based on Tax Income Laws, CSR and promotion cost could be regarded as expense to deduct gross income. However, the fiscal acknowledgement of CSR cost as deductible-expense is still limited, which is 5% of prior year’s fiscal net income. Hence, corporate needs to perform a proper tax-planning in regard both expenses so they could complementarily support marketing function, as in FMCG companies.
This research is aimed to explain the consideration of Income Tax treatments toward CSR expense in PP Nomor 93 Tahun 2010 and to describe income tax planning due to CSR and promotion expenses in FMCG companies. This research is qualitative with descriptive purposes and utilizes in-depth interviews as field-study in acquiring the data.
Result of this research leads to the fact that the tax planning due to CSR and promotion costs in FMCG companies considers the ratio of CSR fiscal-difference cost to net-sales increase and other tax implications such as Value Added Tax and Witholding Tax 23, which might emerge as burdens for companies.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54977
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Mercyana Iswandi
"Tesis ini membahas komunikasi corporate social responsibility (CSR) dalam membangun reputasi perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Model penelitian yang digunakan adalah untuk mengukur exposure to IMC terhadap cognitive response, attitude, dan reputasi.
Hasil penelitian menyarankan agar Lifebuoy sebaiknya melaksanakan aktivitas CSR dan komunikasinya secara terencana dan berkelanjutan serta memperbanyak komunikasi pemasaran yang mengandung pesan akan akan kemampuan Lifebuoy dalam memperbaiki kondisi kebersihan dan kesehatan masyarakat Indonesia yang didukung dengan hasil riset.

The focus of this study is corporate social responsibility communication to build
corporate reputation. The purpose of this study is to analyze communication CSR towards
reputation.This research is quantitative descriptive. The data were collected by means of
deep interview and questionnaire.
The researcher suggests that Lifebuoy should implement CSR activities and its communication continuously and increase marketing communication that contains the message of Lifebuoy capability to improve the healthiness and cleanliness condition of Indonesian citizen that supported with research's result."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28103
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Widhiarti
"ABSTRAK
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan perusahaan
yang memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Hal ini membantu
perusahaan membangun reputasi perusahaan dimana dapat membentuk
keterikatan karyawan (employee engagement) terhadap perusahaan.
?Employee involvement in CSR program? merupakan salah satu program
CSR Bank Mandiri yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2011
dimana melibatkan seluruh karyawan Bank Mandiri dengan tujuan diantaranya
adalah untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan keterikatan
karyawan terhadap Bank Mandiri.
Penelitian ini merupakan analisa hubungan pelaksanaan program CSR Bank
Mandiri ?Employee involvement in CSR program? terhadap reputasi Bank
Mandiri dan keterikatan karyawan pada Bank Mandiri.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain
penelitian deskriptif ? konklusif. Penelitian ini berdasarkan data primer berupa
kuesioner yang dikumpulkan dari responden yang kesemuanya merupakan
karyawan Bank Mandiri kantor pusat di Jakarta. Structural Equation Model
(SEM) diadopsi untuk menganalisis data dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa program CSR Bank Mandiri ?Employee involvement in CSR
program? mempunyai hubungan terhadap reputasi perusahaan namun tidak
mempunyai hubungan terhadap keterikatan karyawan.

Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) is a corporate activity that provides
benefits to society and the environment. This helps the company build a
reputation which can form the engagement of employees (employee engagement)
against the company.
?Employee involvement in CSR program? is one of the Bank Mandiri?s
CSR programs implemented by Bank Mandiri since 2011, which involves all
employees of Bank Mandiri, and the aim of this program are to enhance the
corporate reputation and improve employee engagement to Bank Mandiri.
This study is an analysis of the relationship of the implementation of the
CSR program of Bank Mandiri "Employee involvement in CSR program" to the
reputation of Bank Mandiri and employee engagement on Bank Mandiri.
The study is a quantitative study, by using descriptive research design -
conclusive. The research is based on primary data collected in the form of
questionnaires from respondents all of whom are employees of Bank Mandiri in
Jakarta headquarters. Structural Equation Model (SEM) is adopted to analyze the
data and test hypotheses. The results of this study indicate that the CSR program
of Bank Mandiri "Employee involvement in CSR program" have the relationship
to the corporate reputation but have no relationship to the employee engagement."
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kewajiban yang dilaksanakan oleh perusahaan pertambangan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT) terbaru, yaitu UU Nomor 40 tahun 2007. Seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap kualitas kehidupan, harmonisasi pemangku kepentingan untuk lebih mempunyai tanggung jawab sosial dalam menjalankan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan CSR yang sesuai dengan pasal 74 undang-undang tersebut dan untuk mengetahui kebijakan yang telah dilakukan oleh PTBA dalam implementasinya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan data sekunder dan primer. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan tentang pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang berkaitan dengan pengentasan masalah-masalah sosial kemasyarakatan."
TMB 8:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Dwi Saputro
"Penelitian ini membahas mengenai kebijakan pajak penghasilan atas kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT ABC. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan PT ABC melaksanakan CSR sudah berada dalam cakupan beyond compliance dan perlakuan pajak penghasilan atas CSR tergantung dari bagaimana CSR tersebut dilaksanakan. Selain itu, program CSR bidang lingkungan dan pemberdayaan belum terakomodir dalam peraturan pajak sehingga tidak dapat menjadi biaya pengurang penghasilan. Hambatan yang dihadapi perusahaan dalam pelaksanaan CSR yaitu adanya tindakan otonomi pemerintah daerah yang meminta anggaran CSR perusahaan diserahkan ke pemerintah daerah dan adanya LSM yang memanfaatkan kegiatan CSR perusahaan untuk kepentingan pribadi.

This research discusses the income tax policy on Corporate Social Responsibility (CSR) at PT ABC. This research was conducted using a qualitative approach. Results of this study indicate that the purpose of implementing CSR PT ABC is within the scope beyond compliance and income tax treatment of CSR depends on how CSR is implemented. In addition, the CSR program environment and empowerment have not been accommodated in the tax rules so there can’t be a cost deductio n on income. Obstacles encountered in the implementation of CSR companies among others, the actions of local government autonomy CSR budget request submitted to the local government and the existence of NGOS that utilizes the company's CSR activities for personal gain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S53318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>