Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138707 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Disna Harvens
"Penelitian ini membahas mengenai penggunaan twitter oleh Jokowi Basuki pada saat Pemilukada DKI Jakarta 2012. Pemilukada DKI Jakarta tergolong fenomenal karena hampir semua kandidat menggunakan situs kandidat dan twitter dalam berkampanye. Di antara kandidat lainnya Jokowi Basuki adalah pasangan kandidat yang menggunakan twitter secara efektif dalam berkampanye. Efektivitas penggunaan tersebut terlihat dari tingginya popularitas dan elektabilitas mereka di dalam media sosial yang kemudian menyebabkan mereka memenangkan. Pemilukada DKI Jakarta Tingginya popularitas dan elektabilitas mereka di media sosial berkaitan erat dengan penerapan dan strategi pemasaran politik yang mereka gunakan selama berkampanye dengan menggunakan twitter. Fokus penelitian ini adalah membahas mengenai penerapan dan strategi penggunaan twitter Jokowi Basuki pada saat berkampanye di Pemilukada DKI Jakarta 2012. Selain itu penelitian ini ingin menganalisis hubungan antara penggunaan twitter terhadap kemenangan Jokowi Basuki.

The purpose of this research is to analyze the use of twitter by Jokowi Basuki during the Jakarta rsquo s Local Government Election 2012. In this Jakarta Local Government Election is different than another election because all candidates use social medialike twitter as their alternative basis of campaign. Among all candidates Jokowi Basuki were the most successful candidate that used this media of campaign Their success was due to the practice and strategy that they used all through the campaign. The focus of this research to describe the campaign strategy in twitter by Jokowi Basuki during election. Futhermore this research is going to analyze the relation betweenthe use of twitter toward Jokowi Basuki rsquo s victory in the election."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Idham Holik
"Penelitian ini merupakan studi tentang komunikasi politik pencitraan kandidat dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012, khususnya yang difokuskan pada pencitraan Jokowi. Kemenangan Jokowi dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 sangat fenomenal Jokowi adalah kandidat yang berasal dari luar Jakarta mampu mengalahkan kandidat petahana (incumbent). Pencalonan Jokowi menjadi cermin bahwa Partai PDI Perjuangan sebagai partai yang berorientasi pasar dan konsultan (consultant-and-market oriented party) atau disebut juga dengan istilah professionalized party. Keunggulan skor Jokowi dalam hasil Survei Opinion Leader (Cyrus Network & Laboratorium Psikologi Politik UI) menjadi rujukan utama kebijakan Partai PDI Perjuangan dalam mencalonkan Jokowi sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pemilukada 2012. Jokowi adalah kandidat pilihan pasar (market-choice candidate). Jokowi adalah kandidat ideal yang diyakini memiliki kompetensi kepemimpinan untuk memimpin Jakarta. Cyrus Network, sebuah lembaga konsultan politik, bersama Laboratorium Psikologi Politik UI telah menjadi promotor atau endorser pencalonan Jokowi.
Profesi sebagai promotor atau endorser kandidat ideal telah menjadikan Cyrus Network menjadi penciptra tradisi baru dalam dunia konsultansi politik di Indonesia dan dunia selama ini belum ada publikasi hasil penelitian yang menyatakan ada sebuah lembaga konsultan politik menjadi promotor kandidat. Cyrus Network mendobrak tradisi lama dalam dunia konsultasi politik dimana keterlibatan konsultan politik dalam pemilu didorong oleh semangat bisnis (market-driven consultant). Dukungan Cyrus Network terhadap Jokowi dilandasi oleh semangat idealisme (idealism driven consultant).
Dalam riset-riset terdahulu dinyatakan bahwa konsultan politik sangat dominan dalam mencitrakan kandidat sehingga konsultan politik disemati dengan beragam profesi seperti sebagai image merchants (Heibert, et al, 1971), arsitek kampanye dan ahli komunikasi politik (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers (Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000), dan konsultan citra (image consultant) (Perloff, 2010).
Untuk kasus kampanye citra (image-making campaign) Jokowi, konsultan politik tidak demikian. Jokowi sangat dominan dalam kampanye citranya, sehingga konsultan politik tidak sama sekali memodifikasi citra politik Jokowi, tidak seperti Fauzi-Nara –di putaran kedua, konsultan politiknya melakukan perubahan citra politik Fauzi misalnya dari gaya komunikasi arogan menjadi santun. Komunikasi politik pencitraan Jokowi menggunakan pendekatan alamian (natural approach). Jokowi adalah kandidat yang memiliki citra otentik (authentic image). Jokowi adalah seorang kandidat yang memiliki kecerdasan dalam marketing politik, public relations politik, manajemen isu politik, manajemen kesan politik, dan estetika komunikasi politik. Produk-produk politik seperti baju kotak-kotak, salam metal, kampanye blusukan, dll merupakan murni gagasan Jokowi sendiri, bukan konsultan politik. Ini semakin menegaskan bahwa masa kampanye adalah masa penguatan citra politik bukan penciptaan citra politik kandidat. Ini artinya bahwa selain terkait dengan kualitas personalitas, citra politik kandidat tidak terlepas pada persoalan rekam jejak politik masa lalu kandidat kampanye permanen menjadi kunci pencitraan kandidat petahan. Kasus Jokowi semakin menegaskan bahwa di era personalisasi politik, citra politik kandidat harus otentik bukan kemasan. Di era personalisasi dan mediatisasi politik elektoral, otentisitas adalah kunci efektivitas komunikasi politik pencitraan kandidat. Inilah yang penulis sebut dengan istilah Universitas Indonesia authentic candidate theory. Konsultan politik hanya mengkomunikasikan otentisitas citra kandidat. Dalam era personalisasi politik elektoral, konsultan politik hanya sebagai manajer kampanye (campaign manager) dan penguat citra politik (political image reinforcer).
Temuan disertasi ini menjadi kritik terhadap deliberative priming theory (Medvic, 1997) dimana sebagai primer atau issue chooser, konsultan politik merekayasa citra kandidat melalui pemilihan isu politik. Selain itu juga, temuan riset ini menjadi kritik atas temuan dari penelitian De Landtsheer, De Vries, dan Verstessen (2008:225) tentang penampilan politik yang pantas (the appearance of political suitability) dalam manajemen kesan politik (political impression management). Citra politik kandidat sangat bergantung pada kepantasan politik dan ini terletak pada penampilan fisik kandidat. Oleh karennya, kandidat memungkinkan untuk memanipulasi atau merekayasa penampilan fisiknya seperti yang diinginkan (politically desirable).

The research is a part of study of political communication that explains the imagemaking of candidate in 2012 Jakarta Gubernatorial Elections, especially Jokowi. Jokowi’s electoral triumph in 2012 Jakarta Gubernatorial Election is the most phenomenal he is a candidate from outside Jakarta who have been defeated the powerful incumbent candidates Fauzi-Nara. Jokowi’s candidacy represents that Indonesian Democratic Party of Struggle (PDI Perjuangan) is as a consultant-centered and-market-oriented party –in the other words, it is a professionalized party. Excellence of Jokowi’s grade in Opinion Leader Survey findings (issued by Cyrus Network a political consultant firm, and Political Psychology Laboratory of University of Indonesia) become as a main source of PDI-P’s policy in nominating Jokowi as a gubernatorial candidate in 2012 Jakarta direct local elections. Jokowi is a market-choice candidate. Jokowi is an ideal candidate who is believable to have the high competence of leadership to lead the Jakarta province. The Cyrus Network and the Political Psychology Laboratory of UI were political promoters or endorsers for Jokowi’s candidacy.
The profession made them as the makers of new tradition in the world of political consultancy in Indonesia and the world wide –there is no publication of research of political consultants in all the time that describes the political consultants as the candidate promoters or endorsers. The Cyrus Network have broken the old tradition of political consultancy where involvement of the consultants in elections were driven by the spirit of business –in the other word, they are the market-driven consultants. Cyrus Network’s endorsement for Jokowi’s candidacy was based by the spirit of political idealism –in the other words, it is an idealismdriven consultant.
According the previous research of political consulting, the political consultants were the most dominant in making candidates’ image. Therefore, political consultants’ profession were as image merchants (Heibert, et al, 1971), campaign architects and experts of political communication (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers (Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000) and image consultant (Perloff, 2010). However for the case of Jokowi’s image-making campaign, it was different where the political consultant was not dominant in modifying or reengineering. Jokowi’s political image, not as the case of Fauzi-Nara –in the second round of the direct local elections, their political consultants have been modified or reengineered their image, e.g. the political consultant have modified Fauzi’s political style from arrogant to be polite.
In the practice of political communication of image making, Jokowi had used the natural approach that created authentic image –in the other words, Jokowi was an authentic candidate. It was caused by Jokowi’s intelligence in political marketing, political public relations, political issues management, political impression management, and aesthetics of political communication. All of Jokowi’s political products was his brilliant ideas e.g. “iconic” checkered shirt, metal sign or greeting, “blusukan” (impromptu visits) campaign, etc, not the political consultants. It argues that the campaign is a phase of political image reinforcement, not political image formation. It explains to us that the politician’s past record is the key of successful of candidate’s image formation –especially, the permanent campaign is the key success for the Universitas Indonesia incumbents. In personalization era, the main factor of image making is authenticity, not modifications or packaging as well as engineering. The authenticity is the main factor for making political communication of candidate image-making more effective. So, the writer calls it as the authentic candidate theory. The political consultants only communicate the authenticity. In this era, they are just as the campaign manager and political image reinforcers or sharpener.
This research’s finding becomes as criticism for the deliberative priming theory (Medvic, 1997) that explained political consultants as issue primers or choosers whose political skill in engineering the candidate’s image through political issue priming. It is also criticism for a research that is hold by De Landtsheer, De Vries, & Verstessen (2008). Their research finding explains that the appearance of political suitability in political impression management is rooted to candidate’s physical appearance. Therefore, it is possible to manipulate the physical appearance of candidate in a “politically desirable” sense.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
D1996
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triana Mitayani
"Penelitian ini membahas mengenai strategi kampanye campuran yang digunakan oleh Jokowi-Ahok pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Fokus penelitian ini yaitu menjelaskan bahwa kampanye yang dilakukan Jokowi-Ahok merupakan strategi kampanye campuran atau kampanye post-modern. Kampanye post-modern adalah campuran antara kampanye pra-modern dan kampanye modern. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam dan dilengkapi dengan penelusuran data sekunder melalui buku, jurnal, artikel online dan sumber lainnya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dipilihnya strategi kampanye campuran pada pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jokowi-Ahok ditentukan oleh keterampilan kandidat, keterampilan tim kampanye, penggambaran media dan lanskap politik.

This thesis discusses about campaign strategy which used by Jokowi-Ahok during the Jakarta?s Governor Election 2012. This thesis focused to explain that Jokowi-Ahok?s campaign strategy is mixed campaign strategy or post-modern campaign. Post-modern campaign is acombination between pra-modern and modern campaign. This research is a qualitative methods with primary data collected in-depth interview and secondary data collected books, journals, online articles and other sources as a data collection techinques. The result of this thesis is the mixed campaign strategy by Jokowi-Ahok as a Governor and vice Governor is determined by personal skill of candidates, skill of campaign team, the media?s image and political landscape.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S59608
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindya Esti Sumiwi
"ABSTRAK
Isu etnisitas dan agama (SARA), yang muncul di media sosial Twitter, dilekatkan pada Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat selama Pilkada DKI Jakarta 2017 berlangsung. Perihal konten atau pesan politik, hingga mereka yang disebut sebagai influencer telah menjadi variabel-variabel penting dalam upaya penanganan isu tersebut. Pertanyaan penelitian dalam penulisan ini adalah, seperti apa bentuk konten yang dihasilkan? Bagaimana peran influencer selama kampanye berlangsung? Dengan metode kualitatif, penulis melakukan berbagai kajian literatur, seperti buku, jurnal ilmiah, data monitoring media sosial, dan pemberitaan media daring, hingga wawancara mendalam dengan sejumlah tim pemenangan Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten atau pesan politik, serta influencer telah membentuk persona pasangan petahana sebagai sosok "bineka". Dengan key message seputar keberagaman, sosok Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat dibangun dalam citra sebagai pelayan rakyat yang bekerja untuk semua kalangan. Hal ini dibentuk dalam rangka diferensiasi dengan pasangan calon lainnya. Namun demikian, pesan politik akan keberagaman ini sendiri telat disampaikan secara eksplisit, dan baru lebih gencar ketika memasuki kampanye putaran kedua. Walaupun sejak putaran pertama telah ada upaya netralisasi terhadap isu SARA, kampanye yang dilakukan pun masih bersifat parsial. Pada akhirnya, tolak ukur keberhasilan suatu strategi kampanye dilihat dari tujuan utama kampanye tersebut dilakukan. Bila dilihat dari persebaran sentimen pada masa akhir, kampanye media sosial yang dilakukan oleh tim pemenangan dapat dikatakan berhasil. Namun demikian, hal ini tentunya tidak bisa serta-merta dikaitkan dengan hasil akhir pemilu.

ABSTRACT
The ethnicity and religion issue, which appeared on Twitter, was attached to Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat during the 2017 Regional Election of DKI Jakarta underway. The content or political message, and those called as influencers had become important variables in handling the issue. The research questions in this writing are, What was the form of the contents? How was the role of influencers during the campaign? By using the qualitative method, the researcher did literature studies, to the in-depth interviews with some members of the campaign team of Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat. The result of this research shows that the content or political message and the influencer had formed the image of this candidate as the "bineka" persons. In the key message of diversity, the image of Basuki T. Purnama - Djarot S. Hidayat was built as the servant of the people that work for all circles in DKI Jakarta. It was formed in order of differentiation with the other candidate. Nevertheless, this political message of diversity was too late to be delivered explicity, and getting more intensified when the campaign was entering its second round. Although there were efforts to neutralize the ethnicity and religion issue on the first round, the campaign was done partially. In the end, the benchmark of success of a campaign strategy can be seen from the main purpose of the campaign itself. As it is seen from the sentiment deployment in the last moment, the social media campaign which was done by the winning team, could be deemed successful. But however, it can't be automatically linked to the final result of the election."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T50029
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Fitria Sari
"Skripsi ini mengangkat topik mengenai praktik dari pendekatan political public relations yang dilakukan Jokowi pada masa pra (“to win” phase) dan pasca (“to govern” phase) Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 dengan memanfaatkan strategi politik simbol (symbolic politics) berupa simbol politik Baju Kotak-kotak dan blusukan. Melihat dari perspektif kritis, penelitian ini bertujuan menguak proses di balik pendekatan political public relations Jokowi terkait dengan keberhasilannya menggalang dukungan suara dan memenangkan pemilihan yang terbilang mustahil dalam kalkulasi politik karena keterbatasan modal politik, serta terciptanya konsistensi dukungan partisipasi masyarakat Jakarta atas segala kebijakan yang diberlakukan Jokowi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara mendalam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa narasi politik menjadi elemen kunci dari simbolisasi politik Jokowi yang berhasil menciptakan kesadaran semu (false consciousness) dengan cara mensistematisir kesadaran dalam rangka melanggengkan dukungan masyarakat.

This thesis is discussing about Jokowi’s political public relations practice on pra (“to win” phase) and pasca (“to givern” phase) Jakarta Local Governor Election 2012 through symbolic politics which is expressed in form of Baju Kotak-kotak and “Blusukan”. Using critical prespective, this research is aimed to croak the real process of the approach which successfully brought Jokowi to gain high total votes dan won the election which is impossible in political calculation since his limited political capital; and also creates the consistency of local society high antusiasm to every single policies that he run. From the findings it is then concluded that political narrative roles as the key element of Jokowi political symbolization which is mindfully creating false consciousness by systemizing human consciousness in order to eternalize public supports.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S53725
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gadis
"Penelitian ini menggali bagaimana sepasang kandidat menggunakan pendekatan branding dalam kontestasi pilkada. Perumusan dan penerapan political branding Jokowi-Ahok, pemenang Pilkada DKI Jakarta 2012, menjadi sentral tulisan ini. Melalui wawancara mendalam dengan pihak yang terlibat dalam penerapan konsep ini, ditemukan bahwa kemampuan membaca konteks sosial, politik, historis menjadi dasar political branding Jokowi-Ahok, khususnya dalam menentukan positioning, political brand dan media komunikasi yang sesuai. Berdasarkan analisis tadi, merek politik pun dibuat bertumpu pada kekuatan figur pasangan guna meraih simpati publik, dibantu dengan wacana politik, cara kampanye, dan baju kotak-kotak. Hasil penelitian ini memperlihatkan bagaimana branding diterapkan pada konteks politik untuk menggalang partisipasi di tengah situasi politik yang semakin tersekularisasi.

This research studies how a pair of candidates adopts branding approach to win a local election. Jokowi-Ahok’s political branding, the winning pair of the 2012 Jakarta Gubernatorial Election becomes the central of this paper. In depth interviews with their branding expertise were conducted, and it is found that the proficiency in understanding social, political, and historical context became the foundation of Jokowi-Ahok’s political branding, including positioning, political brand, and media used for communicating the brand. Their political brand was then made to rely most on their figures, yet political ideas, campaign maneuvers and checkers shirt also play a part. The result of this research shows how branding approach is applied in political context to gain political participation in the more secularized politics.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47416
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dahnia Rakhmasari
"Penelitian ini mendeskripsikan tentang Peran Media sosial sebagai sarana dalam Kampanye Politik dan Pembentukan Personal Brand bagi Joko Widodo sebagai sarana untuk mempengaruhi pemilih pemula dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Data Pemilih Pemula diambil sampel 100 orang di SMA di (Lima) Wilayah DKI Jakarta, dengan memberikan kuesioner pertanyaan terdiri dari 3 (tiga) variabel, yaitu : Media Sosial, Personal Brand dan Keputusan Memilih.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Analisis kualitatif yang didukung data hasil survey, data akan ditabulasikan kemudian digunakan untuk menjelaskan implikasi antar variabel. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara mendalam dengan informan serta adanya acuan teori-teori sebagai dasar pemikiran penelitian yang selanjutnya di triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Wawancara dengan Nara Sumber dilakukan terhadap Ir. Joko Widodo (Mantan Gubernur DKI Jakarta sekarang Presiden RI), Alexander Ferry (Founder Jasmev), Jose Rizal (Founder Politicawave) dan Bapak Eko Haryadi (Humas Pemprov DKI Jakarta). Teori-teori yang digunakan dalam analisis Tesis yaitu: Statistik Deskriptif, Kampanye Politik, Teori Kharismatik, Brand Personality, Teori Media Baru, Teori Keputusan Memilih dan Ketahanan Politik.
Penelitian ini melihat bagaimana relevansi keberhasilan Jokowi dalam menerapkan Konsep Personal Branding yaitu Positioning, Differensiasi dan Brand Image (PDB) dalam menaikan popularitasnya sehingga Pemilih Pemula memberikan suaranya pada Pilkada DKI Jakarta 2012 kemarin dan berhasil membawa Jokowi menuju kemenangan. Dihubungkan dengan Ketahanan Politik, akan diteliti apakah Media sosial dapat efektif mendukung Ketahanan Politik atau sebaliknya akan menjadi ancaman bagi Ketahanan Politik Wilayah DKI Jakarta.

This research describe about the role of social media as one of Political Campaign tools that had been chosen by Jokowi and successfully brought big impacts for early voters in choosing Jokowi as a DKI Jakarta Governor. Sample Data were taken for 100 high school students by giving the questionnaire. Questions consists of 3 variables: Social media, Personal branding and votes decision.
Research method used is qualitative analysis supported with Survey and used to explain the implications between variables. Another techniques which used to collect the data was by in-depth interviews with informants and the existence of reference as basic theories thought that research next in triangulation source to test the credibility of the data and checking the data has been obtained through several sources done. With in-depth Interviews with sources: Ir. Joko Widodo (Former Governor DKI Jakarta), Alexander Ferry (Founder of JASMEV), Jose Rizal (Founder Politicawave), Eko Haryadi (Public Relations Pemprov DKI Jakarta). Analysis using some theories are: Descriptive statistics, a political campaign, charismatik theory, brand personality, the theory of new media, political decision theory.
This research is to learn the relevance of Jokowi in applying the concept of personal banding that are: positioning, differentiation and the brand image (GDP) so that voters give their vote on Jakarta Governor Election 2012 and succeeded in carrying jokowi to victory. Along with the political resilience,whether social media can be effective to support the political resilience or vice versa, will be a threat to the political resilience in DKI Jakarta.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kemal Nouval Hamzani
"Penulisan ini mengangkat permasalahan diskriminasi yang dialami minoritas di ranah politik dengan studi kasus ujaran kebencian yang dialami Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjelang Pilkada Jakarta 2017. Melalui penulisan ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan apa yang menjadi sebab ujaran kebencian terhadap Ahok, seorang Tionghoa dan Kristen, di Indonesia menjelang Pilkada Jakarta 2017. Metode penulisan ini menggunakan analisis konten berupa tweet yang mengandung unsur kebencian terhadap Basuki Tjahaja Purnama dalam periode September 2016-April 2017 dan publikasi jurnal dari beberapa ahli, dengan landasan teori group threat. Hasil analisis menunjukkan bahwa ujaran kebencian ke Basuki Tjahaja Purnama didorong oleh empat perasaan yang menjurus pada prasangka rasial, yakni (1) perasaan superioritas; (2) perasaan bahwa kelompok minoritas secara intrinsik berbeda dan asing; (3) perasaan kepemilikan atas bidang, hak istimewa, dan keuntungan tertentu; serta (4) ketakutan dan kecurigaan terhadap kelompok minoritas akan mengusik hak prerogatif mereka. Kebaruan penulisan ini adalah menggunakan analisis naratif untuk melihat keterkaitan antara satu kejadian dengan kejadian lainnya untuk mengetahui sebab sebuah fenomena

This paper raises the problem of discrimination experienced by minorities in the political sphere with a case study of hate speech experienced by Basuki Tjahaja Purnama or Ahok ahead of the 2017 Jakarta Regional Election. Through this writing, the author aims to explain what is the cause of hate speech against Ahok, a Chinese and Christian, in Indonesia ahead of the 2017 Jakarta regional election. This writing method uses content analysis in the form of tweets containing elements of hatred against Basuki Tjahaja Purnama in the period September 2016 - April 2017 and journal publications from several experts, based on group threat theory. The results of the analysis showed that hate speech to Basuki Tjahaja Purnama was driven by four feelings that lead to racial prejudice, namely (1) feelings of superiority; (2) a feeling that minority groups are intrinsically distinct and foreign; (3) a feeling of ownership over certain fields, privileges, and advantages; and (4) fear and suspicion of minority groups will undermine their prerogatives. The novelty of this writing is to use narrative analysis to see the relationship between one event and another to find out the cause of a phenomenon."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andriani Putri Nugrahani
"ABSTRAK
Skripsi ini menjelaskan mengenai pembentukan relasi saling menguntungkan
antara partai politik dengan konsultan politik. Studi kasus yang diteliti adalah
relasi partai pengusung Joko Widodo-Basuki T. Purnama (PDIP dan Gerindra)
dengan PolMark Indonesia dalam kampanye Pilkada DKI Jakarta 2012. Skripsi
ini menggunakan allied view dalam menjelaskan relasi saling menguntungkan
antara konsultan politik dengan partai politik. Temuan yang didapat adalah
terdapat pembagian kerja dan interaksi intensif antara PDIP-Gerindra dengan
PolMark Indonesia. Hubungan saling menguntungkan dapat terbentuk karena
partai pengusung membutuhkan PolMark Indonesia untuk mengefektifkan dan
mengefisienkan kampanye mereka, sementara PolMark Indonesia diuntungkan
dengan makin kokohnya nama mereka dalam bidang pemasaran politik.

ABSTRACT
This thesis explains about the establishment of symbiotic partnership between
political party and political consultant. The case of this study is the relationship
between Joko Widodo-Basuki T. Purnama’s bearer parties (PDIP and Gerindra)
with PolMark Indonesia. This thesis uses allied view to examine the symbiotic
partnership between them. The result of this thesis is that both of parties and the
consultant have their own roles that complement each other. Symbiotic
partnership can take place between them because PDIP-Gerindra acknowledge
that PolMark Indonesia is able to make the campaign effective and efficient, while
PolMark Indonesia gains a more reputable image in the area of political marketing."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S56307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meiselina Irmayanti
"ABSTRAK
Bagi politisi, wajah sebagai image dan aset terpenting karena dapat menyembunyikan karakter asli atau sekedar menyamarkannya. Di dalam image melekat unsur kehormatan, penghormatan, status, hubungan, kesetiaan dan nilai-nilai positif. Penerapan teori negosiasi wajah Ting Toomey (1985) dan dengan perpaduan konsep ekspresi mikro Ekman (2003) menjadi pisau analisis image dalam mengungkapkan manajemen wajah aktor di berbagai panggung depan. Kemudian menjadi satu kesatuan dengan metode analisis percakapan dan paradigma interpretif dalam menggambarkan panggung belakang aktor yang tampil melalui ekspresi wajah pada tayangan Jakarta Memilih “The Final Round”.

ABSTRACT
For politicians, the face as self image and the most important asset because it can hide the original character or just mask it. In image self there are elements honor, respect, status, relationships, loyalty and positive values ​​of self. The application of theory of face negotiation, developed by Stella Ting Toomey (1985) and the microexpression concept which developed by Ekman (2003) become knife's analysis to self image in reveals management facial by politician in front stage. Then, become a unity with the conversation analytical methods and interpretive paradigms in describing back stage of the actor which present on their face in Jakarta Memilih "The Final Round"."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2014
T42140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>