Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168894 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arini Rahayu
"Dalam mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan, seorang karyawan harus memiliki followership yang baik. Hal tersebut akan mengarah pada meningkatnya kepuasan kerja yang dimiliki karyawan. Followership merupakan suatu kapasitas dan keinginan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam memenuhi tujuan bersama (Kelley, 1992). Followership terdiri dari dua dimensi yaitu independent critical thinking dan active engagement. Sedangkan kepuasan kerja didefinisikan sebagai keseluruhan perasaan terhadap pekerjaan dan hubungannya dengan aspek-aspek dari pekerjaan (Spector, 1997). Aspek-aspek tersebut dapat dilihat dari sisi intrinsik dan ekstrinsik.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Followership Questionnaire (Kelley, 1992) yang telah dimodifikasi dan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) yang berasal dari Weiss, Dawis, England dan Lofquist (1967). Penelitian ini melibatkan 131 karyawan sebagai responden dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara followership dan kepuasan kerja pada karyawan (r = 0.382; p = 0.000, signifikan pada L.o.S 0.01). Hasil tersebut dapat diartikan, semakin tinggi tingkat followership maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja karyawan. Dengan demikian, salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawannya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan followership mereka.

To achieve the company’s goal, employees must have good followership. This will lead to increased employee job satisfaction. Followership is the capacity and the desire to perform a particular behavior in order to participate in common goals (Kelley, 1992). Followership consists of two dimensions, namely independent critical thinking and active engagement. While job satisfaction is defined as the overall feeling of the work and its relation to aspects of the job (Spector, 1997). These aspects can be seen from the intrinsic and extrinsic.
Instruments that used in this study are Followership Questionnaire developed (Kelley, 1992) that has been modified and Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) developed by Weiss, Dawis, England and Lofquist (1967). This study involved 131 employees as respondents using accidental sampling technique.
The result of this study show that there is a significant positive relationship between followership and job satisfaction on employees (r = 0382, p = 0.000, significant at LoS 0.01). This results can be interpreted as the higher followership, the higher job satisfaction that employees have. Thus, one of the efforts that the company can do to improve employee job satisfaction is by also increasing their followership.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S45443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Freddy Suryadi
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara followership dan kepuasan kerja pada buruh. Pengukuran followership menggunakan kuesioner followership yang telah dimodifikasi (Kelley, 1992) dan pengukuran kepuasan kerja menggunakan alat ukur Minnessota Satisfaction Questionnaire versi pendek (Weiss, Dawis, England, dan Lofquist, 1967). Partisipan berjumlah 95 buruh pabrik di PT.X. Hasil penelitian menunjukan hubungan positif yang signifikan antara followership dan kepuasan kerja (r = 0.431; p =0.000, signifikan pada L.o.S 0.01).
Artinya, semakin tinggi followership, maka semakin tinggi kepuasan kerja. Selain itu, gambaran followership buruh rata-rata tergolong dalam tingkat sedang, begitu juga dengan kepuasan kerja yang tergolong puas. Berdasarkan hasil tersebut, followership pada buruh perlu ditingkatkan lagi terutama dimensi active engagement yang paling besar hubungannya dengan kepuasan kerja, dengan cara melibatkan buruh pada tugas-tugas untuk mencapai tujuan dan hasil bersama.

This research was conducted to find the correlation between followership and job satisfaction in factory workers. Followership was measured using a modification instrument of followership questionnaire (Kelley, 1992) and job satisfaction was measured using a short form of Minnessota Satisfaction Questionnaire (Weiss, Dawis, England, and Lofquist, 1967). The participant of this research are 95 workers in PT.X. The main results of this research show that followership positively correlated significantly with job satisfaction (r = 0.431; p =0.000, significant at L.o.S 0.01).
The implication of this study is,the higher followership leads to higher their job satisfaction. Furthermore, followership and job satisfaction in factory workers showing a mid result. Based on these results,employee needs to improved on followership, primarily in active engagement dimension which has the bigger correlation with job satisfaction, by involving workers in the tasks to achieve a shared goal or outcome.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maezar Maolana
"Followership adalah suatu kemampuan dan keinginan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam memenuhi tujuan bersama (Kelley, 1992). Menurut Manz dan Sims (dalam Zyl, 2012) self-leadership adalah filosopi dan sekumpulan set strategi tindakan dan mental yang sistematis utuk mengarahkan seseorang kepada kinerja yang lebih tinggi dan efektif. Dikotomi peran sebagai leader dan follower di organisasi seringkali ditemui, pada kenyataannya banyak peran-peran atau fungsi-fungsi pekerjaan tertentu dituntut bukan hanya menjadi follower namun juga sebagai leader. Profesi medical representative dituntut untuk berperan sebagai leader dan follower, hal ini menjadi alasan utama peneliti menjadikannya sebagai sample dalam penelitian ini. Peneliti menduga terdapat hubungan antara followership dan self-leadership, terutama dalam hal partisipasi aktif, inisiatif, dan perilaku positif yang mengarahkan pada keberhasilan organisasi. Penelitian ini menggunakan alat ukur Revised Self-Leadership Questionnaire (RSLQ) yang dikembangkan oleh Houghton dan Neck (2007), dan Followership Questionnaire yang dikembangkan oleh Kelley (dalam Burke, 2009). Penelitian dilakukan terhadap 50 medical representative. Menghasilkan temuan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara followership dan self-leadership (r = .455, p < 01, two-tailed), artinya semakin tinggi self-leadership seseorang maka ia juga akan menjadi follower yang efektif, sebaliknya semakin rendah self-leadership seseorang maka ia juga akan menjadi follower yang semakin tidak efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pemahaman yang lebih baik tentang followership dan self-leadership khususnya bagi perusahaan dan individu yang memiliki peran dikotomi sebagai leader dan follower.

Followership is an ability and willingness to perform certain behaviors in order to participate in meeting common goals (Kelley, 1992). According to Manz dan Sims (in Zyl, 2012) self-leadership is a philosophy and a set of actions and mental sets of strategies that systematically direct a person to a higher performance and effectiveness. Dichotomous role as leader and follower in an organization often encountered, in fact a lot of roles or specific job functions are required not only to be a follower but as well as leader. The profession of medical representative required to have both as leader and follower roles, this become main reason researcher make it as sample in this study. Researcher speculates that there is a relationship between self-leadership and followership, particularly in terms of active participation, initiative, and positive behaviors that leads to organizational success. This study uses the Revised Self-Leadership Questionnaire (RSLQ) developed by Houghton dan Neck (2007), and Followership Questionnaire developed by Kelley (in Burke, 2009). The study was conducted on 50 medical representatives. The result is that there is a significant relationship between self-leadership and followership (r = .455, p <01, two-tailed), thus, the higher a person's self-leadership he will also become an effective follower, conversely the lower the person's self-leadership he will also become a follower of increasingly ineffective. The results of research demonstrate the importance of better knowledge about followership and self-leadership for company or individual that has dichotomous role as leader and follower."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S54466
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Nurul Kurniasih
"Persaingan bisnis di sektor keuangan meningkat seiring dengan adanya penurunan pertumbuhan ekonomi dan krisis global. Keterikatan kerja dan kepuasan kerja karyawan menjadi salah satu variabel penting yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan guna memenangkan persaingan bisnis. Skripsi ini membahas hubungan antara keterikatan kerja dan kepuasan kerja karyawan di PT. PG Asset Management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterikatan kerja dan kepuasan kerja karyawan PT. PG Asset Management.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif. Data dikumpulkan melalui survei dengan teknik total sampling pada seluruh karyawan tetap yang memiliki lama kerja minimal satu tahun di PT. PG Asset Management. Responden penelitian berjumlah 36 karyawan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa keterikatan kerja memiliki hubungan yang positif dan signifikan, serta memiliki kekuatan hubungan yang erat dengan kepuasan kerja.

Competition in the financial sector has increased. Work engagement and job satisfaction become an important variable that can be used by organizations to win the business competition. This research has a purpose to analyze the relationship between work engagement and job satisfaction among employees in PT. PG Asset Management. Unlike previous studies, this study only focused on analyzing the relationship between work engagement and job satisfaction without involving the intermediate variables.
This research is a quantitative research and the data consists of a questionnaire study, litelatur’s review, and interviews with relevant respondents. The data were collected by means of survey with total sampling technique to all of permanent employee who have worked for minimum of one year in PT. PG Asset Management.
The result of this research shows that there was a significant and positive relationship between work engagement and job satisfaction among employees in PT. PG Asset Management. The strength of the relationship between this two variables is classified as "strong" based on Criteria of Correlation Coefficient Guildford (Guilford's Emprirical Rule).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47422
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Shafa Ashrina
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada efek moderasi dari grit dalam hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja pada karyawan milenial. Sebanyak 300 karyawan, berusia 20-39 tahun, berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat pengukur Skala Kepuasan Kerja Umum, Skala Kinerja Peran dan Skala Grit-S digunakan untuk mengukur kepuasan kerja, kinerja dan ketabahan.
Hasil analisis statistik uji moderasi menggunakan PROCESS HAYES versi 3.3 model 1 menunjukkan bahwa grit tidak memoderasi hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja. Ini diduga disebabkan Kepuasan kerja milenial lebih banyak ditentukan oleh faktor lingkungan dan pengawasan yang bagus.
Pemenuhan ini akan mengarah pada kepuasan kerja berhubungan langsung dengan tingkat kinerja, terlepas dari apakah gritnya dimiliki oleh individu yang tinggi atau tidak yang artinya variabel grit belum berperan dalam memperkuat hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan.

This study aims to see whether there is a moderating effect of grit in the relationship between job satisfaction and performance in millennial employees. A total of 300 employees, aged 20-39 years, participated in this study. Measuring tools for General Job Satisfaction Scale, Role Performance Scale and Grit-S Scale are used to measure job satisfaction, performance and grit.
The results of the statistical analysis of the moderation test using PROCESS HAYES version 3.3 model 1 shows that grit does not moderate the relationship between job satisfaction and performance. This is thought to be due to millennial job satisfaction determined more by environmental factors and good supervision.
This fulfillment will lead to job satisfaction which is directly related to the level of performance, regardless of whether the grit is owned by high individuals or not, which means that the grit variable has not played a role in strengthening the relationship between job satisfaction and employee performance.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Burhanuddin
"Penelitian ini merupakan sebuah studi lanjutan yang meneliti konsep followership. Konsep followership ini merupakan konsep yang melengkapi konsep leadership dan dikembangkan untuk memahami secara lebih baik mengenai keberhasilan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian sebelumnya yaitu apakah konsep followership tersebut memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior dari karyawan di Indonesia.
Metodologi yang digunakan menggunakan penyebaran kuesioner dengan partisipan penelitian adalah karyawan dari tiga perusahaan yang bergerak untuk mendapatkan laba (for profit) dengan jumlah sebanyak 121 orang.
Hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa konsep followership memiliki pengaruh yang sama terhadap dimensi-dimensi lain yang diujikan dengan hasil penelitian Blanchard et al (2009) kecuali dimensi external job satisfaction, hal ini tidak terlepas dari mayoritas partisipan penelitian yang memiliki etnis suku bangsa jawa. Salah satu kesimpulan penting dari penelitian ini adalah karyawan di Indonesia, terutama yang memiliki etnis suku bangsa jawa, memiliki sebuah konsep external job satisfaction yang berbeda dengan partisipan dari Amerika dan oleh karena itulah perlu dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai perbedaan karakteristik ini.

This study is designed to further continue the study of followership . Using previous study as a base, this study plan to test the hipothesis that has been established about the concept of followership in Indonesia with the addition of OCB as a dependent variable. The concept of followership is developed as an addition to the concept of leadership to better understand the reason behind organizational success.
This study uses questionnaire as a mean to get the data required from three different company with 121 employee as respondent. Active engagement have this score toward other variables (β=0.493, sig=0.003; β=0.189, sig=0.685; β=0.275, sig=0.075; β=0.42, sig=0.369; β=0.113, sig=0.79). Independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.309, sig=0.563; β=0.038, sig=0.943; β=-0.544, sig=0.264). Interaction between active engagement with independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.336, sig=0.039; β=0.436, sig=0.608; β=0.158, sig=0.304; β=-0.047, sig=0.956; β=0.839, sig=0.279).
The result shows that the concept of followership have a relationship with all dimensions of variables except of the external job satisfaction.It seems that ethnic background has different influence to employee's concept of satisfaction because the majority of respondent is known to be of Javanese ethnicity. One of the major conclusions in this paper suggest that Indonesian employee have a different concept about satisfaction due to their ethnic characteristics and this opens the door to the next study about followership and ethnicity in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Auliya Andina Ramadhiyanti
"Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai perubahan yang terjadi pada aspek kehidupan, termasuk dampak terhadap perusahaan dan karyawan. Krisis kesehatan dan ekonomi yang terjadi membuat perusahaan menerapkan beberapa kebijakan sebagai upaya untuk tetap dapat menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat peran grit sebagai moderator pada hubungan antara ketidakamanan kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu The Minessota Satisfaction Questionnaire (MSQ) short-form, Multidimensional Qualitative Job Insecurity Scale (MQJIS), dan short grit scale (Grit-S). Populasi dari penelitian ini adalah karyawan yang perusahaannya melakukan kebijakan sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Analisis data secara statistik yang dilakukan yaitu uji asumsi, uji korelasi, dan uji moderasi menggunakan PROCESS Hayes Model 1. Berdasarkan hasil analisis statistik dari 748 partisipan ditemukan terdapat efek interaksi antara ketidakamanan kerja dan grit terhadap kepuasan kerja signifikan (b = -0,02, 95% CI [-0,04, -0,01], t=-3,09, p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa grit berperan sebagai moderator pada hubungan antara ketidakamanan kerja dan kepuasan kerja. Analisis lanjutan yang dilakukan mendapatkan bahwa grit dapat melemahkan pengaruh negatif dari ketidakamanan kerja terhadap kepuasan kerja ketika grit pada tingkat kategori sedang dan tinggi. Hasil penelitian menegaskan pentingnya perusahaan untuk melakukan usaha guna menurunkan ketidakamanan kerja dan meningkatkan kepuasan kerja.

Covid-19 brought changes in various aspects of life, including impact on companies and employees. The health and economic crisis that occurred made the company implements several policies as an effort to continue to be able to carry out its operational activities. This study aims to examine the role of grit as a moderator in the relationship between job insecurity and job satisfaction on employee. The approach of this research is quantitative with a cross sectional study design. There are three measuring tools used, namely The Minesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) short-form, Multidimensional Qualitative Job Insecurity Scale (MQJIS), and short grit scale (Grit-S). The population of this research is employees whose company implemented policy as result of the Covid-19. S Data analysis was carried out by assumption test, correlation test, and moderation test using PROCESS Hayes Model 1. Based on the statistical analysis from 748 participants, the results show significant interaction effect between job insecurity and grit on job satisfaction (b = -0.02, 95% CI [-0.04, -0.01], t=-3.09, p<0.05). With that, it can be concluded that grit acts as a moderator on the relationship between job insecurity and job satisfaction. Further analysis found that grit can attenuate the negative effect of job insecurity on job satisfaction when grit is in the medium and high category. The results of the study emphasize the importance of companies to make efforts to reduce job insecurity and increase job satisfaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emiliana Cindie Kusumawati
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara followership dan kepuasan kerja pada karyawan BUMN dan seberapa besar dimensi followership memberikan sumbangan pada dimensi kepuasan kerja. Pengukuran followership menggunakan alat ukur Kelley’s Followership Questionnaire (Kelley, 1992) yang mana memiliki dua dimensi yaitu independent critical thinking dan active engagement.
Pengukuran kepuasan kerja menggunakan alat ukur Minnesota Satisfaction Questionnaire (short-form) (Weiss, Dawis, England, & Lofquist, 1967) yang mana memiliki dua dimensi yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang mana kuesioner disebarkan melalui 2 staff di perusahaan. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 111 karyawan BUMN. Dalam melihat hubungan menggunakan teknik Pearson Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara followership dengan kepuasan kerja pada karyawan (r = 0.430; p<0.05, signifikan pada L.o.S 0.05). Artinya, semakin tinggi followership yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin tinggi pula kepuasan kerjanya. Selain itu, dimensi followership yang memiliki sumbangan paling besar, yaitu independent critical thinking. Berdasarkan hal tersebut, seorang karyawan perlu ditingkatkan followership-nya terutama dimensi independent critical thinking sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja.

This research was conducted to find the correlation between followership and job satisfaction among employees, and how much each followership dimension contributes to job satisfaction dimension.Followership was measured using an instrument named Kelley’s Followership Questionnaire (Kelley, 1992) that there are two dimensions: independent critical thinking and active engagement.
Job satisfaction was measured using an instrument named Minnesota Satisfaction Questionnaire (short-form) (Weiss, Dawis, England, & Lofquist, 1967) that there are two dimensions on it: intrinsic and extrinsic. Sampling method using accidental sampling in which questionnaire was seperated by 2 staffs in organization. The participants of this research are 111 BUMN employees. In order to find correlation using Pearson Correlation technique.
The main results of this research show that followership correlated with job satisfaction (r = 0.430; p < 0.05, significant atL.o.S 0.05). which means, the higher followership someone’s own, showing the higher job satisfaction. Furthermore, the biggest contribution dimension of followership toward job satisfaction was independent critical thinking. Based on these result an employe need to improve the followership especially independent critical thinking, as one of factor that affect job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debia Nur Epita
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara Psychological Well-being dan kepuasan kerja pada PNS Organisasi Pemerintahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Pengukuran Psychological Wellbeing menggunakan alat ukur Ryff’s Scale of Psychological Well Being dan pengukuran kepuasan kerja menggunakan Job Satisfaction Survey (Spector, 1994). Responden dalam penelitian ini berjumlah 141 PNS dari sembilan kantor pemerintahan di Yogyakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological well-being dan kepuasan kerja pada PNS Organisasi Pemerintahan (r = 0.283; p = 0.001, signifikan pada L.o.S 0.05). Hasil tersebut dapat diartikan, semakin tinggi tingkat psychological well-being maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja PNS Organisasi Pemerintahan.

This research was conducted to find the correlation between psychological wellbeing and job satisfaction among civil servant. This research is using quantitative approach by collecting data through questionnaires. Psychological well-being was measured by instrument named Ryff’s Psychological Well Being Scale, which is adopted from previous research by a research team of psychological well-being in 2012. Job satisfaction was measured by instrument named Job Satisfaction Survey (Spector, 1994). The participants of this research are 141 civil servants from nine government offices in Yogyakarta.
The main result of this study show that psychological well-being positively correlated significantly with job satisfaction (r= 0.283; p = 0.001, significant at L.o.S 0.05). Intepretation from the result is, higher psychological well-being, the higher job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The book is an attempt to stimulate development in travel behaviour analysis and provide a basic source of reference to the transportation research community. The aim of the book is to give centre stage to some recent innovative approaches to models of bounded rationality, both under conditions of certainty and uncertainty."
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469609
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>