Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35583 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"esatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak kepada pendidikan, tidak terkecuali di Indonesia. Program pendidikan yang bersifat konvensional sukar dipertahankan seutuhnya, karena tersedianya media dan informasi baru yang semakin banyak dan bervariasi. Salah satu media yang perkembangannya semakin melesat adalah penggunaan komputer. Penggunaan komputer sebagai sarana pendidikan dimungkinkan karena banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dari komputer tersebut. Penelitian ini mencoba melihat efektifitas dan efisiensi pembelajaran dengan merancang media komunikasi berbasis web. Situs pembelajaran Universitas telah diujicobakan terhadap tiga puluh mahasiswa. Sebanyak 96% menyatakan program ini sangat menarik dan sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu 90% menyatakan program ini dapat mengatasi kebosanan terhadap perkuliahan di kelas dalam bentuk metode ceramah.

Abstract
The rapid development of science and technology has affected education, including in Indonesia. Conventional education programs are difficult to be maintained completely, because the availability of new information media is becoming increasingly numerous and varied. One more shot of media development is the use of computers. The use of computers as a means of education is possible because a lot of potential that can be used from that computer. This study tries to see the effectiveness and efficiency of learning by designing a web-based communications media. The e-learning site has been tested to thirty students. As many as 96% said the program is very interesting and very helpful in learning activities. In addition 90% stated that this program can overcome the boredom of lectures in the classroom in the form of the lecture method."
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma], 2009
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengembangan bisnis perangkat lunak dalam tim berskala global meningkat dengan cepat dan bahasa pemrograman berperan penting dalam pengembangan web secara global. Bahasa pemrograman yang benar-benar ramah terhadap pengguna harus ditulis dalam bahasa lokal programmer yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris. Paper ini menyajikan desain dari bahasa penulisan BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer), yang sintaksisnya dimodelkan dengan Bahasa Indonesia untuk pengembangan web multitier. Peneliti mengusulkan implementasi dari parsing engine Bahasa Indonesia dan struktur binary search tree untuk alokasi memori terhadap variabel, serta membuat fitur bahasa yang mendukung dasar pemrograman berbasis objek, common gateway interface, manipulasi gaya HTML, dan koneksi basis data. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan bahasa pemrograman yang sesungguhnya dan menggunakan desain struktur sederhana untuk pengembangan web dengan menggunakan kata-kata dari Bahasa Indonesia.

Business software development with global team is increasing rapidly and the programming language as development tool takes the important role in the global web development. The real user friendly programming language should be written in local language for programmer who has native language is not in English. This paper presents our design of BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer)scripting language which syntax is modeled with Bahasa Indonesian for multitier web development. Researcher propose the implementation of Indonesian Parsing Engine and Binary Search Tree structure for memory allocation of variable and compose the language features that support basic Object Oriented Programming, Common Gateway Interface, HTML style manipulation and database connection. Our goal is to build real programming language from simple structure design for web development using Indonesian lexical words."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2010
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Roberto
"ABSTRAK
Dimungkinkannya pengintegrasian teks. gambar, audio, dan video unfuk membuat dokumen multimedia; pemrograman unruk membuat dokumen mierakrfji hyperrex! dan hypermedia: dan basis jaringan Web yang Iuas dengan juraan orang pengguna dan bertambah riap hari merupakan keunikan-keunikan Web yang membuamya dapa! dipakai sebagai media pendidikan yang sangaz baik.
Dalam sislem befajar jarakjauh berbasis Web, Web dimanfaallcan daiam pembuatan homepage kelas yang berisi informasi maleri pelajaran dan pendidik. komunikasi kelas, tugas dan res, maleri pelcjaran di kelas, demonstrasi animasi video alan audio, dan mareri rejerensi.
Sisrem Tugas (Web-As.signmem9 sebagai salah sam melode evaluasi pada sisrem belajar jaralcjauh berbasis Web merupakan .sebuah sisrem anrarmuka di Web sebagai sarana bagi pendidilc dan siswa untuk berinteralcsi tenlang lugas. Melalui Sisrem Tugas. pendidik dapar mengiryformasikan tugas (deslcripsi lugas, sisrem penilaian tugas, barns walcru penyerahan lugas. dan nilai maksimum tugas); melampirkan (uploaay _/Tie yang berkairan derzgan rugas; mengambil (downloanb _file yang diserahkan si.;-wa; dan memberikan penilaian lugas Gzilai tugas dan /fomenrar lerhadap hasif zugas) dan siswn dapal melihat informasi tugas; mengambi! (download) _/Yle yang dilanyuirkan pendidik; menyerahkar: (up/oar# jfle hasil pekezjaan mgas; dan melfhal has!! penilaian iugas. Kesemuanya dilakukan secara Ierimegrasi sehingga mavuyemen data dan pengaturan tugas menjadijauh lebih ejisien.
Tujuan penulisan .vkrrpsi ini adalah membua! rancangan dan irrynlementasi program Sistem Tugas (Web-A.s'signmenU. Umuk impfementasi szlstem, di sisi server, scrap! PHP digunalcan unmk pemrograman dan apiikasi MySQL unluk mancyemen data. Sislem ini diharap/can bermarjaat unruk melenglcapi perancangan dan penerapan sebuah sisrem beiajar jaralcjauh berbasis Web di Iingkuugan /campus di masa depan.

"
2001
S39934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonny Pramitasari
"Setiap pembelajar memiliki karakteristik berbeda-beda antara lain berupa gaya belajar, prior knowledge, dan kecerdasan. Permasalahan ini sulit sekali diakomodasi pembelajaran tradisional. Berawal dari e-commerce, personalisasi meluas ke berbagai bidang TI termasuk pembelajaran online. Teknologi untuk personalisasi salah satunya adalah semantic web yang dapat membuat sistem menjadi adaptif. Tahap awal dalam pengembangan sistem berbasis semantic web adalah pemodelan dengan ontologi yang memiliki kemampuan reasoning terhadap banyak data. Salah satu ontologi yang harus dikembangkan adalah student model ontology yang dikembangkan pada penelitian ini dengan mempertimbangkan aspek gaya belajar dan performa sebagai representasi prior knowledge dan kecerdasan siswa.

Each learner has different characteristics including learning styles, prior knowledge, and intelligence. This problem is very difficult to accommodate by traditional learning. Starting from e-commerce field, personalization extends to various fields of IT including online learning. One of technologies for personalization is semantic web which makes systems adaptive. The first stage is modeling with ontology that has ability of reasoning large of data. One of the ontologies that must be developed is student model ontology, which is developed by considering learning styles and performance aspect that represents students prior knowledge and intelligence."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Web usage mining (WUM) is an implimentation of data mining,methods for knowledge discovery of web usage data. One of WUM functions is applicated for Business Intelligence (BI) to provide web user classification for acquisition,penetration,and retention os web user...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Graham, David T.
London: Prentice-Hall, 2000
378.173 GRA u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rodrigues, Dawn
Upper Saddle River: Prentice-Hall, 2000
808.027 ROD r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Octo Alexandro
"Salah satu tantangan bagi pengembangan teknologi e-learning selanjutnya adalah mengembangkan sistem pembelajaran yang memiliki fitur personalisasi sesuai dengan kondisi setiap pembelajarnya. Untuk itu diperlukan sistem yang dapat mengerti data informasi mengenai pembelajar dan kemudian menyajikan materi pembelajaran yang cocok dengan pembelajar tersebut.
Penelitian di Fasilkom UI mengembangkan sistem personalized e-learning yang melakukan personalisasi berdasarkan gaya belajar (learning style) dan performa pembelajaran yang sudah dilakukannya (pre-knowledge). Selain itu sistem personalized e-learning ini juga dapat merekomendasikan mata kuliah yang cocok sesuai karakteristik pembelajar. Untuk melakukan penelitian ini digunakan teknologi Semantic Web.
Salah satu komponen inti dari teknologi semantic web adalah penggunaan ontologi sebagai format struktur data. Salah satu ontologi penting yang digunakan untuk membangun personalized e-learning adalah ontologi user-model. Ontologi usermodel digunakan untuk memodelkan pengguna sistem personalized e-learning.
Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah merancang suatu ontologi user-model untuk pengembangan sistem personalized e-learning sekaligus melakukan observasi terhadap teknologi Semantic Web khususnya mengenai ontologi.

Next challenge of e-learning development is developing learning sysrem which have personalisation feature based on the condition of every learner. It is needed the system that able to understand information data about a learner and then gives suitable learning materials for the learner.
At Fasilkom UI, it is developed the personalization e-learning system which doing personalization based on learning style and learning performance. Beside that, this system also can recommend courses that suitable for characteristics of learner. Semantic Web technology is being used for this research.
One of the main component of semantic web technology is usage of ontology for data structure format. One important ontology used for developing personalized e-learning is user-model ontology. User-model ontology is used for modelling a user of personalized e-learning.
The research that being done by writer in is desingning an user-model ontology for personalized elearning develoment and also doing observation about semantic web technology, especially about ontology."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Immanuel
"Salah satu tolak ukur yang paling mudah dilihat dari pembelajaran adalah dengan performa yang ditunjukan terhadap suatu konsep tertentu. Hal itu juga berlaku dalam ELearning, setiap pembelajar akan menghasilkan performa terhadap suatu konsep yang dipelajari. Pembelajaran pada E-Learning akan lebih efektif dengan menggunakan personalisasi karena setiap pembelajar akan mendapatkan materi sesuai dengan karakteristiknya.
Pada penelitian ini personalisasi dilakukan menggunakan teknologi Semantic Web yaitu ontologi, dalam hal ini ontologi yang dibahas adalah ontologi Learning Performance yang menyimpan nilai performa dari pembelajaran suatu konsep tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ontologi Learning Performance untuk personalisasi E-Learning kemudian melakukan visualisasi menggunakan software portal. Visualisasi menggunakan portal dilakukan agar data lebih mudah dipahami.

One of assessment of learning that can be easily seen by using performance that is shown for certain concept. This is also happen in E-Learning, every learner will show result for certain concept they have learned. Learning will be more effective if using personalization, because learner can get study material that was match with their learning characteristic.
In this research, personalization is doing by using ontology, more specificly Learning Performance ontology that keep performance value from learning some concept. This research aim for design Learning Performance ontology for ELearning personalization then to visualize with software portal. Visualization using portal is in order that data can be easier to understand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Meirna Asti Ramadhanie
"Personalisasi pembelajaran merupakan langkah efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dalam suatu lingkungan pembelajaran online. Untuk menciptakan aplikasi e-learning yang mendukung personalisasi, objek pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan adaptasi terhadap berbagai karakteristik peserta didik dengan kebutuhan dan kemampuan yang bervariasi. Skripsi ini membahas perancangan model objek pembelajaran yang mampu mendukung personalisasi dengan menggunakan pendekatan ontologi, serta bentuk penerapannya dalam sebuah aplikasi berbasis semantic web. Dengan menggunakan metode studi literatur dan pengembangan sistem, penelitian ini menghasilkan model objek pembelajaran yang adaptif, tidak hanya pada level sintaksis namun juga semantik, serta prototipe semantic portal yang mampu mendemonstrasikan penerapan model tersebut.

Personalization is an effective way to increase the quality of learning in online learning environment. To create an e-learning application which supports personalization, learning objects should be designed to have the ability to adapt with various characteristics of learners; with diverse needs and capabilities. The focus of this study is the design of learning objects model that supports personalization by using ontologies and its implementation in semantic web-based applications. By conducting literature studies and system development, this research proposes an adaptive learning objects model, in both syntactic and semantic forms, and produces semantic portal to demonstrate the use of the model."
2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>