Ditemukan 151648 dokumen yang sesuai dengan query
Febrya Asterrina
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh discount terhadap impulse buying yang diteliti pada konsumen Centro Department Store di Margo City. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Data yang dikumpulkan melalui survey dengan menggunakan kuesioner. 140 responden yang dianalisa merupakan konsumen dari Centro Department Store di Margo City. Pada penelitian ini variabel discount berpengaruh sebesar 31,9% terhadap variabel impulse buying. Hasil penelitian menunjukan bahwa discount berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying. Implikasi manajerial dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi penjualan dalam hal ini adalah discount dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulse buying.
This study aimed to described the effect of discount on impulse buying behavior that studied on Centro Department Store’s Consumer in Margo City. This research is quantitative research with explanatory type of research. Data collected through a survey using questionnaire. 140 respondents are analyzed is the customer of Centro Department Store in Margo City. This study suggest that variable discount influence the variable impulse buying for 31,9%. The results showed that discount affect impulse buying behavior significantly. Managerial implications of this research is that sales promotion activities in this regard is the discounted price may affect consumers in impulse buying."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47039
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Griani Ajeng Wijayani
"Pembelian Tidak Terencana dapat dipengaruhi oleh perilaku konsumen dan juga faktor-faktor lingkungan gerai. Perilaku konsumen yang dimaksud adalah perilaku konsumen yang mendekati atau menjauhi gerai (approach/avoiding). Faktor-faktor dalam lingkungan gerai seperti faktor suasana dan faktor sosial turut berperan dalam membuat konsumen berperilaku mendekati atau menjauhi gerai. Objek dalam penelitian ini adalah salah satu waralaba lokal di Indonesia yaitu J.CO Donuts & Coffee. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi gerai J.CO Donuts & Coffee dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua faktor lingkungan gerai yang digunakan dalam penelitian yaitu faktor suasana dan faktor sosial terbukti berpengaruh signfikan terhadap perilaku konsumen untuk mendekati gerai. Variabel perilaku konsumen juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana.
Impulse buying can be effected by consumer behavior and store environment. Consumer behavior is either approaching store or avoiding store. Store environment such as ambient cues and social cues are also involved on making consumer approaching or avoiding store. The object of this research is one of local franchise in Indonesia, J.CO Donuts & Coffee. Sample of this research is consumer who?s visiting J.CO Donuts & Coffee store within a month. Data processed using Structural Equation Model (SEM). This research found that both ambient cues and social cues have significant effect on consumer approaching behavior. And consumer approaching behavior also has significant effect on impulse buying"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63863
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Septi Hardiyanti Riana
"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat, dilihat dari munculnya mobile commerce yang bermunculan salah satunya Raena sebagai mobile commerce yang bergerak pada penjualan produk kosmetik dan/atau perawatan diri kemudian menyebabkan timbulnya online impulse buying behavior karena pengaruh consumer perceived value dan interpersonal influence. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior melalui interperosnal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang disadasarkan oleh metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 162 yang dijaring melalui online quesionnaire menggunakan Google Form. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior namun tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior yang dimoderasi oleh interpersonal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini bermanfaat untuk menyusun strategi memaksimalkan online impulse buying behavior dalam Aplikasi Raena melalui rangsangan consumer perceived value. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan penggunaan variabel moderasi lain selain interpersonal influence yang dapat memoderasi hubungan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior.
In last few years, technological advances have developed rapidly, seen from the emergence of mobile commerce, one of which is Raena as a mobile commerce engaged in selling cosmetic and/or personal care products which causes online impulse buying behavior due to influenced of consumer perceived value and interpersonal influence. The purpose of this study was to analyze the effect of consumer perceived value on online impulse buying behavior through interpersonal influence on users of Raena application. The study used a quantitative approach with a survey method on purposive sampling. The number of respondents in this study wes 162 obtained through online questionnaire using Google Form. Data processing was performed using SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that there is an significant influence between consumer perceived value on online impulse buying behavior but there is no significant influence on consumer perceived value on online impulse buying behavior which is moderated by interpersonal influence on users of the Raena application. This research is useful for developing strategies to maximize online impulse buying behavior in Raena application trough consumer perceived value simulation. Based on the results of this study, further research can consider the used of ither moderating variabels besides interpersonal influence which can moderate the relationship between consumer perceived value and online impulse buying behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ilmalana
"Perilaku pembelian-terencana yang dilakukan oleh konsumen online kini mulai bergeser pada perilaku pembelian tidak-terencana seperti impulse buying. Fenomena ini terjadi pada transaksi C2C commerce, sekalipun pemasar tidak memiliki kontrol yang besar seperti layaknya di B2C commerce. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi yang mendasari konsumen online dalam melakukan pembelian impulsif pada transaksi C2C commerce seperti yang diterapkan di FJB Kaskus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview untuk memperoleh gambaran mendalam dan menyeluruh mengenai motivasi konsumen online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pembelian dilatarbelakangi oleh kebutuhan hedonistik dan interaksi sosial yang terjalin di Kaskus yang merupakan komunitas virtual.
Planned-buying behavior by online consumers are now starting to shifted to unplanned-buying behavior such as impulse buying. This phenomenon occurs in the transaction of C2C commerce, though marketers have less-control rather than in B2C commerce. This research aims to understand underlying motivations of online consumers' in doing an impulse buying in C2C commerce's transaction as applied in FJB Kaskus. This research uses qualitative approach with in-depth interview method to obtain an in-depth and thorough overview of the motivation of online consumers. The results showed that impulse buying's motivation is effected by hedonist needs and social interaction that are intertwined in Kaskus as a virtual community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Peranginangin, Kristian Yudha
"Salah satu bentuk perilaku konsumen yang tidak terencana adalah terjadinya impulse buying. Industri ritel, terutama hypermarket, berkembang seiring dengan perubahan di masyarakat dan dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang pesat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Hypermarket Carrefour dipilih sebagai objek penelitian karena perkembangannya yang cukup pesat di Indonesia. Penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana pengaruh karakteristik demografis (jenis kelamin, usia, dan penghasilan), tipe produk, serta store atmosphere terhadap tendensi pembelian impulsif dan frekuensi pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan T-Test, One-Way ANOVA, serta analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik demografis (jenis kelamin, usia, penghasilan), tipe produk, dan store atmosphere memiliki pengaruh terhadap tendensi pembelian impulsif. Karakteristik demografis (jenis kelamin, penghasilan) dan store atmosphere juga memiliki pengaruh terhadap frekuensi pembelian impulsif.
Impulse buying is one form of unplanned consumer behavior. Retail industry, especially hypermarket, evolves with changes in society and in recent years has expanded rapidly in many parts of the world, including Indonesia. Carrefour is chosen to be the research object in term of its significant development in Indonesia. This research tried to see how is the influence of demographic (sex, income, and age), product type, and store atmosphere affect to impulse buying tendency and impulse buying frequency. This research is using TTest, One-way Annova and regression analysis. The results of this research showed that demographics (gender, age, income), product type, and store atmosphere have effect on impulse buying tendency. The results of this research also indicate that demographics (gender, income), and store atmosphere have effect on impulsive buying frequency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T29460
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Liena Desbi Fryandika
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh potongan harga (discount) terhadap impulse buying yang diteliti pada konsumen Matahari Department Store di Cilandak Town Square. Data yang dikumpulkan melalui survey dengan menggunakan kuesioner yang terstruktur. 100 responden yang dianalisa merupakan konsumen dari Matahari Department Store di Cilandak Town Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potongan harga (discount) memiliki hubungan yang cukup erat dan signifikan dengan variabel pembelian impulsif, dimana nilai hubungan tersebut sebesar 0.598 atau 59.8%. Implikasi manajerial dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi penjualan dalam hal ini adalah potongan harga (discount) dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian tidak terencana.
This study aimed to described the effect of discount on impulsive buying behaviour that studied on Matahari Department Store’s consumer in Cilandak Town Square. Data collected through a survey using a structured questionnaire. 100 respondents are analyzed is the consumer the consumer of Matahari Department Store in Cilandak Town Square. The results of this study that the existence of discount quite closely related and very significance, where the value of those relationships are at 0.598 or 59.8%. Managerial implications of this research is that sales promotion activities in this regard is the discounted price may affect consumers in unplanned purchase."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S45601
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aditya Wibisono
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pada konsumen online di Indonesia apakah motivasi hedonik yang terdiri dari adventure, idea, value, social dan relaxation memiliki signifikansi terhadap kecendrungan pembelian impulsif pada konsumen yang melakukan pembelian online, dan juga menemukan dimensi apa dari motivasi hedonik tersebut yang memiliki signifikansi paling besar terhadap kecendrungan pembelian impulsif online. Yang dalam pengumpulan datanya dilakukan penyebaran kuesioner dan dari total 169 sampel kemudian diuji lewat regresi berganda untuk ditemukan signifikansinya. Dan hasil yang didapat adalah bahwa motivasi adventure, idea, value dan relaxation mempunyai nilai signifikansi positif terhadap online impulse buying tendency, dan ditemukan juga bahwa motivasi social tidak memiliki pengaruh signifikansi apapun terhadap online impulse buying tendency.
The purpose of this research is to explore whether hedonic motivations which consist of adventure, idea, value, social and relaxation of Indonesia consumers have any significant impact on their online impulse buying tendency. And also to find which dimentions of those hedonic motivations that have strongest effect on online impulse buying tendency. An online survey was conducted and from the 169 sampe received, multiple regression method was conducted to test the data sample. And the finding confirm that adventure, idea, value, and relaxation motivation has positive impact on online impulse buying tendency. While social motivation has no significance on online impulse buying tendency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63905
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yumna Maisara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan presentasi produk secara online pada pembelian impulsif produk pakaian pada generasi Z di Tiktok Shop. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Penelitian ini menguji 180 data yang diperoleh dari pengguna Tiktok usia 17 hingga 27 tahun yang pernah melakukan pembelian produk pakaian di Tiktok Shop dalam waktu enam bulan terakhir. Pengolahan data penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan positif nilai hedonis dan nilai simbolis yang dirasakan dari pakaian terhadap kecenderungan belanja pakaian impulsif, kecenderungan impulsif memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pakaian online. Namun, presentasi pakaian secara online ditemukan tidak memperkuat hubungan positif (atau tidak memiliki efek moderasi) antara kecenderungan pembelian dan pembelian impulsif secara aktual pada produk pakaian.
This study aims to determine the effect of consumer characteristics and online product presentation on impulse purchases of apparel products by generation Z at Tiktok Shop. This research is a quantitative study using the Partial Least Square (PLS) method which is analyzed using SmartPLS 3.0 software. This study examined 180 data obtained from Tiktok users aged 17 to 27 who have purchased clothing products at Tiktok Shop within the last six months. The data processing of this research used the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that there is a positive relationship of perceived hedonic value and symbolic value of apparel on impulsive apparel shopping tendency, impulsive tendency has a positive influence on impulsive purchase of online apparel. However, online apparel presentation was found not to strengthen the positive relationship (or have no moderating effect) between impulsive shopping tendencies and actual impulse purchases of apparel products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Solomon, Michael R.
New York : Pearson - Prentice Hall, 2009
658.81 SOL c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Soloman, Michael R.
New Jersey: Prentice-Hall, 2009
658.834 2 SOL c (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library