Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166975 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fathimah Zahra R.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi respon kognitif,
yang terdiri dari product/message thought, source-oriented thought, dan ad
execution thought, memiliki pengaruh terhadap purchase intention dengan
attitude toward ads, frequency of clicking ads, dan ads recall sebagai variabel
mediasi. Penelitian ini hanya mengukur keefektivitasan iklan internet berjenis
banner ads secara umum di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pengguna
internet berkewarganegaraan Indonesia yang berusia di atas 18 tahun, sejumlah
167 orang. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation
Modelling (SEM) dengan software LISREL 8.70.
Sebagian besar hipotesis pada penelitian ini terbukti sesuai dengan
penelitian sebelumnya bahwa keefektivitasan internet advertising ditunjukkan dan
adanya keinginan pembelian (purchase intention) dan didukung oleh sikap
pengguna internet terhadap iklan (attitude toward ads) dan frekuensi mengklik
iklan (frequency of clicking ads). Sebaliknya, hasil analisis menunjukkan bahwa
beberapa hubungan tidak terbukti signifikan adalah product/message thought
dengan frequency of clicking ads, source-oriented thought dengan attitude toward
ads, serta ads recall dengan purchase intention. Dari hasil pengolahan data pada
penelitian ini juga terlihat hubungan antara product/message thought dengan
attitude toward ads, ad execution thought dengan frequency of clicking
ads,frequency of clicking ads dengan ads recall, dan attitude toward ads dengan
purchase intention memiliki hubungan positif yang paling kuat di antara
hubungan antar variabel laten yang setara lainnya.

This study aims to determine whether the cognitive response’s dimensions,
which consists of the product / message thought, source-oriented thought, and ad
execution thought, having an influence on purchase intention by attitude toward
ads, frequency of clicking ads, and ads recall as mediating variables. This study
only measures the effectiveness of internet advertising in general manifold banner
ads in Indonesia. The sample was an Indonesian internet users over the age of 18
years, a number of 167 respondents. Data processing was performed using
Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL 8.70 software.
Most of the hypotheses in this study are proved in accordance with previous
studies that demonstrated the effectiveness of internet advertising and intent to
purchase (purchase intention) and supported by internet users’ attitudes towards
advertising and frequency of clicking ads. In contrast, the analysis shows that
some significant effects were not proven which are product / message thought to
the frequency of clicking ads, source-oriented thought to the attitude toward ads,
and ads recall to purchase intention. From the data processing in this study, also
can be seen that effect between product / message thought to attitude toward ads,
ad-execution thought to frequency of clicking ads, frequency of clicking ads to
ads recall, and attitude toward ads to purchase intention which had the strongest
positive effects among latent variables.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Dharmasaputro Vilda
"Di Era ini, banyak perusahaan dari perusahaan yang sudah beroperasi dan perusahaan startup mencoba untuk mengkombinasikan tema yang unik pada iklannya yang kemudian disebar melalui platform social media seperti facebook, youtube dan Instagram. Salah satu tujuan  dalam mengambil strategi ini adalah untuk mengharapkan iklan tersebut akan menjadi viral, meningkatkan perhatian, menarik pengunjung yang baru dan mengembangkan intensi untuk membeli produk secara positif.
Sebuah studi menemukan tema nostalgia pada iklan (ads) mempunyai hubungan yang positf kepada, sikap terhadap iklan. Sehingga, dengan mengacu hal ini, studi akan membangun model untuk menemukan efek dan hubungan dari iklan bertema nostalgia terhadap, sikap terhadap iklan, sikap terhadap brand, intensi untuk menviralkan dan intensi untuk membeli produk. Model tersebut kemudian diuji dengan mengumpulkan data dari beragam responden dengan kriteria, responden  yang tinggal di Jakarta, mempunyai usia kerja (18-64  tahun) dan masih tidak menggunakan produk dan layanan dari apa yang diiklankan. Selanjtunya, responden akan dibimbing untuk melihat iklan bertama nostalgia dan mngisi kuestioner berdasarkan efek yang terjadi setelah melihat iklan. Dari  studi ini, peneliti menemukan tema nostalgia pada iklan (ads) mempunyai hubungan yang positf kepada, sikap terhadap iklan, sikap terhadap brand, intensi untuk menviralkan dan intensi untuk membeli produk. Dengan penemuan ini, peneliti berharap dapat membantu menyediakan pandangan yang bermnfaat bagi para pekerja yang terlibat di bidang marketing dan biro jasa periklanan untuk membantu mereka  dalam menentukan  konten pada iklan berikutnya.

Nowadays, many companies from existing companies and start-up try to attempt for combining an unique theme into their advertisement through social media platforms such as Facebook, YouTube.com and Instagram. One of their purpose to attempt this strategy is to expecting become viral and increasing the awareness, attract a new viewers, and develop a positive  intention to purchase of their products. A previous study found that nostalgic theme in advertisement (ads) has positive relationship with the attitude toward the ads. Thus, this present study builds a model to find the effect and relationship of the nostalgic theme in advertisement to attitude toward the ad, attitude toward the brand, purchase-intention and viral-intention. The model was tested by collecting data from respondents, the criteria for respondents are, who lives in Jakarta, has working age from ( 18-64 years old), and they still not use the advertised product. Then the next process is guiding them to watch the selected nostalgic theme in advertisement and the last process is filling the questionnaire form which the purpose is to observing the effect after watching the advertise. The findings demonstrate the nostalgic advertising have positively significant to attitude toward the ad. The study also found there is positive relationship between attitude-toward-ad, attitude-toward-brand, viral-intentions and purchase-intention. With this findings, it provide insightful implications for marketers and advertisers to help them for determining the content theme for their further advertising."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almukantar Fikriansyah
"Kegiatan pemasaran seperti periklanan yang dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 masih menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti apakah konsumen lebih memilih iklan dengan kesesuaian yang tinggi atau orisinalitas yang tinggi dalam menilai kreativitas iklan, serta apakah emosi positif berperan dalam memediasi kesesuaian dan orisinalitas iklan terhadap niat pembelian? Responden penelitian berjumlah 220 orang yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan sudah menggunakan Gojek. Pengumpulan jawaban responden menggunakan penyebaran kuesioner daring serta menggunakan skala 7 poin semantik diferensial terhadap tiga iklan Gojek yang diunggah selama masa pandemi. Penelitian menggunakan analisis mediasi sederhana dengan menggunakan metode Process Macro model 4. Hasil menunjukkan bahwa orisinalitas iklan memiliki efek positif yang signifikan terhadap niat pembelian Gojek. Kesesuaian iklan memiliki efek positif yang tidak signifikan terhadap niat pembelian Gojek, serta emosi positif memiliki efek mediasi orisinalitas dan kesesuaian iklan yang signifikan terhadap meningkatkan niat pembelian Gojek.

Marketing activities such as advertising during the Covid-19 pandemic still raises many questions. Such as whether consumers prefer ads with high appropriateness or high originality in assessing advertising creativity, and whether positive emotions play a role in mediating ad appropriateness and originality towards purchase intention? The research respondents amounted to 220 people who live in the Greater Jakarta area and already uses Gojek. The collection of respondents' answers uses online questionnaire and uses a 7-point differential semantic scale for the three Gojek advertisements uploaded during the pandemic. The research uses a simple mediation analysis using the Process Macro model 4 method. The results show that advertising originality has a significant positive effect on Gojek's purchase intention. Ad appropriateness has an insignificant positive effect on Gojek's purchase intention, and positive emotions have a significant mediating effect on originality and ad appropriateness on increasing Gojek's purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rachim Saputra
"Pada saat ini, beriklan melalui internet atau situs web memiliki prospek luar biasa dalam meningkatkan niat pembelian konsumen. Banyaknya iklan yang tersebar secara digital perlahan telah berkontribusi terhadap pendapatan negara keseluruhan pada iklan. Peningkatan pendapatan pada iklan dapat disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang bermigrasi ke platform digital sebagai media promosi untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan juga mempermudah konsumen untuk mengakses produk, informasi maupun layanan yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang menggunakan media digital atau internet sebagai media untuk promosi adalah Tiket.com yang telah diakusisi oleh Blibli inc. Akuisisi tersebut dengan ambisi untuk menjadikan Tiket.com sebagai Unicorn ke lima di Indonesia. Salah satu cara untuk menjadikan hal tersebut adalah melalui media promosi digital. Penelitian ini berfokus pada banner digital Tiket.com tentang bagaimana desain visual iklan mereka dapat memberikan efek pada sikap konsumen di iklan internet, menciptakan sikap terhadap merek, mengklik iklan dan memori terhadap niat pembelian online. Output dari data yang diteliti mengungkapkan bahwa, desain iklan banner dari Tiket.com, seperti ukuran, bentuk, dan animasi menghasilkan sikap konsumen yang positif terhadap merek yang diiklankan, membangun efek yang diklik dan membantu konsumen menghafal iklan yang masing-masing meningkatkan niat untuk membeli di sisi konsumen. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ada perbedaan tentang bagaimana respons pria dan wanita terhadap iklan banner Tiket.com.

At this time, advertising through the internet or websites has extraordinary prospects in increasing consumer purchase intentions. The number of ads that are spread digitally has slowly contributed to the overall state revenue on advertising. Increased revenue on advertising can be caused by the number of companies migrating to digital platforms as a promotional medium to gain a wider market and also make it easier for consumers to access the products, information and services offered. One company that uses digital media or the internet as a medium for promotion is Tiket.com which has been acquired by Blibli inc. The acquisition is with the ambition to make Tiket.com as the fifth Unicorn in Indonesia. one way to make this happen is through digital promotion media. This research focuses on Tiket.com digital banners on how the visual design of their advertisements can have an effect on consumers attitudes on internet advertising, creating attitudes towards brands, clicking on ads and memory towards online purchase intentions. The output from examined data unveil that, design of banner advertisements of Tiket.com, such as size, shape, and animation generate a positive consumer attitude towards the advertised brand, establish clicked through effect and helps consumer memorize the ads which respectively increase an intention to purchase on the consumer side. Furthermore, this study also unveils that there is a difference on how male and female response to Tiket.com banner advertisement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Hertina Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap pendapatan per kapita pada kelompok kabupaten/kota dengan mengelompokkan kelas pendapatan 40% pendapatan rendah, 40% pendapatan sedang, dan 20% pendapatan tertinggi serta pengaruh penggunaan internet terhadap ketimpangan pendapatan. Penelitian ini dilakukan pada 34 provinsi dengan 507 kabupaten, pada rentang waktu tahun 2018 – 2020, data diperoleh dari Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) dan Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS), Badan Pusat Statistik (BPS), dan dari instansi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian keuangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah fixed effect model. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan internet pada kelompok pendapatan rendah berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan per kapita, pada kelompok pendapatan menengah berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan per kapita, sedangkan penggunaan internet pada kelompok pendapatan tinggi tidak berpengaruh terhadap pendapatan per kapita. Penggunaan internet berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan.

The purpose of this study is to determine the effect of internet use on income inequality and per capita income in the districts/cities by classifying income groups as 40% low income, 40% middle income, and 20% high income. This study was conducted in 507 districts of 34 provinces for the period of 2018 – 2020. Data were obtained from the National Socioeconomic Survey (Survei Sosial Ekonomi Nasional; SUSENAS), the National Labor Force Survey (Survei Angkatan Kerja Nasional; SAKERNAS), the Statistics Indonesia (Badan Pusat Statistik; BPS), and the Directorate General of Fiscal Balance, the Ministry of Finance, whereas the data analysis applied the fixed effects model. Based on the results of the study, it is known that internet use has a positive and significant effect on income per capita in the low-income and middle- income groups. And high-income groups has no effect on income per capita. Meanwhile, the effect of internet use has a negative significant relationship to income inequality."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Yose Gunawan
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-lifestyle terhadap internet advertising avoidance. Selain itu juga, penelitian ini dilakukan untuk melihat manakah dari tiga dimensi internet advertising avoidance yang paling dipengaruhi oleh masing-masing dimensi e-lifestyle. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna internet dengan durasi mengakses internet rata-rata minimal 2 jam dalam sehari. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-lifestyle memiliki pengaruh positif terhadap internet advertising avoidance secara parsial. Hal ini karena hanya empat dari tujuh dimensi e-lifestyle yang berpengaruh signifikan terhadap internet advertising avoidance. Sedangkan dimensi internet advertising avoidance (cognitive avoidance, affective avoidance, behavioral avoidance) yang paling dipengaruhi oleh masing-masing dimensi e-lifestyle menunjukan hasil yang bervariasi.

ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of e-lifestyle on internet advertising avoidance. In addition, this study was conducted to see which of the three dimensions of internet advertising avoidance is most affected by the each dimension of e-lifestyle. Data for this research were collected from internet users who access the Internet at least 2 hours in a day. The data were analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) method. The result of this research shows that e-lifestyle has a partially significant effect on internet advertising avoidance. This is because only four of the seven dimensions of e-lifestyle showed a significant effect on internet advertising avoidance. As for which dimension of internet advertising avoidance (cognitive avoidance, affective avoidance, behavioral avoidance) is most affected by the each of the e-lifestyle dimensions, the results varied."
2016
S63342
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neni Diankrisna Putri
"Seiring dengan munculnya globalisasi, internet menjadi kebutuhan bagi masyarakat di seluruh dunia. Perkembangan internet tersebut, menjadi sarana yang ideal bagi para pebisnis untuk mempromosikan dirinya dan perangkat atau produknya. Salah satunya dengan menggunakan online banner ads. Akan tetapi terdapat suatu kecenderungan internet surfer tidak melihat online banner ads sehingga perlu dikaji efektivitasnya. Efektivitas suatu iklan dapat diukur dengan memory-based yang berasal dari besarnya atensi internet surfer pada online banner ads. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi atensi surfer terhadap suatu online banner ads.
Penelitian ini membahas dua faktor diantaranya, yaitu warna dan posisi dengan menggunakan Eye Tracking. Hasil penelitian ini meyatakan bahwa faktor warna tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap atensi responden terhadap online banner ads sedangkan faktor posisi memiliki pengaruh yang signifikan. Oleh karena agar online banner ads memliki efektivitas yang baik, hal yang perlu diperhatikan adalah posisi online banner.

Along with the emergence of globalization, internet becomes a precious need for people around the world. The development of internet becomes an opportunity for business men to promote their business and product. One of the advertising formats that they use is online banner ads. However there is an opinion that said the internet surfers don't see online banner ads, thus its efectiveness should be evaluate. There are a lot of factor that affect the internet surfer's attention to online banner ads.
This research examines 2 of them which are color and position using Eye Tracking method. Result of research shows that color has no significant effect to respondent's attention. However position has significant effect. Because of that, in order to make high efectiveness of online banner ads, the thing to note is the position of online banner ads.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1995
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ubaidillah Mughni
"Perkembangan era digital yang didukung dengan keberadaan internet telah meningkatkan perubahan perilaku masyarakat terhadap konsumsi media. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang mulai mempertimbangkan strategi komunikasi pemasarannya dengan memproduksi berbagai jenis iklan termasuk iklan di search engine Google. Namun, sampai saat ini faktor-faktor yang paling mempengaruhi terhadap konversi penjualan di Google search engine yang paling efektif belum sepenuhnya dipahami. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan di Google search engine terutama pengaruh headline terhadap konversi. Hipotesis riset eksperimen penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara berbagai bentuk headline dan pengaruhnya terhadap konversi dengan moderating factor tren kata kunci yang diambil dari Google Trend. Pada penelitian ini, dilakukan riset experimen selama 1 bulan penuh (31 hari) dengan membagi variabel yang dikontrol adalah headline pada Google mobile search engine advertising. Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menemukan bahwa headline iklan baik yang memiliki kata kunci tertentu dan penuhnya karakter dengan moderating factor Google Trend pada Google search engine advertising tidak memiliki hubungan positif terhadap konversi, namun lebih berpengaruh terhadap jumlah klik suatu iklan.

The digital era, driven by the rapid development of the internet has significantly changed people's behavior towards media consumption. Various industries began to adjust their marketing communication strategies led by this change by using Google search engine advertising. However, to date, the factors that affecting the conversion in Google mobile search engine advertising is not yet fully understood. The paper aims to analyze the ads in the Google search engine advertising more importantly the effect of headline to conversion with keywor trend taken from Google Trend as moderating factor. This experiment research hypothesis shows that there is positive correlation among many types of headline and the influence to the conversion. This research is hold for about 1 full month by dividing control variable to the headline in Google search engine advertising. As a conclusion, the result of this research paper is that the headline of Google search engine advertising both contais certain keywords and having full character with Google Trend as moderating factor do not have positive correlation to the conversion, whereas it has positive correlation with the ads clicks."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rido Pratamananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan internet untuk kepentingan pekerjaan bagi pekerja informal terhadap perubahan pendapatan yang diperoleh pada tahun 2020 dengan menggunakan data Sakernas edisi Agustus 2020 menggunakan metode regresi logistik biner. Secara keseluruhan, penggunaan internet berdampak secara signifikan terhadap perubahan pendapatan pekerja informal terutama perubahan pendapatan naik atau tetap. Variabel sosio demografi seperti umur, jenis kelamin, tempat tinggal, tingkat pendidikan, berhenti bekerja, status perkawinan, lapangan usaha dan pelatihan kerja secara signifikan memberikan pekerja informal berpeluang untuk memperoleh perubahan pendapatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi untuk menghadapi masa krisis yang akan datang.

This study aims to determine the effect of using the internet for work purposes for informal workers on changes in income earned in 2020 using the August 2020 Sakernas data using the binary logistic regression method. Overall, the use of the internet has a significant impact on changes in the income of informal workers, especially changes in increasing or fixed income. Socio-demographic variables such as age, gender, place of residence, education level, stop working, marital status, business field and job training significantly provide opportunities for informal workers to obtain changes in income. The results of this study are expected to be used as an evaluation to deal with future crises."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Kusumawanti
"Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan besar dalam proses bisnis di Indonesia, termasuk pelaku usaha yang menggunakan internet sebagai sarana untuk menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh internet terhadap kesenjangan penghasilan pelaku usaha di masa pandemi Covid-19 menggunakan data sekunder Sakernas Agustus 2021dengan unit analisis pelaku usaha berusia 15 tahun dan lebih. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode dekomposisi Blinder-Oaxaca untuk mengukur kontribusi penggunaan internet serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesenjangan penghasilan antar pelaku usaha. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan internet mempengaruhi kesenjangan penghasilan pelaku usaha, karena penghasilan pelaku usaha yang menggunakan internet lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan. Selain itu, hasil analisis dekomposisi Blinder-Oaxaca juga menunjukkan bahwa variabel internet menyebabkan total kesenjangan penghasilan pelaku usaha sebesar 61,06 persen poin dengan kontribusi faktor yang terukur (endowment) lebih tinggi 83,47 persen daripada kontribusi faktor tak terjelaskan (unexplained) sebesar 16,53 persen

The Covid-19 pandemic has caused major changes in business processes in Indonesia, including entrepreneurs who use the internet as a means to run their business. This study aims to explore the influence of the internet on the earning gap of entrepreneurs during the Covid-19 pandemic using secondary data from Sakernas August 2021 with the unit of analysis of entrepreneurs aged 15 years and over. Data analysis was conducted using the Blinder-Oaxaca decomposition method to measure the contribution of internet usage as well as the factors that affect the earning gap between entrepreneurs. The results of the analysis show that the use of the internet affects the earning gap between entrepreneurs, because the earning of entrepreneurs who use the internet is higher than those who do not use it. In addition, the results of the Blinder-Oaxaca decomposition analysis also show that the internet variable causes a total entrepreneur's earning gap of 61.06 percent points with the contribution of the endowment factor being 83.47 percent higher than the contribution of the unexplained factor of 16.53 percent."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>