Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66462 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gita Dwi Permata Sari
"Batik tradisional merupakan salah satu budaya bangsa yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Industri tersebut dulunya berkembang sangat pesat di Indonesia, Namun sejak muncul industri batik printing, keberadaan industry batik tradisional semakin menurun. ketimpangan struktur produksi antara mode produksi manufaktur batik printing dengan mode produksi industri rumah tangga batik tradisional menimbulkan persaingan yang ketat dalam industri batik nasional Indonesia, adanya barang substitusi yang hampir serupa dengan batik tradisional dengan harga jual yang lebih murah, membuat permintaan batik tradisional semakin menurun dan apabila keadaan ini terus dibiarkan akan semakin mengacam keberadaan industri batik tradisional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor dan berbagai kebijakan terhadap permintaan produk batik untuk menciptakan persaingan yang sehat dan kompetitif antara produk batik tradisional dan printing. Kebijakan yang diterapkan berupa subsidi pengurangan harga input kain, harga produk, kewajiban penggunaan batik tradisional dan adanya peningkatan pendapatan masyarakat. Spesifikasi model permintaan batik menggunakan model ekonometrik regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square) dan LSDV (Linear Square Dummy Variale). Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan rentan waktu (time series) dari tahun 1996-2010.
Hasil penelitian menunjukkan model permintaan batik tulis dipengaruhi oleh harga batik tulis, harga batik cap, harga batik printing, dan tingkat pendapatan, sedangkan permintaan batik cap dan printing dipengaruhi oleh harga batik tulis, harga batik cap, harga batik printing, tingkat pendapatan dan harga input kain. Sementara dengan adanya kebijakan yang dimodelkan terbukti mampu mengubah fungsi permintaan, meningkatkan nilai elastisitas harga, dan meningkatkan jumlah permintaan untuk batik tradisional cap dan tulis dalam pasar persaingan monopolistik.

Traditional Batik is one of the nation's cultures that has great potential to be developed. The industry was growing rapidly in Indonesia, however since emerged batik printing industry, traditional batik industry is declining. Structural imbalance between mass production of batik printing with the home industry production of traditional batik pose strong competition in the national batik industry, substitutes product of the traditional batik which is almost identical with cheaper selling price make demand of traditional batik is declining, if this situation would be continue, the existence of the traditional batik is threatened.
This study aims to determine the influence of the factors and government policies on demand of traditional batik to create a competitive market between traditional and printing batik. Policies that are applied in this research that is subsidy in raw fabric price and subsidy in product price, mandatory use of traditional batik and an increasing income Specifications of econometric models use multiple regression linear with OLS method (Ordinary Least Square) and LSDV (Linear Square Dummy Variable). The data used are secondary data time series from 1996-2010.
The results showed the model of batik is influenced by the price of written batik, stamped batik, and printing batik, and income level, while the demand of stamped and printing batik are influenced by the price of written batik, stamped batik, and printing batik, income level and prices of raw fabric. While the existence of government policies proved able to change functions demand, increase the value of price elasticity, and boosts the number of traditional batik demand in monopolistic competition market.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azahar Asmawi
Selangor: Ilmu Bakti, 2011
746.662 095951 AZA b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hamzuri
Jakarta: Djambatan , 1989
746.662 HAM c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dessy Alphatonia Christy
"Tesis ini membahas tentang faktor ramah lingkungan yang ada pada batik. Dengan gap penelitian yang berhubungan dengan kinerja pengrajin batik dan kesediaan membeli produk batik pada harga premium oleh konsumen. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa masih kurangnya pengetahuan konsumen terhadap isu keunikan dan ramah lingkungan pada batik. Meskipun begitu, konsumen tetap menunjukkan dukungan dan kesediaan membeli produk batik berkualitas yang diproduksi dari praktek bisnis yang melakukan tanggung jawab lingkungan.
Tesis ini menyarankan kepada produsen batik untuk menciptakan nilai lebih seperti nilai emosional yang bisa membuat batik sebagai identitas Indonesia. Sedangkan untuk para konsumen, diharapkan untuk lebih menghargai batik Indonesia dan bisa dibanggakan pada komunitas Internasional. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kepercayaan terhadap faktor ramah lingkungan tidak berpengaruh pada dukungan dan kesediaan membeli batik pada harga premium, hanyalah perhatian yang berpengaruh signifikan.

This thesis analyzes ethical issues that related to eco friendly factors in Batik. The research gap has relation between the batik producer and willingness to buy high quality batik by customer. From the result, there are lack of customer knowledges about eco friendly factors. In spite of that, the customer still want to support and having intention to buy premium batik product which made by environmentally responsible business.
This thesis suggest to the batik producer to create more values in batik like emotional value as Indonesian identity. For customer, this thesis suggest to more appreaciate to Indonesia Batik that can be proud in the International community. The result from this research, if knowledge and belief of eco friendly factors does not have impact on support and willingness to buy premium batik product. In other hand, the concern of eco friendly factor has impact to support and willingness to buy premium batik product.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anya Safira
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap serta intensi pembelian konsumen untuk batik printing sebagai barang tiruan (counterfeit). Lebih rincinya, penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan pengaruh dari faktor sosial (informative susceptibility, normative susceptability), kepribadian (value consciousness, integritas, personal gratification), dan demografi (jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pengeluaran) terhadap sikap dan intensi pembelian batik printing.
Pengolahan data dengan Structural Equation Modelling (SEM) serta regresi berganda yang dilakukan terhadap 257 responden menemukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap konsumen adalah normative susceptibility, sedangkan variabel-variabel lainnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap terhadap pemalsuan secara signifikan mempengaruhi intensi pembelian batik printing. Implikasi dan berbagai saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini akan didiskusikan pada bagian akhir penelitian.

This research aims to study the attitude and purchase intention of Indonesian consumers for batik printing as a counterfeit product. More specifically, the research attempts to investigate the effects of social factors (informative susceptibility, normative susceptibility), personality factors (value consciousness, integrity, personal gratification), and demographic factors (gender, age, education, expenditure) on attitude towards counterfeiting and purchase intention of batik printing.
The data analysis of 257 respondents using Structural Equation Modelling (SEM) and multiple regression shows that the only variable that has a significant effect on attitude towards counterfeiting is normative susceptibility, whereas the other variables do not have a statistically significant effect. This research also found that attitude towards counterfeiting has a significant effect on purchase intention of batik printing. The implications and suggestions from these findings are also discussed.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46686
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Shambala Publication, 1999
746.662 BAT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Kusuma
Fukuoka: The Fukuoka Art Museum, 1996
R 746.662 EKO i
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
746.662 Bat
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hamzuri
Jakarta: Djambatan , 1994
746.662 HAM b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>