Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53708 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simbolon, Emerson Chan
"Behavior Engineering (BE) merupakan metodologi pengembangan perangkat lunak berbasiskan komponen dan perilaku dari sistem. BE menggunakan Behavior Modeling Languange (BML) sebagai bahasa pemodelan dalam merepresentasikan sistem. Sintaksis formal BML mendukung penjaminan kebenaran dari sistem dan penghasilkan kode implementasi secara otomatis. Metodologi BE pada saat ini belum menangani mekanisme agar kode yang dihasilkan dapat berjalan sesuai keinginan. Penelitian ini mendefinisikan tahapan yang dibutuhkan pada BE agar kode yang dibangkitkan bisa dieksekusi sesuai dengan tujuannya. Pendekatan penyusunan pola dilakukan dengan memanfaatkan fitur dan terminologi pada Rational Unified Process (RUP) yang sudah banyak dikenal sebagai praktis terbaik. Pengaplikasian metodologi hasil pengembangan dilakukan terhadap beberapa studi kasus dan telah menghasilkan kode yang dapat berjalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa BE dapat diandalkan dalam mengembangkan sistem sampai tahap implementasi dan bukan hanya pada tahap analisa requirements saja.

Behavior Engineering (BE) is a component and behavioral based system methodology. BE uses Behavior Modeling Language (BML) to model a system. Formal syntax in BML supports automated code generation to the system it built. Currently, neither tool nor guidance existed to support code generation. This research propose a guideline which makes it reliable to support dependable code generation. Rational Unified Process (RUP) terminology such as work flow, worker, activity and artifact are used which are to be known as best practice in software development. The guide line is applied to several case studies and produced running applications. This research concludes that BE can be used to build a full running system and not only used in analysis phase.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunther, Richard C.
New York: John Wiley & Sons, 1978
658.05 GUN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Coats, Robert R.
Reston, Virginia: Reston Publishing, 1982
004.61 COA s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Arnoldus, B.J.
"This book reveals the mathematical background of templates and shows interesting findings for improving the practical use of templates. First, a framework to determine the necessary computational power for the template metalanguage is presented. The template metalanguage does not need to be Turing-complete to be useful. A non-Turing-complete metalanguage enforces separation of concerns between the view and model. Second, syntactical correctness of all languages of the templates and generated code is ensured. This includes the syntactical correctness of the template metalanguage and the output language. Third, case studies show that the achieved goals are applicable in practice. It is even shown that syntactical correctness helps to prevent cross-site scripting attacks in web applications."
Paris: Atlantis Press, 2012
e20420662
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Meehan, Diane
England: Stanley Thornes , 1990
005.13 MEE i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Petzold, Charles
Washington: Microsoft, 1999
005.72 PET c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rice, John G.
New York: John Wiley & Sons, 1981
001.642 RIC b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jahns Michael
"Berbagai penelitian menyatakan bahwa pelajar mengalami kesulitan untuk mempelajari konsep dasar pemrograman dikarenakan motivasi yang rendah maupun persepsi yang kurang tepat terhadap pemrograman sebelum menekuni bidang teknologi informasi. Beberapa penelitian mencoba menjawab masalah tersebut dengan melibatkan video game ke dalam pembelajaran. Walaupun penelitian-penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis game memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa, belum ada penelitian yang mengembangkan game yang secara khusus merupakan penerapan dari teori belajar seperti teknik scaf olding yang sudah diterapkan pada pembelajaran konvensional. Berangkat dari isu tersebut, di dalam penelitian ini dikembangkan Scaf code INC., sebuah game pembelajaran untuk memperkenalkan konsep dasar pemrograman kepada pelajar sekolah menengah yang dikembangkan dengan menerapkan teknik scaf olding di dalam elemen-elemennya. Scaf code INC. kemudian dievaluasi dengan metode playtesting dengan model evaluasi MEEGA+. Dari hasil evaluasi tersebut disimpulkan Scaf code INC. merupakan game yang cukup baik untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pelajar, namun masih dapat dikembangkan lebih lanjut dari sisi tampilan antarmuka dan tingkat kesulitan tantangan untuk meningkatkan pengalaman belajar dan bermain serta pemahaman yang lebih mendalam.

Various studies state that students have difficulties to learn the basic concepts of programming due to low motivation and inaccurate perceptions of programming before pursuing the field of information technology. Several studies have tried to answer this problem by involving video games in learning. Although these studies conclude that game-based learning has a contribution to students' learning motivation and understanding, there has been no research that has developed games that specifically are the application of learning theories such as scaffolding techniques that have been applied to conventional learning. Based on this issue, in this research, Scaf code INC. was developed, a learning game to introduce the basic concepts of programming to high school students which was developed by applying scaffolding techniques in its elements. Scaf code INC. then evaluated by the playtesting method with the MEEGA+ evaluation model. From the evaluation results, it was concluded that Scaf code INC. is a game that is good enough to introduce programming concepts to students, but can still be developed further in terms of the interface and the difficulty level of the challenge to improve the learning and playing experience as well as a deeper understanding."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yudistira Hanifmuti
"Morphological analyzer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melihat bagaimana proses pembentukan kata, menentukan kata dasar pembentuk, dan menge- tahui informasi linguistik yang terkandung pada suatu kata. Universal Dependencies (UD) merupakan sebuah framework acuan yang digunakan pada proses anotasi morfologi untuk berbagai bahasa. Sayangnya, belum ditemukan morphological analyzer untuk bahasa Indonesia yang menerapkan pedoman UD ini. Penelitian ini mengembangkan morphological analyzer untuk bahasa Indonesia yang diberi nama Aksara. Aksara dibangun menggunakan finite state compiler bernama Foma yang digunakan pada Mor- phind, morphological analyzer pada penelitian sebelumnya. Foma dapat memodelkan aturan-aturan pembentukan kata dalam bentuk finite state transducer. Pada Aksara juga dikembangkan tokenizer yang hasilnya menyesuaikan dengan hasil tokenisasi pada treebank UD. Implementasi Aksara menerapkan pedoman UD versi terbaru yaitu UDv2. Pengujian Aksara dilakukan dengan membandingkan performa Aksara dengan Morhpind. Hasil pengujian menunjukkan bahwa komponen tokenizer Aksara berhasil memiliki akurasi tokenisasi sebesar 96.60%, meningkat 23.89% dari akurasi tokenisasi oleh Mor- phind. Evaluasi POS tagging Aksara juga berhasil melewati hasil pemetaan Morphind dengan akurasi F1-score sebesar 87%, dengan kenaikan relatif sebesar 18% dari baseline.

Morphological analyzer is a tool used to do an analysis on word formation process, to identify the lemma for each word, and to do an analysis on the linguistic information. Universal Dependencies (UD) is a framework commonly used in morphological annota- tion process. Unfortunately, there is not a single Indonesian morphological analyzer that applies UDv2. This research is a development of morphological analyzer for Indonesian language named Aksara. Aksara was build using finite state compiler named Foma, which was used in Morphind, the previous research on Indonesian morphological analyzer. Foma can model the rules of word formation which is represented in the form of finite state transducer. This research also develops a tokenizer which its results are adjusted to the tokenization example on UD treebank. The Aksara implementation applies the latest UD guidelines, UDv2. Testing of Aksara is done by comparing the performance of Aksara with Morphind. The test results show that the tokenizer component of Aksara managed to have a tokenization accuracy of 96.60%, an increase of 23.89% from the accuracy of tokenization by Morphind. Evaluation of POS tagging with Aksara also managed to pass Morphind with an accuracy of F1-score of 87%, with a relative increase of 18% from the accuracy of Morphind."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
T. Basaruddin
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
004 BAS k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>