Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126332 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riesa Eka Putri
"Perkembangan industri pertunjukan musik di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari peran promotor dalam menyelenggarakan konser musik, khususnya dengan mengundang artis musik luar negeri. Meningkatnya jumlah peminat konser musik memberi jalan bagi lahirnya promotor-promotor baru yang mewarnai bisnis konser di Indonesia. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya konser musik artis luar negeri yang diadakan, khususnya Jakarta. Para promotor besar memang mendominasi bisnis industri konser musik karena memiliki sumber daya untuk menghadirkan artis-artis dengan popularitas global. Namun, promotor kecil pun tidak serta-merta mati dalam bisnis ini, dan tetap bisa mengundang artis musik luar negeri dengan menjangkau segmen pasar yang spesifik. Konser selain sebagai salah satu sumber pendapatan artis musik, juga bertujuan sebagai alat promosi agar stasiun radio memutar lagu-lagu mereka. Temuan dalam tulisan ini membuktikan bahwa dalam bisnis konser musik tidak hanya didominasi oleh promotor besar saja.

The development of the music performance industry in Indonesia cannot be separated from the roles of promoters who hold the concerts, particularly by inviting international artists. The rise of music concert-goers opens up new opportunities that permit the emergence of new promoters in Indonesia’s concert business. This has led to an increasing number of music concerts by foreign music artist, especially in capital city Jakarta. The large promoters indeed dominate the music concert business industry, as they own the resources needed to invite globally renown artists. However, small promoters are not left out of the business, and are still able to invite foreign music artists by reaching out to specific market segments. Concerts, besides being a source of income for the music artists, can also become their promotional tool so that radios can play their songs. The findings in this paper proves that in the music concert business is not only dominated by large promoters.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sevirandizka Sawitri
"Music Tourism, or the act of visiting other cities or even other countries to see live music performances, has now become a more common thing to do. Yet, it rsquo;s effect on tourism industry is not many scholars rsquo; concern. Hence, this study attempts to analyze the effect of international music concerts and music festivals on tourism industry in Indonesia by conducting an empirical study on Jakarta rsquo;s inbound tourism data from 2015 to 2017. Using Random Effect Model regression, this study shows an interesting finding. The result shows that economic factors affecting inbound tourism demand don 39;t significantly affect inbound tourism. On the other hand, the non-economic factors proved to be statistically significant, including the variables of interest. However, further studies with better quality of data are needed to give a stronger evidence on the relationship between music and tourism industry.

Music Tourism, atau kegiatan mengunjungi kota negara lain untuk melihat pertunjukan musik, dewasa ini sudah menjadi hal yang marak dilakukan. Akan tetapi, studi terhadap dampak dari kegiatan ini terhadap industri pariwisata belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, studi ini dilakukan untuk menganalisa efek konser musik konser festival di Indonesia dengan melakukan studi empiris terhadap data jumlah wisatawan mancanegara di Jakarta dari tahun 2015 ndash 2017. Dengan menggunakan regresi Random Effect Model, studi ini menunjukan hasil yang menarik. Faktor ekonomi penentu permintaan pariwisata terbukti tidak memiliki efek signifikan terhadap industri pariwisata. Sebaliknya, faktor non ekonomi memiliki efek yang signifikan. Kendatipun begitu, masih perlu dilakukan studi lebih lanjut menggunakan data dengan kualitas yang lebih baik untuk memberikan bukti yang lebih kuat terkait hubungan antara industri musik dan industri pariwisata."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramjaneo Chery Pasopati
"Dalam makalah ini penulis akan membahas mengenai pentingnya keberadaan Sinematek Indonesia sebagai lembaga pengarsipan film. Pemusatan arsip akan bermanfaat bagi para peneliti dan pengamat film. Oleh karena itu Sinematek Indonesia bisa menjadi pusat pertemuan berbagai pihak dan kepentingan. Sinematek Indonesia menyimpan segala film Indonesia tanpa ada seleksi, karena mempunyai nilai bahan studi untuk berbagai disiplin ilmu. Dalam makalah ini penulis menggambarkan kondisi Sinematek Indonesia.

In this paper the author will discuss the importance of the existance of Sinematek Indonesia as a film archiving institution. Having a concentrated archive will benefit researchers and movie watchers. Therefore, Sinematek Indonesia it could be the meeting point for various parties and interests. Sinematek Indonesia keeps all Indonesian films without selection, as they all have value in becoming study materials for a variety of disciplines. In this paper the author describes the conditions of Indonesia Sinematek.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Dananjaya Utama
"Persaingan bisnis layanan jasa transportasi udara pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Penelitian ini melihat pengaruh pertumbuhan ekonomi, kepadatan penduduk, dan jumlah transportasi darat provinsi di Indonesia terhadap jumlah penumpang dan jumlah cargo. Studi ini menggunakan data statistik transportasi udara yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Metode Regresi yang digunakan menggunakan Fixed Effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dan kebijakan pemerintah mengenai tarif batas atas maupun bawah berhubungan positif dan signifikan terhadap jumlah penumpang. Selanjutnya variabel transportasi darat yang diwakili truk memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap cargo. Studi ini juga menemukan kebijakan penerapan batas tarif dapat menganggu keseimbangan pasar. Ketika penerapan tarif batas atas dibawah harga keseimbangan dapat menimbulkan excess demand.

Competition in the air transportation service business is currently experiencing very rapid development. This study looks at the effect of economic growth, population density, the number of provincial land transportation in Indonesia on the number of passengers and the number of cargo. This study uses statistical data on air transportation released by the Central Statistics Agency (BPS). The regression method used is the Fixed Effect. The results of this study indicate that GDP per capita and government policies regarding upper and lower limit fares are indicated to have a significant positive effect on the number of passengers when not using the time trend. Furthermore, trucks are indicated to have a significant positive effect on cargo when they do not use the time trend. The policy to impose tariff limits can upset the market balance. When the application of the upper limit rate is below the equilibrium price, it can cause excess demand."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Kusuma Wardani
"Penelitian ini membahas tentang perkembangan otomotif di Indonesia dan alih teknologi yang dilakukan oleh Mitsubishi. Sejak masa pemerintahan Soekarno sampai dengan Soeharto, Indonesia memiliki satu obsesi, yakni memproduksi mobil secara lokal. Indonesia pada saat itu tidak memiliki teknologi yang dapat menciptakan mobil, salah satu cara untuk medapatkan teknologi tersebut adalah dengan melakukan alih teknologi. Sampai pada tahun 1970, ketika Mitsubishi masuk ke Indonesia, dan mendirikan pabrik pertama mereka di sini. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama Mitsubishi ada di Indonesia, secara tidak langsung telah berperan penting dalam meningkatkan teknologi di Indonesia, walaupun belum seperti yang kita harapkan.

This study discusses about the development of automotive and technology transfer done by Mitsubishi in Indonesia. Since Soekarno until Soeharto's reign, Indonesia had one obsession which is to produce cars locally. But at that time, Indonesia did not have the technology to build a car. Thus, the way to get the technology was by doing the technology transfer until 1970 when Mitsubishi first entered Indonesia and established their first factory here. The results of this study show that during that time, Mitsubishi had an important role to improve technology in Indonesia. Even though it wasn't like what we expected."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55428
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diaz Pradista Diandra
"ABSTRAK
Lahirnya internet memberikan dampak tumbuhnya berbagai macam sosial media untuk berhubungan dengan satu sama lain Sosial media tersebut hadir dalam berbagai bentuk mulai dari berbentuk percakapan halaman web hingga layanan media streaming Media streaming memiliki berbagai karakteristiknya sendiri Semua video dapat kita saksikan secara langsung namun hanya beberapa yang menawarkan siaran langsung secara real time Periscope hadir sebagai sosial media yang memiliki fitur menyiarkan siaran pengguna secara langsung dan real time dan juga memiliki fitur fitur yang dapat membantu pengguna berhubungan dengan penontonnya Televisi sebagai media konvensional mulai menggunakan ketimbang melawan media baru tersebut NET menjadi salah satu stasiun televisi yang memulai menggunakan Periscope secara tetap Berbagai konten siaran disiarkan melalui akun Periscopenya yang terlihat mulai menarik penonton untuk menyaksikan konten tambahan yang ditawarkan Banyak jenis konten siaran lain yang masih dapat dicoba oleh NET untuk menarik lebih banyak penonton dan makin mendekatkannya dengan penonton.

ABSTRACT
The Development of Internet gives us a wide variety of social media to connect to others Those social media have different kind of use and also characteristic it comes in website format chatting and also media streaming format Social media based on media streaming also has its own characteristics All of them provided us with live video streaming but only a few of them gives us a real time live streaming Periscope offers us the real time live streaming in form of social media app In addition Periscope also provided user a real time commentary from audience and also audience can interact with user with likes Television as a conventional media starts to use Periscope instead of strive against that new kind of social media NET became one of Indonesian Televisions who started using Periscope regularly Variety of contents has already broadcasted through its own Periscope account which begin to look succeeded to gain some interest from its conventional audiences NET provides the audience with its value added content on its Periscope account There are lot of broadcast type need to be explored by NET to gain more audiences and make NET rsquo s Audiences feel more close to its television.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bellarini
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan utuk memetakan industri jasa promotor musik di Indonesia dengan menggunakan pendekatan S-C-P secara kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Dalam penelitian ini, dilakukan juga pemetaan dari industri jasa promotor musik sehingga ekosistem dari industri dan pemangku kepentingan di industri bisa diidentifikasi.
Pada industri jasa promotor musik, diketahui bahwa struktur pasarnya adalah pasar persaingan monopolistik, dengan produk yang terdiferensiasi serta adanya kompetisi harga dan non-harga. Kinerja industri jasa promotor musik juga meningkat setiap tahunnya dan kinerja mempengaruhi struktur dan perilaku, sehingga analisa S-C-P yang digunakan dalam industri ini adalah analisa S-C-P yang dinamis.

ABSTRACT
The purpose of this research if to scheming the music promoter industry in Indonesia with S-C-P analyses approach with qualitavie, descrptive-analysis method. The ecosystem of the industry is being captured and researcher can identify who is the stakeholders of the industry.
In the music promoter industry, the market structure is a monopolistic competition with product differentiation and price or non-price competition among firm. The performance in the industry is growing rapidly every year. The performance of this industry is affecting the structure and conduct, therefore the best S-C-P analysis to analyze this industry is the dynamic S-C-P analysis."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62903
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nashita Indira Susanto
"Makalah ini mengkaji kinerja industri live music serta pro & kontra dari konser virtual selama pandemi Covid-19. Pendapatan industri live music di seluruh dunia turun secara signifikan dari AU$40,5 (2019) menjadi A$10,38 (2020). Dengan semua industri merasakan dampak pandemi Covid-19, hal itu juga sangat memengaruhi para musisi dan artis yang terhambat untuk tampil secara live dikarenakan adanya peraturan social distancing dan lockdown. Di awal Covid-19, konser virtual mulai bermunculan dan menjadi semakin populer. Terdapat banyak musisi dan artis yang berhasil beradaptasi dengan situasi ini dan telah mendapatkan lonjakan pendapatan dari mulai dari 50% hingga 100% ataupun lebih. Namun, banyak penonton yang sering merasa kecewaa karena tidak bisa menyaksikan 'hal yang nyata' seperti dalam konser live tatap muka. Perkembangan konser virtual di industri live music selama pandemi Covid-19 telah mengubah cara bisnis beroperasi. Namun, para pelaku industri telah berencana untuk kembali melakukan pertunjukan tatap muka ketika situasi kembali normal.

This paper assesses the live music industry performance and the pros & cons of virtual concerts during the Covid-19 pandemic. The live music industry revenue worldwide plummeted from A$40.5 (2019) to A$10.38 (2020). As all industries were feeling the effects of the Covid-19 pandemic, it had indeed affected musicians and artists who were hampered from performing live due to social distancing and lockdown regulations. In the beginning of the Covid-19, virtual concerts emerged and grew in popularity. A lot of artists who adapted to this situation had reportedly been receiving a spike in income from 50% up to 100% and more. However, many of the audience were frequently followed by disappointment of their inability to witness the ‘real thing’ as in physical live concerts. The development of virtual concerts in the live music industry during the Covid-19 pandemic has changed how the business operates. Nevertheless, industry players have planned to go back to doing face-to-face gigs when things go back to normal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Wahyudi
"Kekhawatiran para pelaku dunia usaha industri rotan terhadap penghapusan Pasal 4A ayat (1) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009, dikarenakan peraturan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai atas rotan yang tidak jelas. Berdasarkan masalah tersebut, maka membuka kembali permasalahan mengenai latar belakang penetapan rotan sebagai Barang Kena Pajak Tertentu yang bersifat strategis. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai latar belakang kebijakan Pajak Pertambahan Nilai atas rotan ditetapkan sebagai Barang Kena Pajak Tertentu yang bersifat strategis, Implementasi kebijakan Pajak Pertambahan Nilai atas rotan terhadap perkembangan industri rotan, serta kebijakan Pajak Pertambahan Nilai yang sebaiknya diterapkan untuk mendorong dunia usaha kehutanan khususnya rotan di Indonesia.
Berdasarkan penelitian yang sudah peneliti lakukan, didapatkan hasil penelitian bahwa dalam penetapan rotan sebagai Barang Kena Pajak Tertentu yang bersifat strategis dilihat dari berbagi sisi, diantaranya yaitu dilihat dari segi penambahan nilai pada rotan tersebut atau dilihat dari faktor ekonomi yang mendasari pemberian fasilitas Pajak Pertambahan Nilai dibebaskan, yaitu untuk mendorong perkembangan industri rotan di Indonesia serta meningkatkan daya saing industri rotan. Faktor penghambat implementasi kebijakan tersebut yaitu, dari faktor komunikasi sehingga kekhawatiran akan penghapusan Pasal 4A Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 muncul. Kesemuanya itu diakibatkan kurangnya sosialisasi perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Faktor lainnya yaitu masalah administrasi dalam proses pengukuhan Wajib Pajak menjadi Pengusaha Kena Pajak, yang didalamnya hanya semata-mata untuk mendapatkan fasilitas berupa pembebasan PPN.

Concerns actors rattan's industrial business due the abolition of Article 4A Paragraph (1) of Law Number 42 Year 2009, due to the obscurity of the imposition of value added tax. Based on that problem, it also a remainder for the background of determination that rattan is a considered as a certain strategic taxable goods. The research is using a descriptive qualitative approach in order to have a depth understanding of the background that set rattan as a certain strategic taxable goods, implementation of value added policy for rattan to stimulate rattan industry and also the value added tax policy that should be applied to stimulate the forestry business especially for the rattan industry in Indonesia.
Based on the research conducted, obtained results that rattan designated as taxable goods certain strategic views from all sides, among which in term of adding value to rattan or viewed from the economic factors underlying the provision of Value Added Tax released, that is to stimulate rattan industry in Indonesia and to increase competitiveness business rattan industry in Indonesia. For implementation inhibiting factors of that policy is about communication that should make concerns the elimination of Article 4A Paragraph (1) of Law Number 42 Year 2009 came out. All of that problem due to lack of knowledge of business taxation actors rattan industry and the lack of socialization taxation undertaken by Directorate General of Taxation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agatha Aurelia
"ABSTRAK
Industri kreatif di Indonesia menghadapi banyak peluang untuk berkembang. Kemajuan teknologi serta bonus demografi yang diharapkan di Indonesia menjembatani kemungkinan untuk mempercepat efisiensi industri kreatif yang akan berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor ekonomi. Kaum muda harus menyadari pentingnya partisipasi kreatif mereka dalam media digital, karena mereka bertanggung jawab atas berlangsungnya kehidupan masyarakat. Rasa memiliki antar satu sama lain akan memulai bentuk kreatif lebih lanjut seperti kewiraswastaan, di mana manfaatnya bisa diberikan untuk individu maupun masyarakat. Makalah ini akan meneliti berbagai jenis partisipasi kreatif oleh anak muda, pentingnya, dan bagaimana hal itu dapat berdampak pada pengembangan industri kreatif di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian dilakukan dengan melakukan tinjauan pustaka, wawancara mendalam, dan studi kasus. Kisah sukses yang ditemukan di kaum muda di bidang tertentu akan menjadi masukkan rekomendasi peneliti tentang bagaimana meningkatkan kesadaran kaum muda tentang pentingnya industri kreatif di Indonesia dan partisipasi mereka yang turut berpengaruh dalam perkembangannya.

ABSTRACT
Creative industry in Indonesia is facing a great deal of opportunities to develop. The advancement of technology as well as the expected demographic bonus in Indonesia bridges the possibility to accelerate the efficiency of the creative industry that will contribute to the growth of the economic sector. Young people must be well aware of the importance of their creative participation in digital media, as they are responsible for the occurrence of the society. The sense of belonging with others will then initiate further form of creative such as entrepreneurship, in which the benefits could be taken for individuals as well as for community. This paper will examine the different types of creative participation by youth, the importance, and how it may be impactful towards the development of creative industry in Indonesia. By using qualitative research methods, the research was done by doing literature review, in depth interview, and case study. The successful stories found in youth will then become insights for the researcher rsquo s recommendation on how to make youth to become aware of the importance of creative industry as well as their creative participation towards its development. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>