Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14738 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pane, Sutan Pangurabaan
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987
899.224 66 SUT tt I (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992
370.157 UTA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Hasani, Sayyid Isma`il bin Mahdi bin Hamid Al-Ghurbaini
Jakarta: Pustaka Hidayah, 2004
297.4 ALH nt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anwar Putra Bayu
Palembang: Yayasan Izma Media, 1994
899.221 ANW c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Perancangan komunikasi visual ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja yang tinggal di kota Surabaya akan pentingnya mengucapkan terima kasih. Hal ini dilatarbelakangi karena melihat adanya penurunan sikap dan budi pekerti dalam masyarakat. Mengucapkan terimakasih yang seharusnya menjadi hal yang mudah dilakukan, namun pada kenyataannya kata ini semakin jarang di dengar. Padahal merupakan suatu hal yang penting untuk selalu menghargai setiap jasa yang telah didapatkan selama hidup ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Yaitu dengan cara mencari data-data di lapangan, dan kemudian melakukan analisa. Dari data di lapangan didapat hasil bahwa remaja saat ini merasa bahwa untuk sekedar mengucapkan terimakasih bukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena ini termasuk dalam permasalahan sosial maka diharapkan melalui pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) ini mampu menjadi solusi atas permasalahan yang ada. ILM akan dibuat menggunakan media-media yang efektif dalam menyampaikan pesan. Dan dari perancangan ini diharapkan akan terjadi perubahan sikap yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat Indonesia. "
JDKVN 11:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hunsaker, Philip L.
Yogyakarta: Kanisius, 1992
001.5 HUN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"ABSTRAK
Dalam keluarga, ditemukan beberapa anak menunjukkan perilaku yang
menyimpang. Perilaku-perilaku tersebut ada yang masih dapat dikendalikan,
namun ada juga yang tidak dapat dikendalikan. Salah satu perilaku yang tidak
dapat dikendalikan adalah Attention Dejici! Hiperaciivigv Disorder (ADHD).
Anak ADHD menunjukkan sikap tidak mau diam, tidak mampu memusatkan
perhatian, serta tidak mampu menahan dorongan dari dalam dirinya (Taylor,dalam Mulyono, 2003).
Membesarkan anak-anak yang penuh vitalitas dan sarat energi seperti
tersebut di atas, bagi kebanyakan orang tua bukanlah tugas yang mudah. Bagi
orang tua yang anaknya mengalami ADHD, tugas tersebut bisa sangat
melelahkan, menjengkelkan, bahkan sering kali menyebabkan keluarga terkucil
dari pergaulan.
Walaupun tidak mudah untuk menangani anak ADHD, namun mengingat
anak menghabiskan waktunya paling banyak bersama dengan orang tua, maka
keberhasilan program penanganan anak ADHD tidak lepas dari keterlibatan orang tua.
Untuk itulah penulis mencoba untuk menyusun suatu program bagi orang
tua dalam mengendalikan perilaku anak ADHD, baik dalam bidang akademik
maupun non akademik. Adapun teknik yang akan digunakan untuk
mengendalikan perilaku anak ADHD dalam progam ini adalah dengan teknik
modifikasi perilaku dan juga Discrete Trial Training dari Applied Behaviour
Analysis (ABA).
Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, baik
kepada subyek maupun orang tua. Setelah dilakukan analisa ringkah laku, maka
penulis mulai menyusun suatu program untuk mengendalikan perilaku subyek
pada saat menulis dan juga pada saat sedang ada tamu di rumah. Setelah program
dilaksanakan, evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui manfaat dan efektivitas
program yang telah disusun. Evaluasi terhadap program meliputi prosedur
pelaksanaan dan konsistensi pelaksanaannya serta hasil yang telah dicapai.
"
[Depok;Depok, Depok]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T38479
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Febriana
"ABSTRAK
Menghargai merupakan salah satu nilai universal yang dibutuhkan manusia untuk dapat
hidup berdampingan secara harmonis dengan manusia lainnya. Sayangnya sikap
menghargai sesama tersebut semakin lama semakin pudar. Hal ini mengakibatkan
terjadinya krisis karakter di negara ini baik pada golongan dewasa ataupun anak-anak.
Untuk menghindari dampak yang lebih parah diperlukan pendidikan karakter yang
memadai, terutama untuk generasi muda. Orang tua merupakan figur yang paling tepat
dalam mengajarkan nilai moral ini kepada anak. Berdasarkan hasil wawancara analisis kebutuhan terhadap 5 orang partisipan ibu yang
memiliki anak berusia 6-8 tahun diketahui bahwa mereka memerlukan pembekalan agar
mampu mengajarkan pendidikan karakter terutama nilai menghargai secara memadai di
rumah. Pembekalan tersebut meliputi pengetahuan tentang pendidikan karakter secara
umum, nilai menghargai, dan keterampilan pengasuhan yang berkaitan dengan
pengajaran nilai menghargai. Selain itu wawancara juga dilakukan terhadap 5 orang
partisipan anak berusia 6-8 tahun. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mereka
membutuhkan materi pengajaran nilai menghargai, terutama sikap menghargai diri
sendiri dan lingkungan. Program pengajaran nilai menghargai ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pembekalan
program untuk orang tua dan tahap pelaksanaan program pengajaran yang akan
diberikan oleh orang tua di rumah. Tahap pembekalan terdiri dari 5 sesi dengan durasi
per sesi sekitar 45 menit, sedangkan untuk tahap pengajaran bagi anak terdiri dari 17
sesi dengan durasi per sesi sekitar 30 menit. Materi kegiatan meliputi pengajaran nilai
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan serta pengaplikasian nilai-nilai
tersebut dalam situasi nyata. Evaluasi program akan dilakukan setiap akhir sesi dan
pada situasi sehari-hari. Saran yang dapat diberikan dalam penyusunan modul program
ini adalah perlunya mengambil sampel analisis kebutuhan yang lebih bervariatif dari
beberapa sekolah yang berbeda sehingga program ini dapat diterapkan pada populasi
yang lebih luas lagi."
2007
T37860
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>