Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136029 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bondan Adi Nugraha
"Dewasa ini, pada beberapa organisasi terjadi perbedaan yang cukup besar antara nilai sesungguhnya dari suatu organisasi dengan nilai buku dari organisasi tersebut. Bila sebelumnya kita dapat memperkirakan nilai dari suatu organisasi berdasarkan aset tetap yang dimiliki oleh organisasi tersebut, pada saat ini nilai dari suatu organisasi ban yak dikaitkan dengan misalnya, struktur organisasi, hubungan dengan pelanggan, ataupun tingkat kemampuan sumber daya dari organisasi tersebut.
Beberapa organisasi dianggap memiliki suatu aset yang berharga yang tidak tercantum dalam nilai bukunya, aset ini adalah aset organisasi yang tersembunyi, atau disebut juga intangible assets [Svei97]. Berdasarkan kerangka kerja Intangible Assets Monitor dari Sveiby, intangible assets dari suatu organisasi dapat dibagi menjadi struktur, struktur internal dan kompetensi sumber daya manusia.
Tesis ini akan menggunakan kerangka kerja Intangible Assets Monitor untuk menganalisis intangible assets yang dimiliki oleh Departemen Wireline, suatu departemen dalam PT X, yang bergerak dalam industri telekomunikasi di Indonesia. Perencanaan sistem informasi dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan organisasi menjalankan aktifitas bisnisnya kemudian akan dikembangkan berdasarkan hasil dari analisis intangible asset."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40401
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Hansen N.M.
"Tesis ini membahas pengembangan strategi operasi PT. Perkasa Pilar Utama, sebuah perusahaan layanan jasa TI, dengan kompetensi dasar pada pengembangan aplikasi sistem informasi (perangkat lunak). Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Perkasa Pilar Utama harus meningkatkan kemampuan manajemen proyeknya dengan menetapkan standar operasional pada masing-masing proyek guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan sekaligus mengembangkan kegiatan bisnisnya.

The focus of this study is developing operation strategy for PT. Perkasa Pilar Utama, an IT consulting firm that has a core competence in developing information systems (software). This study is done by using qualitative means of research. The result of this research shows that PT. Perkasa Pilar Utama must increase it`s capability in project management by applying operational standards at each projects. By doing so, PT. Perkasa Pilar Utama will be able to increase their quality of service and expand its business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26524
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlynda Yuniarti
"Sistem lnformasi Akuntansi merupakan salah salu aspek penting dalam manajemen suatu perusahaan. Aspek ini harus didukung sepenuhnya oleh manajemen untuk mendapatkan hasil yang optimal secara keseluruhan. PT X merupakan perusahaan yang masih tergolong muda, namun cukup pesat perkembangannya dalam bidang teknologL Penelitian pelaksanaan Sistem Informasi Akuntasi pada perusahaan ini dapat menjadlkan suatu gambaran seberapa jauh perusahaan nasional yang sedang berkembang telah memperhatikan aspek Sistem Informasi Akuntansi. PT X telah menjalankan Sistem Informas1 Akuntansi dengan baik. Namun penyelenggaraan SIA masih memerlukan beberapa penyempurnaan di beberapa bagian. PT X belum memanfaatkan hasH informasi olahan SIA untuk keperluan perencanaan dan pengendalian yang merupakan fungs1 utama dalam suatu manajemen perusahaan. Tampaknya perusahaan harus memperhatikan benar masalah ini demi kemajuan perusahaan sendiri."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S18417
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diavitri Carissima
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18275
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Trisnawati
"Dengan semakin berkembangnya industri otomotif di Indonesia, diperlukan komponen-komponen otomotif yang diproduksi oleh perusahaan pihak ketiga. Sebagai pemasok, perusahaan komponen otomotif ini harus dapat menentukan harga jual yang dapat menutup biaya produksi serta memberikan Iaba yang diinginkan. Tujuan studi dari penulisan ini adalah untuk memberi gambaran bagaimana merancang suatu sistem informasi akuntansi biaya untuk mengumpulkan dan mengolah data biaya yang diperlukan, untuk menentukan harga pokok produksi per unit dari tiap jenis produk komponen. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan telaah kepustakaan, wawancara dan pengamatan Iangsung ke Iokasi pabrik untuk penelitian yang menyeluruh mengenai cara pengumpulan dan pengolahan data biaya yang diperlukan dalam pembuatan Iaporan biaya produksi. Dari penelitian yang dilakukan penulis, secara umum PT "X" telah dapat melakukan pencatatan untuk perhitungan harga pokok produksi dari tiap-tiap jenis produknya. Metode pengumpulan biaya produksi yang digunakan adalah berdasarkan biaya produksi pesanan mengingat produksi dilakukan atas dasar pesanan dan masing-masing pesanan mempunyai spesifikasi tertentu. Prosedur pencatatan biaya produksi sudah cukup baik. termasuk prosedur pengadaan bahan baku dan prosedur penjualan. Karena jenis yang diproduksi selalu bertambah yang memerlukan proses produksi yang berbeda sebaiknya diatur bagaimana prosedur pencatatannya dan dokumen yang dibutuhkan agar cukup fleksibel namun tetap menjamin adanya pengendalian internal yang baik. Untuk mendapatkan hasil perhitungan harga pokok produksi yang lebih akurat bagi perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk. disarankan agar menggunakan cara perhitungan biaya berdasarkan aktivitas yang mengalokasikan biaya overhead pabrik pada masing-masing produk berdasarkan aktivitas yang dikonsumsinya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18466
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patricia
"Masing-masing fungsi dalam perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) menghasilkan data-data yang banyak dan harus cepat diolah. Karena itu diperlukan suatu Sistem Informasi Akuntansi yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran sistem iri formasi akuntansi pada perusahaan "X" dan analisanya sehingga pembaca dapat mengetahui sistem informasi akuntansi yang baik. Dalam penulisan karya tulis ini, penulis mengadakan penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian lapangan meliputi observasi langsung dan wawancara dengan pihak yang berwenang di perusahaan. Berdasarkan penelitan penulis mendapatkan kekurangan pada struktur organisasi perusahaan dan pada pendelegasian wewenang. Juga untuk kode perkiraan, perusahaan belum menetapkan digit kode perkiraan yang seragam. Kelemahan lain adalah dalam transaksi piutang yang jumlahnya besar dan tidak tertagih. Selain itu perusahaan belum menetapkan komputerisasi sepenuhnya. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi adalah sistem yang memproses transaksi keuangan dimana laporan yang dihasilkan dapat berguna dalam pengambilan keputusan. Selain itu pengendalian intern yang baik akan berguna untuk melindungi aset perusahaan dari penyelewengan, memastikan adanya data akuntansi yang dan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Oleh karena itu perusahaan memerlukan suatu jaringan komputer yang akan mempermudah dan mempercepat pencatatan dan pengolahan transaksi. Selain itu perusahaan perlu mengadakan pembagian tugas dan wewenang yang lebih terinci terutama untuk Bagian Administrasi dan Keuangan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18566
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Anshary
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S18096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Yahya
"ABSTRAK
Pelanggan mempersyaratkan produk (barang/jasa) yang memuaskan
kebutuhan dan harapannya. Kebutuhan dan harapan peianggan (Voice of
Customer) selalu berubah, dan untuk itu organisasi perlu memperbaiki atau
meiakukan improvisasi secara berkesinambungan terhadap produk dan
prosesnya.
Guna mengantisipasi kebutuhan dan harapan pelanggan yang selalu
berubah dan mengimprovisasi (memperbaiki) proses dan produk, maka
dibutuhkan alat bantu berupa sistem informasi produk yang dapat dengan segera
menganalisa kebutuhan dan harapan pelanggan saat ini dan akan datang
menjadi quality effort (improvement).
Alat bantu dalam bentuk software program QFD diupayakan
pengembangannya untuk diaplikasikan pada data-data suara pelanggan tentang
kualitas yang rnereka butuhkan dari produsen mobil Opel dan juga persepsi
mereka tentang kualitas mobil Toyota sebagai pesaingnya.
Penggunaan software selelah diisi dengan data-data suara pelanggan
diuji keakurasiannya dengan peraiatan yang digunakan seoara manual. Dan
ternyata bahwa peralatan itu sangat akurat dan dapat menghasilkan diagram
matriks rumah kualitas, dengan tempilan data-data yang perlu menjadi perhatian
pihak predusen demi menghasrlkan kualitas tertentu yang diinginkan para
pelanggan.

"
2001
S37117
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>