Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50274 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
TA3124
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Subagio S.
"ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang manfaat penggunaan kacamata merah sebagai alat bantu dan memperpendek waktu adaptasi gelap (WADG) awak pesawat TNI-AU / ABRI di dalam simulator "Night Vision Trainer" (NVT) Lakespra S. Kacamata mata merah telah digunakan oleh awak pesawat untuk membantu proses adaptasi gelap, tetapi belum dilakukan penelitian tentang manfaat dari alat tersebut.
Disain penelitian bersifat pre dan post eksperimen laboratorium tanpa kontrol. Sampel dengan syarat stakes I-II Jukniskesau 1993 diambil secara acak sederhana dari populasi awak pesawat TNI-AU / ABRI yang datang ke Lakespra S untuk "medical examination" (medex) dan mendapatkan Indoktrinasi dan Latihan Aerofisiologi (ILA) secara rutin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 171 awak pesawat, terdiri dari 86 penerbang dan 85 non penerbang.
Hasil penelitian menunjukkan
- Rata-rata WADG dengan memakai kacamata merah 27 men it 16 detik lebih cepat secara bermakna dibandingkan dengan rata-rata WADG tanpa memakai kacamata merah yaitu 30 menit 13 detik (p < 0,001).
- Terbukti bahwa umur dan merokok merupakan faktor perancu terhadap proses adaptasi gelap / WADG.
- Rata-rata WADG awak pesawat umur < 30 tahun lebih cepat secara bermakna dibandingkan dengan rata-rata WADG awak pesawat umur > 30 tahun.
- Rata-rata WADG awak pesawat tidak merokok lebih cepat secara bermakna dibandingkan rata-rata WADG awak pesawat yang perokok.
- Rata-rata WADG pada penerbang lebih pendek secara bermakna dibandingkan dengan rata-rata WADG non penerbang.
- Lama sebagai anggota ABRI / awak pesawat seiring dengan umur yang juga bermakna terhadap WADG tanpa kacamata merah dan WADG dengan kacamata merah. Semakin lama bekerja, semakin tua umurnya dan semakin lama WADG.
- Rata-rata WADG awak pesawat yang memakai kacamata hitam/"sunglasses" bila berada di bawah sinar yang many-Haulm / matahari lebih cepat secara bermakna dibandingkan dengan rata-rata WADG tidak memakai kacamata hitam.

ABSTRACT
A study had been carried out using the Night Vision Trainer (NVT) simulator on the efficacy of red lens goggles as a tool to shorten the dark adaptation time (DAT) among the aircrews of the Indonesian Air Force / Indonesian Armed Forces. The red lens goggles had been used for quite a long time among the aircrews but there was no evaluation study to indentify its usefulness.
The design of the study was pre and post laboratory experiment with no control. The sample of the study were aircrews with the pre requisities "Stakes I - II Jukniskesau 1993" who came to Lakespra S. for medical examination (Hedex) and got Indoctrination and Aerofisiological Training routinely. The number of the samples collected were 171 aircrews consisted of 86 pilots and 85 non pilots.
The result of the study were as follows
- the mean of the DAT using red lens gloggles was 27 minutes 16 seconds is significantly shorter compare to not using red lens goggles of 30 minutes 13 seconds (p < 0,001).
- age and smoking were proved to be the confounders to the DAT.
- the mean of the DAT among aircrews with age < 30 years old is significantly shorter compare to the mean of DAT among aircrews with age ? 30 years old.
- the mean of the DAT among smoking aircrews is significantly longer compare to not smoking.
- the mean of the DAT among pilots is significantly shorter than among non pilot.
- both the length of time as Indonesian military and as aircrew member-ships along with increasing the age are significantly longer to the mean of the DAT both with and without red lens goggles. The longer working, the older of aircrew the longer the DAT.
- the mean of the DAT among those who wear sunglasses when they were in open area is significantly shorter than those who were not wear sunglasses.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsir A. Muin
Jakarta: Rajawali Press, c1990
621.873 Mui p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA3093
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Glorius Atma Tiopan
"This paper analyses challenges and opportunities EU faces through investing Airbus in developing countries, specifically through strategic alliance between Airbus and China. Why is China chosen as their destination to expand their businesses ? Is this a positive step towards a better mutual understanding ? How the external factors such as : IPR, sharing technologies, etc affect the two entities whether it's a positive or negative manner in terms of EU-China cooperation."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
T32392
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Djoko Sihono Gabriel
"ABSTRAK
Transportasi udara merupakan kebutuhan yang bersifat strategis bagi berbagai keperluan, oleh karena itu penyelenggaraannya memerlukan perencanaan secara akurat. Salah satu aspek penting dalam masalah ini adalah perkembangan jumlah penumpang penerbangan komersial.
Untuk memproyeksikan dan mengantisipasi perkembangan jumlah penumpang penerbangan diperlukan adanya model yang bekerja dengan mekanisme sebab-akibat, agar hasilnya responsif terhadap perubahan sistem sebab. Dalam model ini penumpang dikelompokkan dalam tiap jenis keperluan perjalanan dan disusun sistem sebabnya masing-masing. Dengan simulasi komputer, model dinamika sistem ini telah menunjukkan kemampuannya dalam menjelaskan struktur masalah dan mekanisme sebab-akibat yang dapat memprediksi dan memproyeksikan kemungkinan yang akan terjadi. Model ini juga mampu dengan cepat menyajikan sensitifitas permintaan terhadap perubahan tiap sistem sebab atau beberapa sistem sebab sekaligus.
Implementasi model dinamika sistem ini akan lebih berhasil apabila memperoleh dukungan data yang lebih lengkap, teratur pengumpulannya, akurat dan sistematik penyajiannya. Pengembangan lebih lanjut terhadap model faktor penyebab juga sangat mendukung keefektifan implementasi model ini. Kerja sama antar instansi dan pakar berbagai bidang keahlian untuk mengembangkan model ini lebih lanjut akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi berbagai pihak yang berhubungan dengan kegiatan penerbangan.

ABSTRACT
Air transportation is an important need which serves various trip purposes, therefore, this services should be planned accurately. One of the most important aspects to solve the problems is the growth of commercial flight passengers.
Projecting and anticipating the growth of commercial flight passengers needs a model that works based on causal-effect mechanism, to produce responsive solutions caused by causal systems changes. These models classify the passengers by trip purposes and build the structures of causal systems for each trip purpose. Using computer simulations, the system dynamics models show its ability to explain the structures of the problems as well as the causal mechanism in predicting and projecting of the demand in the future. These models can also generate a sensitivity evaluation of the demand if the causal system or systems will change.
Implementation of the system dynamics models will work more successfully if supporting data collected completely by systemic procedures as well as its representations. Further development of these models for causal systems also contributes the effectiveness of the models. Cooperation of institutions and various experts will give optimum benefits for those who involved in the air transportation fields.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38362
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novy Husaeny
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah proses optimasi terhadap sejumlah penerbangan
dengan suatu periode waktu yang dilakukan secara berurutan (sequential) antar
satu penerbangan dengan penerbangan berikutnya sesuai dengan prinsip first come
first serves. Metode optimasi didasarkan pada prinsip pemilihan rute terpendek
antara titik awal dan akhir pergerakan pesawat di area taxiway, dengan
mempertimbangkan waktu tunggu yang mungkin dihasilkan akibat menghindari
terjadinya konflik dalam pergerakan di area taxiway. Rute terbaik dipilih
berdasarkan total waktu taxiing dan waktu tunggu yang paling minimum diantara
sekumpulan alternatif rute dengan waktu tunggu yang diakibatkan. Kumpulan rute
ditentukan berdasarkan prinsip shortest path dimana penerbangan setelahnya
akan menyesuaikan proses pergerakan terhadap penerbangan yang telah
dioptimasi sebelumnya. Optimasi dibatasi oleh jumlah waktu tunggu maksimal
dan batasan separasi minimum antar pesawat di area taxiway. Proses optimasi
pergerakan pesawat terbang pada area taxiway ditampilkan dalam bentuk
algoritma. Algoritma diujikan pada contoh kasus penerbangan di Bandar Udara
Ngurah Rai Bali. Hasil optimasi dari 10 (sepuluh) nomor penerbangan
menghasilkan nilai total pergerakan sejumlah 384 detik lebih baik daripada proses
pembebanan penerbangan berdasarkan adjustment dari pengontrol lalu lintas
udara (ATC) dengan menggunakan jadwal dan nomor penerbangan yang sama.
ABSTRACT
The purpose of this study is the optimization of the number of flights to a time
period that is done sequentially between one flight to the next flight in
accordance with the principle of first come
first serves. Optimization method based on the principle of choosing the shortest
route between the start and end of the movement of aircraft on
the taxiway area, taking into account the waiting time may result due to avoid any
conflict in the movement in the taxiways area. Best route selected based
on total time Taxiing and the minimum waiting time between a set of alternative
routes to the waiting time caused. Set of the shortest path is determined based
on the principle of cost thereafter which will adjust the movement of
the flight which was previously optimized. Optimization is limited by the amount
of the maximum waiting time and the minimum
limited separation between aircraft on
the taxiway area. Process optimization aircraft movements on taxiways area displa
yed in the form of algorithms. The algorithm was tested on a sample case
of flight at Bali's Ngurah Rai Airport. Optimization results of ten flight
number produces a total value of 384 movements a second better
than the imposition of cost based adjustment of ATC using the schedules and the
same
flight number."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35213
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Farid Imam Wahyudin
"Pemerintah Indonesia membentuk Single Air Navigation Service Provider (ANSP)
bernama LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan
Indonesia) berdasar pada UU. Penerbangan No 1 Tahun 2009 pasal 271. Penelitian ini
bertujuan untuk melakukan analisa proses pembentukan organisasi penyelenggara
pelayanan navigasi penerbangan dari segi keselamatan dengan pemodelan sistem
manajemen keselamatan (SMK) dan eskalasi prioritas 8 kriteria ANSP dengan Analitic
Hierarchy Process yang belum tercakup dalam rencana peralihan, sehingga organisasi
yang dibentuk memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi.
Penelitian menunjukkan bahwa dengan pemodelan SMK pada proses perubahan
organisasi ANSP terjadi penurunan indeks resiko keselamatan dan diketahui urutan
prioritas kriteria ANSP. Hasil tersebut dijadikan sebagai dasar penyusunan roadmap dan
ceklist kesiapan untuk memandu langkah-langkah Management of Change.

Government of Indonesia established a single Air Navigation Service Providers (ANSP)
named LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia)
based on the Aviation Law No. 1 Year 2009 Article 271. This study aims to analyze the
process of formation of the organization of air navigation service providers in terms of
safety with Safety Management System (SMS) modeling and the priority escalation of 8
ANSP criteria with AHP thats not included in the transition plan, so that the
organization will be formed have good safety level.
This study indicates the priority of ANSP criteria and show that by SMS modeling the of
ANSP organizational change safety risk index.This results serve as the basis for
arranging the Roadmap and Readiness Checklist to guide the step of Management of
Change.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T36788
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>