Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26599 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinaga, Steven Yehezkiel
"Kompetensi merupakan kemampuan seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas yang mencakup pengetahuan keterampilan sikap dan perilaku Kompetensi sendiri tidak dapat lepas dari kegiatan kerja seorang pustakawan Dalam penelitian ini peneliti tertarik dengan kompetensi pustakawan dalam lingkungan perpustakaan Sekolah Tinggi Teologi Jakarta yang termasuk jenis perpustakaan perguruan tinggi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pustakawan yang diterapkan dalam lingkungan perpustakaan Sekolah Tinggi Teologi Jakarta Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan komponen wawancara dan observasi dalam memahami gambaran kompetensi pustakawan Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan menggunakan landasan kompetensi pustakawan menurut US Special Library Association SLA yang mencakup kompetensi profesional dan individu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Sekolah Tinggi Teologi Jakarta mampu memenuhi beberapa aspek kompetensi baik profesional maupun individu walaupun masih memiliki beberapa kekurangan dalam pemenuhan kompetensi menurut standar yang digunakan.

Competence is one's ability to achieve success in carrying out tasks that include knowledge, skills, attitudes and behaviors. Competence alone cannot be separated from the work activities of a librarian. In this study, the researcher interested in the competencies of librarians in the library environment Divinity School in Jakarta, which includes the type of college libraries. The purpose of this study was to determine how the librarian competencies are applied in the Divinity School library environments Jakarta. In this study, researchers used a qualitative method with interviews and observation component in understanding the competence description Jakarta Divinity School librarians and librarians use foundation competencies according to US Special Library Association (SLA) that includes professional and individual competence. The results of this study indicate that the Divinity School librarian Jakarta able to meet some of the aspects of both professional and individual competence, although it still has some shortcomings in the fulfillment of competencies according to the standard used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57489
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nabila Hanif
"Skripsi ini membahas dinamika penggunaan zat kimia oleh remaja perempuan (Taruni) yang terwujud dalam pemakaian kosmetik sehari-hari di Sekolah kedinasan milik pemerintah yang menerapkan pendidikan semi-militer. Taruni menjadi subjek penelitian karena perempuan cenderung bergantung pada kosmetik untuk mewujudkan keinginan dan harapan mereka.
Penelitian ini berada di bawah payung penelitian "Chemical Youth" yang melihat penggunaan zat kimia lewat perspektif kaum muda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam, pengamatan secara langsung, serta diskusi kelompok terfokus. Survey sederhana juga dilakukan pada saat preliminary survey untuk memperoleh pola penggunaan kosmetik di kalangan Taruni.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketergantungan mereka pada zat kimia dalam kosmetik tidak dapat dihindari namun dapat dinegosiasikan pada situasi tertentu. Pemaknaan mereka pada kosmetik pun dinamis seiring dengan pengalaman yang mereka lalui selama mereka belajar dan berkegiatan di lingkungan kampus.

This thesis discusses the dynamics of the use of chemical substances by adolescent girls (Taruni), which is manifested in the daily use of cosmetics in an official government-owned schools that implements semi-military education. Taruni became the research subject because women tend to rely on cosmetics to actualize their wishes and expectations.
This study is under the scope of "Chemical Youth" study, which sees the use of chemical substances through the perspective of young people. The method used is a qualitative method with indepth interview, direct observation, and focus group discussion. Simple survey was also conducted during the preliminary phase to obtain cosmetic usage pattern among Taruni.
The results of this study indicate that their dependence on chemicals in cosmetics can not be avoided, but can be negotiated in certain situations. Their meanings on any cosmetic is also dynamic, along with the experiences they went through during their study and activism on campus.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S45923
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bima Rahma Novandi
"Kemampuan pustakawan yang berkembang selama masa pandemi dan terus dimanfaatkan pada pasca pandemi yang beradaptasi dengan keadaan sangat dibutuhkan. Pustakawan harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya dengan inovasi dalam berbagai layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana peningkatan kemampuan Pustakawan Perpustakaan UI selama masa pandemi. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi, pustakawan di Perpustakaan UI memiliki kemampuan baru baik di bidang kepustakawanan maupun di luar kepustakawanan. Kemampuan tersebut antara lain peningkatan kemampuan dalam mengolah data, peningkatan kemampuan dalam melakukan komunikasi, kemampuan mengajar secara daring, membuat konten di media sosial, memperbaiki server website, dan kemampuan lain di luar bidang kepustakawanan. Selain itu yang menjadi hal menarik berkaitan dengan kemampuan pustakawan di Perpustakaan UI di masa pandemi adalah kemampuan beradaptasi dengan teknologi informasi. Hal ini sebagai dampak dari pandemi yang membuat pekerjaan dan layanan di perpustakaan sempat ditutup.

The ability of librarians who have developed during the pandemic and continue to be utilized in the post-pandemic period that adapts to circumstances is urgently needed. Librarians must strive to improve their capabilities with innovation in various services. This study aims to identify how to increase the ability of UI Librarians during a pandemic. The research approach in this research is qualitative with interview, observation, and document analysis methods. The results of the study showed that during the pandemic, librarians at the UI Library had new abilities both in librarianship and outside of librarianship. These capabilities include increasing ability to process data, improving communication skills, online teaching skills, creating content on social media, repairing website servers, and other capabilities outside the librarianship field. Apart from that, what is interesting about the ability of librarians at the UI Library during a pandemic is the ability to adapt to information technology. This is as a result of the pandemic which has temporarily closed work and services in the library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Windarsih
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi kerja Pejabat Fungsional
Pustakawan Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam bidang kerja
pengembangan koleksi dan layanan perpustakaan sesuai dengan Standar
Kompetensi Kerja Nasional Indonesia – Perpustakaan (SKKNI – PRP). Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian ini adalah Pejabat Fungsional Pustakawan Perpustakaan Umum
Provinsi DKI Jakarta sudah mampu melakukan tiga unit kompetensi umum, tiga
unit kompetensi inti bidang pengembangan koleksi, dan empat unit kompetensi
inti bidang layanan perpustakaan. Penelitian ini menyarankan agar Pejabat
Fungsional Pustakawan di bidang layanan perpustakaan meningkatkan
kompetensinya dalam melakukan promosi perpustakaan dan melakukan kegiatan
literasi informasi. Kemudian Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta sekiranya
dapat mendorong pustakawannya untuk menyertakan dirinya mengikuti uji
sertifikasi pustakawan.

ABSTRACT
This thesis aims to identify the job competency of librarian functional staff in
DKI’s Jakarta Public Library in the case of collection development and library
service based on Indonesian National Job Competency Standard (SKKNI – PRP).
This thesis utilizes the qualitative approach using case study methodological
research. Based on the research finding, the librarian functional staff have been
able to comprehend and conducting three general competencies, three collection
development core competencies, and four library service core competencies. In
conclusion, this research suggest the librarian to improve their competencies
withIn the field of library service. It can be improving the library promotion and
the information literacy program. Besides, the need to certificate themselves for
gaining several librarian competencies."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57410
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Sulistiyoningrum
"Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja tenaga kependidikan di STIA-LAN Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang menggunakan total sampling untuk responden tenaga kependidikan dan dosen, sedangkan untuk mahasiswa menggunakan non-probability sampling dan pengambilan sampel secara accidental sehingga responden yang diperoleh adalah 96 mahasiswa STIA-LAN Jakarta. Di samping itu, peneliti juga melakukan wawancara dengan Pembantu Ketua Administrasi STIA-LAN Jakarta dengan menggunakan daftar pertanyaan seperti yang ada dalam kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori mengenai manajemen kinerja, kinerja, dan penilaian kinerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga kependidikan berdasarkan persepsi beberapa narasumber, yakni tenaga kependidikan, dosen, dan mahasiswa yang didukung oleh hasil wawancara dengan pembantu ketua administrasi adalah “cukup baik”. Walaupun demikian, masih perlu adanya peningkatan kinerja tenaga kependidikan dari segi inisiatif, kecekatan mental, dan keterbatasan pelayanan bagi mahasiswa dan dosen di malam hari.

This paper aims to describe the employee performance at Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Jakarta. Approach used in this study is quantitative method which based on surveying total sampling of educational personnels and lecturers, and non-probabilty and accidental sampling for respondens from student circle, which has obtained 96 students of STIA-LAN Jakarta. In addition, the researcher has also interviewed Chief/Chairman’s Assistant of STIA-LAN Jakarta with similar questions as ones in the questionnaire. Theories used in this research are performance management theory, performance theory, and performance appraisal theory.
The result of this research has shown that performance of educational personnel based on some perceptions, which are educational personnel, lecturers and students, and also supported by the interview with Chief/Chairman’s Assistant of STIA-LAN Jakarta, is ‘quite good’. However, there is still a need to increase the performance of educational personnels in terms of initiative, mental dexterity, and limited services for students and lecturers in the evenings.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S46537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulita Daru Priliantari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28522
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Prahastuty Nawangsari
"Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa menengah terhadap pustakawan yang bekerja di perpustakaan sekolah. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan SMP/SMU Labschool Jakarta terhadap 110 sampel /responden tanpa membedakan apakah mereka pemakai atau pengguna perpustakaan sekolah atau bukan.
Tujuan penelitian adalah (1) Mendapatkan gambaran mengenai persepsi siswa terhadap pustakawan sekolah di SMP/SMU Labschool Jakarta; (2) Mengetahui gambaran persepsi siswa mengenai aspek kualitatif dan kuantitatif dari pustakawan sekolah; (3) Mengetahui gambaran persepsi siswa mengenai eksistensi pustakawan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan ditunjang tiga teknik lain yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Pemilihan sampel dilakukan secara aksidental.
Hasil penelitian menunjukkan, sebagian besar siswa SMP/SMU Labschool Jakarta menganggap pustakawan adalah orang yang mengumpulkan, mengelola, menyimpan dan menyebarluaskan informasi, umumnya siswa mengangap sikap pustakawan cukup ramah, dalam memberikan bantuan juga cukup baik, walaupun siswa tidak sering meminta bantuan pada pustakawan. Alasan yang dikemukakan oleh siswa yang belum pernah meminta bantuan pada pustakawan adalah karena mereka sudah bisa mendapatkan sendiri apa yang dibutuhkan tanpa bantuan pustakawan. Siswa beranggapan bahwa tugas pustakawan berkaitan dengan kegiatan sirkulasi dan menyediakan sumber informasi, namun mereka tidak memiliki pendapat apakah tugas tersebut dapat dilakukan oleh semua orang. Persepsi siswa terhadap tingkat pendidikan pustakawan masih rendah, tetapi mcreka berpendapat bahwa ada keahlian yang perlu dimiliki oleh pustakawan sekolah yaitu ilmu pcrpustakaan, pengetahuan umum dan pendidikan. Menurut siswa jumlah pustakawan dan staf yang bekerja di perpustakaan saat ini sudah memadai.
Terakhir adalah, pada umumnya siswa mengakui eksistensi pustakawan sekolah sangat penting, ditinjau dari keberadaan mereka di perpustakaan, peranannya dalam proses bclajar mengajar, kerja sama dengan guru dan staf lainnya serta status pustakawan yang sejajar dcngan guru."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Galih Gita Pangestu
"Penelitian ini membahas mengenai sumber daya manusia di Sekolah Luar Biasa A PTN, yang berfokus pada motivasi kerja guru pustakawan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan motiviasi yang dimiliki guru pustakawan SLB A PTN dalam bekerja dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi guru pustakawan bekerja berdasarkan pada keinginanya untuk mewujudkan perpustakaan yang baik. Selain itu, faktor yang mempengaruhi motivasi guru pustakawan adalah faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu berdasarkan prestasi, pengakuan, tanggung jawab dan status pekerjaannya.

This research presents about human resources at Special school of A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta. The purposes of this research are to describe the teacher librarian motivation at the works and any factor affecting. A case study method is used in this qualitative research. The result shows that the motivation of teacher librarian works based on his her desire to make a better library. In addition, the factor which influence the motivation of teacher library based on achievements, acknowledgment, responsibility and their status. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S70093
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>