Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 101806 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prasasta Nirantara
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum dan pengembangannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan klasifikasi di Kompas Forum menggunakan skema klasifikasi faceted dengan unsur verbal dan terdapat empat tahap pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, akan tetapi dalam skema klasifikasi Kompas Forum masih terdapat kekurangan dalam temu kembali informasi, karena tidak adanya indeks dan penggunaan istilah yang tidak terkontrol. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan indeks dan melakukan pengawasan kosakata untuk istilah yang digunakan oleh pengguna.

ABSTRACT
This research analyzed about content classification in Kompas Forum.. This qualitative research aims to classification scheme in Kompas Forum and the classification development. The results of this research indicate that classification in Kompas Forum used faceted classification scheme with verbal elements and there are four steps of development that adapted with user needs, but classification in Kompas Forum still lack in information retrieval, because there is no index and vocabulary control. This research suggests to use index and do the vocabulary control for term used in Kompas Forum."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57505
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Perpustakaan UGM, 2016
MINF 25:1 (2016)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Sri Nuryanti
"Pertengahan abad ke-20, dunia komunikasi mulai mengalami rangkaian perubahan mendasar. Hal ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang dalam beberapa segi telah mendekati titik puncak. Komputer misalnya, hampir sampai pada puncak miniaturisasi dan efisiensi. Kehadiran komputer sebagai hasil teknologi canggih dan modern, memang sangat dibutuhkan saat ini. Dengan 'kepintarannya' tak satu pun bidang kehidupan yang menolak kehadirannya. Demikian pula halnya dalam bidang perpustakaan. Adanya ledakan informasi secara besar-besaran berimplikasi pada kebutuhan akan akses yang lebih cepat terhadap lebih banyak informasi. Pemakaian sistem yang berdasarkan komputer di perpustakaan dan unit informasi dewasa ini termasuk biasa dan bukan lagi merupakan masalah yang kontroversial. Komputer sebagai bagian dari teknologi informasi memegang peranan panting dalam kegiatan informasi. Informasi mengandalkan diri pada komputer baik langsung maupun tidak langsung. Bahkan jaringan terpadu informasi terpasang kini sudah mulai merupakan kenyataan. Perkembangan teknologi komputer dan..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15247
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vina Sepvia Winarko
"Penelitian ini membahas tentang proses digitisasi arsip surat kabar yang dilakukan di Pusat Informasi Kompas (disingkat PIK) sebagai upaya pelestarian koleksi. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, hal ini turut dirasakan dalam ranah media pers. Salah satunya dalam hal pengelolaan surat kabar yang bergerak maju ke era digital dari yang sebelumnya hanya menggunakan bentuk tercetak saja. Digitisasi merupakan langkah nyata yang dilakukan PIK dalam kegiatan layanan surat kabar dengan tujuan untuk meminimalisir penggunaan koleksi asli secara langsung yang riskan terhadap kerusakan. Digitisasi dilakukan agar isi informasi dan nilai guna koleksi tetap terjaga serta untuk memperpanjang usia koleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses digitisasi arsip Surat Kabar Kompas sebagai upaya pelestarian koleksi di PIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PIK telah melakukan proses digitisasi surat kabar dengan metode fotografi dalam langkah alih medianya, serta melakukan proses penyimpanan koleksi secara digital berbasis website. Proses digitisasi di PIK akan dijelaskan melalui pedoman The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA): Guidelines for Planning the Digitization of Rare Book and Manuscript Collections Tahun 2014.
This study discusses the digitization process of newspaper archives implemented by Pusat Informasi Kompas ((abbreviated as PIK) as an effort to preserve the collection. In line with the rapid advancement of technology and information, the press media sector has also affected. One of these advancements is in the management of newspapers, which are progressing into the digital era from previously only existing in printed form. Digitization is a concrete measure implemented by PIK in service activities to minimize the direct use of original collections to reduce any damage. The digitization aims to preserve the informational content and utility value of the collection, thereby extending its lifespan. This study purposed to identify the digitization process of the Surat Kabar Kompas as part of the collection preservation efforts at PIK. This study use qualitative methods, through interviews and observations. The results of this research indicate that PIK has implemented the digitization of newspapers through the photography method for the media transfer step, furthermore, they have set up a web-based system for storing digital collections. The digitization process at PIK will be explained through the guidelines of The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA): Guidelines for Planning the Digitization of Rare Book and Manuscript Collections in 2014."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hendrico Kristiawan
"Pertanyaan konsultasi pada sebuah forum daring perlu dijawab oleh dokter spesialis yang tepat agar jawaban yang diberikan akurat dan bermanfaat bagi pengguna yang bertanya. Terkait hal tersebut, penelitian ini membahas tentang pengembangan model yang dapat secara otomatis mengarahkan sebuah pertanyaan konsultasi kesehatan ke dokter dengan spesialisasi yang sesuai. Lebih jauh lagi, model yang dibangun merupakan model klasifikasi multi-label karena sebuah pertanyaan dapat terasosiasi dengan lebih dari satu spesialisasi. Penelitian ini dimulai dengan mengevaluasi keefektifan metode pemetaan berbasis aturan dalam memprediksi data yang dianotasi oleh pakar, dan diperoleh hasil yang menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup. Selanjutnya, dikembangkan sebuah model machine learning yang melakukan klasifikasi domain spesialis dokter. Pelatihan model dilakukan dengan berbagai metode, termasuk supervised, unsupervised, serta semi-supervised learning. Model terbaik ditemukan melalui metode domain adaptive pre-training dengan IndoBERT-large sebagai model acuan dan melibatkan unsupervised learning. Selain itu, model supervised learning juga digunakan dengan menggunakan model konvensional, dan hasilnya digunakan untuk analisis kontribusi dari fitur-fitur yang digunakan dalam klasifikasi. Terakhir, penelitian ini mengevaluasi kembali anotasi yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan kata kunci sebagai pendekatan untuk mengurangi kesalahan dalam dataset. Dengan pendekatan ini, berhasil ditemukan beberapa kesalahan anotasi pada dataset yang dianotasi oleh manusia.

The consultation questions on an online forum need to be answered by the appropriate specialist doctors to provide accurate and beneficial answers to the users asking the questions. In relation to this, this study discusses the development of a model that can automatically direct a health consultation question to a doctor with the corresponding specialization. Furthermore, the constructed model is a multi-label classification model because a question can be associated with more than one specialization. There are several issues addressed in this work. This research begins by evaluating the effectiveness of rule-based mapping methods in predicting data annotated by experts, and the results show a satisfactory level of success. Furthermore, a multi-label classification model is developed to classify the specialist domains of doctors. The model training is performed using various methods, including supervised learning, unsupervised learning, and semi-supervised learning. The best model is found through domain adaptive pre-training using IndoBERT-large as the reference model and involving unsupervised learning. Additionally, the supervised learning model is also used with a conventional model, and the results are used to analyze the contribution of the features used in the classification. Lastly, this research re-evaluates the annotations made by humans using keyword-based approaches to reduce errors in the dataset. With this approach, several annotation errors were successfully identified in the dataset annotated by humans.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hudzaifah Rahman
"Pusat informasi kompas merupakan sebuah lembaga informasi yang menyimpan dan mengelola arsip berita elektronik. Arsip berita elektronik yang dikelola merupakan arsip yang tidak dapat dihapuskan karena memiliki nilai komersil dan memiliki nilai sejarah terkait konten dari berita tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan arsip berita elektronik pada pusat sumber informasi kompas dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pusat informasi kompas dalam mengelola arsip berita elektronik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap informan yang berjumlah lima orang yang dipilih berdasarkan kegiatan pengelolaan arsip berita elektronik dan hasil pemanfaatan arsip berita elektronik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan arsip berita elektronik memiliki perbedaan dengan pengelolaan arsip elektronik karena dalam pengelolaan arsip berita elektronik tidak dilakukan tahap retensi. Dalam melakukan pengelolaan arsip berita elektronik, pusat informasi kompas menghadapi hambatan pada masalah teknis, seperti teknologi yang terbatas untuk sebuah sistem pengelolaan arsip berita.

Kompas Information Center is an information center that store and manage electronic news archive. Kompas Information Center store and manage electronic news archive that can rsquo t be eliminated or deleted because it contain a commercial and historical value that related with the electronic news archive. This research has been done to gives a description about how Kompas information center manage their electronic news archive and to identify the difficulties that their dealing with. This study is a qualitative study with a descriptive design. The research data that include in this study were obtained by interview and observation with five informant who are related to electronic news archive management and utilization activity.This study shows that electronic news archive management activity is different than electronic archive management activity because there is no retention in the electronic news archive management activity. Kompas Information Center has some techincal difficulties in managing the electronic news archive."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta : Perpustakaan UGM, 2006,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Widiastuti
"Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui penilaian responden terhadap layanan kliping elektronik Kompas yang digunakan di perpustakaan tersebut, (2) mengetahui tingkat kepuasan pemakai terhadap berbagai aspek pelayanan, (3) mengetahui produk dari kliping elektronik berupa basil temuan dan waktu penelusuran yang diberikan, (4) mengetahui jenis/kelompok pemakai yang menggunakan jasa layanan kliping elektronik Pusat Informasi Kompas. Penelitian dilakukan dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi pada pelayanan. Subjek penelitian adalah pemakai layanan kliping elektronik pada pangkalan data Kompas, yang datang Iangsung untuk menggunakan jasa layanan ini. Data yang dikunipulkan dengan metode angket dianalisis dengan menggunakan parameter intepretasi data. Saat ini PIK menyediakan layanan informasi berupa kliping manual, kliping elektronik, biodata, hokum, dan microfilm Kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai jasa layanan kliping elektronik adalah mahasiswa dengan tujuan untuk mencari bahan togas/penelitian. Secara umum penilaian terhadap aspek Iayanan kliping elektronik Kompas adalah positif, Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan penilaian negatif hanya terdapat pada aspek penggunaan kata kunci dan jumlali komputer dalam menggunakan Iayanan kliping elektronik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S14854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rahmi
"Pada peristiwa di mana terdapat lebih dari satu forum tersedia untuk menyelesaikan sengketa, pengadilan perlu menentukan forum yang paling layak untuk mengadili sengketa. Layak atau tidaknya suatu forum merupakan persoalan lebih lanjut daripada kompetensi suatu pengadilan. Persoalan kelayakan forum diselesaikan dengan cara menerapkan prinsip forum non conveniens. Prinsip ini dibenarkan oleh peradilan Indonesia. Penerapan prinsip forum non conveniens dalam sengketa hukum perdata internasional di Indonesia berkaitan erat dengan hukum acara perdata Indonesia. Dengan menggunakan metode yuridis normatif, maka penerapan prinsip forum non conveniens di Indonesia akan dikaji dalam Putusan Mahkamah Agung No. 3253/K/PDT/1990 dan dalam putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No. 578/PDT/2009/PT. DKI.

In cases where there is more than one available forum for a dispute settlement, the court must determine the most appropriate forum out of all the available forums. The issue on the appropriateness of a forum goes beyond the question of jurisdiction. The issue is solved by applying the forum non conveniens principle. Such principle is justified by Indonesian courts. The application of the forum non conveniens principle in private international law disputes in Indonesia has a great link with Indonesian civil procedure. In this thesis, the application of the forum non conveniens principle will be observed through the analysis of the decision by Mahkamah Agung No. 3253/K/PDT/1990 and the decision of Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No. 578/PDT/2009/PT. DKI."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
S65183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lany Widyastuti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas penyebaran informasi di organisasi Forum Lenteng melalui program Akumassa. Akumassa merupakan program pendidikan dan pemberdayaan komunitas dengan berbagai media. Media yang digunakan yaitu lokakarya dengan komunitas lokal di berbagai daerah di Indonesia dan media massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai proses penyebaran informasi dan pemanfaatan media massa yang digunakan melalui program Akumassa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu program Akumassa memberikan informasi mengenai literasi media dan menjadi pelaku media kepada komunitas lokal. Pemafaatan media massa melalui film, pameran, dan tulisan yang akan diterbitkan secara tercetak atau melalui website Akumassa agar siapapun dapat memperoleh, memanfaatkan dan menghasilkan informasi mengenai isu di daerah komunitas tersebut

ABSTRACT
This research discusses the dissemination of information in Forum Lenteng organization through Akumassa program. Akumassa is an education program and community development with various media. Akumassa program is bassically about workshop with local communities located in various regions in Indonesia. Purposes of this reasearch is to describe information dissemination process and to utilization of mass media through Akumassa program. This study is using qualitative approach with a case study as a chosen method. The main result of this study is that the Akumassa program provides information on media literacy and media perpetrators to local communities. The utilization of mass media through films, exhibitions, and a paper are published in printed or through Akumassa website, where anyone can acquire, utilized and generate information about the current issues in local community."
2015
S61120
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>