Ditemukan 112568 dokumen yang sesuai dengan query
Dessy Alphatonia Christy
"Tesis ini membahas tentang faktor ramah lingkungan yang ada pada batik. Dengan gap penelitian yang berhubungan dengan kinerja pengrajin batik dan kesediaan membeli produk batik pada harga premium oleh konsumen. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa masih kurangnya pengetahuan konsumen terhadap isu keunikan dan ramah lingkungan pada batik. Meskipun begitu, konsumen tetap menunjukkan dukungan dan kesediaan membeli produk batik berkualitas yang diproduksi dari praktek bisnis yang melakukan tanggung jawab lingkungan.
Tesis ini menyarankan kepada produsen batik untuk menciptakan nilai lebih seperti nilai emosional yang bisa membuat batik sebagai identitas Indonesia. Sedangkan untuk para konsumen, diharapkan untuk lebih menghargai batik Indonesia dan bisa dibanggakan pada komunitas Internasional. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kepercayaan terhadap faktor ramah lingkungan tidak berpengaruh pada dukungan dan kesediaan membeli batik pada harga premium, hanyalah perhatian yang berpengaruh signifikan.
This thesis analyzes ethical issues that related to eco friendly factors in Batik. The research gap has relation between the batik producer and willingness to buy high quality batik by customer. From the result, there are lack of customer knowledges about eco friendly factors. In spite of that, the customer still want to support and having intention to buy premium batik product which made by environmentally responsible business. This thesis suggest to the batik producer to create more values in batik like emotional value as Indonesian identity. For customer, this thesis suggest to more appreaciate to Indonesia Batik that can be proud in the International community. The result from this research, if knowledge and belief of eco friendly factors does not have impact on support and willingness to buy premium batik product. In other hand, the concern of eco friendly factor has impact to support and willingness to buy premium batik product. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ahmad Naufal
"Seiring bertumbuhya demografi di Indonesia, tingkat konsumsi masyarakat juga turut meningkat menyebabkan kenaikan produksi sampah tiap tahunnya. Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan regulasi yang mewajibkan produsen makanan dan minuman untuk beralih menggunakan kemasan yang mudah terurai, terbuat dari bahan daur ulang, dan pemanfaatkan kembali sampah. Salah satu perusahaan yang berinovasi di tengah regulasi kemasan ramah lingkungan adalah Plepah Indonesia. Plepah merupakan perusahaan manufaktur kemasan ramah lingkungan yang menggunakan pelepah pinang yang dijadikan wadah makanan pengganti styrofoam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh attitude, environmental concern, personal norms, dan willingness to pay terhadap minat beli kemasan ramah lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 120 responden yang didapatkan melalui kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, environmental concern, personal norms, dan willingness to pay memiliki pengaruh terhadap minat beli kemasan ramah lingkungan.
Along with the growing demographics in Indonesia, the level of public consumption has also increased causing an increase in waste production each year. This prompted the government to issue regulations requiring food and beverage manufacturers to switch to using packaging that is easily decomposed, made from recycled materials, and reuse waste. One company that is innovating in the midst of environmentally friendly packaging regulations is Plepah Indonesia. Plepah is an environmentally friendly packaging manufacturing company that uses areca palm fronds as food containers to replace Styrofoam. This study aims to determine the effect of attitude, environmental concern, personal norms, and willingness to pay on the intention to buy environmentally friendly packaging. The research used a quantitative approach through a purposive sampling technique on 120 respondents who were obtained through an online questionnaire. The results of the study show that attitude, environmental concern, personal norms, and willingness to pay have an influence on the intention to buy environmentally friendly packaging."
2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ibrohim Aji Rachmadi
"Berkembangnya industri kopi membuat semakin banyak pula penggunaan plastik yang berkakhir menjadi limbah sampah. Hal tersebut mendorong berbagai pihak termasuk pelaku bisnis kopi menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dan membuat konsumen ikut menjaga lingkungan dengan menggunakan bahan ramah lingkungan tersebut. Penelitian ini ingin melihat apakah citra merek hijau dapat mempengaruhi hubungan yang terjadi antara pengaruh sosial dan intensi membeli produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek (N=266) dengan partisipan berusia 18-40 tahun dengan jenis kelamin laki-laki 28,2%, dan perempuan 71,8%. Hasil analisis menggunakan PROCESS dengan model mediator menunjukkan hasil (1) pengaruh sosial secara signifikan mempengaruhi intensi membeli produk ramah lingkungan, (2) citra merek hijau secara signifikan mempengaruhi intensi membeli produk ramah lingkungan, (3) dan tidak adanya pengaruh interaksi yang signifikan citra merek hijau pada pengaruh sosial terhadap intensi membeli produk ramah lingkungan. Dengan demikian, pengaruh sosial akan lebih mempengaruhi intensi seseorang untuk membeli, terlepas dari baik ataupun buruknya citra merek produk. Oleh karena itu, pemasaran produk hijau dapat lebih efektif jika menggunakan pengaruh sosial ini.
The growth of the coffee industry has led to an increasing use of plastic, resulting in waste pollution. This has prompted various stakeholders, including coffee business operators, to adopt more environmentally friendly materials, encouraging consumers to contribute to environmental conservation by using such materials. This research aims to examine whether a green brand image can influence the relationship between social influence and the intention to purchase environmentally friendly products. The study was conducted in the Jabodetabek region (N=266) with participants aged 18-40, consisting of 28.2% males and 71.8% females. The analysis using the PROCESS model with a mediator model yielded the following results: (1) social influence significantly influences the intention to purchase environmentally friendly products, (2) green brand image significantly influences the intention to purchase environmentally friendly products, and (3) there is no significant interaction effect of the green 2 brand image on the social influence regarding the intention to purchase environmentally friendly products. Thus, social influence has a more substantial impact on an individual's intention to purchase, regardless of the positive or negative perception of the brand image. Therefore, green product marketing can be more effective when leveraging social influence."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rengkung, Stephanie
"Packaging pada era ini tidak lagi hanya digunakan sebagai wadah namun juga digunakan sebagai salah satu sarana pemasaran perusahaan. Dalam penelitian ini penulis mencoba menganalisa pengaruh packaging pada keputusan konsumen dalam membeli produk Yogurt. Produk Yogurt sendiri diprediksi akan mengalami ekspansi pasar di Indonesia. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian yaitu penelitian awal dan penelitian utama. Penelitian awal berguna untuk mengerucutkan enam level yang ada dalam faktor skema warna dan font menjadi dua pilihan terbaik yang nantinya akan dikombinasikan dengan faktor shape pada penelitian utama.
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian awal adalah metode Eye tracking dan Retrospective Think Aloud.
Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa font jenis "fineliner" dan "bodoni", dan skema warna "analogue" dan "tetradic" adalah yang terbaik dan akan dikombinasikan dalam penelitian utama dengan faktor shape. Metode Conjoint Analysis akan digunakan pada penelitian utama. Hasil penelitian utama menunjukkan preferensi rakyat Indonesia untuk packaging produk Yogurt adalah packaging dengan jenis font "fineliner", jenis shape Rounded dan jenis skema warna "analogue".
In this era, Packaging are no longer only used as a container but also used as a means of marketing in companies. In this study the authors tried to analyze the effect of packaging on consumer willingness to buy with a case study in Yogurt products. Yogurt is predicted to experience expansion in the Indonesian market. This study is divided into two parts, the initial research and primary research. Initial studies are useful for pursing six levels in the color scheme and font factors into two best options that will be combined with the shape factor of primary research. Research methods will be used in the initial study was the Eye tracking method and Retrospective Think Aloud. Preliminary results showed that "fineliner" and "bodoni" font type, and "analogue" and "tetradic" color schemes are the best and will be combined in the main study with shape factor. Conjoint Analysis methods will be used in the main study. The main results of the study showed a preference for the people of Indonesia for Yogurt product packaging is packaging with "fineliner" font type, Rounded shape and "analogue" color scheme"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35611
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Chafid Fandeli, 1944-
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2008
304.2 CHA a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Pekanbaru: Lingkungan Pratama, 2009
ECNEMIL
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Pekanbaru: Ilmu Lingkungan, 2009
Ilm l
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
JSEPU 2:2(2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Minnesota: Burgess, 1976
304 ENV
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Depok: Departemen Keilmuan Bem FISIP-UI, 2008
333.7 UNI k
Buku Teks Universitas Indonesia Library