Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131420 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isma Kania Muthmainah
"Kompetensi seorang manajer proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan suatu proyek. Kompetensi tersebut tidak hanya membutuhkan kompetensi hard skill saja tetapi juga kompetensi soft skill. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tentang critical soft skill competence manajer proyek terhadap kinerja biaya. Pada penelitian ini kompetensi soft skill akan dikelompokkan menjadi Konsep Diri (self-concept), Motif (motives), dan Karakter (Trait). Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja critical soft skill competence Manajer Proyek yang mempengaruhi kinerja biaya proyek infrastruktur. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan menggunakan metode regresi maka diperoleh 4 critical soft skill competence, yaitu : costumer service orientation, teamwork, initiative, dan analytical thingking.

Competence of project manager has a significant influence on the project success. Competence does not only require hard skills competence but also soft skills competence. Therefore, the analysis needs to be done about critical soft skills competence of the project manager on cost performance. In this research, soft skills competencies are grouped into self-concept, motives, and trait. The aim of this research is to find out the critical soft skills competence that affects the cost performance of infrastructure project. Based on the result of the analysis using a regression method are obtained 4 critical soft skills competence, such as : costumer service orientation, teamwork, initiative, dan analytical thingking."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42620
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Asyiah
"Supervisor dapat dikatakan sebagai the man in the middle. Supervisor diharapkan mampu menjembatani pihak manajemen dengan tenaga kerja produtif. Pekerjaan supervisor berkaitan erat dengan masalah produktifitas tenaga kerja dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan suatu proyek. Kompetensi yang dibutuhkan tidak hanya soft skill saja tetapi juga hard skill. Pada penelitian ini, hard skill dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kompetensi umum, kompetensi inti dan kompetensi khusus.
Berdasarkan hasil analisis korelasi dan regresi diperoleh critical hard skill competence supervisor yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja waktu yaitu kompetensi yang termasuk kelompok kompetensi inti yaitu: (1) Menguasai spesifikasi teknis dan spesifikasi khusus (X8) dan (2) melaksanakan pengukuran berdasarkan prosedur pengukuran volume dan perhitungan pembayaran hasil pekerjaan (X40).

Supervisor called as the man in the middle. Supervisors are expected to bridge the management and the productive labor. Supervisor's jobs are strongly associated with labor productivity and have a significant influence for successful project. Competence is not only soft skill competencies, but also hard skills competence.
This research classifies hard skill competence into three groups: general competencies, core competencies and specialized competencies. Correlation and regression analysis result showed critical hard skills competence of supervisors that have a significant effect on the time performance are core competencies: (1) Have a good knowledge to the technical and special specifications (X8) and (2) carry out measurements based on volume measurement and calculation procedure of payment of work (X40).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43624
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Reading is an important way to get some more information and some knowledge. Thus, we as teachers have an important roles in helping our students to improve in their reading skills
"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Harsyaf Nurman Djumiril
"Tenaga kerja buruh konstruksi memiliki peran penting dalam suatu proses konstruksi. Permasalahan yang biasanya terjadi adalah banyaknya luang waktu bagi para pekerjanya dalam waktu sehari bekerja. Dalam satu hari, pekerja masih memiliki waktu kosong sebesar 32% dari 100% aktifitasnya, angka ini masih sangat tinggi sebagai waktu kosong, dimana produktivitas pekerjaan dipertanyakan saat waktu kosong dari seorang pekerja setinggi angka tersebut. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab dari hal tersebut. Soft-skill dari suatu tenaga kerja buruh konstruksi diasumsikan menjadi salah satu akibat dari waktu kosong ini, yang akan berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei responden, wawancara serta validasi oleh pakar, dan mengumpulkan data dengan melakukan analisa model regresi. Penemuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa soft skill tenaga kerja buruh konstruksi berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan. Communication, Teamwork, Work Attitude, Problem Solving, dan Work Ethic, menjadi kompetensi yang penting yang dapat berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan, dimana masing-masing kompetensi memiliki pengaruh yang berbeda nilainya terhadap produktivitas pekerjaan.

Construction workers play an important role in the process of a construction. A problem that often occurs is workers still have a lot of spare time in one day of working. In a day’s work, a construction worker still has 32% of 100% of his time in one day for spare time, which where he does nothing, which where the working productivity of the worker is to be questioned. The cause of this is needed to be known. Construction workers soft-skills are assumed to be one of the problems, which could affect working productivity. The method of this research will be through respondents’ survey, expert judgments and validations, and collecting data by using regression model analysis. It is discovered that soft skills of the construction workers do affect the working productivity. Communication, Teamwork, Work Attitude, Problem Solving, and Work Ethic, are important competencies that could impact working productivity, in which each competencies have different scores of impact towards working productivity.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56007
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanyanur Indah Putri
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dan mengetahui soft skill apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja di Kantor Akuntan Publik KAP sebagai masukan untuk sarjana akuntansi dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini juga menguji perbedaan persepsi antara mahasiswa dan alumni akuntansi Universitas Indonesia mengenai soft skill yang dibutuhkan untuk bekerja di KAP. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa angkatan 2014 dan alumni angkatan 2012 dan 2013 jurusan akuntansi Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peringkat tertinggi adalah soft skill bekerja sama dengan tim dalam hal bertanggung jawab kepada tim. Terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa dan alumni akuntansi Universitas Indonesia dalam soft skill pengalaman, kepemimpinan dan pengelolaan diri dimana mahasiswa akuntansi Universitas Indonesia menganggap item-item yang berbeda tersebut lebih penting daripada alumni akuntansi Universitas Indonesia.

ABSTRACT
This study aims to explore soft skills needed to work in Public Accounting Firm KAP as an input for accounting scholars in preparing theirselves for professional career as an auditor. This study also examines differences in perceptions between students and alumni of Accounting major at Universitas Indonesia regarding soft skills needed to work in KAP. The survey was conducted by distributing online questionnaires to students of class of 2014 and alumni of class of 2012 and 2013 majoring in Accounting at Universitas Indonesia. The methodology used is descriptive statistics and Mann Whitney test. The results show that the highest ranking is have a good teamwork especially be responsible to the team. However, there is a significant difference between students and alumni of Accounting major of Universitas Indonesia in the soft skills of experience, leadership and self management, in which the Universitas Indonesia Accounting students consider the different items are more important than the Accounting major alumni of the Universitas Indonesia."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"When we learn a language,therea are four skillls-listening,speaking,reading and writing.These four language kills are related to each other in two ways: the direction of communication and the method of communication
..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Sakinah
"Keberhasilan generasi muda di masa depan bergantung kepada proses transisi dari sekolah ke bekerja. Proses transisi ini sangat penting tetapi juga mengkhawatirkan karena berdampak jangka panjang terhadap berbagai aspek di masa depan. Sayangnya, penduduk usia muda menghadapi lebih banyak tantangan di pasar kerja akibat kurangnya kualifikasi human capital. Maka memastikan penduduk usia muda memperoleh keterampilan (skill) yang tepat melalui pembentukan keterampilan (skill formation) adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko kegagalan transisi sekolah ke bekerja. Penelitian ini menganalisis transisi sekolah ke bekerja melalui tahapan transisi sekolah ke bekerja dan risiko untuk mendapatkan pekerjaan transited, yaitu pekerjaan yang mengklasifikasikan penduduk muda telah berhasil menyelesaikan transisi. Berbagai jenis skill formation dieksplorasi dalam penelitian ini, yaitu pelatihan, magang, pengalaman bekerja ketika sekolah dan kombinasinya. Dengan menggunakan data penduduk usia 19-29 tahun dari Sakernas tahun 2022-2023, analisis dilakukan dengan regresi logistik ordinal dan survival analysis-competing risk regression. Hasilnya, skill formation yang berbeda memberikan kontribusi yang berbeda. Skill formation berperan sebagai suplemen untuk melengkapi pendidikan formal yang dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan posisi tawar penduduk usia muda di pasar kerja pada fase transisi sekolah ke bekerja. Pengalaman pelatihan dan bekerja ketika sekolah meningkatkan kecenderungan atau peluang penduduk usia muda untuk mencapai tahap transisi yang lebih tinggi, sedangkan dalam jangka pendek pengalaman magang menurunkan kecenderungan untuk mencapai tahap transisi yang lebih tinggi. Pelatihan paling berkontribusi bagi penduduk kelompok rentan (perempuan, di perdesaan serta berpendidikan SMP ke bawah) dan yang berpendidikan perguruan tinggi. Dalam jangka pendek magang hanya berkontribusi positif bagi lulusan SMK. Bagi lulusan perguruan tinggi, pengalaman magang berkontribusi positif jika dikombinasikan dengan pelatihan. Pengalaman pelatihan dan bekerja ketika sekolah berkontribusi lebih tinggi pada lulusan SMA daripada SMK. Di sisi lain, jika dilihat berdasarkan lama mencari kerja, hanya pelatihan yang signifikan meningkatkan risiko penduduk usia muda untuk mendapatkan pekerjaan transited. Artinya pelatihan meningkatkan risiko untuk menjalani masa pencarian pekerjaan transited yang lebih pendek.

The future of young generation greatly depends on school to work transition process. This transition represents an important but also vulnerable moment in the life of young people. It is also a delicate phase that can affect so many aspect in the future. But in reality, young people face more challenges in the labor market due to a lack of human capital qualifications. So, ensuring young people to acquire the right skills through skill formation is one effective way to reduce the risk of a failed transition. This study analyzes young people's school-to-work transition through its stages and the risks of getting a transited job, a job that classifies young people have successfully completed the transition. Various types of skill formation were explored, such as training, internships, work experience while in school and their combinations. Using data of people aged 19-29 years from Sakernas 2022-2023, the analysis was carried out using ordinal logistic regression and survival analysis-competing risk regression. The results show that different skill formation has different contributions. Skill formation acts as a supplement to formal education which give value added to young people and increase their bargaining position in the labor market during school to work transition. Training and work experience while in school increases the odds  to reach a higher transition stage, while in the short term, internship reduces the odds to reach a higher transition stage. Training contributes the most to vulnerable groups (women, young people in rural areas and those with low education) but also those with tertiary education. In the short term, internships only contribute positively to SMK graduates. For those with tertiary education, internship contributes positively when combined with training. Training and work experience while inschool contributes more to those who graduating from SMA than SMK. On the other hand, based on the job searching duration, the only skill formation that significantly increases the risk of getting a transited job is training. This means that training increases the risk of having a shorter transited job searching period.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadzar Allimin
"ABSTRAK
Berdasarkan hasil pelaporan penyelesaian permasahan periode 1 januari – 17 Oktober 2012 yang diproses penyelesaiannya oleh BN menyebutkan, total Pengaduan sejumlah 4.603 kasus CTKI/TKI, dalam proses penyelesaian 2.196 dan pengaduan berhasil diselesaikan hanya sejumlah 1.297 (28%). Berdasarkan anlisis penyebab rendahnya penyelesaian permasalahan dikarenakan motivasi dan kemampuan mediator yang rendah. Untuk mengetahui dan membuktikan kebenaran dugaan tersebut, peneliti mengukur korelasinya menggunakan MARS Model pada para mediator. Dari hasil interpretasi data maka bisa ditarik kesimpulan bahwa variabel dari MARS model yang berkorelasi dengan kinerja hanyalah variabel kemampuan (Ability), lebih lanjut aspek dari variabel Kemampuan (Ability) yang berkorelasi dan mempengaruhi Kinerja adalah aspek kemampuan Penalaran, Aspek kemampuan perundang-undangan, aspek kemampuan dasar mediator dan aspek tenggat waktu. Sehingga menyusun program intervensi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

ABSTRACT
Based on the result of the report of problems solving period 1 January-17 October 2012 which is processed completion by BN mention, the amount of complaint are 4603 cases CTKI/TKI, in the completion process are 2196 and the complaints successfully resolved only 1.297 (28%) cases. Based on analysis of the cause of the modest problems solving due to the motivation and ability of low mediator. To find out and to prove rightness of the allegations, researcher measured the correlation used MARS Model on mediators. From the results of the interpretation of the data it can be concluded that the variables of the MARS model is correlated with the performance variable capability (Ability), further aspects of the variable Ability (Ability) are correlated and affect the performance aspect is the ability of reasoning, the ability of regulatory aspects, aspects basic skills and aspects mediator deadlines. Thus formulate intervention programs to improve the condition."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T31352
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rikwan Effendi Salam Manik
"ABSTRAK
The purpose of this study wa to find out and analyze te influence of entrepreneurship knowledge, soft skill and family support on student entrepreneurial readiness in the Department of Accounting of Politeknik Negeri Medan. The theories used were marketing management and entrepreneurial theory related to entrepreneurial readiness, entrepreneurial knowledge, soft skills and family support. This type of resourch was quantitative descrptive and the nature of research is explanatiry. The number of samples used was 292 respondents. This study uses the stratified random sampling method. The analytical method used was multiple linear regression. The results of the study indicate that soft skill variables, entrepreneurial knowledge and family support simultaneously influence the entrepreneurial readiness of accounting students at Politeknik Negeri Medan. Partially, soft skill, entrepreneurial knowldge and family support had a significant effect on entrepreneurial readiness of accounting students and the most dominant variable influence entrepreneurial readiness is soft skill."
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>