Ditemukan 45382 dokumen yang sesuai dengan query
Meidya Laksmi Ariyanti
"Artikel ini menggali isu-isu feminisme dalam salah satu novel Neil Gaiman yang berjudul Coraline melalui tokoh ibu 'yang lain.' Coraline menggambarkan ibunya 'yang lain' sebagai seorang ibu feminim yang sempurna dengan segala bentuk karakteristik feminim yang terbawa padanya – mengayomi dan peduli dalam proses menjadi seorang ibu. Walaupun begitu, di bagian lain dalam novel Coraline, ibu 'yang lain' digambarkan sebagai seorang ibu yang berkuasa penuh (all-powerful mother), dengan kekuatan yang tak terbatas dan kekuasaan penuh atas Coraline di dunia 'yang lain.' Dia berubah menjadi seorang penyihir perempuan – sebuah penggambaran perempuan yang tipikal dalam feminisme. Karena dua figur yang sangat kontrak ketika menggambarkan karakter ibu 'yang lain,' artikel ini ingin mencari penyebab-penyebab dari titik balik ibu 'yang lain' dan pengaruh keberadaan Coraline terhadap ibu 'yang lain.' Dengan menggunakan teori milik Nancy J. Chodorow tentang 'all-powerful mothers,' artikel ini mendekonstruksikan perilaku-perilaku ibu 'yang lain' terhadap Coraline untuk menjawab pokok permasalahan.
This paper examines feminism issues within Neil Gaiman's Coraline through the 'other' mother character. Coraline portrays the 'other' mother as a perfect feminine mother with all sorts of feminine characteristics attached to her – nurturing and caring in mothering process. However, in another part of Coraline, she is portrayed as an all-powerful mother with unlimited power and dominance over Coraline in the 'other' world; and she turns into a female witch – a very typical feminine depiction. Due to the contrasting figures depicted within the 'other' mother character, this paper wants to seek for the causes of the 'other' mother's turning point and the influence of Coraline existence towards the 'other' mother. By using Nancy J. Chodorow's theory of 'all-powerful mothers,' this paper deconstructs the 'other' mother traits towards Coraline to answer the research question."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Gaiman, Neil
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004
813 GAI ct
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gaiman, Neil
New York: DC Comics, 1998
813.54 GAI s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ghina Atika
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana ibu tunggal direpresentasikan dalam film Mother (2020). Penulis menggunakan teori representasi Stuart Hall (1997) sebagai konsep dasar dan pendekatan analisis film melalui karakterisasi tokoh oleh Petrie dan Boggs (2008) serta mise-en-scène oleh Monaco (2000) dalam menganalisis data. Dari hasil analisis, ditemukan tokoh ibu tunggal yang tidak sesuai dengan norma ryousai kenbo (istri yang baik dan ibu yang bijaksana). Ibu tunggal di dalam film ini tidak mengurus anaknya, bergantung finansial pada anaknya, menyuruh anaknya membunuh kakek dan neneknya, serta berpesta hingga pagi hari. Film Mother dapat dilihat sebagai penggambaran sikap yang tidak sesuai dengan norma ryousai kenbo. Film ini menunjukkan bahwa meskipun norma ryousai kenbo menjadi standar ibu ideal di Jepang, bukan berarti semua ibu hidup sesuai dengan norma tersebut. Dalam bentuknya yang paling ekstrim, film Mother menggambarkan bahwa ibu adalah manusia biasa yang dapat hidup tidak sesuai dengan norma ibu ideal yang berlaku dalam masyarakat
This study aims to see how single mothers are represented in the film Mother (2020). The author uses the representation theory of Stuart Hall (1997) as the basic concept and approach to film analysis through characterization of characters by Petrie and Boggs (2008) and mise-en-scène by Monaco (2000) in analyzing the data. From the results of the analysis, it was found that the single mother character was not in accordance with the norms of ryousai kenbo wich are good wife and wise mother. The single mother in this film does not take care of her child, relies financially on her child, orders her son to kill his grandparents, and party until the morning. The film Mother (2020) can be seen as a depiction of attitudes that do not conform to the norms of ryousai kenbo. The film shows that even though the norm of ryousai kenbo is the standard of ideal motherhood in Japan, it doesn't mean that all mothers live according VI to it. In its most extreme form, the film depicts that mothers are ordinary people who might live not according to the ideal mother norms that apply in society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ratu Rayhana Haniefa
"Coraline 2002 adalah novella yang ditulis oleh Neil Gaiman. Pada tahun 2009, novella tersebut diadaptasi oleh Henry Selick menjadi film animasi. Terdapat beberapa perubahan dalam proses perubahan narasi novella ke naskah film. Salah satunya adalah penambahan karakter yang mempengaruhi perkembangan karakter utama dalam cerita. Jurnal ini memaparkan bahwa karakter tersebut tidak terlalu berkembang jika dibandingkan dengan teks awal dimana hal ini juga mengubah pesan moral. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengeksplorasi perbedaan dalam proses perkembangan karakter utama novella dan film adaptasinya.
Coraline 2002 is a novella by Neil Gaiman, and in 2009, it was adapted into an animation movie by Henry Selick. There are several changes in the process of rendering the narrative from a novella to a movie, in which one of them is the creation of new characters that affect the protagonist rsquo s development throughout the story. This paper argues that the protagonist in the adaptation has not much developed compared to the source text, so it also changed the moral message. This paper aims to explore the differences in the process of the protagonist to become fully developed between the novella and the movie."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nadya Pramesti Nugraheni
"Cerita anak yang membahas mengenai sosok Ibu dapat ditemukan di banyak karya sastra di seluruh dunia. Namun, penggambaran sosok Ibu sering kali dibatasi pada ibu yang baik atau buruk. Hanya ada sedikit cerita yang tidak mengklasifikasikan sosok Ibu dalam oposisi biner. Salah satunya adalah Coraline, sebuah novel karya Neil Gaiman yang dipublikasikan pada tahun 2002 dan kemudian diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 2009. Dalam cerita Coraline, konsep keibuan digambarkan sebagai sebuah hal yang kompleks dan tidak terbatas pada ibu yang baik atau buruk. Cerita ini menunjukkan kompleksitas yang dimiliki oleh perempuan karir dan ibu rumah tangga dengan pekerjaan pengasuhan anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika keluarga dan konstruksi dari sosok Ibu dari dua teks tersebut. Dengan menggunakan konsep Monstrous Feminine dari Creed, penelitian ini menunujukkan adanya ambivalensi pada konstruksi karakter Ibu yang kuat.
Children stories which talk about motherhood can be found in a lot of literatures around the world. However, the portrayal of motherhood is often reduced to either a bad or good mother. Only a few such stories are not caught in the binary opposition. One of them is Coraline, a novel published in 2002 by Neil Gaiman which was later adapted into a movie in 2009 with the same title. In Coraline, the concept of motherhood is portrayed as one complex thing which is not only limited to bad or good mother. It shows the complexity which is hold by both career women and housewives with their child-caring duty. This study aims to see the family dynamic and construction of motherhood in both texts. Using Creeds concept of Monstrous Feminine, this research suggests that there is ambivalence in the construction of the powerful mother characters."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Vieka Febra Halim
"Penelitian ini membahas tentang representasi kehidupan seorang perempuan dalam tatanan masyarakat Cina tradisional berdasarkan peran tokoh perempuan yang disebut sebagai tokoh Ibu dalam cerita pendek Wèi núlì de mǔqīn (为奴隶的母亲- Ibu Yang Menjadi Budak) karya Rou Shi (柔石). Dalam masyarakat Cina tradisional, perempuan memiliki kedudukan sosial yang lebih rendah dibanding dengan laki-laki. Konsep ini menyebabkan perempuan Cina tidak memiliki kebebasan untuk menentukan hidupnya sendiri. Penelitian ini menghubungkan bagaimana kedudukan tokoh perempuan Ibu dalam cerita pendek ini dengan kondisi sosial perempuan dalam masyarakat Cina tradisional.
This study discusses the representation of a woman's life in a traditional Chinese society based on the role of a female character called the Mother in the short story Wèi núlì de mǔqīn (为 奴隶 的 母亲 - Slave Mother) by Rou Shi (柔石). In traditional Chinese society, women have a lower social rank than men. This concept causes Chinese women not to have the freedom to decide their own life. This research relates how the female character of the mother in this short story with the social conditions of women in traditional Chinese society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Raden Roro Suci Nurullia Asri
""Une Vendetta" adalah karya Guy de Maupassant yang dimuat dalam antologi cerpen Maupassant berjudul "Contes du Jour et de la Nuit". Cerpen ini membawa pembaca kepada realita kehidupan pedesaan tradisional di Korsika pada abad ke-19. Masyarakat Korsika pada abad ke-19 hidup jauh dari perindustrian dan perundang-undangan Prancis, penduduk setempat menerapkan tradisi "vendetta" sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan hidup. "Une Vendetta" mengisahkan seorang ibu yang anak satu-satunya mati terbunuh. Pembunuh melarikan diri ke kota lain, Longosardo, di Sardinia, Italia. Kisah mengambil latar di kota Bonifacio, Korsika. Dalam masa berkabung, sang ibu merencanakan pembalasan dendam (vendetta). Tokoh ibu mewakili perempuan-perempuan Korsika yang memiliki karakter keras, sifat pantang menerima malu atau penghinaan dari orang lain, dan sangat peka terhadap harga dirinya. Tulisan ini memaparkan bagaimana tradisi vendetta di Korsika digambarkan melalui tokoh "Ibu" dan memaparkan unsur-unsur realisme yang ditampilkan Maupassant dalam karyanya.
"Une Vendetta" is work of art by Guy de Maupassant in the anthology of Maupassant‟s short stories entitled "Contes du jour et de la Nuit", which was published in 1902 in Paris, France, by Louis Conard. The short story takes the reader to the reality of traditional rural life in Corsica in the 19th century. Corsican society in the 19th century lived far from the industry and French legislation, local residents practice vendetta as a solution to solve problems in life. "Une Vendetta" tells the story of a mother whose only son was killed. The assassin fled to another city, Longosardo, in Sardinia, Italy. The short story takes place in Bonifacio, Corsica. In times of mourning, the mother planned a revenge (vendetta). The character "mother" represents Corsican women with a hard character, a nature of abstinence to accept embarassement or humiliation from others, and are very sensitive to their pride. This paper aims to describe how the tradition of vendetta in Corsica is illustrated by the character "mother", and aims to find elements of realism featured by Maupassant in "Une Vendetta"."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Erina Jahra Millenia Saputra
"Rou Shi adalah seorang penulis terkemuka, penerjemah, dan tokoh revolusioner. Pada tahun 1930, Rou Shi menulis cerpen “Ibu yang Menjadi Budak (Wèi Núlì De Mǔqīn)”. Cerpen ini menceritakan tentang seorang tokoh Ibu yang disewakan oleh suaminya sendiri sebagai jalan keluar dalam menghadapi kemiskinan keluarganya. Tokoh Ibu disewakan kepada keluarga cendekiawan yang tidak memiliki keturunan, karena istri cendekiawan tidak mengizinkan cendekiawan untuk menikah lagi, maka mereka memutuskan untuk menyewa seorang perempuan untuk mengatasi ketiadaan keturunan dalam keluarganya. Lahirnya anak dalam keluarga menjadi representasi bisa berlanjutnya garis keturunan keluarga cendekiawan tersebut. Dari hasil analisis, bisa terungkap bahwa tokoh Ibu menjadi budak dan tidak bisa mendapat hak-haknya sebagai perempuan karena ia hidup dalam keluarga yang masih terikat tradisi lama dan karena status sosialnya yang rendah. Tokoh Ibu tidak hanya menjadi budak bagi sang suami, tetapi juga menjadi budak bagi perempuan lain dan keluarganya akibat sistem yang umum berlaku pada masyarakat Cina pada masa itu.
Rou Shi was a prominent writer, translator, and revolutionary figure. In 1930, Rou Shi wrote the short story “A Slave Mother (Wèi Núlì De Mǔqīn)”. This short story tells the story of a mother who is rented by her husband as a way out in facing her family's poverty. The character Mother is rented to a scholar's family who has no children, because the scholar's wife does not allow the scholar to remarry, so they decide to hire a woman to overcome the absence of children in his family. The birth of a child in the family is a representation of the continuation of the lineage of the scholar's family. From the results of the analysis, it can be revealed that Mother becomes a slave and cannot get her rights as a woman because she lives in a family that is still bound by old traditions and because of her low social status. Mother not only became a slave to her husband, but also became a slave to other women and their families due to the system that was common in Chinese society at that time."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gor`kiy, Aleksey Maksimovich
"Buku ini merupakan novel terjemahan dari karya Maksim Gorky yang berjudul Мать = Mat. Novel ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Margaret Wettlin dengan judul Mother."
Moscow: Progress Publishers, 1976
891.73 GOR m t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library