Ditemukan 153176 dokumen yang sesuai dengan query
Shelvy Rufita
"Laporan Magang ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai siklus pendapatan pada salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan multimedia di Indonesia. Pembahasan diawali dengan penjelasan mengenai siklus pendapatan, dilanjutkan dengan mengevaluasi penerapan siklus pendapatan dan prosedur pengendalian internal yang telah dilakukan untuk mengantisipasi risiko yang dapat terjadi. Siklus pendapatan Perusahaan dimulai dari penerimaan permintaan pemasangan decoder sampai menerima pembayaran dari pelanggan. Penerapan siklus pendapatan Perusahaan memiliki beberapa perbedaan dengan teori yang menjadi referensi pembahasan karena teori tersebut lebih umum digunakan untuk perusahaan manufaktur atau retail. Pengendalian internal yang dilakukan perusahaan sudah cukup baik, ditandai dengan tercapainya tujuan dalam pengendalian internal.
This internship report describes the revenue cycle of a telecommunication and multimedia service provider in Indonesia. The discussion starts with explanation about revenue cycle, continued with evaluation of the cycle and internal control procedures to anticipate risk. The revenue cycle starts from taking customers request for decoder installation to payment collection from customers after one month of the service. The revenue cycle on this company has several differences with the theories because the theories generally are used for manufacture or retail companies. The company has sufficient internal controls, as the goals of internal control have been achieved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Silaban, Jefri Jumadi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal siklus pengeluaran PT. AT yang dimulai dari tahap pemesanan barang dan/atau jasa, tahap penerimaan barang dan/atau jasa, tahap persetujuan invoice, dan tahap pencairan tunai. Proses evaluasi dilakukan dengan membandingkan pola kerangka analisis Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) dengan praktik pekerjaan yang berlangsung. Hasil evaluasi menunjukan bahwa terdapat empat prinsip pengendalian internal yang belum diimplementasikan oleh perusahaan, yaitu: prinsip penentuan tujuan laporan non-keuangan eksternal, prinsip kontrol umum atas teknologi, prinsip rincian kebijakan dan prosedur, dan prinsip komunikasi internal. Keempat prinsip ini dapat diimplementasikan perusahaan untuk mencegah potensi kerugian di masa depan pada siklus pengeluaran PT. AT.
The internship report aims to evaluate PT. AT’s internal control system on its expenditure cycle that will start from the process of ordering goods/services process, receiving the goods/services, approving supplier invoices, and the cash disbursement process. The evaluation process is carried out by comparing the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) with ongoing work practices. The evaluation results show that there are four principles that have not been implemented by the company, such as the principal of determining the objectives of external non-financial reports, the principal of general control over technology, the principal of detailed policies and procedures, and the principal of internal communication. These four principles of internal control should be implemented to prevent potential future losses in the expenditure cycle of PT. AT."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Syarif Hidayahtullah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian intern pada kegiatan pemeriksaan fisik barang impor di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok berdasarkan komponen pengendalian intern COSO 2015 dan peran tiap lini dalam kerangka pengendalian intern berdasarkan Three Lines Model IIA 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan dan wawancara. Data primer diperolah dari observasi lapangan dan wawancara dengan pegawai Bea Cukai dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, sedangkan data sekunder bersumber dari laporan, arsip, dokumen bukti penerapan SPI. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar komponen pengendalian intern COSO 2015 telah diterapkan dalam kegiatan pemeriksaan fisik barang impor di KPU BC Tanjung Priok. Namun, terdapat beberapa komponen yang belum sepenuhnya dilaksanakan, seperti komitmen terhadap kompetensi dan penegakan akuntabilitas. Pada lini pertama dalam Three Lines Model, tugas dan tanggung jawab telah dipenuhi dengan baik. Namun, terdapat beberapa keterbatasan pada lini kedua dan ketiga terkait analisis risiko dan pengawasan yang belum dilakukan secara menyeluruh.
This study aims to analyze the application of internal control in the physical inspection of imported goods at KPU BC Tanjung Priok based on the 2015 COSO internal control components and the role of each line in the internal control framework based on the Three Lines Model IIA 2020. The research method used is descriptive qualitative with data collection through field observations and interviews. Primary data is obtained from field observations and interviews with Customs and Inspectorate General employees of the Ministry of Finance, while secondary data comes from reports, archives, documents of evidence of SPI implementation. The analysis results show that most of the COSO 2015 internal control components have been implemented in the physical inspection of imported goods at KPU BC Tanjung Priok. However, there are several components that have not been fully implemented, such as commitment to competence and enforcement of accountability. In the first line in the Three Lines Model, duties and responsibilities have been fulfilled properly. However, there are some limitations in the second and third lines related to risk analysis and supervision that have not been carried out thoroughly."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Iqbal Rasyid
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan audit yang dilakukan oleh auditor KAP FA atas akun piutang tin milik entitas unit PT HIJAU Tbk. Proses pelaksanaan audit atas akun piutang ini meliputi prosedur reviu analitis, penghitungan gkat materialitas dan pengumpulan bukti audit rasio turnover berupa konfirmasi piutang, pemilihan sampel dan pihak ketiga . Proses pelaksanaan audit oleh KAP FA ini telah sesuai dengan kerangka teori dalam pengauditan serta standar audit yang berlaku dalam ISA.
This internship report aims to evaluate the audit proc ess performed by the auditor of KAP FA on the account receivables of PT HIJAU Tbk.’s unit entities. The audit procedure performed includes the analytical review, calculation of mate riality and account receivable’s turnover ratio, sampling procedure, and audit evidence collection of third party’s confirmation. The audit process performed by KAP FA was carried out in accordance with relevant theoretical frameworks and audit standards a s mentioned in the ISA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Basrifan Arief Bakti
"Untuk mencapai pemerintahan yang baik dan bersih diperlukan tata kelola yang baik. Salah satu instrumen pendukungnya adalah whistleblowing system. Namun demikian, masih banyak terdapat kasus fraud di sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sekaligus efektivitas whistleblowing system atau sistem penanganan pengaduan yang ada di Lembaga XYZ yang merupakan salah satu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Karya akhir ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif analitis. Adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa meskipun implementasi dan efektivitas whistleblowing system di Lembaga XYZ telah memadai, namun masih terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah masih adanya pegawai yang tidak mau memanfaatkan whistleblowing system dan pemberian penghargaan kepada pelapor. Penelitian ini juga memberikan saran-saran untuk memperbaiki implementasi dan meningkatkan efektivitas whistleblowing system di Lembaga XYZ di masa depan berupa revisi terhadap aturan perilaku pegawai, menyusun mekanisme penghargaan bagi whistleblower dan menyusun skema pendidikan dan pelatihan terkait WBS.
In order to achieve a good and clean government, it is necessary to have a good governance. One of the pillars of good governance is whistleblowing system. However, there are still many fraud in the public sector. This study aims to analyze the implementation and effectiveness of whistleblowing system at Institution XYZ which is one of the government internal audit institution. This study uses qualitative and descriptive analytical method. The instruments used is interview and questionnaires. This study shows that although whistleblowing system at Institution XYZ is adequate and effective, there are still weaknesses. The weaknesses are the employee’s refusal to use whistleblowing system and how to rewarding the whistleblower. This study also proposes some suggestons to improve the implementation and effectiveness of WBS at Institution XYZ in the future in the form of revisions to the rules of employee behavior, arranging reward mechanisms for whistleblowers and compiling education and training schemes related to WBS."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Syarifuddin Anzari Santoso
"Penelitian ini menginvestigasi pengaruh rangkap jabatan dan hubungan politik terhadap kualitas laba dengan proksi manajemen laba berbasis akrual di Indonesia. Dengan menggunakan data panel yang terdiri atas 88 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai 2014 and diregresikan menggunakan metode estimator kuadrat terkecil (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara rangkap jabatan terhadap manajemen laba. Namun demikian, hubungan politik tidak mempengaruhi secara signifikan tingkat manajemen laba. Hasil ini konsisten apabila menggunakan akrual diskresioner dengan model Kasznik (1999) dan Dechow et al. (1995).
This research is investigating the influence of multiple directorships and political connections on the quality of earnings, with the proxy of accrual-based earnings management in Indonesia. Using panel data comprising of 88 listed manufacturing companies in the Indonesia Stock Exchange from 2009 to 2014 and is run with Pooled Least Square linear regression estimation method. The results show positive relationship between multiple directorships and earnings management. However, political connection is found to not significantly influence the levels of earnings management. These results are consistent when the measurement of discretionary accruals is using Kasznik (1999) and Dechow, Sloan, and Sweeney (1995) model."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63682
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Iradhati Salsabila
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi sistem pengendalian internal Rumah Sakit X pada siklus penggajian dengan menggunakan prinsip-prinsip pengendalian COSO dan mengidentifikasi penerapan COSO Enterprise Risk Management pada siklus penggajian Rumah Sakit X. Penelitian ini menggunakan data primer. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan Kuesioner Pengendalian Internal, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, kuesioner yang digunakan bersifat spesifik berupa kuesioner pengendalian internal. Instrumen yang digunakan dalam kuesioner pengendalian internal ini dikembangkan berdasarkan komponen pengendalian internal COSO yang terdiri dari tujuh belas prinsip yang ada dan instrumen yang digunakan dalam penilaian manajemen risiko menggunakan lima komponen COSO ERM yang terdiri dari dua puluh tiga prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus penggajian sendiri pengendalian internal belum berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya secara spesifik kebijakan yang dibuat sebagai acuan untuk pelaksanaan pengendalian internal siklus penggajian khususnya kepada dua bagian yang membawahi langsung proses penggajian, yaitu bagian SDM dan bagian keuangan. Terlihat dari hasil penilaian menggunakan COSO internal control yang mayoritas prinsipnya belum diimplementasikan pada siklus penggajian rumah sakit X. Untuk implementasi manajemen risiko pada Rumah Sakit X, sama seperti pengendalian internalnya, untuk siklus penggajian manajemen risiko belum dilakukan. Belum ada identifikasi risiko secara khusus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan bayar pada penggajian karyawan atau tenaga kesehatan. Hasil ini dilakukan dari penilaian dokumen manajemen risiko yang dimiliki oleh Rumah Sakit X.
The purpose of this study was to analyze the condition of Hospital X's internal control system in the payroll cycle using COSO control principles and identify the application of COSO Enterprise Risk Management in the Hospital X payroll cycle. This research uses primary data. The research approach used in this research is a qualitative approach. This research method uses Internal Control Questionnaires, interviews and documentation. In this study, the questionnaire used is specific in the form of an internal control questionnaire. The instruments used in this internal control questionnaire were developed based on the COSO internal control components consisting of seventeen existing principles and the instruments used in the risk management assessment using five COSO ERM components consisting of twenty-three principles. The results of this study indicate that in the payroll cycle itself internal control has not gone well. This is indicated by the absence of specific policies made as a reference for the implementation of internal control of the payroll cycle, especially for the two sections that directly oversee the payroll process, namely the HR department and the finance department. It can be seen from the results of the assessment using COSO internal control that most principles have not been implemented in the X hospital payroll cycle. For the implementation of risk management at Hospital X, just like internal control, risk management has not been carried out for the payroll cycle. There has been no specific identification of risks to reduce the possibility of payment errors on employees or health worker payroll. This result is carried out from the assessment of risk management documents owned by Hospital X."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Uray Hasyir
"Penulisan laporan magang ini membahas prosedur pada siklus pendapatan PT XYZ serta pencatatan akuntansi terkait penjualan. PT XYZ merupakan perusahaan distributor perdagangan bahan kimia dan berfokus di pasar Indonesia. Pembahasan diawali dengan penjelasan mengenai siklus pendapatan, dilanjutkan penerapan pencatatan pada siklus pendapatan dan pengendalian internal yang telah dilakukan terkait pencatatan tersebut.
Kesimpulan dari laporan magang ini adalah implementasi prosedur siklus pendapatan PT XYZ yang terbagi atas penjualan ekspor dan lokal sudah diterapkan dengan baik dan sistematis. Untuk pencatatan atas penjualan perusahaan, manajemen sekiranya mengevaluasi kembali terkait waktu pengakuan pendapatan agar sesuai dengan peraturan akuntansi yang berlaku di Indonesia.
This internship report discusses procedures in PT XYZ's revenue cycle and accounting records related to company sales. PT XYZ is a chemical trading distributor company and focuses on the Indonesian market. The discussion begins with an explanation of the income cycle, followed by recording the income cycle and internal controls that have been carried out regarding the accounting record. The conclusion of this internship report that the implementation of PT XYZ's revenue cycle procedure which is divided into export and local sales has been implemented well and systematically. For recording the sales of the company, management supposed to reevaluate the time of revenue recognition in accordance with the applicable accounting regulations in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Eko Wicaksono
"Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan siklus pendapatan pada salah satu perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan penjelasan dari masing-masing aktivitas siklus pendapatan, dilanjutkan dengan menganalisis penerapan siklus pendapatan dan pengendalian internal yang ada apakah telah mencukupi untuk meminimalisir ancaman ndash; ancaman pada siklus pendapatan. Pada bagian pembahasan juga dijelaskan reviu atas sistem informasi pada siklus pendapatan beserta hasil temuan yang di dapatkan dari pelaksanaan reviu. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengendalian internal pada tahap penyediaan layanan, penagihan dan penerimaan kas sudah efektif. Kelemahan pengendalian internal masih ditemukan pada tahap penerimaan permintaan layanan.
This internship report aims to explain the revenue cycle process on one of the telecommunication service provider in Indonesia. This report explains each activity within the revenue cycle. Next, this report analyze the implementation as well as the adequacy of existing to minimize threats in the cycle. The information system used in the revenue cycle is also reviewed. Analysis shows that internal controls on activity of service providing, billing and cash collection are effectively put in place. However, there are several minor deficiencies found in the internal control on receiving service order."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ibratul Ardi
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adopsi International Financial Reporting Standard (IFRS) terhadap audit reporting lag di perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2008-2012. Pengujian dalam penelitian ini mengunakan model data panel yang diregresikan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif antara adopsi IFRS terhadap audit reporting lag pada perusahaan manufaktur di Indonesia.
This study aimed to examine the effect of the adoption of International Financial Reporting Standards (IFRS) on manufacturing companies in Indonesia in 2008-2012. This research uses a panel data model that has regressed by multiple linear regression. The results showed that there is negative relation between IFRS adoption on audit reporting lag in manufacturing companies in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53967
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library