Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1940 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ikeda, Daisaku, 1928-
Jakarta: Indira, 1992
294.33 IKE bt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ikeda, Daisaku, 1928-
Jakarta: Indira, 1986
294.3 IKE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ondei, G.M.D.
Rotterdam: Museum voor Land-En Volkenkunde, 1966
294.3 OND t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rangoon : The International Buddhist Society
050 BUD 1:3 (1904)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Ikeda, Daisaku, 1928-
Jakarta: Indira, 1988
293.3 IKE bt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ikeda, Daisaku, 1928-
Jakarta: Indira , 1993
294.3 IKE b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Aggi Tjetje
"Tujuan penulisan Pandangan Buddhisme tentang Dimensi Ketuhanan adalah untuk melenyapkan kesalahpahaman terhadap Buddhisme dalam kaitannya dengan masalah Ketuhanan melalui pendekatan fenomenologis dengan cara melakukan penelitian kepustakaan. Buddhisme mengenal adanya Nirvana sebagai Kebijaksanaan Tertinggi yang mempunyai aspek positif dan negatif, tidak berpribadi, bukan merupakan akibat, bukan kematian atau surga, dan bukan alam. Hanya manusia yang dapat mencapai Nirvana. Fokus utama Buddhisme bukanlah Tuhan Pencipta yang transenden terpisah dari manusia dan alam semesta. Tujuan Buddhisme adalah pembebasan dari lingkaran samsara, sehingga tercapai kebahagiaan sejati yang bersifat mutlak sebagai tujuan terakhir. Jalan menuju Nirvana adalah moralitas untuk mendisiplinkan perilaku, mental, dan perasaan. Walaupun dari segi kemutlakan dan transendensinya serta aspek-aspek lain, Nirvana mirip atau analog dengan Tuhan dalam agama-agama lain, namun Buddhisme tidak memandangnya sebagai pribadi yang kepadanya makhluk hidup memanjatkan doa, permohonan dan menggantungkan hidupnya. Buddhisme berbeda dari agama-agama yang ada, dan mengandung dimensi religius yang konsepnya berbeda dengan agama-agama lain yang ada."
Depok: Universitas Indonesia, 1987
S16006
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sapardi
"Terdapat hal yang menarik dalam dunia filsafat, tidak ada sesuatu pun yang dapat memperoleh suatu jawaban yang memuaskan. Filsafat tidaklah menjawab, tetapi mengarahkan kepada pemikiran yang lebih mendalam terhadap sesuatu. Terhadap dunia manusia, para filsuf telah banyak memberikan pemikirannya. Sejak Plato, Aristoteles, Thomas Aquinas, Rene Descartes hingga kepada filsuf eksistensialis, seperti Heidegger, Sartre maupun yang lain, juga belum dapat memberikan kepuasan dalam mengungkap manusia, termasuk dialamnya kebebasan. Manusia selalu berusaha untuk mencari hakikat yang paling benar, tetapi selalu kekurangan yang dihadapi.
Kajian pokok yang penulis bahas dalam Tesis ini adalah Kebebasan Dalam Pandangan Buddhisme Suatu Telaah Filosofis. Kelahiran demi kelahiran terus berlangsung dan tidak hentinya. Penderitaan dijalani sebagai konsekwensinya dari kelahiran dan kematian. Penderitaan sebagai proses dinamika kehidupan manusia dalam pandangan Buddhisme. Untuk menyingkapi hal tersebut maka kebebasan sebagai alat yang dipergunakan untuk analisanya sehingga dapat dipahami proses kehidupan manusia dalam mencapai tujuan. Selanjutnya adalah esensi manusia yang hakekatnya mengalami penderitaan.
Kajian terhadap manusia dipaparkan kedalam berbagai pokok permasalahan. Untuk memahami hakekat kebebasan dari sudut pandang Buddhisme, maka dalam memahami manusia harus dipandang dari berbagai aspek. Aspek-aspek dimaksud saling keterkaitan dan tidak dapat terpisahkan.
Agar sejalan dengan tujuan dan kegunaan penelitian maka pemikiran awal dirumuskan tentang sejarah perkembangan Buddhisme. Refleksi sejarah mencerminkan pemikiran Buddhisme terhadap segala hal yang akan menjadi acuan. Tahap selanjutnya tentang pandangan Buddhisme terhadap manusia, yang menyangkut alam semesta, alam-alam kehidupan, hakekat manusia, roda kehidupan dan kedudukan manusia.
Kajian selanjutnya diarahkan kepada pemikiran yang lebih mahuk kedalam esensi manusia. Dimensi kebebasan untuk memberikan arah dan tujuan yang seharusnya manusia pergunakan. Adanya rintangan batin yang menjadi momok dalam kehidupan untuk mencapai kesempurnaan. Pandangan terang yang harus dilatih dalam kehidupan melalui meditasi. Kebebasan mutlak sebagai tujuan akhir dari kehidupan. Esensi dari kelahiran mahluk menurut Buddhisme adalah kondisi yang menderita sebagai konsekwensinya. Dalam hal ini harus dipahami secara baik, sehingga untuk mencapai tujuan akhir maka manusia harus menghindari Dua Hal Ekstrim dan melaksanakan Jalan Tengah. Kesempurnaan sebagai akhir tujuan dari kehidupan.
Dalam menyampaikan kajian-kajian tersebut diatas, perlu diketahui bahwa pemikiran dari filsuf-filsuf lain juga dipergunakan. Pemikiran-pemikiran tersebut dipergunakan baik sebagai komparasi maupun lainnya. Sehingga akan dapat diperoleh keterpaduan dalam penulisan ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10845
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Iswidayati Isnaoen
"ABSTRAK
Manusia sebagai mahluk individu, anggota masyarakat, dan pendukung kebudayaan menghadapi layak kebutuhan hidup yang sangat beragam, bertingkat-tingkat, dan saling berkaitan, yang harus dipenuhi.
Secara sederhana kebutuhan hidup manusia dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu kebutuhan biologis; kebutuhan sosial; dan kebutuhan integratif. Kebutuhan biologis berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia; bersumber pada aspek-aspek biologis. Kebutuhan sosial, adalah suatu kebutuhan kebersamaan yang berkaitan dengan hakikat manusia sebagai mahluk sosial; dalam usaha pemenuhannya memerlukan keterlibatan dengan orang lain. Dan kebutuhan integratif adalah kebutuhan yang berhubungan dengan hakikat manusia sebagai mahluk pemikir, bermoral, dan bercita rasa; hal ini yang membedakan manusia dengan mahluk lain. Kebutuhan integrasi mempunyai fungsi mengintegrasikan berbagai usaha pemenuhan kebutuhan, menjadi suatu sistem yang bulat dan menyeluruh serta masuk akal bagi para pendukung suatu kebudayaan. Disamping itu mencakup pula kebutuhan akan; perasaan benar atau salah, adil atau tidak adil yang terserap dalam kegiatan-kegiatan pemenuhan kebutuhan lainnya; atau pranata sosial suatu masyarakat, mengungkapkan perasaan dan sentimen-sentimen kolektif, memantapkan keyakinan diri dan keberadaannya, serta mengungkapkan perasaan estetika atau keindahan-keindahan, Suparlan (dalam Triyanto 1994).
Berkaitan dengan penggolongan kebutuhan tersebut, kesenian termasuk klasifikasi dalam jenis kebutuhan integratif; suatu jenis kebutuhan yang berkaitan dengan pengungkapan rasa keindahan. Hal ini merupakan sebuah gejala yang bersifat universal dan tidak mengenal status, waktu serta tempat; pendek kata dimana terdapat komunitas manusia, seni selalu hadir dalam berbagai bentuk."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikeda, Daisaku, 1928-
Jakarta: Indira , 1988
294.342 IKE b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>