Ditemukan 202926 dokumen yang sesuai dengan query
Bondan Solly Sugardo
"Skripsi ini merupakan analisis dan penyusunan ulang standard operating procedures (SOP) pada sebuah Lembaga BSS yang menyediakan layanan jasa penelitian, konsultasi dan pelatihan. Pembahasan dalam penelitian ini dibatasi pada SOP terkait siklus penerimaan Lembaga BSS meliputi pembuatan cost proposal dan kontrak dengan klien, penyediaan fungsi jasa, pembuatan tagihan, pencatatan dan penghapusan piutang usaha serta penerimaan kas yang dibuat dan digunakan sejak tahun 2002 namun belum pernah diperbaharui seiring perubahan operasional yang ada. Kendala yang ditemukan dalam implementasi SOP adalah kurangnya komunikasi dan interaksi antar bagian yang menyebabkan kegiatan operasional tidak efektif.
Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan melalui wawancara dan observasi pada pihak terkait, telah dibuat sebuah rancangan yang baru atas standar prosedur operasi bagi bagian administrasi proyek serta bagian keuangan dan akuntansi terkait siklus penerimaan. Manajemen diharapkan dapat menggunakan SOP yang baru untuk memastikan setiap pekerja mengikuti langkah-langkah yang sama setiap kali menjalankan prosedur sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas pekerja baik secara individu maupun secara kesatuan lembaga.
This thesis is an analysis and standard operating procedures (SOP) rearrangements at an institute that provides research, consultancy and training services. The discussion in this study is limited to the relevant SOP BSS Institute revenue cycle, which made and used since 2002 but has not been updated in line with operational changes, includes the cost of making proposals and contracts with clients, providing services functions, bill-making, recording and elimination of trade receivables, and cash receipts. Obstacles in the implementation of the SOP is a lack of communication and interaction between personnel that cause ineffective operations. Based on the results of a study conducted through interviews and observations on the parties concerned, the author has made a new design on the standard operating procedures for project administration and finance and accounting related revenue cycle. Management is expected to use the new SOP to ensure every worker to follow the same steps every time they run the procedure so as to create efficiency and effectiveness of workers both individually and as a whole of institute."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S57784
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ginting, Triyanda Agustin
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sistem pengendalian internal yang telah diterapkan oleh PT ABC terkait aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap, serta mengidentifikasi risiko terkait aktivitas tersebut sebagai dasar analisis atas sistem pengendalian internal yang berjalan dan memberikan rancangan standard operating procedure pada aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap PT ABC. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus pada PT ABC yang bergerak di bidang jasa sarana penunjang bidang pendidikan. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kerangka kerja pengendalian internal COSO yang terintegrasi. Hasil penelitian menunjukan perusahaan telah memiliki pengendalian internal namun pengendalian internal yang berjalan belum diformalkan dan berdasarkan hasil analisis risiko masih terdapat risiko yang belum memiliki aktivitas pengendalian. Oleh karena itu, penulis memberikan rekomendasi perbaikan dalam bentuk usulan rancangan standard operating procedure SOP terkait aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap yang disesuaikan dengan kebutuhan PT ABC.
This research aims to analyze internal control system and propose a design of standard operating procedures SOP for fixed asset procurement and management activities in PT ABC. This is a qualitative research with case study method at PT ABC which is engaged in rental fixed assets for supporting education facilities. We have interviewed the management of PT ABC, conducts observation, and analysis internal documents. Based on those data, we analyze the internal control system that has been implemented by PT ABC related with procurement and management activities of fixed assets, including identifying risk in those activities as the basis for the analysis of the ongoing internal control system. The results show that there are some weakness on internal control system, especially related to fixed assets management activities. Therefore, some risks have not been mitigated yet. In addition, the Company has not formalized internal control procedure yet, which caused unstructured implementation. Therefore, this research provides recommendation for improvement in internal control activities and proposed a design of standard operating procedure SOP related to procurement and management activities of fixed assets that tailored with the PT ABC needs.Keywords Fixed Assets, Internal Control, Identify Risk, Control Activity, Fixed Assets Procurement and Management Activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Adi Akhmadi Pamungkas
"Informasi merupakan salah satu aset bagi organisasi. Oleh karena itu, organisasi perlu melakukan pengamanan terhadap aset informasi yang dimilikinya dari akses, penggunaan, modifikasi, serta penghancuran oleh pihak yang tidak berhak. Berdasarkan Dokumen Rencana Induk Teknologi Informasi BPPT 2015-2019 disebutkan secara eksplisit bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi oleh BPPT adalah belum terimplementasinya sistem manajemen keamanan informasi yang sesuai dengan standar ISO 27001. Padahal menurut Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 4 Tahun 2016, setiap lembaga yang menyelenggarakan sistem elektronik berkategori strategis harus mengimplementasikan standar ISO/SNI 27001. Setelah dilakukan analisis akar masalah, ditemukan bahwa BPPT belum memiliki Kebijakan dan SOP terkait pemanfaatan TI yang mendukung sistem manajemen keamanan informasi.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan penyusunan prosedur pendukung kebijakan keamanan informasi. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, wawancara semi-terstruktur, dan Focus Group Discussion (FGD) terhadap sejumlah pejabat struktural dan fungsional di BPPT. Analisis data transkrip dilakukan dengan menggunakan metode tematik analisis. Adapun perumusan SOP dilakukan dengan menggunakan Soft System Methodology dengan mengacu kepada domain yang dipilih dari sejumlah kontrol pada ISO 27002 dan NIST 800-82. Dari hasil perancangan tersebut dihasilkan tujuh buah SOP terkait dengan pengguna. Diharapkan rekomendasi perancangan SOP yang dihasilkan dapat memberikan masukan bagi peningkatan kualitas sistem manajemen keamanan informasi di BPPT.
Information is one of the assets for an organization. Therefore, the organization needs to protect its information assets from access, use, modification and destruction by unauthorized parties. Based on the BPPTs Information Technology Master Plan 2015-2019, it is mentioned that one of the problems faced by the organizations is BPPT were not implementing information security management system in accordance with ISO/SNI 27001 standards yet. Whereas according to the Regulation of Kementerian Komunikasi dan Informatika No. 4/2016, every government institute that organizes strategic electronic systems must implement ISO 27001 standard. After doing root cause analysis, it is found that BPPT does not have any policies and procedure related to IT utilization that support the improvement of information security management system. Therefore, this study aims to develop procedures in order to support information security policy. This research was conducted with qualitative research methodology. Data were collected through document studies, semi-structured interviews, and Focus Group Discussion (FGD) on a number of structural and functional officials at BPPT. The analysis of transcript data was done using the thematic analysis. The formulation of procedure was done by using Soft System Methodology with reference to a number of selected domains on ISO 27002 and NIST 800-83 controls. From the results, seven SOP associated with users were developed. It is expected that the procedure developed on this research can provide input for improving the quality of information security management system in BPPT."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fuji Anrina
"Laporan magang ini membahas tentang proses penyusunan SOP keuangan proses expense di PT X yang ditujukan untuk meyesuaikan SOP lama dengan proses bisnis yang baru. Analisis dilakukan atas kesesuaian proses yang dilakukan dengan teori yang ada serta penilaian aspek sistematika SOP PT X mengacu pada beberapa standar. Analisis juga dilakukan atas kecukupan pengendalian internal pada SOP hasil pemutakhiran. Analisis pengendalian internal tersebut dilakukan pada setiap SOP proses expense. Hasil laporan magang menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada proses penyusunan SOP keuangan di PT X. Sementara itu, aspek sistematika dalam SOP keuangan proses expense sudah sesuai dengan standar dan pengendalian internal dalam SOP tersebut sudah cukup memadai.
This internship report discusses about the process of preparing financial standard operating procedures (SOP) expense process on PT X to conform with the new business processes. The analysis was conducted to check the conformity of the preparation process that was performed to the existing theory and also the assessment of systematic aspects of the SOP refers to some standards. The analysis was also carried out on the adequacy of internal control of the updated SOP. Internal controls are analyzed in every SOP of expense process. The result of this internship report concludes that there are some deficiencies in the process of preparing financial SOP on PT X. Meanwhile, the systematics aspects of financial SOP process of expense are already conformed to the standards and internal controls in that SOP are already sufficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44617
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yusep Friya Purwa Setya
"Tesis ini membahas efektifitas dalam proses pengadaan peralatan penunjang pendidikan yang dilakukan oleh Unit Pengadaan Politeknik NDD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui efektifitas proses pengadaan peralatan penunjang pendidikan, mengidentifikasi kendala dalam mengimplementasikan peraturan terkait dan mengetahui upaya telah dilakukan untuk mengatasinya.
Penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa prosedur yang berkaitan dengan pengguna barang yang dilaksanakan oleh Unit Pengadaan tidak sesuai dengan SOP nya. Penelitian ini menyarankan perlu melibatkan staf yang kompeten dalam menentukan jenis peralatan yang dibutuhkan dan memberikan pelatihan mengenai pengadaan barang/ jasa kepada para pegawai administrasi sebagai pelaksana pengadaan dan kepada manajemen dan dosen sebagai pengguna barang/jasa.
This thesis explores the effectiveness of educational supporting equipment procurement process conducted by the Procurement Unit of Polytechnic NDD. This study is a descriptive qualitative research design and aims to find out the effectiveness of education support equipment procurement process, identify the constraints in implementing the relevant regulations and know the effort has been made to overcome them.
Research shows that there are some procedures related to the users of goods that have not been implemented by the Procurement Unit so that its performance is still considered not conform to the SOP. This research suggests need to involve staffs who are competent in determining the type of equipment needed and provide training on procurement of goods/ services to administration staffs as the executor of the procurement and to the management and lecturers as a user of the goods/ services."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28273
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Brilyan Hendra Suryawan
"Sebuah rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) requirement engineering pada pengembangan perangkat lunak di LIPI telah disusun. LIPI merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas untuk melakukan riset di bidang ilmu pengetahuan. SOP requirement engineering disusun menggunakan Soft System Methodology (SSM) dan Scrum sebagai framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan. Scrum merupakan bagian dari metode Agile yang sangat cepat terhadap perubahan. SOP ini disusun berdasarkan studi literatur, SBOK™ Guide sebagai Best Practice, dan penelitian sebelumnya yang relevan sebagai acuan untuk menentukan tahap requirement engineering pada Scrum. Metode yang digunakan pada penelitan ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, FGD, studi dokumen, dan observasi. Analisis tematik digunakan sebagai metode dalam pengolahan datanya. Hasil rancangan SOP requirement engineering ditujukan sebagai petunjuk atau pedoman standar dalam menyusun requirement engineering pada pengembangan perangat lunak di LIPI. Dengan dihasilkannya rancangan SOP requirement engineering ini, diharapkan perangat lunak yang dihasilkan menjadi berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
A design of Standard Operational Procedure (SOP) requirement engineering on software development in LIPI has been prepared. LIPI is a Non-Ministerial Government Institution involved in conducting research in the field of science. SOP requirement engineering is made using Soft System Methodology (SSM) and implemented Scrum as a software development framework. Scrum is part of the Agile method which is known to rapidly adapt towards change. This SOP is compiled based on literature studies, SBOK™ Guide as Best Practice, and previous relevant research as a reference to determine the requirement engineering stage in Scrum. The method being applied in this research is the qualitative method. The method to collect data in this research was made by conducting interviews, FGD, document study, and observation. Thematic analysis method was also applied in data processing.The Design of SOP requirement engineering was aimed to be the Guidance or standard guidelines to create a requirement engineering on the software development in LIPI. Lastly, a high quality software that meets the needs of the users is expected, with this design of SOP requirement engineering"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Daniel Hakim
"Laporan Magang ini membahas tentang perubahan dari proses yang dilakukan dalam bagian pengadaan SOP keuangan PT. XYZ disebabkan oleh perubahan struktur organisasi dan ekspansi bisnis yang meningkatkan kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses update, ada analisis melalui pengendalian internal berbasis COSO guidance dalam sistem internal monitoring, kemungkinan risiko yang bisa timbul, dan prosedur yang dilakukan. Proses update yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dan walkthrough pada anggota Person in Charge atau penanggung jawab dari proses yang dioperasikan oleh PT. XYZ dalam beberapa kali dan membuat koreksi SOP keuangan yang ada.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa setelah memperbarui SOP keuangan terhadap proses pengadaan, ada perubahan yang cukup signifikan mengenai proses dioperasikan pada siklus saat ini menuju ke siklus sebelumnya pada proses pengadaan. Sebagian besar perubahan dalam sub proses SOP Procurement adalah dalam kegiatan, diagram alur, dokumen, dan juga mengubah nama judul penanggung jawab. Beberapa SOP juga terjadi perubahan dalam instruksi kerja. Mengenai Format SOP yang digunakan oleh PT. XYZ, telah sesuai dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan, dan terlebih lagi sudah menjelaskan poin-poin penting yang perlu ditekankan dalam SOP, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan dalam proses ketika dieksekusi. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. XYZ juga masih perlu perbaikan juga.
This Internship Report discusses about the change of processes performed in financial SOP procurement section of PT. XYZ caused by the change of organization structure and business expansion that enhances the complexity of operational activites of PT. XYZ. In updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance on monitoring internal systems, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough the Person In Charge members from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP. The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards procurement process, there is a quite significant changes regarding the processes operated on this current cycle towards to previous cycle on procurement process. Most of the sub processes in Procurement SOP changes in activities, flowcharts, documents, and also changes the title name of person in charge. Some SOP also occured changes in work instructions. Regarding SOP format used by PT. XYZ, it has been in accordance with the general format used by the company, and moreover already explained the key points that need to be emphasized in the SOP, so it will not lead to confusion in the process when it is executed. In addition, financial SOP owned by PT. XYZ is also still need of improvement too."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57666
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diah Zahi Ambarwati
"Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Penelitian Dugaan Pelanggaran di Bidang Cukai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya SOP terkait kegiatan dimaksud yang disebabkan karena hal tersebut merupakan kebijakan baru yang diamanahkan berdasarkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang kemudian diturunkan ke dalam aturan pelaksanaan 237/PMK.04/2022. SOP tersebut sangat diperlukan karena adanya potensi ketidakseragaman prosedur pelaksanaan pada kantor bea dan cukai di Indonesia. SOP dapat memudahkan organisasi untuk mendeteksi dan mengatasi kesalahan, memberikan pemahaman yang rinci dan sistematis kepada pegawai yang bertugas, serta memudahkan proses monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data yang diperoleh dari wawancara kepada Tim Peneliti yang secara langsung melaksanakan tugas kegiatan penelitian dugaan pelanggaran di bidang cukai. Hasil penelitian berupa usulan SOP proses bisnis kegiatan penelitian dugaan pelanggaran di bidang cukai, penyelesaian perkara dengan tidak dilakukan penyidikan serta penyelesaian Barang Kena Cukai (BKC) dan Barang Lain yang terkait dengan dugaan pelanggaran menjadi Barang Milik Negara (BMN).
The research aims to develop Standard Operating Procedures (SOP) for Investigating Alleged Violations in Excise in accordance with applicable regulations. The study is motivated by the absence of SOPs related to these activities due to their status as new policies mandated by the Harmonization of Tax Regulations Law, subsequently elaborated in implementing regulation 237/PMK.04/2022. The need for this SOP arises from the potential inconsistency in the execution procedures across customs offices in Indonesia. SOP facilitate the organization in detecting and addressing errors, providing detailed and systematic understanding to the assigned employees, and simplifying the monitoring and evaluation processes. The research methodology employed is qualitative, with data obtained through interviews with the Research Team directly involved in the investigation of alleged customs violations. The research results propose an SOP for the business process of investigating alleged violations in customs, the resolution of cases without conducting investigations, and the resolution of Excise Goods (Barang Kena Cukai) and other related goods involved in alleged violations that become State-Owned Goods (Barang Milik Negara)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arinahaq
"Tesis ini membahas bagaimana penyusunan SPO di departemen PT Medikaloka Hermina Tbk dan persepsi pengguna SPO di RS Hermina Kemayoran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perlunya menstandarkan atau membakukan panduan penyusunan SPO di departemen PT Medikaloka Tbk sesuai prinsip penyusunan SPO agar terdapat acuan bagi tim penyusun di departemen menghasilkan SPO sesuai dengan prinsip penyusunan SPO yaitu efisiensi dan efektifitas, berorientasi pada pelanggan, kejelasan dan kemudahan, keselarasan, keterukuran dan dinaamis; mengembangkan Document Management System yang sudah ada (Alfresco) agar lebih informatif dalam menyajikan informasi dan data produk SPO yang berlaku yang selalu diperbarui.
The focus of this study is how the preparation of SPO in PT Medikaloka Hermina Tbk's department and the perception of SPO users in Rumah Sakit Hermina Kemayoran. This research is quantitative descriptive interpretative. The researcher suggest that it is necessary to standardize the preparation of SPO in the department of PT Medikaloka Tbk according to the principles of preparation of SPO so that there is a reference for the drafting team in the department to produce SPO in accordance with the principles of preparation of SPO such as efficiency and effectiveness, customer-oriented, clarity and ease, harmony, measure and dynamism ; developing an existing Document Management System (Alfresco) to be more informative in presenting information and data on applicable SPO products that are always updated. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T54963
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khoiri Darman
"Perbaikan dari sistem management merupakan salah satu usaha yang dilakukan perusahaan, agar dapat merespon perubahan dengan cepat. Standard Operating Procedures atau yang dikenal dengan SOP adalah salah satu perangkat system yang mengatur aktivitas keseharian suatu perusahaan. Dalam pembuatan SOP penting untuk diketahui seberapa efektif dan efisien SOP tersebut. Pengukuran performance adalah salah satu cara untuk mengetahuinya.
Dalam penelitian ini pengukuran performance berdasarkan kriteria-kriteria karakteristik SOP yang baik. Penelitian ini juga melakukan perbaikan prosedur berdasarkan data performance yang di dapat dengan metoda menghilangkan, menggabungkan, merubah urutan dan menyederhanakan aktivitas-aktivitas di dalam prosedur.
Agar dapat diketahui seberapa jauh pengaruh dari perbaikan terhadap poin-poin performance yang dinilai kurang baik maka penelitian melakukan simulasi menggunakan igrafx untuk mendapatkan data waktu dan biaya aktivitas di dalam pelaksanaan prosedur.
Improvement system management represent is one of the effort conducted by company, so company can earning the change swiftly. Standard Operating Procedures or recognized by SOP is one of the system peripheral arranging activity all day long a company. In making SOP it's important to known how effective and efficient of The SOP. Performance Measurement is one of the way to know it. In this research, performance measurement pursuant to characteristic of good SOP criterion. This research also conduct the procedure repair pursuant to performance data which is earning with the method eliminate, joining, sequence fox and make moderate the activity in procedure. To be know how far influence from repair to poin-poin performance assessed unfavourable research also do the simulation using igrafx to get the cycle time data and expense of the activity in procedure execution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51967
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library