Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 190537 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Enggar Sukma Kinanthi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stakeholder beserta klasifikasinya pada Spare Part Division, yang merupakan salah satu divisi di sebuah perusahaan otomotif dan bertugas melaksanakan penjualan suku cadang, melalui stakeholder mapping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tujuan dan penerapan metode stakeholder engagement yang digunakan Spare Part Division untuk melibatkan stakeholder-nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pihak Spare Part Division sebagai data primer dan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh dari data market share, data penjualan suku cadang, dan informasi lain yang relevan dari publikasi yang dilakukan di media massa. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa Spare Part Division memiliki 17 stakeholder yang memiliki 4 klasifikasi stakeholder yang berbeda-beda. Secara umum, Spare Part Division telah melakukan praktik metode stakeholder engagement yang sesuai dengan tujuannya, namun masih terdapat beberapa ketidaksesuaian. Melalui penelitian ini, penulis memberikan saran mengenai metode yang sebaiknya digunakan oleh Spare Part Division agar dapat melibatkan stakeholder-nya dengan lebih optimal.

ABSTRACT
This study is aimed to analyze stakeholder and its classification on Spare Part Division, which is one of the divisions in an automotive company and it has responsibility to sell the spare part through stakeholder mapping. Beside, this study is also aimed to analyze the purpose and implementation of stakeholder engagement methods which Spare Part Division use to get its stakeholder to be involved. Research method used in this study is interview with the Spare Part Division management as the primary data and collecting data and information from market share, spare part sales data, and other relevant information from mass media publication. The analysis shows that Spare Part Division has done the implementation of stakeholder engagement methods appropriate with the purpose, but there are still some discrepancies in the implementation. There are some advices regarding to the methods that should be used by Spare Part Division so that it could involve its stakeholders optimally."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bowhill, Bruce
New Jersey: John Wiley & Sons, 2008
658.401 2 BOW b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Ciska Mariko
"Studi ini meneliti strategi keberlanjutan bisnis (business sustainability strategy), yaitu strategi yang mengintegrasikan dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan di perusahaan hulu migas di Indonesia. Kegiatan di industri minyak dan gas mencakup eksplorasi dan produksi yang berdampak langsung terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan demikian, perusahaan terkait perlu memasukkan konsep keberlanjutan dalam merumuskan strategi mereka. Penelitian ini menggunakan metode SEM PLS yang melibatkan 124 responden dari 72 KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama). Pengujian hipotesis menjelaskan bahwa sumber daya internal (internal resources) dan orientasi CSR (CSR orientation) berpengaruh positif terhadap strategi keberlanjutan bisnis, akan tetapi tekanan pemangku kepentingan (perceived stakeholder pressure) tidak menunjukkan hubungan signifikan terhadap strategi keberlanjutan usaha. Temuan juga menunjukkan bahwa strategi keberlanjutan bisnis secara positif mempengaruhi perlindungan lingkungan (environmental protection), kohesi sosial (social cohesion) dan kinerja keberlanjutan bisnis (business sustainability performance). Akan tetapi hasil penelitian tidak menunjukkan dampak signifikan antara perlindungan lingkungan dan kinerja keberlanjutan bisnis. Hal ini mungkin disebabkan oleh persepsi bahwa perlindungan lingkungan tidak secara langsung dapat memberikan dampak pada segi finansial. Penelitian juga menjelaskan pentingnya kohesi sosial serta kerja sama pada rantai usaha dalam mencapai kinerja keberlanjutan bisnis.

This study investigates business sustainability strategy, i.e. strategy that integrates economic, social and environmental dimensions (ESE), in upstream oil and gas companies in Indonesia. Activities in upstream oil and gas industry include exploration and production that directly impact natural environment and local community. Thus, these companies are required to incorporate ESE in formulating their strategy. The study uses SEM PLS method involving 124 respondents from 72 production sharing contract (PSC) contractors in. The findings explicate that internal resources and CSR orientation positively influence business sustainability strategy, while perceived stakeholder pressure does not. The results also suggest that business sustainability strategy positively affects environmental protection, social cohesion and business sustainability performance. The findings, however, do not show significant direct impact between environmental protection and business sustainability performance. This may be caused by perception that environmental protection is not directly beneficial for the bottom line. Lastly, the study explains the importance of social cohesion as well as cooperation in supply chains in seeking business sustainability performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Ari Mahadi
"Studi ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis implementasi stakeholder mapping pada Professional Products Division di L?Oréal Indonesia. Pengumpulan data diperoleh melalui tahapan wawancara dengan manajemen level atas, tinjauan literatur, dan pengamatan Peneliti selama bekerja di perusahaan bersangkutan. Stakeholder mapping merupakan perangkat yang digunakan manajemen untuk menganalisis pemangku kepentingan kunci bagi aktivitas bisnisnya. Berdasarkan penilaian terhadap stakeholder salience, tingkat ketergantungan stakeholder pada perusahaan, dan stakeholder power, disimpulkan bahwa stakeholder utama perusahaan adalah hairdresser, edukator, manajemen, karyawan, distributor,regulator, dan media. Pengelolaan hubungan yang efektif dengan stakeholder kunci mendorong peningkatan brand image dan brand awareness, meraih kepercayaan konsumen, serta goodwill di mata masyarakat.

This study aims to investigate and analyze the implementation of stakeholder mapping that is focused on Professional Products Division L'Oréal Indonesia. Data collection was obtained through the interview with top level management,literature review, and researcher's observations while working in the company concerned. Stakeholder mapping is a tool used by management to analyze key stakeholders for their business activities. Based on an assessment of stakeholder salience, the level of dependence between stakeholders on corporate, and stakeholder power, it can be concluded that the company's main stakeholders are hairdressers, educators, management, employees, distributors, regulators, and the media. By managing effective relations with key stakeholder, the company has improved their brand image and brand awareness, consumer's trust, and goodwill from the society.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47135
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delta Annabarobby Glegar Antariksa
"Penelitian bertujuan untuk membandingkan secara komprehensif praktek Stakeholder Mapping yang menjadi alat untuk menentukan Who and What Really Counts di dalam organisasi nirlaba. Data studi kasus diambil dari dua organisasi nirlaba berbentuk yayasan di Indonesia. Organisasi nirlaba memiliki banyak stakeholder yang mempengaruhi operasional organisasi. Hal tersebut membuat perusahaan membutuhkan Stakeholder Mapping. Wahana Lingkungan Hidup dan Yayasan Keanekaragaman Hayati adalah contoh dua organisasi nirlaba yang bergerak di bidang lingkungan menjadi objek penelitian ini. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode wawancara di masing-masing organisasi. Penulis akhirnya dapat menyimpulkan stakeholder mana yang paling penting bagi dua organisasi nirlaba tersebut, dan mengambil persamaan kondisi stakeholder antara kedua organisasi nirlaba tersebut.

The study aims to comprehensively compare the practice of Stakeholder Mapping as a means to determine Who and What Really Counts in the non-profit organization. Nonprofit organizations have many stakeholders which affect the organization?s operational. This makes the foundation requires Stakeholder Mapping. Wahana Lingkungan Hidup and Kehati Foundation is two example of non-profit organizations engaged in the environment field, has become the research object for this study. The author conducted research using interviews in each organization. Authors can finally conclude where the most important stakeholders for the two non-profit organizations, and find the similarities between these two non-profit organization stakeholders.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56741
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy Zulfadli
"Tesis ini dibuat untuk perencanaan pajak khususnya pemilihan bentuk hukum yang paling efisien menurut aspek perpajakan untuk Perusahaan X jika melakukan ekspansi bisnis. Negara yang digunakan sebagai contoh untuk tujuan ekspansi dalam penelitian ini adalah Singapura. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini Penulis menyimulasikan proyeksi laporan laba rugi Perusahaan X jika melakukan ekspansi dalam tiga bentuk hukum. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk hukum yang paling efisien menurut aspek perpajakan adalah ekspansi bisnis dalam bentuk kantor cabang.

This thesis is made for tax planning in particular the selection of the most efficient legal form according to the taxation aspects for Company X if it is doing business expansion. The country used as an example for expansion purposes in this study is Singapore. The method used is a case study with a qualitative approach. In this study the author simulates the projected income statement of Company X if it expands in three legal forms. The results of this study conclude that the most efficient legal form according to the taxation aspect is business expansion in the form of branch offices."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Fabiola, aauthor
"ABSTRAK
Tesis ini membahas analisa keberhasilan atau hasil dari strategi pada tingkatan
bisnis yang dilakukan oleh perusahaan korporasi media yang diambil setelah
disesuaikan dengan kondisi dimana perusahaan berada pada struktur pasar.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif dan menggunakan teknis analisis naratif. Hasil penelitian strategi paket
iklan bundling yang dirasa sebagai turunan strategi konvergensi media, dengan
menjual paket iklan lintas media dalam jangka pendek memang menguntungkan
namun dalam jangka panjang tidak menguntungkan karena akan merugikan salah
satu media. Strategi jangka panjang padahal dibutuhkan untuk bertahan dalam
kondisi pasar persaingan sempurna dan agar tetap menjadi “market leader”.
Sehingga dihasilkan rekomendasi bentuk strategi paket iklan bundling yang lebih
sesuai dengan strategi konvergensi.

ABSTRACT
This thesis discusses the analysis of the success or outcome of the strategy at the
level of business done by the company in the corporate media taken after
adjusting to the conditions in which the company is in the market structure. This
study uses a qualitative approach with descriptive methods and technical TODD
narrative analysis. The results advertising package bundling strategy is perceived
as an instance of media convergence strategy, to sell cross-media advertising
packages are beneficial in the short term but in the long run is not beneficial
because it would harm one of the media. Whereas long-term strategy is needed to
survive in conditions of perfect competition and in order to remain a "market
leader". So that the resulting recommendation form advertising package bundling
strategy is more in line with the strategy of convergence."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Affandi Rahman
"Dalam menjalankan bisnis, sangat dibutuhkan sebuah perencanaan bisnis yang baik. Pengusaha, organisasi, atau perusahaan seringkali mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya disebabkan Salah satu alasannya adalah karena tidak adanya rencana bisnis yang memadai. Rencana bisnis dapat menjadi suatu alat yang efektif untuk berbagai macam bisnis dalam mengatur tujuan-tujuan kedalam suatu benluk yang saling berhubungan, khususnya bagi bisnis baru atau bisnis kecil.
Di dalam skripsi ini, membahas setiap aspek dari rencana bisnis bagi Bookstore dan Ritel FTUI yang rencananya akan dibangun di lingkungan kampus Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Aspek-aspek tersebut adalah rencana organisasi, rencana pemasaran, dan dokumen keuangan.
Hasil dari penelitian dan penulisan ini akan menjadi usulan rencana bisnis dan pertimbangan bagi Bookstore dan Ritel FTUI, apakah layak untuk dijalankan atau tidak.

In running business, a very good of business plan is required. Enterpreneur, organizational, or company oftentimes fail in running its business is caused by one of the reasons is no adequate business plan. Business plan can be become an effective appliance for assorted of business in arranging the target into a form that is interaction, especially for new or small business.
In this final paper, study about every aspect of business plan for Bookstore and Retail of FTUI that its plan will be founded in campus environment of Faculty of Engineering University of Indonesia. The Aspects is organizational plan, marketing plan, and monetary document.
The result of this writing and research will become business plan proposal and consideration for Bookstore and Retail of FTUI, if it's feasible to be run or not.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50118
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Andika
"Tesis ini membahas business plan dari website crowdfunding yang diberi nama mulaisekarang.com. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Perencanaan umum dan operasional mulaisekarang.com dirancang dengan mengacu terhadap analisis industri e-commerce dan industri kreatif di Indonesia, serta benchmarking terhadap website Bhinneka dan Kickstarter. Business plan ini menyarankan mulaisekarang.com mengantisipasi beberapa isu e-commerce dan industri kreatif di Indonesia yang meliputi masalah kepercayaan, penipuan, serta keterbatasan yang dimiliki calon partner dengan adaptasi berupa penyediaan proyek kreatif pilihan, pemilik proyek terpercaya, alternatif metode pembayaran, pendanaan proyek secara bertahap, laporan perkembangan proyek, dan tautan ke online shop.

This thesis discusses the business plan for crowdfunding website called mulaisekarang.com. The research methodolgy used in this thesis is qualitative approach with descriptive type of research. General and operational strategies of mulaisekarang.com are designed by refering to the analysis of Indonesia e-commerce industry and creatif industry and also the bechmarking of Bhinneka and Kickstarter websites. This business plan suggest mulaisekarang.com to anticipate some issues appeared in e-commerce and creative industries in Indonesia, including the issye of trust, fraud, and the limitation of the prospective patners by providing selected creative project, reliable projecr owners, alternative payment methods, project funding by progress, project progress reports, and links to online shop."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32190
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kartini Slamet
"Saat ini usaha bisnis perbankan sektor perorangan atau ritel telah memasuki era persaingan yang ketat, dimana hal ini menyebabkan bank dipaksa untuk memberikan pelayanan nasabah yang sebaik-baiknya. Tidak dapat disangkal bahwa ada beberapa insiden seperti bencana banjir, teror bom, sistem yang tidak berfungsi; yang dapat terjadi sewaktu waktu yang menyebabkan pelayanan nasabah tidak tersedia sebagaimana mestinya. Hal ini menyebabkan perusahaan harus mempunyai suatu mekanisme kerja yang dapat mengantisipasi insiden tersebut untuk menjaga kelangsungan bisnis. Mekanisme kerja untuk menjaga kelangsungan bisnis ini disebut sebagai Business Continuity Plan.
Dalam laporan ini penulis melakukan penelusuran terhadap suatu metodologi daur hidup yang menjelaskan tahapan tahapan yang penting dalam penyusunan Business Continuity Plan. Hasilnya terdapat beberapa tahapan yakni: Tahapan identifikasi proses bisnis yang penting bagi perusahaan, Tahapan identifikasi ancaman terhadap proses bisnis tersebut, Tahapan identifikasi batas waktu maksimum untuk setiap proses bisnis sebelum perusahaan mendapat impact serius, Tahapan penentuan resources yang dibutuhkan oleh proses bisnis dalam rangka mempertahankan continuity of business, Tahapan cara penetapan mitigation strategy, containment dan recovery strategy untuk process owners dan diakhiri dengan Tahapan petunjuk pembentukan dan pemeliharaan dokumentasi Business Continuity Plan dimana juga ditentukan siapa yang sebaiknya bertanggung jawab atas pembaharuan dokumentasi tersebut.
Dengan adanya metodologi diatas, dimana ada tahapan analisa identifikasi proses bisnis yang penting dan apa saja jenis ancaman yang dapat berpengaruh atas kelangsungan proses bisnis tersebut, hal ini membuat perusahaan mengerti proses apa yang perlu dijaga kelangsungannya untuk menjaga kelangsungan bisnis secara keseluruhan. Karena metodologi bersifat daur hidup dan secara jelas ditentukan siapa yang sebaiknya bertanggung jawab atas pemeliharaan Business Continuity Plan; maka Business Continuity Plan akan selalu ditinjau ulang dan diperbaharui secara berkala. Contohnya jika ada pertambahan proses bisnis yang baru maka Business Continuity Plan juga akan diubah, sehingga jika bencana terjadi sewaktu waktu, maka perusahaan selalu siap menghadapinya.

Consumer Bank business in Indonesia currently is entering an era of tight competition. The current situation forces the banks to provide excellent service to its customers. Outstanding service is no longer an option but is already part of the effort for the business to survive. On the other side, we may anticipate unforeseen circumstances such as flood, terrorism, system malfunction that can affect the facilities and systems on which the banks rely to serve their customers to be unavailable, and as the consequences this will create interruption to the services. Having known this situation, banks should have a plan to keep the business running during contingency situation. This plan usually called as BUSINESS CONTINUITY PLAN.
In this report, we will learn a life cycle methodology to develop Business Continuity Plan which divided into several steps: first step is to identify critical business process, second step is to analyze the risk, third step is to determine target recovery time, fourth step is to identify resources needed during contingency, fifth step is to determine the mitigation, containment and recovery strategy and last step is to develop Business Continuity Plan documents, including the guideline and responsible person to maintain the plan.
The steps to analyze what are the critical business processes and what is the impact if the business is not running, will make the business understand which processes need to be sustained during disaster, and be able to respond the threat as necessary when it happened. The life cycle characteristic of the methodology that require Business Continuity Plan to be reviewed periodically will ensure that the plan is kept updated. For instance when there is a new business process then Business Continuity Plan will also be changed. Hence when the disaster happened, the business is always ready to respond."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40230
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>