Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86410 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dina Sulthoni
"Ketika merancang sebuah website, sangat diperlukanlah antarmuka yang sesuai dengan konsep Human and Computer Interaction (HCI). Antarmuka tersebut merupakan bagian yang sangat penting dari suatu sistem komputer. Antarmuka merupakan wajah dari sebuah sistem atau sebuah pintu gerbang masuk ke sistem yang diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi perangkat lunak. Oleh karena itu, antarmuka harus mampu membantu mempermudah para pengguna dalam menggunakan suatu program. Sistem Peniliaian Esai Otomatis (Simple-O) merupakan program yang berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah mengoreksi jawaban ujian dalam bentuk esai. Sama seperti web lainnya, Simple-O dalam perancangan serta pembuatannya memerlukan antarmuka yang sesuai dengan konsep Human and Computer Interaction. Dari hasil penelitian, pada kategori dosen didapatkan hasil nilai akhir untuk bagian tampilan antarmuka sebesar 5,44; sistem sebesar 5,38; dan keseluruhan sebesar 5,17. Untuk kategori mahasiswa, didapatkan hasil nilai akhir untuk bagian tampilan antarmuka sebesar 5,1; sistem sebesar 5,53; dan keseluruhan sebesar 5,33.
When designing a website, it requires the interface which is accordance with the concept of Human and Computer Interaction (HCI). Interface is a very important part of a computer system. Interface is the face of a system or a gateway into the system which is realized in a software application. Therefore, Interface should be able to help make a program easier for users to use it. “Program Sistem Penilai Esai Otomatis (Simple-O)” is a web based program that aims to facilitate correcting answer from examination in essay form. Just like the other web, in designing and manufacturing, Simple-O requires a suitable interface with the concept of Human and Computer Interaction. From the result by research, in lecturer’s category showed that the total score for part of user interface is 5.44; part of system is 5.38; and part of totality is 5.17. For students’s category showed that the total score for part of user interface is 5.1; part of system is 5.53; and part of totality is 5.33."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59750
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New Haven: Springer, 2008
025.04 WEB
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ednaz Hermawan
"Graphic user interface pada sebuah program komputer adalah cara berinteraksi antara komputer dengan manusia. Karena graphic user interface dibuat agar manusia dapat menggunakan komputer dengan cara yang dipahami oleh manusia, tentunya menjadi sebuah hal yang penting dalam perancangan sebuah graphic user interface sebuah program agar dapat mencapai tujuan tersebut.
Skripsi ini merancang dan menganalisa graphic user interface pada sebuah program penilai esai otomatis (Simple-O) dengan menggunakan prinsip pada ilmu interaksi manusia dan komputer serta juga akan dibahas perbandingan process time pada Simple-O berbasis algoritma GLSA murni dan GLSA Stemming.
Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil nilai akhir untuk bagian tampilan antarmuka sebesar 4,03 , isi sebesar 4,125, dan untuk bagian keseluruhan sebesar 4,02, serta secara keseluruhan nilai total yang didapatkan pada alat ukur kuesioner evaluasi oleh pengguna sebesar 4,06.
Hasil penelitian berupa alat ukur kuesioner skala kegunaan sistem mendapatkan nilai akhir sebesar 80,34. Serta dalam pengujian process time antara kedua algoritma yang diuji didapatkan hasil sebesar 0,30 untuk GLSA murni dan 0,51 untuk GLSA Stemming.

Graphic user interface on a computer is a way to communicate between human and computer. Graphic user interface is created for people to use computers in a way that is understood by humans, so be important to design graphic user interface that fulfill the goal of graphic useri interface.
This essay design and analyze graphic user interface on a automatic essay grader called Simple-O by using the priciple of the science of human and computer interaction, and also will discuss process time on two algorithm, between pure GLSA and GLSA Stemming.
From the result of research user evaluation conducted final value obtained for part 1 (user interface) is 4,03, part 2 (contain) is 4,125, and last part (overall) is 4,02. The total value of this measure is 4,06.
The final result from system usability scale is 80,34, and for comparison of pure GLSA and Stemming GLSA got average final value 0,30 sec and 0,51 sec.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aniesya Indah Adiningsih
"Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan web browser Kidzui yang dilakukan oleh anak untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Tujuan penelitian adalah mengetahui pemanfaatan web browser Kidzui dalam penelusuran informasi oleh pengguna anak dan mengidentifikasi hambatan yang dihadapi anak ketika memanfaatkan web browser Kidzui. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari kegiatan observasi dengan tiga informan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan anak telah memanfaatkan menu-menu yang terdapat pada web browser Kidzui seperti menu web dan menu permainan. Informan anak memanfaatkan menu yang terdapat pada Kidzui untuk memenuhi kebutuhan informasi serta mencari hiburan. Selain itu, informan anak mencari informasi mengenai pengetahuan umum serta bermain menggunakan menu permainan. Hambatan yang dihadapi informan anak yakni hambatan bahasa yang dipakai web browser Kidzui yaitu bahasa Inggris serta koneksi internet pada saat dilakukan penelitian yang lambat.

The focus of this study is the children who using Kidzui's web browser for fulfiling the information needs. The purpose of this study is to understand the using Kidzui?s web browser by children and to find out the barrier the children while they seeking the information. This research is using case study method with qulitative approach. The data were collected by observation activity with three childrens as the informant. The result of this research is informants utilised menus in Kidzui?s web browser like web menu and games menu. In addition, informants look for information about basic knowledge and play games. Barriers of seeking information are the english language used in Kidzui?s web browser and slowly the internet connection."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S559
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ubaidillah Mughni
"Perkembangan era digital yang didukung dengan keberadaan internet telah meningkatkan perubahan perilaku masyarakat terhadap konsumsi media. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang mulai mempertimbangkan strategi komunikasi pemasarannya dengan memproduksi berbagai jenis iklan termasuk iklan di search engine Google. Namun, sampai saat ini faktor-faktor yang paling mempengaruhi terhadap konversi penjualan di Google search engine yang paling efektif belum sepenuhnya dipahami. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan di Google search engine terutama pengaruh headline terhadap konversi. Hipotesis riset eksperimen penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara berbagai bentuk headline dan pengaruhnya terhadap konversi dengan moderating factor tren kata kunci yang diambil dari Google Trend. Pada penelitian ini, dilakukan riset experimen selama 1 bulan penuh (31 hari) dengan membagi variabel yang dikontrol adalah headline pada Google mobile search engine advertising. Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menemukan bahwa headline iklan baik yang memiliki kata kunci tertentu dan penuhnya karakter dengan moderating factor Google Trend pada Google search engine advertising tidak memiliki hubungan positif terhadap konversi, namun lebih berpengaruh terhadap jumlah klik suatu iklan.

The digital era, driven by the rapid development of the internet has significantly changed people's behavior towards media consumption. Various industries began to adjust their marketing communication strategies led by this change by using Google search engine advertising. However, to date, the factors that affecting the conversion in Google mobile search engine advertising is not yet fully understood. The paper aims to analyze the ads in the Google search engine advertising more importantly the effect of headline to conversion with keywor trend taken from Google Trend as moderating factor. This experiment research hypothesis shows that there is positive correlation among many types of headline and the influence to the conversion. This research is hold for about 1 full month by dividing control variable to the headline in Google search engine advertising. As a conclusion, the result of this research paper is that the headline of Google search engine advertising both contais certain keywords and having full character with Google Trend as moderating factor do not have positive correlation to the conversion, whereas it has positive correlation with the ads clicks."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
T.M. Rikza Abdy
"Stemming merupakan salah satu bagian penting dalam proses penilaian esai secara otomatis. Stemming merupakan proses transformasi suatu kata-kata tertentu menjadi kata dasarnya. Salah satu algoritma stemming yang ada adalah dengan menggunakan persamaan kata, dimana semua kata yang berimbuhan dan istilah yang berbeda untuk satu kata bermakna sama dapat disetarakan bobotnya. Untuk itu proses stemming menggunakan persamaan kata ini akan diimplementasikan pada sistem penilai esai otomatis Simple-O berbasis Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) yang bertujuan untuk meningkatkan ketepatan penilaiannya agar semakin mendekati hasil penilaian oleh manusia.
Dari 98 kali pengujian, kinerja GLSA menggunakan proses stemming memberikan hasil yang lebih baik dengan tingkat ketepatan sebanyak 72 kali atau sekitar 73,4% lebih unggul dibandingkan GLSA tanpa proses stemming yang hanya unggul sebanyak 20 kali dari 98 kali percobaan atau dengan presentase sekitar 20,4%. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi proses stemming pada Simple-O berbasis GLSA menghasilkan hasil yang lebih baik daripada GLSA tanpa proses stemming.

Stemming is one of the important processes on automatic essay grading. Stemming is a process to transform a word into its root word in order to make essay grader becoming more accurate. One of stemming algorithm that have developed is using word similiarity, where in this algorithm all the prefixed word or the other words that have a similar meaning have an equal weight. This algorithm is implemented on an automatic essay graderbased on Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) called Simple-O in order to match the grade from human raters.
The experiment result shows that from 98 samples GLSA algorithm with the stemming process outperform GLSA without stemming 72 times with the percentage about 73,4%, on the other hand GLSA without stemming only give the better result 20 times with the percentage of 20,4%. This experiments result shows that GLSA based Simple-O using stemming algorithm gives better result than GLSA without stemming process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47509
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Croft, W. Bruce
Boston: Pearson, 2010
005.758 CRO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maulidha Syaila Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini membuat situs web yang berperan sebagai antarmuka untuk menampilkan keadaan kadar pH tanaman hidroponik serta suhu dan kelembaban di dalam rumah kaca dengan menggunakan desain web responsif. Pengambilan data menggunakan Ethernet Shield HanRun yang terhubung dengan jaringan LAN yang sama ke web server dan mengirimkan data setiap 5 menit sekali. Tampilan keseluruhan fungsi dan tampilan pada sistem telah diuji pada mahasiswa departemen Biologi dan Kimia FMIPA, pengusaha tanaman hidroponik dan rumah kaca, serta dosen. Rata-rata nilai yang didapat dari responden sebesar 4.74 dengan 6 sebagai skala terbaik. Keseluruhan sistem telah diuji dengan waktu rata-rata yang dihasilkan untuk mengakses seluruh halaman web yang ada pada sistem yaitu 0.275 detik.

ABSTRAK
This research is to create a website which acts as an interface of greenhouse and hydroponic plant monitoring system by using responsive web design. The website will have a server which will be used to retrieve data for every 5 minute and will processed the data sent from Ethernet Shield HanRun. Overall functionality and interface of the system has been tested with Biology and Chemistry students from Faculty of Mathematics and Sciences, employee of hydroponic plants and greenhouse, as well as lecturers. The average value from the respondent is 4.74 with 6 as the best scale. The entire system has been tested with an average time generated to access all web pages on the system is 0.275 seconds."
[, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2015
S59842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Humam
"Phishing adalah salah satu jenis penipuan pada Internet berupa halaman web palsu yang meniru halaman web asli untuk menipu pengguna agar mengirim informasi sensitif kepada phisher. Pada data statistik yang disampaikan oleh APWG dan Phistank, jumlah web phishing dari 2015 hingga 2020 cenderung meningkat terus menerus. Untuk mengatasi masalah tersebut telah dilakukan beberapa penelitian terkait diantaranya dengan melakukan pendeteksian halaman web phishing menggunakan berbagai fitur-fitur dari halaman web dengan berbagai metode. Sayangnya penggunaan beberapa metode yang dilakukan dinilai sebagian pihak kurang efektif karena desain dan evaluasi hanya terlalu fokus pada capaian akurasi pendeteksian di penelitian namun evaluasi tidak mewakili pengaplikasian di dunia nyata. Padahal sebuah alat pendeteksi keamanan seharusnya membutuhkan efektifitas, performa yang baik, dapat diterapkan, dan tepat guna. Pada penelitian ini penulis melakukan evaluasi beberapa metode dan megusulkan aplikasi berbasis rules yang dapat mendeteksi phishing dengan lebih efisien.

Phishing is a type of fraud on the Internet in the form of fake web pages that mimic the original web pages to trick users into sending sensitive information to phisher. The statistics presented by APWG and Phistank show that the number of phishing websites from 2015 to 2020 tends to increase continuously. To overcome this problem, several studies have been carried out including detecting phishing web pages using various features of web pages with various methods. Unfortunately, the use of several methods is not effective because the design and evaluation are only too focused on the achievement of detection accuracy in research, but evaluation does not represent application in the real world. Whereas a security detection device should require effectiveness, good performance, and deployable. In this study the authors evaluated several methods and proposed rules-based applications that can detect phishing more efficiently."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfa Herdyani
"Di Universitas Indonesia, tengah dikembangkan sebuah sistem penilaian esai secara otomatis berbasis web yang bernama SIMPLE-O. Sistem ini masih memilik beberapa kekurangan, yang salah satunya adalah ketidakmampuan sistem untuk mendeteksi kalimat negasi. Skripsi ini merancang dan kemudian menguji modul tambahan yang dapat mendeteksi kalimat negasi pada sistem SIMPLE-O. Modul tambahan tersebut mendeteksi kata negasi (“tidak” dan “bukan”) kemudian menggabungkannya dengan kata yang akan dinegasikan dengan kata hubung (-). Bila kata kunci atau kata bobot yang dinegasikan, maka nilai user tidak akan bertambah. Program-program yang diujikan adalah program SIMPLE-O yang asli, program yang dapat mendeteksi negasi dengan input yang dipecah per 10 kata (Program Deteksi Negasi 1), dan program yang dapat mendeteksi negasi dengan input yang dipecah per kalimat (Program Deteksi Negasi 2). Nilai hasil proses program-program tersebut dibandingkan dengan nilai dari human rater. Dari analisis yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa program deteksi negasi dapat diimplementasikan ke dalam sistem SIMPLE-O. Selain itu, program negasi yang paling baik untuk diimplementasikan adalah Program Deteksi Negasi 2.

In Universitas Indonesia, a web based automatic essay grading system named SIMPLE-O is currently being developed. This system still has some deficiencies, one of them is system’s inability to detect negation sentences. This essay devises and then tests additional module that can detect negation sentences in SIMPLE-O system. This additional module detects negation words (“tidak” and “bukan”), then combines them with words that will be negated with dash (-). If it’s keywords or weighted words that are negated, user’s score will not increase. The programs that are tested are real SIMPLE-O program, program that can detect negation with input being separated by 10 words (Negation Detection Program 1), and program that can detect negation with input being separated by a sentence (Negation Detection Program 2). Those scores of programs’ process result is compared with human rater scores. From the analysis that has been done, it can be concluded that negation detection program can be implemented into SIMPLE-O’s system. Beside that, the best negation program that can be implemented into SIMPLE-O’s system is Negation Detection Program 2.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57628
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>