Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132914 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asrul Arafat
"Dalam Melakukan aktivitas sehari hari, banyak manusia yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil dilingkungan sekitarnya. Contoh sederhananya dapat kita ambil tangga. Kebanyakan dari tangga hanya dibuat berdasarkan bentuk dan keinginan dari pemilik rumah sendiri. Padahal jika ditelusuri lebih dalam tangga tersebut dapat beresiko menyebabkan terjadinya WSDM.
Penelitian ini mencoba untuk mempelajari desain tangga yang nyaman sesuai dengan postur orang Indonesia dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomic, Jack 8.2.
Dalam penelitian ini difokuskan pada tinggi anak tangga dan tinggi handrail yang mengacu pada tangga SNI. Desain tangga yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Dan hasil dari penelitian ini berupa usulan desain tangga yang ergonomis untuk orang Indonesia.

In performing daily activities, many people are not attention about a little things in their environment. A simple example is stairs. Most of stairs had made based on the shape and the desire of the owner of the house itself. In fact, if it explored more deeply, the stairs can be lead risky to WSDM.
This research attempts to study the stairs comfortable design that accordance with the posture of Indonesian people in a virtual environment using simulation software ergonomics, Jack 8.2.
This study focused on high risers and high staircase handrail which refers to the SNI standart. Stairs design formed by entire configuration tested was assessed by using Posture Evaluation Index (PEI). And the result of this research is a design proposal for the stair ergonomics design in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59487
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pito Ananda Risya
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomi pada desain tas ransel militer dalam model Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual tas ransel militer dan menentukan konfigurasi yang paling ergonomis ditinjau dari lebar tas, tinggi tas, dan beban maksimum yang dapat diangkat oleh prajurit yang didasarkan pada antropometri prajurit tentara nasional Indonesia. Analisa desain ergonomi dilakukan dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisisdari tiga metode analisis: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil dari penelitian berupa ukuran panjang dan lebar tas ransel militer yang ergonomis beserta berat maksimum yang dapat dibawa oleh prajurit berdasarkan antropometri prajurit tentara nasional Indonesia.

This research studies the ergonomic aspect of military backpack design using virtual environment model. The purposeof this study is to evaluate the actual design of military backpack and determine the most ergonomic configuration which concerns on width of the backpack, height of the backpack, and maximum load that can be lifted by a soldier who was based on anthropometry Indonesian national army soldiers. Actual postures of military personnel are being observed and reconstructed on virtual environment using Jack software task analysis toolkits which are Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, and Rapid Upper Limb Assessment. The results of the research is the length and width of an ergonomic military backpack with the maximum weight that can be carried by a soldier based anthropometry Indonesian national army soldiers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Roberton
"Sepeda merupakan alat transportasi yang sangat umum dan luas penggunaannya di dunia yang digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Sekarang ini, bersepeda dianggap bukan hanya alat tranportasi yang sehat dan efisien tetapi juga rekreasi dan aktifitas olah raga yang populer.
Desain sepeda yang baik sangat berhubungan dengan efisiensi, power, keamanan, dan kenyamanan bersepeda. Bicycle fit juga sangat penting dalam hal mencegah kecelakaan. Beberapa masalah kesehatan dan gangguan skeletal yang behubungan dengan sepeda adalah karena kurangnya bicycle fit dan kesalahan postur saat bersepeda.
Penelitian ini bertujuan untuk rancang desain sepeda yang ergonomis untuk anak-anak usia 7-11 tahun dengan menggunakan software jack 6.1. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan sepeda dengan penambahan ketinggian stang 10 cm dari aktualnya.

Bicycle is a very common transportation and widely used in the world that are used by all people of all ages. Today, cycling is considered not only a means of healthy and efficient transportation, but also popular recreational and sporting activities.
The fine bicycle design is related to efficiency, power, security, and convenience of cycling. Bicycle fit is also very important in preventing accidents. Some health problems and skeletal disorders that relate with bicycle design are because of the lack of bicycle bike fit and posture error while cycling.
This study aims to design an ergonomic bicycle design for children aged 7-11 years using jack software 6.1. The final result of this study is the design of bicycle handlebar heights with the addition of 10 cm from the actual.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43457
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anisha Puti Lalita
"Kesalahan desain serta ukuran kursi dan meja sekolah dapat mengakibatkan terbentuknya postur yang membahayakan bagi kesehatan siswa, terutama yang berkaitan dengan cedera pada tulang belakang. Penelitian ini akan membandingkan ukuran kursi dan meja sekolah yang sudah digunakan di sekolah dasar dengan ukuran tubuh siswa untuk mengetahui apakah meja dan kursi ini sudah didesain dengan ukuran yang benar. Selain itu, penelitian ini juga mempelajari postur duduk siswa SD yang terbentuk oleh desain kursi dan meja sekolah tersebut untuk mengetahui efek dari postur duduk tersebut terhadap kesehatan muskuloskeletal mereka. Evaluasi terhadap postur duduk ini dilakukan menghitung nilai Posture Evaluation Index (PEI) yang diperoleh menggunakan konfigurasi Virtual Human Modeling dengan software Jack 6.1.

Improper design and size of school furniture can lead to formation of dangerous posture for student?s health, particularly those associated with injury to the spine. This research was comparing the dimensions of school furniture to student?s dimensions, in primary school, and determines whether this type of furniture is well-designed. Moreover, this research also studied about the sitting posture of elementary school students formed by the design of school furniture. It also evaluated the effect of sitting posture to their musculoskeletal health using the Posture Evaluation Index (PEI) which counted using configuration of Virtual Human Modeling in software Jack 6.1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1539
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Muhammad Alfaiz
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi panser kanon tipe 90 mm dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah untuk menghasilkan rekomendasi desain kabin pengemudi Panser Kanon 90mm yang telah ergonomis, sesuai dengan hasil uji nilai PEI. Dihasilkan 6 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi dengan sudut tuas kemudi 60o, tinggi kursi 20 cm dan sudut kursi 110o.

This research studies the ergonomic aspect from driver's compartment of panser cannon in Virtual Environment. The purpose of this project was to make ergonomic recommendation designs for armored cab of Canon 90mm according to the PEI test result. Jack 6.2.1 was used to analyze posture. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapud Upper Limb Analysis. The results are configuration with 60o on steering wheel angle, 20 cm on chair height, and 110o on chair angle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43393
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anselma Basuki,author
"[ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis desain pesawat perintis berpenumpang 19 berdasarkan aktivitas egress darurat pilot untuk menghasilkan rekomendasi desain pesawat perintis ergonomis yang mendukung aktivitas egress darurat pilot. Dihasilkan usulan konfigurasi dari pintu darurat, handle di bagian kokpit, serta foot step di bagian kokpit dan di bawah pintu darurat yang akan dianalisis. Pendekatan metode yang digunakan adalah metode digital human modelling dengan sistem penilaian PEI yang mengintegrasikan tiga metode yaitu Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi desain pintu darurat dengan tinggi 85.24 cm dan lebar 46.64 cm; konfigurasi foot step di bawah pintu darurat dengan ukuran panjang 26.6 cm, lebar 20 cm dan tinggi 10 cm; konfigurasi foot step di bagian luar badan kokpit berukuran panjang 10 cm dan lebar 22 cm; serta didapatkan juga hasil konfigurasi handle terbaik dari sisi ergonomi dengan ukuran tinggi 20 cm dan panjang 10 cm.
ABSTRACT
This research studies the ergonomics aspect 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft based on activities egress emergency pilot to get the recommendation of an ergonomic aircraft design that supports activities egress emergency pilot according to the Posture Evaluation Index (PEI) result. Researcher proposed configuration tools from emergency exit door, handle in the cockpit, foot step in the cockpit and below the emergency exit door to be analyzed, where the configuration of this tool is able to assist the pilot emergency egress. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods Lowback Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. This research has some results, they are a configuration of emergency exit door with a height of 85.24 cm and wide of 46.64 cm; a configuration of foot step under the emergency exit door with a length of 26.6 cm, a width of 20 cm and a height of 10 cm; a configuration of foot step outside the cockpit with a length of 10 cm and a width of 22 cm; and also obtained the best results for a configuration of an ergonomic handle is 20 cm in height and a length is 10 cm., This research studies the ergonomics aspect 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft based on activities egress emergency pilot to get the recommendation of an ergonomic aircraft design that supports activities egress emergency pilot according to the Posture Evaluation Index (PEI) result. Researcher proposed configuration tools from emergency exit door, handle in the cockpit, foot step in the cockpit and below the emergency exit door to be analyzed, where the configuration of this tool is able to assist the pilot emergency egress. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods Lowback Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. This research has some results, they are a configuration of emergency exit door with a height of 85.24 cm and wide of 46.64 cm; a configuration of foot step under the emergency exit door with a length of 26.6 cm, a width of 20 cm and a height of 10 cm; a configuration of foot step outside the cockpit with a length of 10 cm and a width of 22 cm; and also obtained the best results for a configuration of an ergonomic handle is 20 cm in height and a length is 10 cm.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Witjaksono
"Kegiatan mendorong troli merupakan jenis kegiatan pushing tasks pada ilmu ergonomi. Kegiatan mendorong troli dengan diberikan sejumlah beban dorong menimbulkan resiko gangguan muskuloskeletal dan ketidaknyamanan dalam pada tubuh. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari rangkaian gerakan mendorong troli dan aspek ergonomi yang mempengaruhi postur pengguna troli dengan menggunakan metode simulasi pada lingkungan virtual.
Penelitian dilakukan terhadap lima jenis troli dengan dimensi ukuran yang berbeda untuk mendapatkan jenis troli mana yang ideal bagi pekerja. Penilaian postur kerja dilakukan dengan mengevaluasi Postur Evaluation Index (PEI) untuk masingmasing troli. PEI tersebut akan mengintegrasikan hasil penilaian RULA, OWAS, dan LBA dari task analysis toolkit yang terdapat pada sofware Jack 6.1 ke dalam suatu skor penilaian yang dapat memberikan gambaran kondisi aktual seseorang menggunakan troli.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih troli dengan dimensi seperti apa yang benar-benar ada di dunia ini yang sesuai dengan aspek ergonomi tubuh orang Indonesia.

On the science of ergonomics, pushing trolley activity is the type of pushing tasks. Pushing the trolley activities with a given number of load on it raises the risk of musculoskeletal disorders and discomfort in the body. This study tried to study a series of movements of pushing trolleys and study the ergonomic aspects that affect the posture of the trolley user using simulation in virtual environments.
The study was conducted on five types of trolleys with the differences on size dimensions. The goal of this study is to get the kind of trolley which is ideal the operators. Valuation of the work posture done by evaluate the Posture Evaluation Index (PEI) for each trolley. PEI will integrate the assessment results of RULA, OWAS, and the LBA from the task analysis toolkits contained in the Jack 6.1 software into a score that can give you the actual condition of a person while using the trolley.
The results of this study can be used as consideration in choosing trolleys with types and dimensions that really exists in this world that according to the ergonomic aspects of the Indonesian human body.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51762
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Hardian
"Penelitian ini mengakaji aspek ergonomis pada tempat wudhu umum dalam lingkungan virtual. Pengambilan data gerakan dilakukan dengan Vicon System dan dianalisis menggunakan piranti lunak Jack 6.1. Metode pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode yaitu Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapi Upper Limb Assesment. Tujuannya adalah mengevaluasi disain aktual tempat wudhu umum dan menentukan disain dengan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari sisi gerakan saat berwudhu.
Hasil penilitian ini menyarankan tempat wudhu dengan konfigurasi ketinggian keran air dari lantai 115 cm, tinggi tempat dudukan kaki 30 cm dan jarak manusia ke keran 35 cm, karena memiliki nilai PEI paling baik pada konfigurasi tersebut.

This research study the ergonomic aspect from ablution place in virtual environment. Vicon System was used to capture motion and Jack 6.1 was used to analyzed it. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these three methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System and Rapid Upper Limb Analysis. The objective is to evaluate ablution place design and determine the most ergonomic configurations that concern at ablution (wudhu) movements.
The result suggest that the most ergonomic design is the one with the height of water faucet is above 115 cm from floor, 30 cm height of foot pads and human distance from faucet 35 cm for having the best PEI value.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1843
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pramudya Rizfa Dharma
"Dalam mengoperasikan mesin derek (crane), tentara yang menjadi operator duduk dalam keadaan statis dan perlu tingkat konsentrasi tinggi. Hal tersebut dapat beresiko menyebabkan terjadinya WSDM. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari postur duduk yang ditimbulkan oleh desain kursi penumpang dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1.
Penyesuaian dilakukan pada tinggi kursi, kemiringan sandaran kursi, tinggi tuas panel, dan pergeseran kursi untuk mendapatkan konfigurasi kursi yang ideal bagi tentara. Postur duduk yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Hasil penelitian berupa usulan kursi yang ergonomis bagi tentara Indonesia.

While being transported using Armoured Personnel Carrier Vehicles, soldiers are seated in is static posture and giving a risk of WMSD. This study attempts to analyze the sitting posture caused by a passenger seat design in the virtual environment, using an ergonomics software simulation, Jack 6.1.
Adjustments have been made on the high of seat, back slope seat and distance of hand handle to obtain the ideal configuration for the soldiers. Sitting posture which is formed from all the tested configurations assessed using the method of Posture Evaluation Index (PEI). The purpose from this study is to design an ergonomic seat passenger models for Indonesian Soldiers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43364
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ikrima Al-Muhajir
"Postur kerja pada pengemudi bus membutuhkan perhatian tinggi karena memiliki lingkungan kerja yang statis, terutama untuk mengurangi kelelahan fisik dan mencegah risiko musculoskeletal disorder pada pengemudi bus. Fokus utama penelitian ini untuk memberikan usulan perbaikan desain kursi pengemudi bus listrik berdasarkan nilai Posture Evaluation Index (PEI) yang telah dianalisis. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis nilai Posture Evaluation Index (PEI) yang diperoleh berdasarkan postur pengemudi bus secara aktual pada virtual environment dengan menggunakan software Jack 8.2. Berdasarkan postur aktual tersebut, kemudian dilakukan perbaikan terhadap desain kursi aktual berdasarkan ilmu ergonomi untuk mendapat desain usulan perbaikan. Penyesuaian desain kursi pengemudi pada penelitian ini dilakukan pada tinggi dudukan dan kedalaman dudukan. Hasil analisis nilai PEI menggunakan desain aktual kemudian dibandingkan dan dianalisis lebih lanjut dengan hasil analisis PEI menggunakan desain usulan. Hasil desain yang baik merupakan desain usulan yang dapat memberikan nilai PEI terendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain usulan dapat mengurangi Nilai PEI sehingga dapat mengurangi kelelahan fisik dan mencegah risiko musculoskeletal disorder pada pengemudi bus listrik. Berdasarkan hasil yang telah dianalisis, postur menggunakan desain aktual menghasilkan nilai PEI sebesar 1,78 pada persentil 95 dan 1,68 pada persentil 5. Sedangkan, hasil analisis postur menggunakan desain usulan mendapat nilai PEI sebesar 0,98 pada persentil 95 dan 0,93 pada persentil 5.

Working posture for bus drivers requires high attention because they have a static work environment, especially to reduce physical fatigue and prevent the risk of musculoskeletal disorders in bus drivers. The main focus of this research is to provide suggestions for improving the design of electric bus driver seats based on the Posture Evaluation Index (PEI) values that have been analyzed. This research was carried out by analyzing the Posture Evaluation Index (PEI) values obtained based on the actual posture of the bus driver in a virtual environment using Jack 8.2 software. Based on the actual posture, improvements are then made to the actual chair design based on ergonomics to obtain a proposed design for improvement. Adjustments to the driver's seat design in this study were made to the seat height and seat depth. The results of the PEI value analysis using the actual design were then compared and analyzed further with the results of the PEI analysis using the proposed design. A good design result is a proposed design that can provide the lowest PEI value. The research results show that the proposed design can reduce the PEI value so that it can reduce physical fatigue and prevent the risk of musculoskeletal disorders in electric bus drivers. Based on the results that have been analyzed, posture using the actual design produces a PEI value of 1.78 at the 95th percentile and 1.68 at the 5th percentile. Meanwhile, the results of posture analysis using the proposed design obtain a PEI value of 0.98 at the 95th percentile and 0.93 at the 5th percentile."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>