Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 63084 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fania Oktaliani
"[Wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang setiap tahun mengalami peningkatan. JNTO sebagai organisasi promosi pariwisata Jepang berperan penting dalam melakukan kegiatan promosi di luar negeri. Dalam skripsi ini membahas mengenai upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh JNTO dalam mempromosikan pariwisata Jepang dan pengaruhnya baik terhadap Jepang sendiri maupun terhadap wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan oleh JNTO untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke Jepang membawa dampak yang positif. Selain mempengaruhi perekonomian Jepang, wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang mengalami peningkatan.;Every year, the number of foreign tourist visiting Japan is increasing. As Japan?s tourism promotion organization, JNTO has played an important role in the act of foreign promotion. This study will focused on discussing about the efforts that JNTO did in promoting Japan?s tourism and how that effects visiting foreign tourist and to the nation itself. This study is a literature review using the qualitative method. The results of this study shows that JNTO?s promotional act to attract foreign tourist has brought a positive impact. In addition to influencing the nation?s economy, the number of foreign tourist that comes to japan has also increased., Every year, the number of foreign tourist visiting Japan is increasing. As Japan’s tourism promotion organization, JNTO has played an important role in the act of foreign promotion. This study will focused on discussing about the efforts that JNTO did in promoting Japan’s tourism and how that effects visiting foreign tourist and to the nation itself. This study is a literature review using the qualitative method. The results of this study shows that JNTO’s promotional act to attract foreign tourist has brought a positive impact. In addition to influencing the nation’s economy, the number of foreign tourist that comes to japan has also increased.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59349
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Olivia
"Produk budaya populer Jepang seperti anime dan manga diterima baik oleh masyarakat luas. Pengaruh yang diberikan pada masyarakat dimanfaatkan pemerintah untuk memberi keuntungan dalam bidang pariwisata. Contents tourism adalah istilah yang digunakan untuk pariwisata yang terinspirasi dari konten suatu budaya populer. Salah satu daerah yang memanfaatkan contents tourism adalah Kota Hita di Prefektur Oita yang melakukan kerja sama dengan Attack on Titan untuk menarik wisatawan. Penelitian ini akan membahas upaya promosi pariwisata Kota Hita melalui kerja sama dengan tim produsen Attack on Titan dan juga dampak yang dihasilkan dari kerja sama tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan studi kepustakaan, yaitu dengan mempelajari berbagai sumber bacaan yang kemudian dianalisa menggunakan teori contents tourism oleh Horiuchi Junichi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan konten Attack on Titan di Kota Hita dalam sektor pariwisata meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Tiga elemen penting contets tourism, yaitu penggemar, pebisnis konten, dan otoritas lokal saling mempengaruhi dan berperan dalam mempromosikan pariwisata di kota Hita.

Japanese popular culture products such as anime and manga are well received by the wider community. The influence given to the community is utilized by the government to provide benefits in the tourism sector. Contents tourism is a term used for tourism that is inspired by the content of a popular culture. One of the areas that utilizes contents tourism is Hita City in Oita Prefecture which collaborates with Attack on Titan to attract tourists. This research will discuss the efforts of Hita City tourism promotion through collaboration with the production team of Attack on Titan and also the impacts resulting from that collaboration. The method used in this research was a qualitative method and literature review, namely by studying various reading sources which are then analyzed using the theory of contents tourism by Horiuchi Junichi. The results of this research showed that content utilization of Attack on Titan in Hita City in the tourism sector increased the number of tourists who come. Three important elements of contents tourism, namely fans, content business, and local authority influenced each other and had a role in promoting tourism in Hita City."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Insyiah Desy Septiasih
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang unsur promosi destinasi wisata kota Tokyo dalam drama Itazura na Kiss Love in Tokyo dengan pengaruhnya bagi penonton Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menemukan pengaruh promosi destinasi wisata kota Tokyo dalam drama tersebut melalui unsur promosi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka dan analisis kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori film tourism dari Simon Hudson dan J.R Brent Ritchie dan promosi pariwisata dari Oka A. Yoeti. Hasil penelitian ini menemukan unsur promosi pariwisata meliputi aktivitas promosi sebelum dan sesudah penayangan, atribut wisata, faktor spesifik dari peran tokoh, dan lokasi drama. Kemudian pengaruh bagi penonton Indonesia, yaitu melakukan aktivitas wisata dengan berwisata ke kota Tokyo sesuai atraksi wisata dalam drama.

ABSTRACT
This thesis discusses the elements of promotion Tourism Destinations Tokyo city in drama Itazura na Kiss Love in Tokyo with the effect for Indonesian viewers. The purpose of this study is to find the effect of the promotion of tourist destinations Tokyo city in that drama through the elements of tourism promotion. This study uses a descriptive qualitative research with a literature review and analysis of questionnaires. The theory used in this research is the theory of tourism films from Simon Hudson and JR Brent Ritchie and tourism promotion from Oka A. Yoeti. Results of this study found an element of tourism promotion includes promotional activities before and after exposure, travel attribute, specific factors from the role of actor, and the location of the drama. Then the influence of the Indonesian viewers, that is travel activities by traveled to the city of Tokyo appropriate with tourist attractions in the drama."
2015
S59664
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surfia Miana
"Gempa Bumi Besar Jepang Timur dan Tsunami Maret 2011 telah mempengaruhi perkembangan ekonomi dan industri di Jepang. Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang terkena dampak bencana tersebut. Skripsi ini membahas mengenai dampak yang diakibatkan gempa bumi dan tsunami terhadap pertumbuhan pariwisata Jepang, khususnya pada inbound dan outbound, hingga akhir tahun 2012. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Jepang melalui berbagai upaya dan kebijakannya di bidang pariwisata mampu merekonstruksi wilayah Tohoku dan memulihkan pariwisata di wilayah tersebut. Jepang bahkan berhasil meningkatkan rasio pertumbuhan pariwisata nasional secara positif.

The Great East Japan Earthquake and Tsunami March 2011 has affected the economic and industry growth in Japan. Tourism industry is one of the industries affected by the disaster. The focus of this study is about the impacts of earthquake and tsunami on Japanese tourism growth, especially inbound and outbound tourism, until the end of fiscal year 2012. This study is a literature review using descriptive-analytical method. The result shows that Japanese government, through various efforts and act, was able to reconstruct Tohoku and recover Japanese tourism in the affected area. Japan even succeeded to increase the growth rate of national tourism positively."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46939
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arina Pramudita
"Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jepang. Berdasarkan target yang diinginkan pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing 25 juta di tahun 2020, industri pariwisata Jepang mulai memberikan perhatian terhadap wisatawan muslim. Penelitian ini membahas mengenai industri pariwisata Jepang yang meningkatkan upaya menarik wisatawan muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan tinjauan pustaka sebagai sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa industri pariwisata Jepang mampu menyesuaikan antara penawaran dan permintaan wisatawan muslim sebagai upaya menarik wisatawan asing ke Jepang sebagai pasar potensial. Menyesuaikan penawaran dan permintaan tersebut dengan cara meningkatnya fasilitas dan kesadaran Jepang untuk menyesuaikan dengan peraturan Islam untuk kenyamanan wisatawan muslim selama berada di Jepang. Dengan terpenuhinya kenyamanan untuk wisatawan muslim, maka dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk mencapai target di tahun 2020.

Tourism has been importance as one of sectors enhacing economic growth in Japan. According to the government’s goal of attracting 25 million tourist by 2020, Japanese tourism industry is beginning to pay attention to muslim tourists. This article is about Japanese tourism industry boosting efforts to attracts muslim tourists. This article using descriptive-analytical method and literature review as a sources.
The result shows that Japanese tourism industry was able to adjusts between supply and demand from muslim tourists as an efforts to attract muslim tourist to Japan as a big potential target. The balance between supply and demand accompanying with increasing facility and mindful that related Islam law to make muslim tourists more comfortable. And have a big chace to reach the target in 2020.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fiqih Rusdy Zulkarnain
"Pada tahun 2013 International Olympic Committee (IOC) telah menetapkan Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Tiga tahun kemudian Bank of Japan merilis laporan penelitian yang memproyeksikan pertumbuhan pariwisata Jepang pada tahun 2020. Namun laporan tersebut justru jauh dari proyeksinya dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang menghancurkan sektor pariwisata dan pariwisata terkait olimpiade di Jepang. Penelitian ini membahas mengenai krisis pariwisata dan dampak yang ditimbulkan akibat adanya pandemi COVID-19, khususnya pada pariwisata terkait Olimpiade Tokyo 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis tekstual yakni dengan membandingkan data jumlah wisatawan asing dan pengeluaran wisatawan asing sebelum dan saat pandemi COVID-19 menggunakan grafik. Berdasarkan data ditemukan bahwa pariwisata Jepang mengalami krisis pariwisata pada tahun 2020 yang dibuktikan dengan penurunan jumlah wisatawan asing hingga -87.09% dan penurunan jumlah pengeluaran wisatawan asing sebesar defisit 4.07 triliun Yen. Pariwisata terkait olimpiade juga turut mengalami krisis pariwisata dengan kehilangan potensi 24 juta wisatawan asing dan penurunan jumlah pemasukan hingga 2.3 triliun Yen.

In 2013 the International Olympic Committee (IOC) has designated Tokyo as the host of the 2020 Olympics. Three years later the Bank of Japan released a research report projecting Japan’s tourism growth in 2020. Nonetheless the research report far from the projection due to COVID-19 pandemic which ruin the tourism and tourism-related to the Olympic in Japan. This study examines the tourism crisis and the impact caused by the COVID-19 pandemic, particularly in the tourism-related to the 2020 Tokyo Olympic. Using qualitative methodology and textual analytics, this study comparing data on the number of foreign tourist and expenditure of foreign tourist before and during the pandemic using graphics charts. In accordance with the data, Japan’s tourism experiencing tourism crisis in 2020 as evidenced by the decrease on the number of foreign tourist by -87.09% and decrease on the tourist expenditure equal to 4.07 trillion Yen. Tourism-related to the Olympic also experiencing tourism crisis by losing the potential of 24 million foreign tourist and decreased the Olympic income up to 2.3 trillion Yen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Darmashanti
"Pariwisata merupakan kebutuhan hidup manusia dimana manusia perlu berpergian keluar dari tempat tinggalnya. Hadirnya media sosial dan social media influencer orang yang berpengaruh di media sosial pada era digital ini telah mengubah metode pemasaran pariwisata menjadi lebih masif dan efektif. Penelitian ini membahas tentang unggahan Dorippu di media sosial yang bertema perjalanan wisata serta pengaruhnya terhadap minat pengikut Dorippu di media sosial untuk berwisata ke Jepang. Hal tersebut secara langsung menjadikan Dorippu sebagai agen promosi pariwisata Jepang melalui media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah uji sampel melalui survei dengan tujuan untuk mengetahui respons pengikut terhadap unggahan Dorippu. Kunci keberhasilan promosi pariwisata Jepang terletak pada kekuatan personal brand Dorippu sehinga mampu mempengaruhi pengikutnya. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh pihak pemasar pariwisata Jepang untuk menerapkan metode pemasaran melalui media sosial dengan cara menjadikan Dorippu sebagai endorser. Penelitian ini menemukan bahwa kuatnya personal brand Dorippu berhasil memunculkan keinginan pengikutnya di media sosial untuk berwisata ke Jepang serta informasi yang disampaikan melalui unggahannya menjadi sumber informasi wisata Jepang yang dapat diandalkan oleh calon wisatawan yang ingin berkunjung ke Jepang.

Tourism is a necessity of human life that humans need to travel out of their homes. The presence of social media and social media influencers digital influential people in this digital era has changed the method of tourism marketing to become more massive and effective. This study discusses about Dorippu rsquo s post on social media that influence her followers to travel to Japan. It directly makes Dorippu a promotional agent of Japan tourism through social media. The research method is using sample test through survey with the aim to know the Dorippus followers response to Dorippus post. The success key of Japan tourism promotion lies in the strength of the Dorippus personal brand that has power to influence her followers. This opportunity is utilized by the Japan tourism marketers to apply marketing methods through social media by making Dorippu as an endorser. The research finds that Dorippus personal brand power has succeeded in raising the desire of her followers in social media to travel to Japan as well as the information conveyed through her post into a reliable source of Japanese tourist information by would be tourists who want to visit Japan.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marga Apsari
"[ ABSTRAK
Awa Odori (tarian Awa) adalah bagian dari perayaan obon yang diadakan pada tanggal 12—15 Agustus di Tokushima, Jepang. Sejak 1920-an, Awa Odori mulai dikembangkan menjadi objek pariwisata kebudayaan Tokushima. Sebagai objek pariwisata, Awa Odori diharapakan dapat berkontribusi di bidang ekonomi. Jumlah wisatawan yang datang ke Tokushima untuk menonton Awa Odori naik setiap tahunnya. Pada tahun 2011, 1,3 juta wisatawan datang ke Tokushima untuk menikmati Awa Odori. Seiring dengan naiknya jumlah wisatawan dan penginap, Produk domestik bruto (PDB) Tokushima pun juga naik. Berkembangnya Awa Odori sebagai objek pariwisata kebudayaan Tokushima tidak lepas dari peran pemerintah, swasta dan masyarakat setempat. Pemerintah mempromosikan Awa Odori, pihak swasta dan masyarakat setempat memfasilitasi para wisatawan

ABSTRACTAwa Odori (Awa dance) is a part of obon festival which is held on August 12—15 in Tokushima, Japan. Since around 1920, Awa Odori was developed into Tokushima’s cultural tourism object. As a tourism object, Awa Odori is expected to contribute in the economic field. The tourists who come to Tokushima to watch Awa Odori is rising every year. In 2011, 1,3 million tourists came to Tokushima to enjoy Awa Odori. Along with the rising number of tourists and overnight tourists, Tokushima’s GDP is also rising. Government, private sectors and local communities also have role in the development of Awa Odori as Tokushima’s cultural tourism object. The government promotes Awa Odori, while private sectors and local communities provides the facility for tourists.;Awa Odori (Awa dance) is a part of obon festival which is held on August 12—15 in Tokushima, Japan. Since around 1920, Awa Odori was developed into Tokushima’s cultural tourism object. As a tourism object, Awa Odori is expected to contribute in the economic field. The tourists who come to Tokushima to watch Awa Odori is rising every year. In 2011, 1,3 million tourists came to Tokushima to enjoy Awa Odori. Along with the rising number of tourists and overnight tourists, Tokushima’s GDP is also rising. Government, private sectors and local communities also have role in the development of Awa Odori as Tokushima’s cultural tourism object. The government promotes Awa Odori, while private sectors and local communities provides the facility for tourists., Awa Odori (Awa dance) is a part of obon festival which is held on August 12—15 in Tokushima, Japan. Since around 1920, Awa Odori was developed into Tokushima’s cultural tourism object. As a tourism object, Awa Odori is expected to contribute in the economic field. The tourists who come to Tokushima to watch Awa Odori is rising every year. In 2011, 1,3 million tourists came to Tokushima to enjoy Awa Odori. Along with the rising number of tourists and overnight tourists, Tokushima’s GDP is also rising. Government, private sectors and local communities also have role in the development of Awa Odori as Tokushima’s cultural tourism object. The government promotes Awa Odori, while private sectors and local communities provides the facility for tourists.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dona Meriana
"Skripsi ini membahas pemanfaatan yuru-kyara Hikonyan sebagai media promosi wisata kota Hikone, Jepang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan yuru-kyara Hikonyan dalam memajukan pariwisata kota Hikone dan peningkatan pada sektor ekonomi kota Hikone. Makna semiotik yang dikandung oleh yuru-kyara Hikonyan juga akan di analisis. Hasil penelitian mengungkapkan pemanfaatan yuru-kyara Hikonyan berdampak positif kepada kemajuan pariwisata dan ekonomi kota Hikone. Hal ini karena makna semiotik yang dikandung yuru-kyara Hikonyan menyampaikan informasi mengenai kota Hikone kepada masyarakat Jepang.

The focus of this study is the utilization of yuru-kyara Hikonyan as Media Promotion of Hikone City’s Tourism, Japan. The purpose of this study is to understand the utization of yuru-kyara Hikonyan for media tourism campaign in increasing the tourism and economy of Hikone city, also to understand the semiotic meaning in Yuru-kyara Hikonyan design that informed the tourist about information of Hikone city. This research is qualitative descriptive interpretive. The data were collected by means of deep researcher interpretation. The result of this study show that the utilization of yuru-kyara Hikonyan help the progress to increasing the tourism in Hikone city."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Anggiyatma P.M.
"Skripsi ini membahas mengenai implementasi strategi pengembangan pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kajian : Destination Management Organization Raja Ampat). Penelitian ini merupakan penelitian positivis dengan analisis deskriptif yang mana peneliti berusaha untuk memaparkan faktor internal dan eksternal implementasi strategi pengembangan pariwisata di Raja Ampat. Hasil penelitian menyebutkan bahwa faktor internal dan eksternal implementasi dstrategi pengembangan pariwisata di Raja Ampat telah dituangkan dalam bentuk Destination Management Organization walaupun sampai saat ini belum semua program mencakup keseluruhan faktor internal dan eksternal yakni bidang infrastruktur dan transportasi. Dengan melihat hasil penelitian, maka rekomendasi bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah agar menjalankan konsollidasi semua pihak di Raja Ampat sehingga tercapai pengembangan pariwisata yang mensejahterakan seluruh pemangku kepentingan dan menjaga keseimbangan ekosistem Raja Ampat.

The focus of this study is the tourism development strategic implementation at the Ministry of Tourism and Creative Economy (Assessment : Destination Management Organization Raja Ampat). This research is a positivist research employing descriptive analysis, in which researcher tries to describe the internal and external factors of tourism development strategic implementation in Raja Ampat. The result that the internal and external factors of tourism development strategic implementation in Raja Ampat have been established as Destination Management Organization although not all programs covered the internal and external factors of tourism development strategy implementation such as infrastructur and transportation sectors. According to the result obtained, Ministry of Tourism and Creative Economy is reccomended to consolidate of all stakeholders of Raja Ampat to reach the objective of tourism develompent for prosperity of the stakeholders and to keep the balance of nature ecosystem of the Raja Ampat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S45631
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>