Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194768 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Indah Lestari
"ABSTRAK
Latar Belakang : Sepatu tertutup (boot) merupakan salah satu jenis APD (Alat Pelindung Diri) yang digunakan oleh operator cucian mobil area basah untuk mencegah kecelakaan kerja. Namun dalam penggunaannya justru menimbulkan masalah kesehatan baru bagi pekerja yaitu penyakit jamur pada kaki (Tinea pedis). Penelitian ini bertujuan mengetahui insidensi Tinea pedis pada operator cucian mobil area basah dan membandingkan efektivitas jenis pelindung kaki tertutup (boot) dengan berongga bagi pencegahan Tinea pedis serta faktor- faktor yang mempengaruhinya.
Metode: Penelitian Kuasi Eksperimental dilakukan pada pekerja cucian mobil area basah di perusahaan waralaba pencucian mobil. Data diperoleh dari kuisioner, anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan KOH 10%, pengamatan di lapangan.
Hasil : Dari 55 orang pekerja diberikan 27 sepatu tertutup dan 28 sepatu berongga terdapat 6 orang yang mengalami Tinea pedis yang diperoleh melalui anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab KOH 10%. Dari 6 orang itu, 4 orang menggunakan sepatu tertutup (66,6%) dan 2 orang sepatu berongga (33.3%). Keempat orang yang positif berusia diatas 24 tahun dengan tingkat pendidikan sedang yaitu SLTA. Dari 6 orang tersebut juga diketahui tingkat pengetahuan terhadap Tinea pedis kurang sebanyak 5 orang dan tingkat sedang 1orang. Mereka yang memiliki tingkat kebersihan diri rendah berisiko 8 kali lebih besar untuk menderita Tinea pedis. (RR=8,000, 95% CI= 1,675- 38,204, p= 0,011). Pekerja pengguna sepatu tertutup memiliki proporsi 2 kali lebih besar dan risiko 2 kali lebih besar untuk mengalami Tinea pedis bila dibandingkan dengan pengguna sepatu berongga (RR= 2,074, 95% CI= 0,413- 10,407, p= 0,422).
Kesimpulan: Pengguna sepatu tertutup lebih berisiko mengalami Tinea pedis bila dibandingkan dengan pengguna sepatu berongga. Faktor kebersihan diri seseorang yang rendah juga merupakan faktor yang meningkatkan risiko terjadinya Tinea pedis.

ABSTRACT
Background: Shoes (boots) is one Personal Protective Equipment used by car wash operators in wet areas to prevent accidents. But it can cause fungal diseases on foot (Tinea pedis). The aims of this study are not only to determine the incidence of Tinea pedis within the car wash operator in the wet areas and to compare the effectiveness of two kinds of PPE, shoes (boots) and porous shoes which are appropiate for the prevention of Tinea pedis but also the influencing factors.
Methods: Quasi-Experimental Research on the operators of car wash franchise company in wet areas. Data are obtained from the questionnaire, anamnesis, physical examination, examination of KOH 10%, field observations.
Results: Within 55 operators, 27 operators are given boots and 28 are given porous shoes. There are 6 people who have Tinea pedis which is conclude through anamnesis, physical examination, laboratory tests KOH 10%. Among them, 4 people using boots (66,66%) and 2 porous shoes (33,33%). The four positive people aged ≥ 24 years and are high school graduated . Among them, 5 people have low level of knowledge for Tinea pedis, 1 person is at moderate level. Those who have a low level of personal hygiene are 8 times greater at risk of suffering from Tinea pedis. (RR = 8.000, 95% CI = 1,675- 38.204, p = 0.011). Operators who use boots have 2 times greater proportion and 2 times greater risk for experiencing Tinea pedis when compared to the operators who use porous shoes.(RR= 2,074, 95% CI= 0,413- 10,407, p= 0,422).
Conclusion: Operators using shoes (boots) are more at risk of Tinea pedis, One?s low personal hygiene is also a factor which increases the risk of Tinea pedis.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
O. U. Herlina Narulita
"Latar Belakang : Tinea pedis dapat terjadi karena memakai sepatu tertutup (safety shoes) dalam waktu lama yang dapat menyebabkan keringat berlebih sehingga menambah kelembaban di daerah sekitar kaki. Selain itu kondisi sepatu tertutup (safety shoes), khususnya safety shoes dengan kondisi bau, lembab, kotor, rusak dan sempit juga dapat menambah faktor resiko terjadinya tinea pedis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama pemakaian safety shoes dan kondisi safety shoes terhadap kejadian tinea pedis pada pekerja kebersihan di RS Swasta Jakarta Selatan.
Metode : Desain penelitian menggunakan desain potong lintang yang melibatkan 86 pekerja kebersihan di RS Swasta Jakarta Selatan. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri kuesioner Pengetahuan tentang foot hygiene, kuesioner perilaku tentang foot hygiene, pemeriksaan kerokan kulit dengan KOH 10%.
Hasil : Prevalensi Tinea Pedis pada Petugas Kebersihan (n=86) 31,4%. Pada penelitian ini didapatkan bahwa faktor yang memiliki hubungan bermakna untuk terjadinya tinea pedis adalah lama pemakaian safety shoes dengan tinea pedis (p = 0,003), kondisi safety shoes yang tidak baik (p = 0,002), kondisi kaos kaki yang tidak baik (p = < 0,001), perilaku tentang foot hygiene yang tidak baik (p = < 0,001).
Kesimpulan dan Saran : Pada penelitian menemukan bahwa prevalensi tinea pedis pada pekerja kebersihan RS Swasta cukup tinggi. Didapatkan bahwa faktor lama pemakaian safety shoes, kondisi safety shoes yang tidak baik, kondisi kaos kaki yang tidak baik dan perilaku tentang foot hygiene yang tidak baik mempunyai hubungan bermakna dengan terjadinya tinea pedis di RS Swasta Jakarta Selatan.

Background : Tinea pedis may occur due to wear occlusive footwear for along time that can add excessive sweating that add humidity in the area around the foot. Conditions occlusive footwear, safety shoes with a particular odor conditions, damp, dirty, broken and narrow also can increase risk tinea pedis. The aim of this study was determine the assosiation of duration of use safety shoes and safety shoes conditions on the tinea pedis on housekeeper in hospital.
Methods: Cross sectional design using 86 samples on housekeeping workers of Hospital. Data are obtained from questionnaire, consists of knowledge quetionnaire about foot hygiene, Behavioral questionnaire about foot hygiene, and examination of KOH 10% field observations.
Results: Prevalensi of tinea pedis in housekeeper (n=86) 31,4%.In this study was found that the factors have significant relationship to the occurance of tinea pedis is the use of occlusive footwear (safety shoes) for along time (p = 0,003), safety shoes are not good conditions (p = 0,002) ,shocks are not good conditions (p = < 0,001), and behaviors about foot hygiene is not good conditions (p = < 0,001).
Conclution: The study found that the prevalence of tinea pedis on housekeeper is quite high. Several risk factors Tinea is use occlusive footwear which long time each day, conditions of safety shoes, conditions of socks and behaviors about foot hygiene is not good conditions have significant relationship.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Buaton, Yosua Samuel Kusuma
"Kecelakaan kerja itu harus dicegah dan jangan sampai terjadi. Salah satu upaya menurunkan angka kecelakaan kerja adalah dengan pengadaan program pencegahan kecelakaan kerja yaitu dengan melaksanakan penilaian risiko. Dalam usaha pencucian mobil, terdapat banyak potensi bahaya dalam setiap proses kerja. Penelitian ini diharapkan dapat diketahui dan dikenal bahaya dan seberapa besar tingkat risiko serta rekomendasi pengendaliannya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang menggunakan standar AS/NZS 4360:2004. Pengumpulan data didapat dari hasil observasi dan wawancara serta dokumentasi.
Hasil studi menemukan bahwa dalam seluruh alur proses terdapat potensi bahaya seperti bahaya keselamatan kerja, bahaya kesehatan kerja, bahaya lingkungan kerja, bahaya budaya kerja, dan resiko seperti, terpeleset, tertabrak, terantuk, terkilir, postur janggal, dan kejatuhan.Ada beberapa saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian diantaranya yaitu, modifikasi mesin dan area kerja, pemakaian APD, pembuatan SOP dan safety sign, pengadaan shift kerja serta melakukan penyuluhan.

Occupational accidents mustbe prevented and should not happened. One of the ways to reduce the number of occupational accidentsis doing risk assessment. In a car wash business, there are many potential hazards in every work process. This study held to analize and recognize the hazard and riskand give recommendations to control it. This study is using observational methodwith AS/NZS 4360: 2004 standard. The data were obtained from observations, interviews and documentation files.
The study found potential hazards such as occupational hazards, health hazards, workplace hazards, work culture hazard, and risks such as, slipped, got hit, stumbles, sprains, awkward postures, and falling object in the whole process flow. Thesuggestions given based on the results of research are engine and work areamodifications, using PPE,SOP, and safety sign, making work-shift and doing counseling.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S65003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2005
TA472
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Nowadays,trnasportation devices is one of the important things,because higher mobility.Car is comfortable and secure transportation device.But ,one of the biggest problems these days is looking for a parking place,especially in a building....."
004 CJTK 1:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
UI-IJTECH 5:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Zulian Ismail Dewandanu
"Sayap belakang (SB) merupakan salah satu pesawat aerodinamika yang paling terkemuka, sehingga melahirkan banyak studi serta analisis terhadapnya. Namun, banyak dari studi tersebut tidak menyinggung efek terhadap dinamika kendaraan dari SB tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengukur peningkatan performa pada sebuah mobil balap karena penggunaan SB melalui simulasi CFD dan analisa empirik. Studi ini dilakukan pada model CAD Williams F1 FW42, di mana pada pengujian CFD dibuat 7 juta meshing cells. Simulasi ini menggunakan model turbulensi K-Ɛ untuk mendapatkan data gaya angkat dan hambat. Performa mobil, seperti kurva traksi dan rasio gigi, diperoleh dengan menggunakan data telemetri pada Sirkuit Autódromo José Carlos Pace (Interlagos), yang juga digunakan untuk memodelkan performa mobil hasil simulasi di dunia nyata. Dari hasil studi, didapatkan bahwa penggunaan SB berkontribusi terhadap 27.3% total gaya angkat, 28.5% total gaya hambat, dan meningkatkan 20.9% kelajuan maksimum pada sebuah tikungan. Hasil-hasil tersebut berakumulasi sehingga, secara teoretis, penggunaan SB dapat memangkas waktu putaran hingga 1.745 detik walaupun meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga 2.13%.

The rear wing (RW) is one of the most iconic aerodynamic devices to be put on a car, spawning many analyses and examinations. However, most of those studies on the aerodynamics of a RW do not relate its effects to the vehicular dynamics. This study aims to gauge the performance gains of a race car due to the utilization of the RW, via CFD simulation and empirical analysis. This study is done on a Williams FW42 Formula 1 car, on which CFD testing was conducted using a full-scale CAD model of the car, meshed to 7 million cells. The simulation used K-Ɛ turbulence model to find lift and drag figures. The car’s performance, such as gear ratios and traction band, was approximated using telemetry footage data from a qualifying lap at Autódromo José Carlos Pace (Interlagos) circuit, on which the model car is simulated to run as well. From the study, it was found that on average, the RW contributes to 27.3% of the total downforce generated, 28.5% of the drag, and 4.33% increase in limiting cornering velocity. These results culminate in a theoretical 1.745 second faster lap time for the car equipped with the RW, though with a worse fuel efficiency as seen by a 2.13% increase in fuel consumption."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatrice Faustina Andry
"Karies gigi merupakan penyakit gigi dengan prevalensi tertinggi di dunia. Saliva memiliki peran penting dalam melawan karies gigi dengan memproduksi nitrogen monoksida (NO) yang memiliki sifat antibakterial. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kadar NO pada sampel saliva kelompok anak dan dewasa muda, hubungan antara kadar NO sampel saliva dengan karies gigi (DMF-T), hubungan antara pH dan kadar NO, serta membandingkan nilai rata-rata kadar NO pada sampel saliva dewasa muda dan anak-anak. Dalam studi cross-sectional, analisis dilakukan pada 20 sampel saliva anak dan dewasa muda dengan kaitannya pada indeks karies gigi (DMF-T) menggunakan uji Griess Reagent. Hasil uji menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam rata-rata kadar NO pada sampel saliva dewasa muda pada berbagai kategori DMF-T (p = 0,14). Korelasi antara kadar NO dewasa muda dengan DMF-T tidak signifikan (p = 0,797), begitu juga pada kelompok anak (p = 0,429). Uji korelasi antara pH dan kadar NO juga tidak menunjukkan hubungan yang signifikan (p = 0,629). Perbandingan rata-rata kadar NO antara sampel dewasa dan anak-anak tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p = 0,794).

Dental caries is the most prevalent tooth disease globally. Saliva plays a crucial role in combating dental caries by producing nitric oxide (NO), known for its antibacterial properties. This study aims to assess NO levels in saliva samples from both children and young adults, examine the relationship between NO levels in saliva samples and dental caries (DMF-T), explore the correlation between pH and NO levels, and compare the average NO levels in saliva samples between young adults and children. In this cross-sectional study, the analysis involved 20 saliva samples from children and young adults, correlating them with the dental caries index (DMF-T) using the Griess Reagent test. The test results indicated no significant differences in the average NO levels in saliva samples from young adults across various DMF-T categories (p = 0.14). The correlation between NO levels in young adults and DMF-T was not significant (p = 0.797), and the same was observed in the children's group (p = 0.429). The correlation test between pH and NO levels also showed no significant relationship (p = 0.629). Furthermore, the comparison of average NO levels between adult and children's saliva samples revealed no significant differences (p = 0.794).
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Loora
"Menyimpulkan sifat kepribadian individu melalui sepatu yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian zero acquaintance pertama di Indonesia dengan foto sepatu. Penulis mencaritahu aspek sepatu yang menggambarkan sifat kepribadian Big Five pemilik sepatu, aspek sepatu yang digunakan pengamat dalam mempersepsi, hubungan kedua aspek tersebut, konsensus persepsi antar pengamat, dan akurasi persepsi tersebut. Penelitian membandingkan dua kelompok pemilik sepatu, yaitu yang ekspresif pada sepatu dan yang ekspresif pada benda selain sepatu.
Hasil menunjukkan bahwa sifat openness to experience kelompok ekspresif pada sepatu diketahui dari aspek perkiraan jenis kelamin pemilik sepatu wanita dan aspek tersebut digunakan oleh pengamat. Sedangkan pada kelompok ekspresif pada benda lain, ditemukan aspek tinggi sepatu Dari kedua kelompok ini ditemukan sedikit perbedaan konsensus antar pengamat, dan tidak ada perbedaan akurasi persepsi pengamat.

Title Inferring someone rsquo s personality traits by her shoes A research on zero acquaintance through pictures of shoes was carried out for the first time in Indonesia. The author examined the aspects of shoes that descibed th Big Five characteristics of shoes rsquo owners and used by observers in making a perception, the correlation between those aspects, consensus of perceptions between observers, and the perceptions rsquo accuracy. The research compared two groups of shoes rsquo owner, the one who is expressive on shoes and the other one who is expressive on other things than shoes.
The results showed that the openness to experience trait from the group that was expressive on shoes was known from the gender aspect of shoes rsquo owners female and this aspect was used by obervers. On the other hand, the aspect of shoes height was found on the group that was espressive on other things. Based on these group, the difference on concensus between observers was found to be little, and no difference was noticed on the accuracy of observers rsquo perceptions.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68497
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitrihan Zaki Nurhadi
"Manusia merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kecelakaan di Indonesia sebesar 61%, utamanya terjadi ketika pengemudi menunjukan perilaku berkendara berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran mind wandering dan usia terhadap perilaku berkendara berbahaya. Partisipan penelitian ini adalah 259 pengemudi mobil yang berusia 18 sampai 50 tahun berdomisili Jabodetabek. Pengukuran mind wandering menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari “The Four Factors of Mind Wandering (4FMW) Questionnaire dan pengukuran perilaku berkendara berbahaya menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari “The Dula Dangerous Driving Index”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind wandering dan usia secara bersama-sama dapat memprediksi perilaku berkendara berbahaya secara signifikan, dimana mind wandering merupakan prediktor yang lebih besar dibandingkan variabel usia terhadap perilaku berkendara berbahaya. Hasil penelitian ini menunjukkan perlu upaya sosialisasi oleh pihak kepolisian yang lebih kuat tentang pentingnya kesadaran dan konsentrasi bagi pengemudi untuk keselamatan dalam berkendara.

Humans are one of the main factors causing accidents in Indonesia, accounting for 61%, primarily occurring when drivers exhibit dangerous driving behavior. This study aims to examine the role of mind wandering and age on dangerous driving behavior. The participants of this study were 259 car drivers aged 18 to 50 years residing in the Greater Jakarta area (Jabodetabek). Mind wandering was measured using an instrument adapted from "The Four Factors of Mind Wandering (4FMW) Questionnaire" and dangerous driving behavior was measured using an instrument adapted from "The Dula Dangerous Driving Index". The results showed that mind wandering and age together significantly predict dangerous driving behavior, with mind wandering being a larger predictor than age for dangerous driving behavior. The results of this study indicate the need for stronger efforts by the police to socialize the importance of awareness and concentration for drivers to ensure driving safety."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>