Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10547 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meista Yuki Crisinta
"[ABSTRAK
Bagian Satu
Analisis Situasi
Kemajuan teknologi komunikasi ternyata cukup berdampak bagi perilaku komunikasi generasi muda. Keberadaan gadget sebagai alat komunikasi dan hiburan seharusnya tidak menggantikan fungsi dan peranan dari proses komunikasi langsung. Maka dari itu, dengan memanfaatkan media internet yang sedang banyak digemari oleh generasi muda, penulis hendak memproduksi sebuah tayangan serial web (web series) dengan format mockumentary yang mengangkat fenomena dan kejadian sehari-hari, khususnya pada kehidupan sosial mahasiswa.
Bagian Dua
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat utama dari pengembangan prototipe ini adalah khalayak mendapatkan pendidikan agar lebih bijak dalam menggunakan gadget sebagai alat komunikasi. Tujuan utama dari pengembangan prototipe ini adalah sebagai salah satu upaya persuasif bagi generasi muda agar lebih bijak dalam menggunakan gadget sebagai media komunikasi, dan terus berupaya untuk tetap mempertahankan relasi dengan sesama tanpa menggunakan perantara media.
Bagian Tiga
Prototipe yang Dikembangkan
Prototipe pilot ini berjudul ?LET(S)TALK?, yang menceritakan tentang kisah kehidupan cinta dua mahasiswa di dunia maya, namun tidak berelasi di dunia nyata.
Bagian Empat
Evaluasi
Media pre-test dilakukan dengan cara online screening. Sedangkan metode evaluasi akan dilakukan melalui Youtube Analytics dan Focus Group Discussion (FGD).
Bagian Lima
Anggaran
Anggaran untuk pembuatan prototipe adalah sebesar Rp1.100.000. Lalu rencana anggaran untuk penerbitan media adalah sebesar Rp35.200.000. Sedangkan anggaran untuk pelaksanaan evaluasi adalah sebesar Rp5.520.000. Prakiraan pendapatan bersih yang diperoleh adalah sebesar Rp280.000.

ABSTRACT
Chapter One
Situation Analysis
Nowadays, the development of communication technology gives many impact to the social behavior of young generations. Gadget, as a communication and entertaining device, supposedly not replace the face-to-face communication. Based on this case, the author wants to make a web series, which distributed to internet, with mockumentary format. The series tells about gadget using in daily life, especially of college students.
Chapter Two
Benefit and Purpose of Prototype?s Developing
The main benefit of this prototype is the audiences will get an education about how they can use their gadget more wisely, especially for communicating with others. Moreover, the main purpose of this prototype is to persuade audiences so that they can use their gadget more wisely. In addition, the author wants every audiences always make time with their relations without gadget and do the face-to-face communication more often.
Chapter Three
Developed Prototype
The title of this prototype is ?LET(S)TALK?, which tells about a love story from two college students who always connected through social media, chatting-media, but not ?connected? in the real world.
Chapter Four
Evaluation
Media pre-test will be held by online screening. Otherwise, the evaluation proccess will use the Youtube Analytics? feature and Focus Group Discussion (FGD).
Chapter Five
Budget
Budget for prototype making has spent IDR 1.100.000. The budgeting plan for media launching will spent IDR 35.200.000. Then, a budgeting for evaluation will spent IDR 5.520.000. The estimated income will be IDR Rp280.000., Chapter One
Situation Analysis
Nowadays, the development of communication technology gives many impact to the social behavior of young generations. Gadget, as a communication and entertaining device, supposedly not replace the face-to-face communication. Based on this case, the author wants to make a web series, which distributed to internet, with mockumentary format. The series tells about gadget using in daily life, especially of college students.
Chapter Two
Benefit and Purpose of Prototype’s Developing
The main benefit of this prototype is the audiences will get an education about how they can use their gadget more wisely, especially for communicating with others. Moreover, the main purpose of this prototype is to persuade audiences so that they can use their gadget more wisely. In addition, the author wants every audiences always make time with their relations without gadget and do the face-to-face communication more often.
Chapter Three
Developed Prototype
The title of this prototype is “LET(S)TALK”, which tells about a love story from two college students who always connected through social media, chatting-media, but not ‘connected’ in the real world.
Chapter Four
Evaluation
Media pre-test will be held by online screening. Otherwise, the evaluation proccess will use the Youtube Analytics’ feature and Focus Group Discussion (FGD).
Chapter Five
Budget
Budget for prototype making has spent IDR 1.100.000. The budgeting plan for media launching will spent IDR 35.200.000. Then, a budgeting for evaluation will spent IDR 5.520.000. The estimated income will be IDR Rp280.000.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Henidar Mulyara
"ABSTRAK
Analisis Situasi: Generasi milenial dikenal dengan banyak stigma negatif. Namun, sebenarnya banyak karakteristik milenial yang dapat mempengaruhi kualitas negara dan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah kreativitas. Maka dari itu, penulis tertarik memproduksi web series mengenai proses kreativitas generasi tersebut untuk menggapai apa yang mereka inginkan, berfokus pada bidang wirausaha kuliner. Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaatnya untuk memberikan alternatif hiburan kepada khalayak yang ingin disasar serta memberi edukasi kepada generasi milenial akan pentingnya peranan mereka pada perkembangan ekonomi kreatif. Bertujuan memberikan inspirasi untuk percaya diri dan terus mengembangkan minat dan bakat. Prototipe yang Dikembangkan: Web series ini memiliki 10 episode dengan genre drama komedi berdurasi 3 - 7 menit. Bercerita mengenai anak muda bernama Caca, Sarah dan Dewi yang memiliki semangat tinggi untuk berjuang dalam mencapai apa yang mereka suka untuk kehidupan mereka yang lebih baik. Evaluasi: Evaluasi pretest menggunakan metode mini-theater dan focus group discussion FGD serta youtube analytics. Anggaran: Realisasi anggaran terhadap 3 episode prototipe web series ini sebesar Rp. 520.000. Untuk Rancangan Anggaran 10 episode sebesar Rp. 76.100.000 dan rencana pemasukan sebesar Rp. 124.950.000. Pendapatan yang didapat dengan total Rp. 48.850.000.

ABSTRACT
Situation Analysis: Millennial generations are known for many negative stigma. However, in fact many millennial rsquo s characteristics can affect the quality of the country and the nation of Indonesia. One of them is creativity. Therefore, the author is interested in producing web series about the creativity of these generation to achieve what they want, focusing on the field of culinary entrepreneurship. Benefits and Purpose of Prototype: DevelopmentIts benefits to provide an alternative entertainment to the audience who want to target and to educate millennials the importance of their role in the development of creative economy. Aims to inspire confidence and continue to develop interests and talents. Developed Prototype: This Web series has 10 episodes with a 3 7 minutes comedy skit genre. Tells the story of a young man named Caca, Sarah and Dewi who have a high spirit to struggle to achieve what they like for their better lives. Evaluation: The pretest evaluation uses mini theater and focus group discussion FGD also Youtube analytics methods. Budgeting: Budget realization of 3 episodes prototype web series is Rp 520,000. For a10 episode Budget Plan of Rp 76.100.000 and income plan of Rp 124,950,000. Revenue earned for a total of Rp 48.850.000. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Andria
"[ABSTRAK
BAGIAN SATU ANALISIS SITUASI
Penggemar drama Korea di Indonesia semakin banyak. Tanpa mereka sadari, menonton drama Korea ternyata bisa berdampak positif maupun negatif. Mereka terbiasa menonton drama Korea dengan streaming atau download menggunakan internet. Maka dari itu, akan dibuat program baru web series mengenai perilaku penggemar drama Korea, baik positif dan negatif, yang akan ditayangkan melalui Youtube.com.
BAGIAN DUA MANFAAT DAN TUJUAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE
Manfaat utama dari pengembangan prototipe ini adalah memberikan alternatif tayangan baru yang menghibur dan inspiratif mengenai penggemar drama Korea. Tujuannya agar para penggemar drama Korea ini menyadari bahwa menonton drama Korea bisa berdampak positif dan negatif.
BAGIAN TIGA PENGEMBANGAN PROTOTIPE
Program yang dikembangkan adalah tayangan web series dengan formatnya vlog (video blog) yang ditayangkan melalui Youtube. Pilot dari program I am K-Fans ada 2 episode. Episode pertama mengenai Ayu seorang penggemar drama Korea, yang bisa berbahasa Korea karena belajar dari drama Korea. Episode kedua mengenai Ayu yang menceritakan temannya yang menghabiskan waktu untuk menonton drama dan lupa belajar untuk UTSnya.
BAGIAN EMPAT EVALUASI
Pre test akan dilakukan seminggu sebelum program ?I am K-Fans? dirilis dengan melakukan focus group disscussion dengan penggemar drama Korea. Evaluasi akan dilakukan 1 bulan setelah program dirilis dengan melakukan focus group disscussion dan menganalisis performa tayangannya dengan Youtube Analytic.
BAGIAN LIMA ANGGARAN
Anggaran pembuatan protoype adalah Rp 510.000,00. Anggaran rencana penerbitan media per episode adalah Rp 5.335.000,00 dan 1 season (8 episode) adalah Rp 42.845.000,00. Anggaran rencana evaluasi adalah Rp 480.000,00. Prakiraan pendapatan adalah per episode Rp 1.316.460,00 dan 1 season adalah Rp 30.866.680,00.

ABSTRACT
PART ONE
SITUATIONAL ANALYSIS
There is a growing number of Korean drama fan clubs in Indonesia. Either they are aware of the effects of being a fan of K-drama, but watching Korean drama gives both positive and negative effects. Fans are used to watch K-drama via streaming or downloading using internet. Therefore, web series about K-drama fans?s attitude, either positive or negative, will be made and will also be posted on Youtube.
PART TWO
BENEFITS AND PURPOSES OF THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The main benefit of the development of this prototype is to provide an interesting, alternative program about fans of K-drama. The aim is to remind the fans of the positive and negative effects of being a fan of K-drama.
PART THREE
THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The development of prototype is a web series program with a vlog format, that will be aired via Youtube. The pilot of the program called ?I am K-Fans?, there are 2 episodes. The first episode tells story about Ayu, a fan of K-drama, who also could speak Korean language which she learnt from watching K-drama. Second episode tells Ayu who talks about her friend, a fan of K-drama as well, who fails at exams because of her excessive time to watch K-drama.
PART FOUR EVALUATION
Pre test will be held one week before the program ?I am K-fans? is released. Evaluation will be done one month after the program is released by doing focus group discussion and analyzing the performance in the scenes using Youtube Analytic.
PART FIVE BUDGET
The budget for the production of prototype is Rp 510.000,00. The budget for planned issuance of media production for one episode is Rp 5.335.000,00 and for one season (8 episodes) is Rp 42.845.000,00.The budget for planned evaluation is Rp 480.000,00. The estimated income per episode is Rp 1.316.460,00 and thus for one season is Rp 30.866.680,00.;PART ONE
SITUATIONAL ANALYSIS
There is a growing number of Korean drama fan clubs in Indonesia. Either they are aware of the effects of being a fan of K-drama, but watching Korean drama gives both positive and negative effects. Fans are used to watch K-drama via streaming or downloading using internet. Therefore, web series about K-drama fans?s attitude, either positive or negative, will be made and will also be posted on Youtube.
PART TWO
BENEFITS AND PURPOSES OF THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The main benefit of the development of this prototype is to provide an interesting, alternative program about fans of K-drama. The aim is to remind the fans of the positive and negative effects of being a fan of K-drama.
PART THREE
THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The development of prototype is a web series program with a vlog format, that will be aired via Youtube. The pilot of the program called ?I am K-Fans?, there are 2 episodes. The first episode tells story about Ayu, a fan of K-drama, who also could speak Korean language which she learnt from watching K-drama. Second episode tells Ayu who talks about her friend, a fan of K-drama as well, who fails at exams because of her excessive time to watch K-drama.
PART FOUR EVALUATION
Pre test will be held one week before the program ?I am K-fans? is released. Evaluation will be done one month after the program is released by doing focus group discussion and analyzing the performance in the scenes using Youtube Analytic.
PART FIVE BUDGET
The budget for the production of prototype is Rp 510.000,00. The budget for planned issuance of media production for one episode is Rp 5.335.000,00 and for one season (8 episodes) is Rp 42.845.000,00.The budget for planned evaluation is Rp 480.000,00. The estimated income per episode is Rp 1.316.460,00 and thus for one season is Rp 30.866.680,00., PART ONE
SITUATIONAL ANALYSIS
There is a growing number of Korean drama fan clubs in Indonesia. Either they are aware of the effects of being a fan of K-drama, but watching Korean drama gives both positive and negative effects. Fans are used to watch K-drama via streaming or downloading using internet. Therefore, web series about K-drama fans’s attitude, either positive or negative, will be made and will also be posted on Youtube.
PART TWO
BENEFITS AND PURPOSES OF THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The main benefit of the development of this prototype is to provide an interesting, alternative program about fans of K-drama. The aim is to remind the fans of the positive and negative effects of being a fan of K-drama.
PART THREE
THE DEVELOPMENT OF PROTOTYPE
The development of prototype is a web series program with a vlog format, that will be aired via Youtube. The pilot of the program called “I am K-Fans”, there are 2 episodes. The first episode tells story about Ayu, a fan of K-drama, who also could speak Korean language which she learnt from watching K-drama. Second episode tells Ayu who talks about her friend, a fan of K-drama as well, who fails at exams because of her excessive time to watch K-drama.
PART FOUR EVALUATION
Pre test will be held one week before the program “I am K-fans” is released. Evaluation will be done one month after the program is released by doing focus group discussion and analyzing the performance in the scenes using Youtube Analytic.
PART FIVE BUDGET
The budget for the production of prototype is Rp 510.000,00. The budget for planned issuance of media production for one episode is Rp 5.335.000,00 and for one season (8 episodes) is Rp 42.845.000,00.The budget for planned evaluation is Rp 480.000,00. The estimated income per episode is Rp 1.316.460,00 and thus for one season is Rp 30.866.680,00.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ramandha Suci Marchita
"Pemaknaan gaya hidup sehat dalam web series #SORETheSeries di YouTube oleh anggota Komunitas Diabetes Muda berdasarkan proses encoding dan decoding pesan tidak tercipta dengan sendirinya melainkan terdapat peran agen sosialisasi dalam menanamkan nilai gaya hidup sehat pada informan sehingga membantu membentuk pemaknaan. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dan paradigm konstruktivis ini bertujuan untuk memberikan penjabaran bagaimana pemaknaan gaya hidup sehat dalam web series #SORETheSeries oleh anggota Komunitas Diabetes Muda yang telah mengalami banyak pengalaman terkait kesehatan dan gaya hidup.
Hasil penelitian menemukan bahwa pemaknaan gaya hidup sehat oleh anggota Komunitas Diabetes Muda terbagi menjadi dua posisi yaitu negosiasi; posisi menerima sebagian informasi dan tidak menerima sebagian lainnya, serta posisi oposisi: posisi yang menolak pandangan dan memiliki penilaian sendiri, berdasarkan hasil encoding/decoding dari pesan gaya hidup sehat di web series #SORETheSeries dengan adanya peran agen sosialisasi keluarga, peer group dan komunitas, sekolah, media massa, serta profesional yang membantu mensosialisasikan nilai-nilai gaya hidup sehat sepanjang hidup mereka.

The reception position of healthy lifestyle in #SORETheSeries on YouTube by the member of Diabetes Muda Community based on encoding and decoding process supported by the explanation of the role of the socialization agents who socialize the aspects of healthy lifestyle to informant that lead to reception position. This qualitative study with constructivism paradigm aims to provide an overview of how the reception of healthy lifestyle on web series by Diabetes Muda Community members whom have a lot of experiences about health and lifestyle.
This study found that the reception of healthy lifestyle by the informant separated into two positions: negotiated position; a mixture of adaptive and oppositional element, and oppositional position; decode the message in contrary way, based on the result of encoding/decoding of healthy lifestyle messages on #SORETheSeries with the help of socialization agents which are family, peer group and community, school, media, and professional who teach them about healthy lifestyle along their life.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T53356
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Wadyo P.
"Saat ini dunia sudah memasuki era ekonomi berbasis pengetahuan (Drucker.P, knowledge based economy atau knowledge economy). Knowledgeeconomy hadirsebagai suatu sistem ekonomi yang dikarakterisasi oleh faktor-faktor seperti globalisasi pasar dan teknologi, demokrasi dari informasi dan ekspektasi, konektifitas universal, intensitas kompetisi yang bersifat eksponensial meningkat, pergeseran penciptaan kekayaan dari uang ke manusia dan knowledge workermarket yang makin bebas. Dalam era tersebut, setiap perusahaan harus selalu belajar dan mengelola pengetahuan yang dimilikinya agar menemukan cara untuk menumbuhkan dan membangun keunggulan sebagai suatu budaya organisasi sehingga mampu untuk terus beradaptasi dan mendapatkan keuntungan.
Ikujiro & Nonaka (ikujiro and nonaka, The Knowledge Creating Company,1995) mengemukakan Dalam teorinya, MODEL SECI , suatu model yang memposisikan pengetahuan sebagai sebuah proses manusiawi yang dinamis, menyangkut pembenaran terhadap keyakinan pribadi atas sesuatu yang diyakini benar adanya. Selanjutnya sebagai dasar yang fundamental dari teori tersebut, memfokuskan perhatiannya kepada aktivitas subyektif alami dari gambaran suatu pengetahuan, seperti komitmen dan kebenaran, yang berakar dari dalam sistem-sistem nilai individu.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa baik informasi maupun pengetahuan adalah kondisi spesifik dan saling terkait yang tergantung kepada situasi serta interaksi sosial antara manusia yang terbentuk secara dinamis dalam suatu populasi seperti organisasi. Penciptaan pengetahuan dalam suatu organisasi dapat dipahami sebagai sebuah proses dimana organisasi memperbesar penciptaan pengetahuan yang dihasilkan oleh individu sebagai anggota organisasi. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa pengetahuan hanya diciptakan oleh individu dan organisasi tidak dapat menciptakan pengetahuan tanpa individu tersebut. Dengan Kesadaran akan hal tersebut harmonisasi antara keberadaan karyawan dan kebutuhan organisasi untuk mencapai sustainability development niscaya dapat terwujud. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43657
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Siti Khaero Sofia
"Bagian Satu
Analisis Situasi
Saat ini, sudah banyak program acara wisata di televisi, namun, di radio belum banyak. Maka dari itu, memberikan informasi tentang tempat wisata yang menarik kepada khalayak radio adalah cara untuk menyadarkan masyarakat terhadap kekayaan alam Indonesia. Dengan membuat sebuah program yang mengulas tempat indah di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk wisata, akan menarik masyarakat untuk mencintai kekayaan alam Indonesia.
Berdasarkan hasil riset kepada 100 pendengar Mustang FM, dapat disimpulkan seluruh responden memiliki minat dengan dunia pariwisata dan membutuhkan informasi tentang akomodasi wisata sampai tips menarik dalam melakukan perjalanan wisata. Mereka menyambut positif rencana Mustang FM untuk membuat program radio semacam ini. Informasi ini mereka perlukan karena mayoritas responden menyatakan berencana melakukan perjalanan wisata untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas.
Bagian Dua
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak:
Mendapatkan informasi tentang wisata, mulai dari akomodasi, harga perjalanan, cara untuk ke destinasi, sampai tips yang dibutuhkan untuk jalanjalan efektif.
Tujuan sosial:
Memenuhi kebutuhan pendengar tentang destinasi wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi.
Tujuan ekonomi:
Mendapatkan pengiklan yang banyak, terutama pada bidang pariwisata, misalnya perusahaan travel atau iklan pariwisata dari kementrian pariwisata.
Bagian Tiga
Prototipe yang Dikembangkan
Prototipe yang dikembangkan adalah program radio wisata berbentuk sequences dengan segmentasi anak muda Jakarta dengan status sosial ekonomi AB. Rencananya, program bernama "Eksonesia" (Eksotik Indonesia) ini akan disiarkan di Mustang FM setiap Jumat, pukul 16.00 - 18.00 WIB. Acara ini berdurasi dua jam dengan pembagian dua sesi, Di setiap episode “Eksonesia” membahas berbagai tujuan wisata yang berbeda-beda. Di sesi pertama akan membahas destinasi wisata yang menarik dari kota yang sedang dibahas. Pada sesi kedua akan membahas destinasi wisata yang menarik dari kota yang sedang dibahas.
Bagian Empat
Evaluasi
Pre-test dilakukan dengan menggunakan metode FGD dan mengambil peserta sebanyak 30 orang. FGD akan dilaksanakan dua minggu sebelum hari pertama siaran perdana. Instrumen media pre-test berupa panduan FGD. Sedangkan evalusi dikelompokan menjadi dua, yaitu: evaluasi produksi dan kualitas program serta evaluasi khalayak; dan evaluasi biaya. Evaluasi khalayak dan evaluasi produksi dan kualitas program akan dilakukan secara bersamaan. Untuk melakukan dua evaluasi tersebut harus melakukan sebuah metode. Metode yang dimaksud adalah telesurvei kepada pendengar. Survei juga dilakukan melalui website Mustang FM atau email respon dari pendengar. Evaluasi dengan telesurvei yang diadakan pada empat episode pertama (satu bulan). Sedangkan evaluasi dengan memantau respon yang masuk, baik melalui email maupun Twitter dilakukan secara terus-menerus. Evaluasi biaya dilakukan setiap bulan dengan dengan membandingkan biaya produksi program, dan pendapatan program.
Bagian Lima
Anggaran
Anggaran pembuatan program per episode: Rp 2.640.000
Total biaya produksi program selama tiga bulan (13 episode): Rp 34.320.000
Anggaran Pre Test: Rp 1.825.000
Anggaran Evaluasi: Rp 1.800.000

First Section
Situation Analysis
Nowadays, many traveler programs on television, however, it's just a few on the radio. Therefore, provide information about tourist destination in the radio is a way to make people aware about Indonesia. By creating a program to review the beautiful places in Indonesia that can be visited for tours, it will make people love the nature of Indonesia.
Based on the research results to the 100 Mustang FM's listeners, it can be concluded that all respondents have an interest about tourism and need information about tourist accommodation, and tips how to make a travel. They responded positively to this travel programs plan. They need this information to make a travel planning for eliminate boredom of routine.
Second Section
Benefits and Prototype Development Goals
Benefits to the audience: Get the information about traveler, from accommodation, the price of the trip, how to go to the destination, until the tips needed to be an effective travel.
Social objectives: Suit of listeners about tourist destinations that can be visited in Indonesia.
Economic objectives: Get a many advertisers, especially in the field of tourism, for example, a travel company or advertising of tourism from the tourism ministry.
Third Section
Prototype Developed
The prototype developed is shaped travel radio program sequences, with young children Jakarta segmentation, with AB socioeconomic status. In the idea, the program called "Eksonesia" (Eksotik Indonesia) will be broadcast in Mustang FM every Friday at 16:00 to 18:00 pm. This event lasted two hours with the division of the two sessions. In each episode of "Eksonesia" discusses many various tourist destinations. In the first session, this programs will discuss the interesting tourist destinations of the city. The second session will discuss the interesting tourist destinations of the city.
Fourth Section
Evaluation
The pre-test was conducted by using FGD and take as many as 30 participants. FGDs will be held in two weeks before the first day of premiere broadcast. Instruments such as the pre-test media is a FGD guide. While, the evaluation grouped into two, namely: production and program quality evaluation, audience evaluation, and costs evaluation.
Audiences evaluation and production and program quality evaluation will be carried out simultaneously. To perform this two evaluations, it use listener’s tele-survey method. The survey will also conducted with the response of listeners in the website or email of the Mustang FM. Evaluation with telesurvey will held on the fourth episodes (first month). While evaluation will be held continuously by monitoring responses received, either via email or Twitter. Cost evaluation will be held a monthly by comparing the cost of program production, and program income.
Fifth Section
Budget
Programming budget per episode: Rp 2,640,000
Total cost of production of the program for three months (13 episodes): Rp 34.320.000
Pre Test Budget: Rp 1.825.000
Evaluation Budget: Rp 1.800.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54272
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahjuni
"Mobile learning (m-learning) memungkinkan pengaksesan materi elektronic learning (e-learning) melalui perangkat mobile. Hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah adanya kemampuan adaptasi presentasi aplikasi Web yang sesuai dengan kebutuhan perangkat yang digunakan oleh client.
Tesis ini membahas tentang perancangan dan implementasi m-learning yang adaptive terhadap perangkat client, serta analisa terhadap unjuk kerja aplikasi. Salah satu teknik adaptasi yang dapat dilakukan di server adalah teknik transformasi, yaitu adaptasi yang melibatkan konversi dari suatu markup language ke markup language lainnya.
Teknologi eXtensible Markup Language (XML) yang menerapkan pemisahan antara data dengan presentasinya memberikan kemudahan untuk melakukan teknik adaptasi dengan transformasi ini. Keuntungan teknologi XML adalah pengelolaan situs Web yang lebih efisien, karena hanya diperlukan satu format data untuk sebuah konten. Tampilan yang sesuai dengan kapabilitas perangkat dihasilkan oleh stylesheet yang spesifik untuk setiap perangkat (single pipeline). Pembangunan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak open source.

Mobile learning (m-learning) allowed electronic learning materials accessing trough mobile device. The important thing to consider is the Web applications presentation adaptation capability to meet the client's device requirement.
This thesis research about the design and implementation of m-learning adaptaivity towards client's device as well as application performance analysis. transformation. In this design open source software is choosed. One of adaptation techniques runs in server side is transformation technique, the one that involves conversion from one markup language to other markup language.
eXtensible Markup Language (XML) technology that implemented data and presentation separation gives easy way to use this adaptation techique through transformation. The advantage of the XML technology is eficiency in Web sites management, because it only single data format neede for each content. The presentation that meet the device capability is produced by specific stylesheet for each device (single pipeline). The development of this application using open source software.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T38870
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mar Atul Azizah
"Kebutuhan informasi dan semakin majunya perkembangan teknologi mendorong lahirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dapat memberi efektifitas dan efisiensi kerja manusia. Akses internet yang juga mudah dijangkau, kapan saja, dan dimana saja memicu lahirnya integrasi semua teknologi dan aplikasinya. Telepon, e-mail, instant messaging, bahkan video conference, mulai didorong agar dapat saling terintegrasi dan sinkron sehingga berbagai jenis aplikasi dan coba.
Didapatkan bahwa QoS berupa delay, jitter, packet loss, dan throughput tidak mengalami perubahan yang signifikan dan masih memenuhi standar ITU-T. Nilai delay yang didapatkan sebelum pengamanan SIP sebesar 33,974 ms, sedangkan setelah implementasi secure-SIP naik menjadi 39,964 ms. Untuk nilai jitter dengan dan tanpa menggunakan secure-SIP sekitar 0,6 ms. Tidak ada paket yang hilang, dalam hal ini nilai packet loss sebesar 0%. Sedangkan nilai throughput sekitar 50 paket/detik.

Information needs and more advanced technological developments led to the establishment of information and communication technology which allowed human to work more effectively and efficiently. Internet access which available in anytime and anywhere, also triggered the integration of all means of technology and its applications. Telephone, e-mail, instant messaging, even video conference, are all begin to be integrated and synchronized so that they all could be accessed all at once, in a single device or application. As a new technological advancement, Unified Communications is expected to not only serve the business world, but
also education, to increase the effectiveness and efficiency in conducting their daily activities. But this integration and ease comes with some unfavorable aspect. Security aspect becomes a very important part to support quality of services. This final paper was implemented the IP telephony for VoIP application with security scenario on different SIP protocol: RTP (non-secure), SRTP, and SSL. Then, the the performance and security on IP Video Telephony after and prior to the implementation of secure-SIP method was analyzed.
The results show that QoS in forms of delay, jitter, packet loss and throughput, did not reveal significant changes and is still within the standard of ITU-T. Delay measurement prior to the SIP securing is 33,974 ms, whereas after the implementation of secure SIP, it increase to 39,964 ms. As for the jitter measurement, with or without secure-SIP, is approximately 0,6 ms. No packets are lost, so the value of packet loss is 0%. Throughput is about 50 packet/second
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zefanya Richard A.
"Masalah yang seringkali dihadapai oleh mahasiswa mengenai seminar-skripsi adalah menentukan topik serta dosen pembimbing untuk seminar-skripsi. Keterbatasan pembimbing akademis dalam hal tenaga, tempat dan waktu juga menjadi kendala bagi mahasiswa dalam melakukan proses konsultasi.
Perkembangan teknologi intelegensia buatan yang semakin canggih telah banyak membantu manusia dalam melakukan tugas-tugasnya. Expert system, salah satu aplikasi dari intelegensia buatan, memiliki kemampuan untuk belajar, memahami, serta mengambil keputusan berdasarkan knowledge based yang dimilikinya.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan perancangan expert system yang diharapkan mampu menganalisa permasalahan mahasiswa serta memberikan jalan keluar yang terbaik berdasarkan aturan-aturan (rules) yang dtetapkan pada sistem tersebut.
Berdasarkan hasil implementasi, sistem konsultasi online dapat mengetahui minat serta kemampuan mahasiswa dalam bidang akademis dan mampu memberikan solusi berupa saran-saran yang layak dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam menentukan pilihan topik serta dosen pembimbing untuk seminar-skripsi.
Selain mampu memberikan solusi yang layak untuk dipertimbangkan, kinerja sistem konsultasi online dapat dikatakan cukup baik dimana sistem memiliki response time sebesar 0.096 second untuk memberikan hasil dari proses konsultasi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39302
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolan Erlanda
"BAGIAN 1
Analisis Situasi
Saat ini ada banyak program berita olahraga di televisi. Sayangnya,
program tersebut lebih membahas olahraga dalam bentuk hard news
maupun soft news. Belum ada program TV yang membahas berbagai jenis
olahraga, di mana setiap episodenya mengangkat satu olahraga tertentu.
Khalayak ”Garuda Juara” adalah remaja. Program olahraga ini diharapkan
bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri remaja, khususnya melalui
salah satu kontennya yang mengangkat profil atlet muda berprestasi
internasional.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype
Manfaat bagi khalayak:
Meningkatkan rasa nasionalisme
Manfaat bagi pengelola:
Menguatkan citra positif perusahaan. Program yang inspiratif sesuaidengan tagline stasiun, yakni “Inspirasi Indonesia”
Tujuan sosial:
Menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap remaja Indonesia
Tujuan ekonomi:
Mendapatkan keuntungan finansial dari berbagai pengiklan potensial
BAGIAN 3
Prototype yang Dikembangkan
Program “Garuda Juara” adalah sebuah program TV yang menyampaikan berbagai informasi olahraga. Satu episode membahas satu jenis olahraga. Dalam setiap episode tersebut, salah satu segmennya akan selalu mengangkat profil atlet muda Indonesia yang meraih prestasi internasional.
BAGIAN 4
Evaluasi
Media pre test dilakukan dengan metode FGD dengan peserta sebanyak enam orang. FGD dilakukan setelah prototype program selesai dibuat dengan instrumen media pre test berupa panduan FGD. Sedangkan evalusi dikelompokan menjadi dua, yaitu: evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan dengan metode rapat. Sementara, evaluasi eksternal dengan metode FGD.
BAGIAN 5
Anggaran
Total Anggaran Pembuatan Prototype Rp 622.500
Total Biaya Produksi (Jabodetabek) Satu Episode Rp 6.400.000
Total Biaya Produksi (Luar Jabodetabek) Rp 20.050.000
Perkiraan laba maksimal per episode untuk liputan Jabodetabek
Rp 217.600.000
Perkiraan laba maksimal per episode untuk liputan luar Jabodetabek Rp 203.950.000
Total Anggaran Evaluasi Rp 1.211.500

PART 1
Situation Analysis
Nowadays, there are so much television sports news programs. Unfortunately, those programs are only either hard news or soft news. And, there is no weekly program that shows various sports yet. ”Garuda Juara” audiences are teenagers. This program will display various sports in different episodes, in which one of three segments will feature a young athlete who has achieved international achievement. This kind of program is the only sport program in Indonesia television industry and expected to improve teenagers’ sense of nationalism.
PART 2
Advantages and Purposes of Prototype Development
Advantage for society: improving sense of nationalism.
Benefits for developer: to obtain the positive image of the
television station. Economically to give benefits for TV station.
PART 3
Prototype
“Garuda Juara” is a program that informs many contents from various sports. One type of sports in one episode. Every episodes will feature a young athlete who has achieved international achievement.
PART 4
Evaluation
a. Pre test is conducted by the Focus Group Discussion (FGD)
b. Evaluation is conducted after the program aired. The methods is internal evaluation (production team) and external evaluation (audience)
PART 5
Budgeting
Budget for prototype development Rp 622.500
Budget for program production (Jabodetabek) Rp 6.400.000
Budget for program production (outside Jabodetabek) Rp 20.050.000
Estimated total income (Jabodetabek) Rp 217.600.000
Estimated total income (outside Jabodetabek) Rp 203.950.000
Budget of evaluation Rp 1.211.500
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54276
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>