Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8582 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Brewer, Russell
Oxford : Oxford University Press, 2014
362.286 BRE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rhazes Rafli
"Pelabuhan peti kemas sebagai salah satu objek vital nasional dalam upaya pemerintah dalam pemenuhan devisa negara tidaklah lepas dari ancaman kejahatan. Hal itu pun ditemukan di Pelabuhan Panjang Lampung yang merupakan salah satu dari sebelas pelabuhan khusus peti kemas di Indonesia. PT Pelindo II cabang Pelabuhan Panjang yang merupakan penanggung jawab terhadap berjalannya tugas pokok dan fungsi Pelabuhan Panjang juga bertanggung jawab terhadap proses pengamanan dan pencegahan kejahatan di Pelabuhan Panjang. Selain PT Pelindo II pihak lain yang ikut terlibat di dalam proses tersebut adalah KPP Bea dan Cukai Pelabuhan Panjang.
Penelitian ini menggunakan teori Situational Crime Prevention oleh Clarke, Defensible Spaces oleh Newman dan Security Survey oleh Fennely. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara serta observasi mendalam di Pelabuhan Panjang. PT Pelindo II dan KPP Bea dan Cukai Pelabuhan Panjang merupakan pihak yang dijadikan studi terhadap kasus yang terjadi.
Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat sinergi kebijakan maupun pola pencegahan kejahatan yang dilakukan oleh Pihak PT Pelindo II dan KPP Bea dan Cukai. Ditemukan pola pencegahan yang saling mendukung serta SOP yang saling membantu kedua instansi dalam upaya pengamanan dan pencegahan kejahatan di Pelabuhan Panjang.
Kesimpulannya, adanya intervensi dari PT Pelindo II dan KPP Bea dan Cukai mampu mengurangi tingkat ancaman kejahatan di Pelabuhan Panjang. Dalam intervensi di Pelabuhan Panjang, faktor sinergi dari kedua instansi tersebut menjadi faktor yang memiliki pengaruh besar dalam mencegah pencegahan kejahatan yang terjadi di Pelabuhan Panjang.

Cargo Port as National Vital object as government ability to fullfill national devisa is not safe from danger of crime. This phenomenon also found in Panjang Port Lampung that included as one of eleven Cargo Port in Indonesia. PT Pelindo II branch Pelabuhan Panjang is the company that responsible of Pelabuhan Port and also responsible for the Safety and Crime Prevention of Pelabuhan Port. Beside PT Pelindo II there is also KPP Bea Cukai that involved in the process of crime prevention in Panjang Port.
This Research is using Situational Crime Prevention by Clarke, Defensible Spaces by Newman dan Security Survey by Fennely. This research is a qualitative reasearch that using interview and deep observation in Panjang Port. PT Pelindo II and KPP Bea dan Cukai Panjang Port are the agency that researcher use as the case study.
The Result of this research shown there is a cooperation in policy and the way of crime prevention that used by PT Pelindo II and KPP Bea dan Cukai Panjang Port. Researcher also found that there is a crime prenvention way that used by the two instance that complement each other in their effort to make sure that Panjang Port is safe and crime free.
Therefore the conclusion is there are a intervention by PT Pelindo II and KPP Bea dan Cukai that make risk of crime in Panjang Port lower. In that intervention in Panjang Port, the cooperation between two instances have the most effect in the success of crime prevention effort in Panjang Port.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64778
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devon: Learning Matters, 2011
363.2 POL (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dadang Triwidayat Heriawan
"Peran penting pelabuhan dalam rantai pasokan telah banyak dibahas. Banyak penelitian di berbagai belahan dunia juga menyatakan besarnya pengaruh integrasi pelabuhan terhadap kinerja pelabuhan dilihat dari perspektif rantai pasokan. Penelitian ini mempelajari bagaimana pengaruh masing-masing dimensi tersebut terhadap kinerja pelabuhan serta dimensi integrasi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja Pelabuhan Tanjung Priok yang berperspektif rantai pasokan. Dalam penelitian ini, Integrasi yang dimaksud menggunakan TESCI (Terminal Supply Chain Integration) (Panayides and Song, 2008) yang terdiri dari penggunaan teknologi informasi, jasa penambah nilai, integrasi antar moda dan proses integrasi rantai pasokan. Dengan menggunakan SEM (Structural Equation Model), hasil survei menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang berbeda-beda antar dimensi integrasi dengan dimensi kinerja. Selain itu proses integrasi rantai pasokan menjadi dimensi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja dibanding dimensi integrasi yang lain. Implikasi dan saran kepada operator dan regulator pelabuhan juga dibahas.

The importance of ports in supply chain has been much discussed. Many researchers confirm the effects of port integration on port performance in light of supply chain. Many also stated that the more integrated a port in supply chain the more competitive the port compare to the others. This paper aims to learn the effects of the integration dimensions on port of Tanjung Priok’s performance and to learn which dimension that has the biggest effect. In this paper, the integration uses TESCI (terminal Supply Chain Integration) (Panayides and Song, 2008) which consists of information and communication technology, value added services, integration of moda transportation and supply chain integration practices. Using SEM (Structural Equation Model), survey result confirms that the dimensions have different effects on each performance dimensions, besides supply chain integration practices that has the biggest effect. Implications to the port operator and port regulator are discussed as well."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2103
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilwa Hudiya Aziz
"Pelabuhan Tanjung Priok dapat dikatakan sebagai salah satu Pelabuhan tersibuk di Indonesia, tetapi jika dibandingkan Pelabuhan Tanjung Priok masih kalah saing dengan Pelabuhan Internasional lain. Salah satu faktor adalah cukup tingginya nilai rata-rata waktu tunggu per kapal tiap tahunnya, berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan sebuah penelitian, terkait dengan waktu tunggu kapal dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut adalah jumlah tambatan di dermaga, Jumlah Penggunaan Crane serta Kapasitas Maksimal per Cranenya, Pelayanan Pandu dan Tunda Kapal, serta Idle Time dan Not Operating Time selama Waktu Pelayanan Kapal di Pelabuhan. Pada penelitian ini dilakukan analisis dan simulasi dengan menggunakan Metode Simulasi Sistem Dinamik yang akan dibandingkan dengan kondisi aktual di Pelabuhan hingga didapatkan hasil yang optimal. Pembuatan Model Sistem Dinamik menggunakan software Powersim, dan hasil nya di validasi dengan menggunakan Uji Two Sample T-Test. Dari penelitian ini didapatkan 2 usulan untuk perbaikan fasilitas pelabuhan, yaitu usulan jangka pendek dengan hasil nilai rata-rata waktu tunggu sebesar 0,34 jam atau 20 menit 9 detik, dan usulan jangka panjang dengan nilai rata-rata waktu tunggu sebesar 0,28 jam atau 16 menit 48 detik.

Tanjung Priok Port can be said to be the one of the busiest ports in Indonesia, but when compared Tanjung Priok Port is still less competitive with other International Ports. One of the factor is the high average of waiting time per ship per year, based on the conditions it is necessary to conduct a study, related to the waiting time of the ship and also the factors that influence it. These factors are the number of berths at the dock, the amount of crane usage and the maximum capacity per crane, the scout and the delay services, as well as the idle time and not operating time during the port service time. In this research, analysis and simulation using the Dynamic System Simulation Method will be compared with the actual conditions at the port to obtain the optimal results. Making a Dynamic System Model by Powersim software, and the results are validated using the Two-sample T-Test. From this study, 2 proposals were obtained for the improvement of port facilities., namely short-term proposal wiht an average value of the waiting time is 0,34 hour or 20 minutes 9 second, and the long-term proposal with an average value of the waiting time is 0,28 hour or 16 minutes and 48 second."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bungin Masokan Misalayuk
"ABSTRAK
Penelitian ini berjudul manajemen security fisik Resort Pulau Sepa. Penelitian ini, mencoba mengangkat permasalahan yang terjadi di Resort Pulau Sepa, seperti kerawanan terjadi kasus asusila yang dikarenakan Resort Pulau Sepa merupakan tujuan wisata warga Jakarta serta pengunjung yang berkebangsaan asing. Selain dari pada keamanan para pengunjung, kerawanan lainnya seperti terjadinya pencurian barang milik pengunjung dan barang yang berupa asset milik resort. Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana manajemen security fisik resort Pulau Sepa? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen security fisik resort Pulau Sepa? 3) Upaya apa yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen security fisik resort Pulau Sepa? Teori-teori yang digunakan adalah manajemen, teori manajemen, keamanan, system pengamanan,sumber daya, fungsi system pengamanan, macam-macam pengamanan, pengamanan fisik, rancangan system pengamanan. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah Pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Teknik anasisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa dapat dilihat sistem pengamanan Pulau Sepa Resort memiliki tingkat keamanan yang rendah. Upaya yang dilakukan oleh Pulau Sepa Resort dalam mengoptimalkan sistem keamanannya adalah sinkronisasi antara ketiga pilar (orang, pengamanan fisik, dan prosedur). Perlu diberikan perhatian bagi anggota yang bertugas dalam bentuk akomodasi, karena jika sarana dan prasarana memadai, prosedurnya cocok, tapi sumber daya manusia yang melaksanakannya tidak diperhatikan baik kebutuhannya, kepentingannya, kesehatannya dan kesejahteraannya, tentu akan mengakibatkan keengganan atau kemalasan dari sumber daya manusia tersebut untuk melakukan kewajiban ataupun tugas-tugasnya karena merasa tidak diperhatikan.

ABSTRAK
The study is titled physical security management Sepa Island Resort. This research, trying to raise the issues raised in the Sepa Island Resort, such as vulnerability occurs due to cases immoral Sepa Island Resort is a tourist destination Jakarta residents and visitors who are foreign nationals. Aside from the safety of visitors, such as the vulnerability of the theft of visitors and goods in the form of assets owned by the resort. The main issues to be examined in this study is formulated as follows: 1) How does the physical security management Sepa Island resort? 2) factors-factors that influence physical security management Sepa Island resort? 3) What will be done to optimize the physical security management Sepa Island resort? The theories used are management, management theory, security, security system, resource, security system functions, a variety of security, physical security, security system design. In this study, the researcher used the research approach is qualitative approach. The type of this research is descriptive research. The data collection techniques used were; library research, interviews and observations. Techniques used anasisis data is data reduction, data presentation and conclusion. Based on the findings, it can be concluded that the security system can be viewed Sepa Island Resort has a low level of security. Efforts made by Sepa Island Resort in optimizing its security system is synchronization between the three pillars (people, physical security, and procedures). Attention must be given to members who served in the form of accommodation, because if adequate facilities and infrastructure, the procedure is suitable, but human resources is not considered either implement their needs, interests, health and welfare, will certainly result in reluctance or laziness of the human resources for perform his duties or obligations because it was not considered."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pakpahan, Victoria M.
"The development of technology has brought us to a world with much efficiency in many activities covering information exchange, economic, and social activities. The growing network is now connecting people all over the world-indiviuals, corporation, goverment institutions, even crime organization-with many types of device ranging from mobile phone, television, personal computer, to public infrastructure. A more interconnected world does not come with only advantages and opportunities, new threats are emerging in the virtual domain which we called as the cyberspace. This article elaborates the cyberspace with its threats form the wide scope of global context with the case study of Indonesia in particular. THe aim of this article is to introduce the needs of growing strategic management in cyber security. It also discusses cyberthreats as many people still do not aware of those threats and to generate thinkging over the importance of strategic management in cyber security, including an applicable strategy as we need a comprehensive reactive and proactive approach to tackle this issue in international relations today. Domestically, Indonesia also needs to further develop its cyber diplomacy to further anticipate any possible cyber disruptions to its national interest."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 40 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The development of technology has brought us to a world with much efficiency in many activities covering information exchange, economic, and social activities. The growing network is now connecting people all over the world-indiviuals, corporation, goverment institutions, even crime organization-with many types of device ranging from mobile phone, television, personal computer, to public infrastructure. A more interconnected world does not come with only advantages and opportunities, new threats are emerging in the virtual domain which we called as the cyberspace. This article elaborates the cyberspace with its threats form the wide scope of global context with the case study of Indonesia in particular. THe aim of this article is to introduce the needs of growing strategic management in cyber security. It also discusses cyberthreats as many people still do not aware of those threats and to generate thinkging over the importance of strategic management in cyber security, including an applicable strategy as we need a comprehensive reactive and proactive approach to tackle this issue in international relations today. Domestically, Indonesia also needs to further develop its cyber diplomacy to further anticipate any possible cyber disruptions to its national interest."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 40 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Uri Hermariza
"Jalan tol sebagai jalan bebas hambatan memberikan perbedaan yang nyata dengan jalan biasa. Perbedaan ini diharapkan mampu memberikan kualitas yang lebih mengingat tingkat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat. Namun dengan statusnya yang bebas hambatan bukan berarti masalah kecelakaan lalu lintas juga dapat teratasi. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki terkadang justru membuat para pengemudi lengah dan beresiko membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk meminimalisir kemungkinan terjadi kecelakaan.
Ruas jalan tol Jakarta - Cikampek merupakan salah satu ruas yang sering mengalami kecelakaan. Jumlah dan tingkat kecelakaan yang terjadi di ruas ini cukup tinggi. Faktor pengemudi menjadi faktor yang mendominasi penyebab kecelakaan yang terjadi. Kecelakaan seringkali terjadi karena ketidaksiapan dan kurangnya antisipasi dari pengemudi. Upaya-upaya dalam mereduksi kecelakaan harus disesuaikan dengan karakteristik kecelakaan yang terjadi. Salah satu upaya awal yang dapat dilakukan dalam rangka penanganan kecelakaan adalah dengan melakukan identifikasi lokasi titik rawan kecelakaan. Dengan mengidentifikasi lokasi rawan yang terdapat di ruas tol Jakarta-Cikampek dan menganalisa faktor penyebabnya diharapkan tercipta upaya penanganan yang lebih efektif dan tepat sasaran.
Metode yang dapat digunakan dalam melakukan identifikasi lokasi rawan antara lain metode frekuensi, penentuan Upper Control Limit dan penentuan berdasarkan sebaran data kecelakaan. Hasil akhir diperoleh bahwa pada ruas tol Jakarta-Cikampek memang terdapat beberapa segmen yang menjadi titik rawan. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang dilakukan untuk data kecelakaan selama 11 tahun. Segmen yang menjadi titik rawan antara lain adalah km 12 - km 14 untuk jalur Jakarta menuju Cikampek dan km 10 - km 14, km 25 - km 27, dan km 29 - km 30 untuk arah sebaliknya. Faktor penyebab yang mendominasi di lokasi titik rawan tersebut antara lain pengemudi kurang antisipasi, pengemudi mengantuk dan ban pecah. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat disusun upaya penanganan yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Toll road as a free way has significant difference with urban road. Hopefully the differences could give better quality. But with the freeway status, it doesn't means accident problem will reduce. The advantages of toll road instead make the driver careless and caused an accident that can damage themselves and other people. Because of that, it's necessary to do some action minimize an accident.
Jakarta-Cikampek Toll Road is one of road that has an accident in big number. This road has a high severity level. Driver was the first factor that caused an accident happened. There is a lot of way to make accident level decrease. One method that can we do is identified black spot area in that road. Hopefully with analyze factor that caused an accident in that spot, it could created more effective action to reduce an accident level.
There are several methods to identified black spot area, among other things frequency method, Upper Control Limit method, and identified accident data distribution. The result is there are black spot areas in Jakarta-Cikampek Toll Road. The area identified as black spot is different for each direction. For Jakarta to Cikampek direction, the area identified as black spot is km 12-14. Otherwise, for Cikampek to Jakarta direction, the area identified as black spot are km 10 - km 14, km 25 - km 27, and km 29 - km 30. Main factor caused an accident in that spots are lack of driver's anticipation, fall a sleep, and tire burst.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35266
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fennelly, Lawrence J.
Boston: Butterworth, 1983
069.54 FEN m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>