Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168904 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sipayung, Laikmen
"Tesis ini membahas tentang implementasi tanggungjawab sosial perusahaan dalam pengembangan kewirausahaan melalui pemberdayaan masyarakakat pada program kemitraan yang dilakukan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mencapai penilain Proper Emas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang dilaksanakan PTPN VII (Persero) sebagai wujud implementasi tanggungjawab sosial perusahaan, telah sesuai dengan konsep Triple Buttol Line dan Carroll`s CSR Pyramid. Namun, program kemitraan yang dilaksanakan untuk pengembangan kewirausahaan belum menunjukkan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang sesungguhnya.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar perusahaan memperhatikan secara utuh tentang penerapan pemberdayaan masyarakat dalam program kemitraan dengan melakukan perubahan pada SOP yang telah dibuat untuk mendukung pencapaian Proper Emas dengan membuka ruang musyawarah antara PTPN VII (Persero) bersama UMKM mitra binaan untuk melakukan analisis kebutuhan dan potensi UMKM mitra binaan, melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang lain seperti pemerintah, tokoh masyarakat lokal, perguruan tinggi dan LSM/NGO dalam pemberdayaan masyarakat, memulai program kemitraan yang memberikan fokus perhatian kepada pengembangan kewirausahaan bagi pemula.

This thesis focused on corporate social responsibility implementation on entrepreneurship development through community empowerment by the partnership program conducted for Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) to achieve Gold Proper assessment. This research is qualitative descriptive. Results of study showed that Partnership and Community Development Program conducted by PTPN VII (Persero) as a form of corporate social responsibility implementation, has been accordance with the concept of Triple Buttom Line and Carroll`s CSR Pyramid. However, the partnership program implementation for entrepreneurship development has not shown the real implementation of community empowerment.
Based on results of study, the researcher suggests that the companies should pay attention to their implementation of community empowerment by making changes to SOPs have been made to support the achievement of Gold Proper with open space for discussion between PTPN VII (Persero) together with SMEs trained partners to analyze for needs and potential of SMEs trained partners, involving another stakeholders such as governments, local community leaders, universities and NGOs in empowering the community, start the partnership program that provides focused attention to entrepreneurship development for beginners."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aidina Mahriza
"ABSTRAK
Gagasan Corporate Social Responsibility (CSR) menekankan bahwa tanggungjawab perusahaan bukan lagi mencari profit semata, melainkan juga tanggungjawab sosial dan lingkungan. Pelaksanaan CSR bermanfaat untuk meningkatkan dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan. Undang- Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas memberikan kewajiban CSR. Namun pelaksanaan tidak sepenuhnya berjalan dengan baik karena tidak semua perusahaan paham dalam pelaksanaannya. Kagum Group merupakan salah satu perusahaan grup yang melakukan tanggung jawab sosial lingkungannya yang dinamakan Kagum Social Responsibility (KSR). Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah pemahaman CSR, implementasi CSR yang diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas, dan analisis implementasi CSR Kagum Group terkait kegiatan community development KSR. Metode yang digunakan adalah yuridis normatif. Hasil dari penelitian ini yaitu CSR hanya melihat pada kewajiban yang diberikan oleh undang-undang saja dan bukan menjadi kesadaran moral dan etika bisnis dalam suatu perusahaan sehingga implementasi CSR masih terdapat kekurangan terutama program yang dilakukan dalam kegiatan CSR. Kagum Group tidak melaksanakan kegiatannya sesuai dengan undang-undang karena anggaran yang dilakukan hanya berasal dari salah satu anak perusahaannya yaitu Kagum Hotel dan masih bersifat sukarela.

ABSTRACT
The idea of corporate social responsibility (CSR) emphasize that financial profit has not been a company?s only duty but also responsibility to the community. CSR could give benefit for sustainable development. Companies are obliged by the law Number 40 Year 2007 regarding Limited Liability to implement CSR, however in the reality is far away from what regulations has been stated because many companies did not understand how to implement it. Kagum Group is one of many companies that implement the CSR, they called Kagum Social Responsibility (KSR). The issues in this research are about the understanding and implementation of CSR according to the Law and also the Analysis of the CSR implementation of the Kagum Group regarding KSR community development. Method that used in this paper is judicial normative. The result of this research is the company did CSR just because of the regulation instead of moral ethics in business so there are a lot of lacks in the CSR implementation especially programs for activities in CSR. CSR implemented by Kagum Group did not follow the regulations because the budget that used for CSR come from one of its subsidiary and it is not obliged.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T44916
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Femmy Ayu Novaryani
"[ABSTRAK,/b>
Laporan ini membahas penerapan Corporate Social Responsibility Health Check pada PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Metode pengukuran dari Corporate Social Responsibility Health Check terdiri dari aspek input, output, outcome, dan impact serta pengukuran business value dan social value yang diciptakan dari
program CSR. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa program CSR PGN telah berhasil menciptakan dampak bagi masyarakat walaupun dampak bagi bisnis PGN sendiri masih rendah. Hasil pengukuran akan diikuti oleh rekomendasi yang dapat meningkatkan kinerja program CSR PGN sekaligus penciptaan dampak dari program CSR di masa depan.

ABSTRACT
This report aims to describe implementation of Corporate Social Responsibility Health Check on PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Measurement method of Corporate Social Responsibility Health Check consists of input, output, outcome, and impact also measurement of business value and social value which are created through CSR programme. Measurement result shows that PGN?s CSR programme
has succeeded to create impact to society although impact to business is still low. Measurement result will be followed by recommendation which could improve performance of PGN?s CSR programme as well as impact creation in the future.;This report aims to describe implementation of Corporate Social Responsibility
Health Check on PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Measurement method of
Corporate Social Responsibility Health Check consists of input, output, outcome,
and impact also measurement of business value and social value which are created
through CSR programme. Measurement result shows that PGN?s CSR programme
has succeeded to create impact to society although impact to business is still low.
Measurement result will be followed by recommendation which could improve
performance of PGN?s CSR programme as well as impact creation in the future.;This report aims to describe implementation of Corporate Social Responsibility
Health Check on PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Measurement method of
Corporate Social Responsibility Health Check consists of input, output, outcome,
and impact also measurement of business value and social value which are created
through CSR programme. Measurement result shows that PGN?s CSR programme
has succeeded to create impact to society although impact to business is still low.
Measurement result will be followed by recommendation which could improve
performance of PGN?s CSR programme as well as impact creation in the future.;This report aims to describe implementation of Corporate Social Responsibility
Health Check on PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Measurement method of
Corporate Social Responsibility Health Check consists of input, output, outcome,
and impact also measurement of business value and social value which are created
through CSR programme. Measurement result shows that PGN?s CSR programme
has succeeded to create impact to society although impact to business is still low.
Measurement result will be followed by recommendation which could improve
performance of PGN?s CSR programme as well as impact creation in the future., This report aims to describe implementation of Corporate Social Responsibility
Health Check on PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Measurement method of
Corporate Social Responsibility Health Check consists of input, output, outcome,
and impact also measurement of business value and social value which are created
through CSR programme. Measurement result shows that PGN’s CSR programme
has succeeded to create impact to society although impact to business is still low.
Measurement result will be followed by recommendation which could improve
performance of PGN’s CSR programme as well as impact creation in the future.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
PR-PDF
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianipar, Espransa Hotnatiur
"PT Holcim Indonesia Tbk (PT HIL Tbk) merupakan perusahaan semen terbesar di Indonesia yang menggunakan bahan baku utama batu gamping (limestone). Secara positif, perusahaan ini telah memberikan kontribusi dalam bentuk devisa bagi negara, pendapatan asli daerah (PAD), membuka kesempatan lapangan pekerjaan, meningkatkan roda perekonomian sektor dan sub sektor lain di sekitarnya, namun juga menimbulkan dampak pengaruh terhadap lingkungan dan sosial ekonomi khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar areal pengusahaannya. Sebagai tanggung jawab terhadap seluruh pengaruh negatif yang ditimbulkan dan komitmen untuk mengurangi/menghapus citra buruk, perusahaan melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program-program CSR PT HIL Tbk yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program implementasi program-program CSR PT HIL Tbk masih didominasi kegiatan yang bersifat charity dan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat masih belum berjalan efektif sebagaimana yang diharapkan.

PT Holcim Indonesia Tbk (PT HIL Tbk) is the largest cement company in Indonesia which uses limestone as the main raw materials. Positively, the company has contributed in the form of foreign exchange for the country, local revenue (PAD), employment opportunities, improve the economy sectors and subsectors around them, but also impacts on the environment and the influence of socio-economic, especially for community around the company area. As the responsibility of all the negative influences and commitment to reduce/remove the bad image, the company conduct the Corporate Social Responsibility (Corporate Social Responsibility/CSR).
This thesis aims to analyze the implementation of CSR programs of PT HIL Tbk related to community empowerment in Nambo Village, Klapanunggal Sub-District, Bogor District. This study used a qualitative descriptive approach. The results showed that the implementation of CSR programs of PT HIL Tbk still dominated activity that is related to charity and community empowerment is still not effective as expected.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45712
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Ghana Radyasto
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Corporate Social Responsibility pada Bank XYZ berdasarkan prinsip-prinsip United Nation Global Compact. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan menggunakan kerangka assessment menurut United Nation Global Compact. Penelitian ini menunjukkan bahwa CSR Bank XYZ telah memenuhi kriteria CSR sesuai dengan prinsip-prinsip United Nation Global Compact.
ABSTRACT
This research aims to evaluate the implementation of Corporate Social Responsibility at Bank XYZ based on the principles of the United Nations Global Compact. This research uses a case study method and using assessment framework according to the United Nations Global Compact. This study shows that Bank XYZ?s CSR has implemented the CSR criteria in accordance with the principles of the United Nations Global Compact.
, This research aims to evaluate the implementation of Corporate Social Responsibility at Bank XYZ based on the principles of the United Nations Global Compact. This research uses a case study method and using assessment framework according to the United Nations Global Compact. This study shows that Bank XYZ’s CSR has implemented the CSR criteria in accordance with the principles of the United Nations Global Compact.
]"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muzakkir M. Tovagho
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Program Corporate Social Responsibility PT.
Pertamina Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Tahapan Pelaksanaan
Pelatihan Kecakapan Hidup untuk Penumbuhan Usaha Baru di Kecamatan Cikaum
Kabupaten Subang Jawa Barat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
melalui studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, program CSR secara umum memberi kontribusi
terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Demikian halnya CSR Pertamina di
bidang pemberdayaan, telah memberi kontribusi posistif bagi tumbuhnya partisipasi
masyarakat dalam mengembangkan usaha yang potensial untuk menjadi salahsatu
penopang perekonomian nasional di masa datang.

ABSTRACT
This thesis discusses the Corporate Social Responsibility Program of PT Pertamina In
Community Empowerment (Case Study Training Life Skills Implementation Phases
for New Business Growth in Sub Cikaum Subang Regency West Java). This study
used a qualitative approach through a case study with data collection using in-depth
interviews. The results of this study conclude, in general CSR programs contribute to
improving quality of life. Similarly in the field of CSR Pertamina empowerment,
have contributed to the growth of positive community participation in developing the
business potential to be one of the main backbone of the national economy in the
future."
2014
T38639
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Sujatmiko
"Program kemitraan usaha mikro kecil dan menengah adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) perusahaan, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Skripsi ini mengkaji pelaksanaan program kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan pelaksanaannya dalam bentuk program kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilakukan oleh PT. Bank Mandiri Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Pelaksanaan program kemitraan BUMN diamanatkan dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan sebagai peraturan pelaksananya. Pada intinya ketentuan tentang pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) wajib memperhatikan antara lain mengenai kriteria calon mitra binaan, kewajiban BUMN pembina dan mitra binaan, sumber dana program kemitraan, mekanisme penyaluran dana, kualitas pinjaman dan lain sebagainya. Pelaksanaan program kemitraan PT. Bank Mandiri Tbk. telah sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari kewajiban yang telah dipenuhi PT. Bank Mandiri Tbk. sebagai BUMN pembina sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. Namun dalam ketentuan yang mengatur mengenai program kemitraan dan bina lingkungan tidak diatur mengenai sanksi bagi BUMN yang tidak melakukan progam kemitraan dan bina lingkungan.

Partnership Program is one form of Corporate Social Responsibility (CSR), particularly State-Owned Enterprise (SOE). This thesis examines the implementation Partnership Program of Micro, Small and Medium Business as a Corporate Social Responsibility (CSR) in the law number 19 Year 2003 about State-Owned Enterprise and implementation partnership Program of Micro, Small and Medium Business as a Corporate Social Responsibility (CSR) at PT. Bank Mandiri Tbk. A method used in analyze this case is a normative juridical. The implementation partnership program of SOE is contained in the law number 19 Year 2003 about State-Owned Enterprise and Minister of State Enterprises Regulation No. PER-05/MBU/2007, dated 27 April 2007, on the Partnership Program of SOE with Small Business and Environmental Development Program as the rule?s executioner. In essence the implementation partnership program and environmental development program must be observe criteria of partners, liabilities of SOE and partners, source of funds, mechanism of channeling funds, quality of loan, etc. Bank Mandiri?s Partnership Program has been in accordance with a regulation. It can be seen from the obligations have been performed PT. Bank Mandiri Tbk. as a SOE builder regulated as Minister of State Enterprises Regulation No. PER-05/MBU/2007, dated 27 April 2007, on the Partnership Program of SOE with Small Business and Environmental Development Program. But then in provisions of the partnership program is not arranged sanctions for the SOE that doesn?t do partnership program and environmental development program."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
S42530
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wijaya Laksana
"Penelitian ini membahas program Corporate Social Responsibility di PT Pupuk Kalimantan Timur, yaitu Program Peduli Pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi sebuah program CSR dapat membentuk reputasi perusahaan di mata stakeholder-nya. Melalui penelitian ini diketahui implementasi program ini sudah sangat baik tapi belum ditunjang oleh strategi komunikasi yang dapat membentuk identitas perusahaan secara luas. Meskipun demikian, program CSR Peduli Pendidikan terbukti dapat membentuk reputasi perusahaan di mata para peserta program. Untuk masa mendatang, penelitian ini dapat dilengkapi dengan penelitian kuantitatif sehingga dapat menjangkau responden yang lebih banyak dan pengukuran reputasi yang lebih luas.

This research discusses the CSR Program in PT Pupuk Kalimantan Timur, namely Peduli Pendidikan program. The research uses qualitative method in order to describe how the implementation of a CSR program could form the reputation of a company by its stakeholder. The research discovered that the implementation of the program is already been well-executed but haven?t been supported by a communication strategy that could help build the corporate identity. However, the Peduli Pendidikan program is proved to have been succesfull in forming the corporate reputation on its participant. For the future, this research should be equiped with a quantitative research so that it would be able to reach a wider respondent and more thorough research on reputation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T31731
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Binsar
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah mahasiswa pendaftar Unika Atma Jaya pada tahun 2015-2017. Hal ini tentu memerlukan strategi baru dalam melakukan komunikasi yang efektif terhadap pemangku kepentingan yang berhubungan dengan Unika Atma Jaya, yaitu siswa sekolah menengah atas.
Strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan melakukan community relations dan corporate social responsibility yang akan berpengaruh pada customer engagement dan pada akhirnya akan berdampak pada brand image yang positif terhadap produk ataupun jasa yang diberikan oleh institusi. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh community relations dan corporate social responsibility terhadap customer engagement dan brand image.
Dalam penelitan ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei terhadap responden dengan cara simple random sampling. Penelitan menggunakan Structural Equation Modelling untuk menguji model yang dibentuk dari kerangka teoretik terkait community relations, corporate social responsibility, customer engagement dan brand image. Sebuah model diagram jalur (path diagram) dibuat dan dianalisa (path analysis) untuk mengukur faktor pengaruh dari tiap variabel terhadap variabel lainnya, sehingga diperoleh koefisien pengaruh tiap variabel.
Penelitian ini menemukan bahwa di community relations berpengaruh besar terhadap customer engagement yang pada akhirnya berpengaruh terhadap brand image institusi. Demikian halnya dengan corporate social responsibility yang ternyata dapat berpengaruh besar terhadap brand image baik secara langsung maupun melalui customer engagement."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rabin Dalasca
"Penelitian ini membahas tentang pelaporan dan pelaksanaan Corporate Social Responsibility pada PT Unilever Indonesia Tbk. Tujuan penelitian adalah untuk meneliti pengaruh corporate social responsibility terhadap profit, people dan planet dalam konsep triple bottom line dan pelaporan corporate social responsibility sesuai dengan standar Global Reporting Initiative. Data dikumpulkan dari Tim SR yang bekerja di PT Unilever Indonesia Tbk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility pada PT Unilever Indonesia Tbk. berpengaruh positif terhadap profit, people dan planet. Pelaporan corporate social responsibility telah diungkapkan cukup lengkap dan jelas di dalam Sustainability Report berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI).
Hasil penelitian ini memberikan saran kepada PT Unilever Indonesia Tbk. untuk melengkapi komponen - komponen yang tidak dilaporkan di dalam sustainability report tahun 2012. Untuk pembuatan Sustainability Report selanjutnya, perusahaan diharapkan dapat melakukan kegiatan CSR sesuai dengan ISO 26000 dan melaporkan kegiatan CSR sesuai dengan standar GRI - G4.

This study discusses the reporting and implementation of Corporate Social Responsibility at PT Unilever Indonesia Tbk . The purpose of the study was to examine the influence of corporate social responsibility to profit , people and planet in the concept of the triple bottom line and corporate social responsibility reporting in accordance with the standards of the Global Reporting Initiative . Data collected from the SR team working in PT Unilever Indonesia Tbk .
The results showed that corporate social responsibility at PT Unilever Indonesia Tbk positive effect on profit , people and planet . Corporate social responsibility reporting has been disclosed sufficiently complete and clear in the standard Sustainability Report based on the Global Reporting Initiative ( GRI ) .
The results provide advice to PT Unilever Indonesia Tbk to complement components - components which are not reported in the sustainability report in 2012 . To manufacture the next Sustainability Report , the company is expected to perform activities in accordance with the ISO 26000 CSR and CSR reporting activities in accordance with GRI standards - G4.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>