Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71177 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"The aim ofthis research are (1) to know the influence of Rembang Public Library transfer to Kartini
Beach tourism area toward animo of visits to the libratyt (2) to know user perception about Rembang
Public Library transfer to Kartini Beach tourism area (3) to know animo of visits to Rembang Public
Library. This was a quantitative research that used correlation method between location (independent
variable) and animo of visits (dependent variable). Data were collected through questionnaire,
interview and documentation. Data analysis used product moment correlation and processed using
SPSS version 17 for Windows. The result of the study showed there was significant correlation between
location and animo of visits. Score of correlation was 0.632 at significance level 5% r table is 0.202.
The Rembang public library transfer to Kartini Beach tourism area belonged to good category whereby
grand mean of location variable was 2.86. Animo of visits also belonged to high category whereby
grand mean was 3.01. "
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Pandu Negara
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan, terhadap koleksi, terhadap pustakawan dan terhadap sarana dan prasarana. Di samping itu juga inginmengetahui hambatan dan saran. Hasil penelitian ini kepuasan pemustaka terhadap layanan pada tingkat puas dengan skor 4,61. Kepuasan pemustaka terhadap koleksi pada tingkat puas dengan skor 3,84. Kepuasan pemustaka terhadap pustakawan pada tingkat puas dengan skor 3,96. Kepuasan pemustaka terhadap pada tingkat puas dengan skor 3,96. Secara keseluruhan kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan umum Jakarta barat ada tingkat puas dengan skor 3,81.Dan hambatan dan saran yang diberikan oleh pemustaka adalah masalah jaringan internet.

This undergraduate thesis is studying about user satisfaction. The purpose of this study to determine the satisfaction user of service, to the collection, to librarians, and to facilities and infrastructure. And want to know the obstacles and suggestion provided user. The research is quantitative case studies. The results of this study was user satisfaction of the service at the level of satisfied with a score of 4,61, user satisfaction of the collection at the level of satisfied with a score of 3,84, user satisfaction of the librarians at the level of satisfied with a score of 3,96, user satisfaction of the facilities and infrastructure at the level of satisfied with a score 3,96. The study concluded there is an user satisfied in library service. Obstacles and recommended provided by user is internet network."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Dyah Angreni
"ABSTRAK
Topik skripsi ini adalah mengenai pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegor dan juga untuk mengetahui buku-buku yang paling sering dipinjam. Jumlah koleksi umum yang ada berjumlah 21.825 judul. Sampel yang diambil berjumlah 384 judul dengan probabilitas 95% dan batas galast 5 0/00. Besar interval sample adalah 57 dan unsur pertama sebesar 10 maka nomor selanjutnya adalah merupakan bilangan kelipatan 57, sehingga urutan yang didapat adalah 10, 67, 124, 181, dan seterusnya sampai sample berjumlah 384. Slip peminjaman yang diperiksa hanyalah slip peminjaman pada periode tahun 1990 sampai tahun 1994. Dari hasil penelitian diketahui bahwa koleksi terbesar didominasi oleh 3 kelas yaitu kelas Ilmu-ilmu Sosial (300), kelas Ilmu-ilmu Terapan (600) dan kelas Ilmu-ilmu murni, jumlah buku-buku yang dipinjam selama kurun waktu 5 tahun sebesar 63,97% dengan jumlah peminjam sebanyak 1.196 dari 245 judul yang pernah dipinjam. BUku-buku yang paling sering dipinjam berasal dari kelas Ilmu-ilmu Sosial (300). Koleksi buku terbesar adalah buku-buku yang bertahun terbit antara tahun 1985 sampai tahun 1989.

"
1996
S15136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Al Iqbal
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan respon pengguna perpustakaan terhadap layanan yang disediakan atau diberikan oleh pihak Kantor perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya mengenai tingkat kepuasannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap layanan yang diberikan merasa puas serta tidak ada hambatan yang berarti dalam memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pihak Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This study aims to reveal the response of library users to the services provided or given by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration particularly on the level of satisfaction. This research is a quantitative study using survey methods. Respondents in this study were users of the Office of Library and Archives South Jakarta Administration. The results of this study indicate that the user response to the services provided are satisfied and there is no significant obstacle in utilizing the services provided by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44802
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fatmawati
"Disadari oleh adanya perubahan konsep ruang perpustakaan yang semula tradisional dan saat ini menjadi lebih modern menjadi latar belakang mengapa penelitian ini dilakukan. Konsep praktik pemaknaan dalam penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemustaka menandai sekaligus memaknai ruang perpustakan fakultas ekonomika dan bisnis UNDIP. Hal ini untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif dengan melakukan analisis kritis terhadap praktik pemaknaan pemustaka atas ruang perpustakaan. Metodenya dengan menggunakan etnografi baru. Pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Informan berjumlah empat yang dipilih secara purposif. Hasilnya ruang perpustakaan dimaknai sebagai tempat yang nyaman untuk berselancar ke internet, tempat untuk menghabiskan waktu luang selepas kuliah, tempat orang pintar, dan kemudian menjadi media untuk mengonstruksi identitas pemustaka yang bergaya hidup modern."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2016
020 VIS 18:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Two keywords in implementing Quality Management System ISO 9001:2008 are customer satisfaction and continuous improvement. Both are important and always influence each other. In the practice of library service, user satisfaction becomes an essential aspect for the library to make a continuous improvement. This means when a library puts priority on user satisfaction, it will make continuous improvement. In other words, a continuous improvement will always be made when the library concentrates on achieving user satisfaction. This study is aimed at identifying the achievement level ofuser satisfaction reached at Sanata Dharma University Library (SD UL) in the period of 2008 to 2014 and to find out continuous improvement that has been made by SDUL, especially, the result analysis on monitoring and assessing user satisfaction. This study was a survey that used descriptive method. The result of the study showed the achievement level of monitoring and assessmentof user satisfaction at SDUL in the period of 2008 to 2014 reached maximum score, that is, 3.5 to 3.8 in the scale of I to 5. Observed from the user satisfaction analysis, continuous quality improvement conducted in SDUL covered three important fields, that is, information and information access facilities, library services, and infrastucture and work environment.
Keywords: library user satisfaction, collection and information access, library services, infrastructure and work environment
"
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rondang Rouli
"Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathmi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl berdasarkan persepsi dan harapan pemustaka pada tiga dimensi LibQuaJ+TM, yaitu service affect, library as place, dan information control. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan yang relevan dan mendukung penelitian ini, dengan jumlah responden sebanyak 129 orang pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl sudah baik karena skor persepsi pemustaka lebih tinggi dari harapan minimum, walaupun belum sampai pada harapan idealnya. lni artinya pemustaka merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Rl. Dari ketiga dimensi kualitas LibQuaJ+TM, dimensi information control (I C) adalah yang paling tinggi dengan nilai rata-rata AG 0,89, yang diikuti dimensi service affect (SA) dengan nilai rata-rata AG 0,79. lndikator kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik adalah yang memiliki AG positif yang paling besar yaitu sebesar 1, 16. Kekuatan layanan Perpustakaan Nasional Rl terletak pada kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik; waktu layanan perpustakaan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan; ruang perpustakaan yang nyaman; dan kenyamanan waktu dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kelemahan layanan perpustakaan dan informasi Perpustakaan Nasional Rl pada koleksi e-resources dan koleksi tercetak yang belum memenuhi kebutuhan informasi pemustaka."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nurma Dewi
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan promosi di
Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga, sebagai bagian dari kegiatan
komunikasi perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, yang dilakukan
dengan cara memahami tiap tahapan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan.
Alasan tahapan tersebut dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam setiap tahapan,
hasil yang didapatkan, evaluasi keseluruhan tahapan promosi serta kemampuan
staf perpustakaan dalam menjalankan tiap tahapan promosi. Penelitian ini
dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra promosi Perpustakaan Umum
Kabupaten Purbalingga tidak mengawali kegiatannya dengan memahami
karakteristik masyarakat pengguna, akibatnya pada tahap eksekusi promosi, pesan
dan saluran promosi yang diberikan tidak mampu mengenai masyarakat pengguna
secara efektif. Pada tahap pasca promosi pihak perpustakaan tidak melakukan
evaluasi dan tidak mampu mengembangkan kegiatan promosi. Kemampuan staf
dalam tiap tahapan promosi juga belum memadai, staf cenderung pasif, kurang
komunikatif, dan kurang menghargai masyarakat pengguna, kondisi yang
demikian menyebabkan pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum
Purbalingga belum bisa memberikan hasil yang diinginkan.

ABSTRACT
The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.;The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results., The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user’s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn’t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.]"
2015
T44618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>