Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43342 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Endang Fatmawati
"Disadari oleh adanya perubahan konsep ruang perpustakaan yang semula tradisional dan saat ini menjadi lebih modern menjadi latar belakang mengapa penelitian ini dilakukan. Konsep praktik pemaknaan dalam penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemustaka menandai sekaligus memaknai ruang perpustakan fakultas ekonomika dan bisnis UNDIP. Hal ini untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif dengan melakukan analisis kritis terhadap praktik pemaknaan pemustaka atas ruang perpustakaan. Metodenya dengan menggunakan etnografi baru. Pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Informan berjumlah empat yang dipilih secara purposif. Hasilnya ruang perpustakaan dimaknai sebagai tempat yang nyaman untuk berselancar ke internet, tempat untuk menghabiskan waktu luang selepas kuliah, tempat orang pintar, dan kemudian menjadi media untuk mengonstruksi identitas pemustaka yang bergaya hidup modern."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2016
020 VIS 18:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fathmi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl berdasarkan persepsi dan harapan pemustaka pada tiga dimensi LibQuaJ+TM, yaitu service affect, library as place, dan information control. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan yang relevan dan mendukung penelitian ini, dengan jumlah responden sebanyak 129 orang pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl sudah baik karena skor persepsi pemustaka lebih tinggi dari harapan minimum, walaupun belum sampai pada harapan idealnya. lni artinya pemustaka merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Rl. Dari ketiga dimensi kualitas LibQuaJ+TM, dimensi information control (I C) adalah yang paling tinggi dengan nilai rata-rata AG 0,89, yang diikuti dimensi service affect (SA) dengan nilai rata-rata AG 0,79. lndikator kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik adalah yang memiliki AG positif yang paling besar yaitu sebesar 1, 16. Kekuatan layanan Perpustakaan Nasional Rl terletak pada kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik; waktu layanan perpustakaan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan; ruang perpustakaan yang nyaman; dan kenyamanan waktu dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kelemahan layanan perpustakaan dan informasi Perpustakaan Nasional Rl pada koleksi e-resources dan koleksi tercetak yang belum memenuhi kebutuhan informasi pemustaka."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Pandu Negara
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan, terhadap koleksi, terhadap pustakawan dan terhadap sarana dan prasarana. Di samping itu juga inginmengetahui hambatan dan saran. Hasil penelitian ini kepuasan pemustaka terhadap layanan pada tingkat puas dengan skor 4,61. Kepuasan pemustaka terhadap koleksi pada tingkat puas dengan skor 3,84. Kepuasan pemustaka terhadap pustakawan pada tingkat puas dengan skor 3,96. Kepuasan pemustaka terhadap pada tingkat puas dengan skor 3,96. Secara keseluruhan kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan umum Jakarta barat ada tingkat puas dengan skor 3,81.Dan hambatan dan saran yang diberikan oleh pemustaka adalah masalah jaringan internet.

This undergraduate thesis is studying about user satisfaction. The purpose of this study to determine the satisfaction user of service, to the collection, to librarians, and to facilities and infrastructure. And want to know the obstacles and suggestion provided user. The research is quantitative case studies. The results of this study was user satisfaction of the service at the level of satisfied with a score of 4,61, user satisfaction of the collection at the level of satisfied with a score of 3,84, user satisfaction of the librarians at the level of satisfied with a score of 3,96, user satisfaction of the facilities and infrastructure at the level of satisfied with a score 3,96. The study concluded there is an user satisfied in library service. Obstacles and recommended provided by user is internet network."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"The aim ofthis research are (1) to know the influence of Rembang Public Library transfer to Kartini
Beach tourism area toward animo of visits to the libratyt (2) to know user perception about Rembang
Public Library transfer to Kartini Beach tourism area (3) to know animo of visits to Rembang Public
Library. This was a quantitative research that used correlation method between location (independent
variable) and animo of visits (dependent variable). Data were collected through questionnaire,
interview and documentation. Data analysis used product moment correlation and processed using
SPSS version 17 for Windows. The result of the study showed there was significant correlation between
location and animo of visits. Score of correlation was 0.632 at significance level 5% r table is 0.202.
The Rembang public library transfer to Kartini Beach tourism area belonged to good category whereby
grand mean of location variable was 2.86. Animo of visits also belonged to high category whereby
grand mean was 3.01. "
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Peppy Marlianti
"Skripsi ini membicarakan masalah kebutuhan informasi yang berupa bahan pustaka dari pemakai perpustakaan khusus, yaitu Perpustakaan PPLH - ITB yang mempunyai kelompok pemakai khusus pula yaitu para peneliti PPLH - ITB. Kebutuhan informasi ditinjau dari informasi yang dibutuhkan oleh para peneliti untuk menunjang penelitian mereka.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis informasi yang seperti apa yang dibutuhkan/digunakan oleh para peneliti PPLH-ITB dalam menunjang penelitian yang sedang, akan, maupun telah dilakukannya, serta seberapa jauh Perpustakaan PPLH-ITB dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Hipotesa yang diajukan adalah bahwa Perpustakaan PPLH_ITB sudah dapat memenuhi kebutuhan para penelitinya. Untuk membuktikan hipotesa dipergunakan metode analisa sitasi dari 1aporan-1aporan hasil penelitian dan kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana kebutuhan informasi para peneliti, dipergunakan teknik kuesioner.
Didatam skripsi ini dibicarakan pula masalah informasi dan kebutuhan informasi, perkembangan masalah kajian atas kebutuhan pemakai informasi (information user needs), serta masalah informasi dalam bidang lingkungan hidup, termasuk sistim jaringan informasi internasional untuk lingkungan hidup yang telah berkembang yaitu Infoterra.
Hasil dari penelitian menunjukan bahtra Perpustakaan PPLH-ITB sudah memenuhi sebagian besar dari kebutuhan para panelitinya. Dari hasil kuesioner dapat diketahui bahwa laporan dan data-data dari hasil survey yang sudah ada merupakan number informasi yang sangat berguna bagi mereka, sedangkan text books merupakan bentuk yang juga sering dibutuhkan karena disanalah terkandung informasi yang barsifat metodologis dan konseptual. Untuk mangikuti perkembangan ilmu, para peneliti masih mengandalkan jurnal/majalah ilmiah sebagai sumbar informasi mutahir. Bentuk sumber informasi non-buku yang banyak digunakan adalah peta dan photo udara."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S15411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tristiana Candra Dewi Trias Iriani
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui cara
penyelenggaraan pelayanan majalah ilmiah (2) mengetahui
keterpakaian majalah ilmiah dan kepuasan pemakai atas
pelayanan majalah ilmiah, (3) mengetahui hubungan antara
keterpakaian dengan kepuasan pemakai. Penelitian ini
dilakukan sebagai penelitian evaluatif. Subjek penelitian
adalah mahasiswa S2/S3 Universitas Gadjah Mada yang aktif
menggunakan jasa pelayanan majalah ilmiah yang tercatat
pada periode pemakaian 1995/1996. Perpustakaan Pascasarja-
na Universitas Gadjah Mada menyediakan jasa layanan maja-
lah ilmiah ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi pemakai utamanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan
pelayanan majalah ilmiah telah diupayakan untuk memenuhi
kebutuhan 50 program studi yang ada pada Program Pascasar-
jana UGM, Serta telah didukung oleh staf pelayanan yang
memiliki latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang
diperlukan dan dengan sarana pendukung pelayanan yang
sesuai untuk kegiatan pelayanan dan sistem layanan yang
lebih memuaskan pemakai. Hasil penelitian terhadap keter-
pakaian apabila ditinjau dari aspek frekuensi kunjungan
masih rendah, karena mahasiswa yang berkunjung ke pelaya-
nan majalah per hari hanya 23 orang atau sebesar 0,7 dari
keseluruhan mahasiswa yang sebetulnya menjadi pemakai
potensial. Dari aspek lamanya waktu berkunjung dan volume
pemanfaatan majalah, pemakai banyak yang berkunjung mini-
mal seminggu sekali untuk memanfaatkan 2 sampai 3 judul
majalah dalam tempo 1 sampai 2 jam lebih pada setiap kali
kunjungannya. Hasil evaluasi terhadap kepuasan pemakai
akan kualitas, waktu dan biaya pelayanan menunjukkan
tanggapan yang berbeda-beda, namun secara umum banyak yang
ditanggapi positif (memuaskan pemakai). Tanggapan negatif
(tidak memuaskan) terutama terhadap (1) aspek kualitas
layanan, yakni judul majalah yang tersedia masih dianggap
belum memadai dengan program studi dan nomor majalah
sering tidak lengkap, penempatan majalah yang terpisah
antara nomor terbaru dengan yang terjilid dan penempatan
ruang layanan fotokopi yang berjauhan dengan ruang pelaya-
nan majalah, fasilitas foto kopi yang kualitas hasilnya
dianggap tidak memuaskan.(2) aspek waktu, yakni jam buka
pelayanan yang ditanggapi belum memadai dan majalah yang
sedang dalam proses penjilidan untuk dapat tersaji kembali
di ruang pelayanan memakan waktu lama. (3) Aspek biaya,
yakni biaya fotokopi dianggap cukup memberatkan. Hasil uji
hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan antara keter-
pakaian dengan kepuasan pemakai.
Secara statistik :1) Terdapat hubungan secara nyata
antara keterpakaian majalah ilmiah dengan kepuasan pemakai
2) Tidak ada hubungan secara nyata antara frekuensi kun-
jungan dengan kepuasan pemakai 3) Tidak ada hubungan
secara nyata antara lamanya waktu berkunjung dengan kepua-
san pemakai 4) Tidak ada hubungan secara nyata antara
volume penggunaan dengan kepuasan pemakai.

Abstract
The Objectives of this research are 1) to identity
the scientific Journal service management 2) to identity
the usage and users satisfaction of scientific Journal
service 3) to identity the relationship between the usage
and the user's satisfaction. The Subjects of this research
are the postgraduate students of Gadjah Mada University
who are active used the scientific journal service, within
the period of 1995/1996.
The Result of the research shows that the scientific
journal service has been organized by collecting the
journals that are appropriate and suitable with the 50
study programs in the Gadjah Made University Postgraduate
Programs. The service has been supporrted by profesional
staff and sufficient fasilities. The result of the re-
search on the evaluation of the usage of the service
observed bassed on the visiting frequency, the length of the
visiting and the volume of the Journal using is still low.
The result of the evaluation on the user?s satisfaction of
the service quality, time, and its fee shows positive re-
sponds. Furthermore, the result of show that 1) there is
relationship between the usage of the service and the
user's satisfaction 2) there is no relationship between
the visiting frequency and user?s satisfaction 3) the
length of the visiting and user's satisfaction 4) volume
of the journal using and user?s satisfaction."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paul Permadi
"Menyadari pentingnya perpustakaan sekolah sebagai alat penunjang program pendidikan dan pengajaran, maka sangat perlu diadakan penelitian pendahuluan untuk mengetahui sampai seberapa besar peranan perpustakaan sekolah. Sampai sekarang banyak terdengar pernyataan maupun komentar yang pada pokoknya merasakan perpustakaan sekolah sebagai sesuatu yang vital, sesuatu yang esensiel dan bahkan sesuatu yang harus ada. Namun bagaimana peranan itu secara nyata, bagaimana bentuk yang jelas belum ada yang bisa dijadikan pegangan. Penulis berkeyakinan, bahwa perpustakaan sekolah yang diusahakan secara baik akan menjadi alat yang effektif untuk mempertinggi hasil usaha sekolah, memberikan perbendaharaan yang luas kepada para siswa untuk menghadapi pendidikan dan pengajaran lebih lanjut_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1976
S15390
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Muryati
"Akademi Gizi adalah suatu akademi yang bersifat kedinasan. Secara struktural dan fungsional, Akademi Gizi berada dalam struktur organisasi Pusat Pendidikan dan La tihan Pegawai Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Pusdiklat Depkes). Akademi Gizi merupakan salah satu dari ke-13 sekolah atau lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Pusdiklat Depkes. Sebelum tahun 1966, Akademi Gizi dikenal dengan ber bagai nama, antara lain Sekolah Ahli Diit pada tahun 1955 dan Akademi Pendidikan Nutrisionis pada tahun 1957. Masa pendidikannya 3 tahun. Pendidikan selama 3 tahun ini merupakan kelanjutan dari. Sekolah Ahli Makanan yang pernah didirikan pada tahun 1950 dan berlangsung hingga tahun 1955. Waktu itu masa pendidikannya hanya 1_ tahun saja. Para lulusan Akademi Gizi diberi penghargaan berupa ijasah Sarjana Muda Gizi yang disamakan dengan Sarjana Muda bidang lain dari Perguruan Tinggi Negeri atas dasar Surat Keputusan Menteri PPK No.649/D/BKPT/D, tanggal 10 Desember 1959_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15726
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan Civitas Akademik, di mana Perguruan Tinggi itu berada. Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi disebutkan bahwa, Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan unsur penunjang Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu Perpustakaan perlu mengadakan, menghimpun, mengolah, menyimpan dan melayankan koleksinya yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh Penggunanya. Mengingat begitu berarti dan pentingnya perpustakaan bagi Penggunanya, maka perlu diadakan suatu kegiatan yang memperlihatkan dan menjelaskan manfaat pentingnya Perpustakaan bagi seluruh sivitas akademikanya. Hal yang sering terjadi adalah bahwa kemampuan pemakai dalam memanfaatkan Perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakai untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat di mana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arlinah Imam Rahardjo
"Dalam rumusan pola pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dikatakan bahwa fungsi utama perguruan tinggi di Indonesia adalah mendukung dan memperkaya program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi tempat ia bernaung. Disebutkan lebih lanjut bahwa agar fungsi tersebut dapat dipenuhi, maka tugas perpustakaan adalah melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengna kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau penelitiserta pihak lainnya yang membutuhkan informasi, mengolah bahan pustakayang tersedia sehingga dengan mudah dapat dipergunakan oleh pemakai, menyelenggarakan peminjaman bahan pustaka dengan cara yang efisien, membantu para pemakai perpustakaan untuk mendapatkan dan memakai bahan pustaka yang diperlukannya baik dalam bentuk program bimbingan penggunaan perpustakaan yang bersifat resmi/kurikuler maupun secara perseorangan, Menyelenggarakan kerjasama antar perpustakaan dengan memanfaatan system jaringan informasi yang ada dalam rangka meluaskan cakupan koleksi dan pelayanan informasi masing-masing perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>