Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183946 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Anis
"ABSTRAK
Metode desain perkerasan landasan bandar udara dibagi menjadi dua, yaitu metode empiris dan metode mekanistik. Terdapat pergeseran dalam sistematika mendesain landasan, yaitu dari sistem metode empiris ke metode mekanistik, perlu dilakukan kajian mengenai pengaruh dari pergeseran tersebut terhadap desain landasan bandar udara -
bandar udara di Indonesia, baik terhadap bandar udara baru maupun bandar udara yang
sudah beroperasi (overlay), begitu juga pengaruh pergeseran tersebut terhadap
perhitungan nilai PCN (Pavement Classification Number). Metode empiris dilakukan
perhitungan berdasarkan metode FAA dengan dokumen 150/5320-6D dan metode
mekanistik berdasarkan dokumen 150/5320-6E yang diaplikasikan dengan program
komputer FAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible Iterative
Layer Design), sedangkan kajian perhitungan nilai PCN dengan metode teoritis atau
metode ICAO dan dengan program komputer COMFAA berdasarkan dokumen AC
150/5335-5C. Kajian banding terhadap parameter desain yaitu tebal perkerasan dan biaya,
analisis sensitivitas dan perhitungan PCN yang menghasilkan kriteria, pelayanan nilai
PCN terhadap ACN dan pelayanan nilai modul pesawat. Metode empiris adalah surface
oriented sedangkan metode mekanistik adalah base oriented. Berdasarkan analisis
sensitivitas pada desain perkerasan baru maupun overlay, baik dengan metode empiris
maupun metode mekanistik, struktur perkerasan metode mekanistik lebih tipis, dengan
penumpang yang diangkut dengan pesawat modul 200 (kelas pesawat 5) dari pada dengan
pesawat modul 350 (kelas pesawat 6). Nilai PCN, yang dihitung dengan program
COMFAA lebih besar nilai nya dari pada yang dihitung dengan Metode ICAO, baik
untuk perkerasan baru maupun overlay

ABSTRACT
Method of runway pavement design is divided into two, namely empirical method and
mechanistic method. There is a shift in the systematics of designing the runway, from a
system of empirical method to the mechanistic method, necessary to study about the
effect of the shift to the design of the runway - the airport in Indonesia, both to the new
airport and the airport is already operating (overlay), as well as the effect of the shift to
the calculation of the value of PCN (Pavement Classification Number). Empirical calculation method based on the method of FAA documents 150/5320-6D and
mechanistic method based document 150/5320-6E applied to computer programs
FAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible Layer Iterative
Design), whereas the study by PCN value calculation of theoretical methods or ICAO
method and the computer program COMFAA based document AC 150/5335-5C.
Assessment appeals against the design parameters are pavement thickness and cost,
sensitivity analysis and calculations that generate criteria PCN, PCN value of the ACN
services and aircraft services module value. The empirical method is surface oriented
while the mechanistic method is base oriented. Based on the sensitivity analysis on
pavement design new or overlay, either by empirical methods and mechanistic method,
pavement structure mechanistic method is thinner, with passengers transported by plane
module 200 (Aircraft grade 5) of the plane module 350 (Aircraft grade 6). PCN value,
which is calculated by the program COMFAA its value is greater than that calculated by
the ICAO method, both for new pavement and overlay"
2016
T46086
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jatmiko
"Kondisi dilematis Infrastruktur Indonesia akibat keterbatasan kemampuan keuangan negara. Salah satu upaya Pemerintah adalah pembiayaan proyek infrastuktur melalui SBSN. Tesis ini bertujuan mengidentifikasi kendala pembiayaan proyek infrastruktur melalui SBSN dengan Analytic Network Process dan menganalisa kelayakan finansialnya. Berdasarkan ANP, kendala pembiayaan proyek infrastruktur melalui SBSN yaitu kendala aspek penunjang (0,471; W=0,36).
Kendala yang paling dominan pada masing-masing aspek adalah: 1) aspek produk, Batas maksimal nilai (0,271; W=0,55); 2) aspek penunjang, kriteria kesiapan (0,33; W=0,37); 3) aspek pasar, pengetahuan pelaku pasar (0,343; W=0,28). Kendala tanggung jawab adalah DJPU-Bapepam (0,44; W=0,19) dan Kendala aturan adalah Peraturan lainnya (0,553; W=0,86). Berdasarkan analisis kelayakan finansial, NPV lebih besar adalah metode pembiayaan konvensional, IRR lebih besar dan Payback Period lebih baik adalah SBSN akhir periode. Sedangkan imbal hasil lebih besar adalah metode pembiayaan SBSN.

Condition of the infrastructure dilemma Indonesia due to limited financial capacity of the state. One of the efforts of the government is financing infrastructure projects through SBSN. This thesis aims at identifying the constraints of financing infrastructure projects through SBSN by Analytic Network Process and analyze the financial feasibility. According to ANP, the constraints of financing infrastructure projects through SBSN such as aspect support constraints (0,471; W=0.36).
The most dominant constraint in each aspect is: Produk aspect, maximal limit value (0,271; W=0,55); 2) Support aspect, readiness criteria (0,33; W=0,37); 3) Market aspect, knowledge of market participants (0,343; W=0,28). Liability constraint is DJPU-Bappepam (0,44; W=0,19) and constraint rules is another regulations (0,553; W=0,86). Based on the financial feasibility analysis, the biggest NPV is conventional financing, the biggest value of IRR and Payback Period that show a better return is maturity of the SBSN period. Whereas the value for greater results is financing metode sovereign syariah securities.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31836
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rinawan Wijaya
"ABSTRAK
Pada beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan penggunaan transportasi udara di Indonesia. Pada umumnya kondisi ini tidak segera direspon oleh pengelola bandar udara dengan melakukan pembangunan serta pengembangan infrastruktur, sehingga mengakibatkan terjadinya lack of capacity. Pada tahun 2011, jumlah penumpang pada bandar udara Juanda Surabaya telah mencapai 13 juta orang per tahun, sedangkan terminal bandar udara Juanda Surabaya hanya memiliki kapasitas 8 juta penumpang per tahun, hal ini mengakibatkan tidak terpenuhinya standar pelayanan penumpang di terminal. Kondisi ini harus segera direspon oleh pengelola bandar udara, sehingga bandar udara Juanda Surabaya rencananya akan dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu mengoptimalkan terminal lama sebagai terminal 2, memperpanjang runway dan penambahan rapid exit taxiway, membangun terminal baru sebagai terminal 3 serta membangun runway ke dua guna merespons tingginya pertumbuhan trafik pesawat dan penumpang yang terjadi pada bandar udara Juanda Surabaya. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan serta pengembangan bandar udara Juanda Surabaya diperkirakan sekitar 13 triliun rupiah. Seluruh biaya tersebut tidak dapat dipenuhi oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) secara korporat maupun bandar udara Juanda secara individu. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan pelaksanaan strategi pengembangan bandar udara melalui Public Private Partnership (PPP) pada bandar udara Juanda Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam PPP serta peran masing-masing pihak dalam kerjasama tersebut. Penelitian ini menghasilkan konsep PPP multi partnership yang melibatkan Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara dan pihak swasta dimana konsep ini merupakan penggabungan dari dua tipe PPP yaitu technical assistance contract dan management contract. Hasil penelitian ini memberikan pandangan yang berbeda tentang pelaksanaan PPP khususnya pada pembangunan serta pengembangan infrastruktur bandar udara secara brownfield yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara.

ABSTRACT
In recent years, there has been increased use of air transportation in Indonesia. In general, this condition is not immediately responded by the airport managers to undertake the construction and development of infrastructure, which causes lack of capacity. In 2011, the number of passengers at Juanda airport Surabaya has reached 13 million people per year, while passenger terminal of the airport only has a capacity of 8 million passengers per year, which resulted in failure to meet the standard of service to passengers in the airport. This condition should be immediately responded by the the airport manager, so Juanda airport in Surabaya is planned to be developed through several stages that consist of optimizing the old terminal as terminal 2, extending the runway and the addition of rapid exit taxiways, building a new terminal as terminal 3 and to build a second runway to respond high growth of passenger traffic and aircraft that occurs in Juanda airport Surabaya. The total cost required for the construction and development of Juanda airport Surabaya estimated about 13 trillion rupiah. The entire cost can not be fulfilled by PT. Angkasa Pura I (Persero) as a corporate or Juanda airport as an individual. Therefore, this study was conducted to determine the possible implementation of airport development strategies through Public Private Partnership (PPP) at Juanda airport in Surabaya. This study deliver a concept of PPP multi partnership that involve Government, State Owned Enterprises and the private sector which is a combination of two types of PPP that is technical assistance contracts and management contract.This study aims to determine the parties involved in the PPP and the role of each party in the implementation of PPP. The results of this study have provided different views about the implementation of PPP in particular on the brownfield development of airport infrastructure that has been managed by the State-Owned Enterprises."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galis Kurnia Afdhila
"Bandara Juanda merupakan bandara tersibuk ketiga di Indonesia dan merupakan bandara dengan trafik penumpang tertinggi kedua di antara 15 bandara yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang menggunakan transportasi udara, PT Angkasa Pura I melakukan investasi pengembangan terminal Bandara Juanda pada tahun 2017 hingga 2021. Di masa konstruksi pengembangan bandara, terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia yang mulai terjadi sejak awal tahun 2020 dan menyebabkan penurunan trafik penumpang hingga mencapai 59,1%. Hal ini menyebabkan realisasi tarfik penumpang tidak sesuai dengan proyeksi trafik penumpang yang diestimasikan di masa perencanaan proyek pengembangan bandara. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian dan analisis terhadap kelayakan pengembangan bandara di masa recovery Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode capital budgeting yang meliputi analisa internal rate of return (IRR), discounted payback period (PP), net present value (NPV), dan profitabilitas index (PI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek investasi pengembangan Bandara Juanda dinilai menguntungkan di masa pemulihan Covid-19 dengan menggunakan tiga skenario finansial berbeda.

The Juanda Airport ranks third in terms of overall traffic among airports in Indonesia and holds the second position in passenger volume among the 15 airports managed by PT Angkasa Pura I. Between 2017 and 2021, PT Angkasa Pura I undertook investments aimed at enhancing the level of support provided to clients utilizing air transportation, through the expansion of Juanda Airport. The COVID-19 pandemic has had a significant impact on the number of passengers utilizing Juanda Airport in Indonesia, resulting in a 59.1% decrease. This decline can be attributed to the ongoing pandemic that has adversely affected the country since the start of 2020. Thus, the observed passenger flow diverged from the passenger projections employed in the project's planning. The aim of the present investigation is to perform a comprehensive examination and evaluation of the capital budgeting aspect of the Juanda Airport Investment Project. The present inquiry employs computations related to capital budgeting. These calculations include the internal rate of return (IRR), discounted payback period (PP), net present value (NPV), and profitability index (PI). The profitability of the Juanda Airport investment project has been demonstrated across three distinct financial scenarios, even in the midst of the Covid-19 recovery period."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Henry Suropati
"Kargo udara merupakan salah satu pendukung industri logistik secara global dimana kargo udara merupakan moda transportasi dengan faktor waktu pengiriman yang cepat, hal ini mendukung pertumbuhan pasar retail dan e-commerce terutama di Indonesia. Pertumbuhan kargo udara tiap tahunnya harus diimbangi dengan manajemen pendapatan yang baik untuk memenuhi tuntutan perusahaan penerbangan. Pemilihan pemesanan merupakan faktor utama dalam segi optimasi manajemen pendapatan sehingga metode pemesanan harus efektif.
Pada penelitian ini membandingkan tiga model linear programming: First come first serve, Perfect Information dan Allotment-Probabilistic Linear Programming sebagai metode untuk pemilihan pemesanan yang bertujuan untuk mendapatkan nilai optimum pendapatan kargo udara dari satu rute penerbangan, selain itu pada penelitian ini menambahkan variabel kapasitas berlebih pada ketiga model tersebut untuk mengakomodir pengiriman yang dibatalkan atau pengiriman berlebih dari jumlah pemesanan.
Selanjutnya data hasil pengambilan keputusan pemesanan ketiga model tersebut akan dibandingkan dengan data pengiriman aktual. Akhir penelitian akan didapatkan data perbandingan optimasi ketiga model tersebut sehingga model mana yang paling cocok untuk digunakan dalam optimasi manajemen pendapatan kargo udara penerbangan di Indonesia.

Air cargo is one of the supporters of the global logistics industry where air cargo is a mode of transportation with fast delivery time factor, it supports the growth of the retail market and e commerce, especially in Indonesia. Growth in air cargo each year should be balanced with good revenue management to meet the demands of the airlines. Election booking is a major factor in terms of revenue management optimization that reservations should be an effective method.
In this study, comparing three models of linear programming First come first serve, Perfect Information and Allotment Probabilistic Linear Programming as a method for selecting a booking which aims to get the optimum value of income of air cargo from the flight route, besides, this study adds variable excess capacity in three models to accommodate cancelled delivery or excess delivery of the booking amount.
Furthermore, data from booking decision models will be compared with the actual delivery of data. End of the study will obtain comparative data so that which model is most suitable for use in air cargo revenue management optimization for flights in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47175
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felisita
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode penilaian income dan market approach oleh PT Coffee Advisory dalam mengestimasi nilai indikatif PT Bandar Udara. PT Coffee Advisory adalah firma penasihat keuangan yang menawarkan jasa konsultasi terkait merger, akuisisi, restrukturisasi keuangan, studi kelayakan proyek infrastruktur, dan analisis forensik. PT Bandar Udara merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola bandara di Indonesia. Dalam Project Avengers, PT Coffee Advisory melakukan Enterprise Performance Management (EPM) untuk PT Bandar Udara, yang meliputi penilaian indikatif dengan income dan market approach. Cakupan laporan meliputi pemilihan perusahaan pembanding, penghitungan weighted average cost of capital, estimasi indikatif nilai valuasi berdasarkan discounted cash flow dan relative valuation, dan rekonsiliasi kedua metode tersebut. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan praktik mengevaluasi PT Bandar Udara selama magang di PT Coffee Advisory dengan teori yang ada. Evaluasi akan menunjukkan perbedaan dalam penggunaan low-high WACC, range hasil penilaian, dan metode rekonsiliasi penilaian. Meski berbeda dengan praktik biasanya, perbedaan ini didukung oleh alasan yang kuat. Selain itu, laporan magang ini juga memuat refleksi diri tentang pengalaman magang dan menyoroti rencana pengembangan diri di masa depan.

This internship report aims to evaluate the application of the income and market approach indicative valuation method by PT Coffee Advisory in estimating the value of PT Bandar Udara. PT Coffee Advisory is a financial advisory firm offering advisory services related to mergers, acquisitions, financial restructuring, infrastructure project feasibility studies, and forensic analysis. PT Bandar Udara is a state-owned company managing 15 Central and Eastern Indonesia airports. In Project Avengers, PT Coffee Advisory performs Enterprise Performance Management (EPM) for PT Bandar Udara, which includes indicative valuation using the income and market approach. The report's scope includes selecting comparable companies, calculating the weighted average cost of capital, valuation based on the discounted cash flow and relative valuation method, and reconciliation of both methods. Evaluation is done by comparing the author's experience evaluating PT Bandar Udara during her internship at PT Coffee Advisory with existing theories. It will show the impact of using a low-high WACC, a range of valuation results, and a new method of valuation reconciliation. Although different from the usual practice, this difference is supported by solid reasons. Moreover, this internship report also includes a self-reflection on the writer's experience during the internship and highlights the writer's future self-development plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Purwanda
"[ABSTRAK
Peningkatan arus transportasi udara di Bandara Husein Sastranegara menunjukan tren peningkatan sehingga kualitas pelayanan penerbangan cenderung menurun dengan cepat. Usaha mengantisipasi masalah tersebut dengan tiga alternatif pilihan yaitu mengembangkan Bandara Husein Sastranegara, membangun Bandara Baru di Kertajati dan mengembangkan serta membangun keduanya bersamaan.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dengan mengukur potensi penumpang di Bandar Udara Husein Sastranegara menunjukan bahwa pilihan untuk mengembangkan fasilitas terminal penumpang Bandara Husein Sastranegara merupakan pilihan paling baik ditinjau dari segi finansial. Dengan masa evaluasi selama 20 tahun maka nilai Nett Present Value menunjukan nilai positif.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dengan mengukur potensi penumpang di Bandar Udara Husein Sastranegara menunjukan bahwa pilihan untuk membangun Bandar Udara Kertajati merupakan pilihan yang paling baik ditinjau dari segi finansial , dengan syarat spesifikasi konstruksi menyerupai Bandara Husein Sastranegara. Dengan masa evaluasi selama 20 tahun maka nilai Nett Present Value menunjukan kecenderungan nilai positif.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dengan mengukur potensi penumpang di Bandar Udara Husein Sastranegara menunjukan bahwa pilihan untuk tetap mengoperasikan Bandara Husein Sastranegara merupakan pilhan paling tidak tepat ditinjau dari segi finansial yang berakibat Nett Present Value Bandar Udara Kertajati negatif.

ABSTRACT
The increasing demand of air transport in Husein Sastranegara Airport has caused quality reduction of flight services. The problems may be resolved by three option by developing Husein Sastranegara Passenger terminal , building the new airport in Kertajati , and by opt both at the same time.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport indicate that developing the passenger terminal is the best option for financial perpective. 20 years of evaluation indicates positive Nett Present Value.
Kertajati New Airport is good option if the Husein Sastranegara Airport is closed for commercial flights and the construction has the same specification as the Husein Sastranegara Airport. 20 years of evaluation indicates positive trend of Nett Present Value.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport has shown that by opt on both airports at the same time is not a proper option from financial perpective. 20 years of evaluation indicates that Nett Present Value of the Kertajati New Airport is negative.;The increasing demand of air transport in Husein Sastranegara Airport has caused quality reduction of flight services. The problems may be resolved by three option by developing Husein Sastranegara Passenger terminal , building the new airport in Kertajati , and by opt both at the same time.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport indicate that developing the passenger terminal is the best option for financial perpective. 20 years of evaluation indicates positive Nett Present Value.
Kertajati New Airport is good option if the Husein Sastranegara Airport is closed for commercial flights and the construction has the same specification as the Husein Sastranegara Airport. 20 years of evaluation indicates positive trend of Nett Present Value.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport has shown that by opt on both airports at the same time is not a proper option from financial perpective. 20 years of evaluation indicates that Nett Present Value of the Kertajati New Airport is negative., The increasing demand of air transport in Husein Sastranegara Airport has caused quality reduction of flight services. The problems may be resolved by three option by developing Husein Sastranegara Passenger terminal , building the new airport in Kertajati , and by opt both at the same time.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport indicate that developing the passenger terminal is the best option for financial perpective. 20 years of evaluation indicates positive Nett Present Value.
Kertajati New Airport is good option if the Husein Sastranegara Airport is closed for commercial flights and the construction has the same specification as the Husein Sastranegara Airport. 20 years of evaluation indicates positive trend of Nett Present Value.
Passenger demand measurement in Husein Sastranegara Airport has shown that by opt on both airports at the same time is not a proper option from financial perpective. 20 years of evaluation indicates that Nett Present Value of the Kertajati New Airport is negative.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43300
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Kezia
"ABSTRAK<>br>
Penerbangan memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari, Bandara juga merupakan tempat persinggahan bagi transportasi udara dan sarana bagi lintas antarnegara setiap harinya. Pentingnya penerbangan mendorong kekhawatiran tentang bagaimana ancaman keamanan seperti sabotase dapat mempengaruhi keamanan penerbangan. Sabotase dapat terjadi di Bandara maupun dalam penerbangan, dan jika hal tersebut terjadi tentunya akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar, berdampak pada citra maskapai, Bandara, juga Negara dan dapat mengancam nyawa banyak orang. Sabotase dapat terjadi pada tempat tertentu dan pada waktu tertentu, hal tersebut yang mendorong munculnya pertanyaan bagaimanakah strategi yang tepat dalam mengantisipasi adanya sabotase dalam maskapai penerbangan di Indonesia? Dan jika hal tersebut terjadi, siapkah kita menghadapinya? Dalam kerangka tersebut, penelitian ini ingin menerapkan strategi yang tepat guna mengantisipasi adanya sabotase terhadap Bandar udara dan maskapai penerbangan, dengan menggabungkan situational crime prevention dan routine activity theory. Dalam tulisan ini, penulis hanya berfokus pada modus operandi pelaku dalam menjalankan aksinya, agar pelaku tidak mendapat akses dan kesempatan untuk masuk ke suatu area tertentu dan melakukan tindak sabotase. Penulis menggunakan increase effort, increase risk, reduce the reward dan remove excuses sebagai penerapan situational crime prevention. Dan routine activity theory untuk melihat siapa kontroler bagi target, offender dan place sebagaimana yang telah direpresentasikan dalam crime triangle. Data untuk penelitian ini didapatkan dari Aviation Security International yang mencakup kasus sabotase dari berbagai negara selama 2 tahun terakhir, sejak 2015 sampai 2017.

ABSTRACT<>br>
Airport is an important place where International traffic happens every day. People come and leave from and to a country through the airport. Therefore it is very essential place. Because of its essentially, it is important to guard the safety of an airport. Threat to security problem in airport such as sabotage can affect aviation safety and security. Sabotage could happen both in the airport and also in the aircraft. If sabotage was happened, many parties will get the impact. First it will damage the image of the airline, the airport and also the country where it took place. Second, it could harm the people. Sabotage could occurred in a specific time and place. Therefore, a good preparation is need to anticipate the sabotage. Thus, we will be ready to face the sabotage when it occurred. Based on this idea, this research is aim to study the crime prevention strategy to prevent sabotage against the airport or the airline. Combination of situational crime prevention and routine activity theory were used to conduct this study. This study focus on suspect rsquo s modus operandi. The aspect of situational crime prevention which use are increase effort, increase risk, reduce the reward and remove excuses. The routine activity theory used crime triangle to predict the controller for target, offender and place of a sabotage. Data in this study was obtained from Aviation Security International. Sabotage case from year 2015 until 2017 were included in this study. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adzindani Reza Wirawan
"Praktik keinsinyuran dilakuakan di Proyek Pekerjaan Perbaikan Tanah dengan metode Downhole Deep Compaction (DDC) dalam bagian proyek pembangunan Bandar Udara Internasional Dhoho Kediri. Praktik keinsinyuran difokuskan kedalam penerapan Value Engineering khususnya pada material filler DDC guna meningkatkan nilai fungsi dan efektifitas pelaksanaan proyek, serta efisiensi cost dengan cara mengganti material fiiler dari 100% crushed stone menjadi 100% coarse grained. Dilakukan pengujian laboratotium terhadap material filler 100% coarse grained dengan hasil uji Sieve Analysis adalah bergradasi baik, persentase hasil uji Los Angeles (Abration) adalah 47.90% dari batas maksimal 60%, presentase hasil uji flakiness index adalah 2,15% dari batas maksimal 30%. dan hasil uji soundness adalah 10.89% dari batas maksimal 15%. Serta dilakukan uji Static Loading Test pada tiang yg telah diisi dengan material filler 100% coarse grained dan mendapatkan nilai settlement 19.79 mm dari batas penerimaan maksimal settlement sebesar 100 mm untuk 200% beban kerja. Sehingga dapat disimpulkan material 100% coarse grained dapat digunakan sebagai material filler pekerjaan DDC PT. Lancarjaya Mandiri Bersama untuk proyek pembangunan Bandar Udara Internasional Dhoho Kediri.

Engineering Practice is carried out at the Soil Improvement Project using Downhole Deep Compaction (DDC) method in the construction project for the Dhoho International Airport Kediri. Engineering practice is focused on the application of Value Engineering, especially on DDC filler material in order to increase the functional value and effectiveness of project implementation, as well as cost efficiency by changing the filler material from 100% crushed stone to 100% coarse grained. Laboratory testing was carried out on 100% coarse grained filler material with the Sieve Analysis test results being well graded, the percentage of Los Angeles (Abration) test results was 47.90% of the maximum limit of 60%, the percentage of flakiness index test results was 2.15% of the maximum limit of 30 %. and the result of the soundness test is 10.89% of the maximum limit of 15%. The Static Loading Test was also carried out on piles filled with 100% coarse grained filler material and obtained a settlement value of 19.79 mm from the maximum acceptance limit for settlement of 100 mm for 200% workload. So it can be concluded that 100% coarse grained material can be used as a filler material for PT. Lancarjaya Mandiri Bersama for Dhoho International Airport Kediri development project."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jeannefer Deborah Putri Handoyo
"ABSTRAK
Sydney Airport (SYD) adalah salah satu bandar udara tersibuk di Australia yang terletak 8km di bagian
selatan kawasan pusat bisnis Sydney. SYD memperoleh pendapatan dari empat sumber utama:
penerbangan, ritel, properti dan penyewaan mobil, serta parkir dan transportasi darat. Valuasi
perusahaan ini dilakukan dengan menggunakan tiga metode yang berbeda: Multiples, Residual Income
(RI), dan Free Cash Flow (FCF). Valuasi Multiples menghasilkan nilai yang serupa dengan harga
saham SYD saat ini, menyarankan pembaca untuk menahan investasi mereka. Valuasi RI
menghasilkan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan harga saham SYD saat ini, menunjukkan
bahwa SYD dinilai terlalu tinggi dan pembaca perlu menjual investasi mereka. Valuasi FCF
menghasilkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga saham SYD saat ini, menyarankan
pembaca untuk membeli saham baru. Membandingkan ketiga metode valuasi tersebut, kami percaya
bahwa FCF paling tepat untuk SYD dan kami menyarankan pembaca untuk berinvestasi di SYD.

ABSTRACT
Sydney Airport (SYD) is one of Australia`s busiest airport located 8km south of Sydney`s Central
Business District. It derives its revenue from four main sources: aeronautical, retail, property and car
rental, and parking and ground transport. The valuation of this company is done by using three different
methods: multiples, residual income (RI), and free cash flow (FCF). Multiples valuation results in
similar value to SYD`s current share price, suggesting readers to hold their investment. RI valuation
results in lower value compared to SYD`s current share price, suggesting that SYD is overvalued and
readers need to sell their investment. FCF valuation results in higher value compared to SYD`s current
share price, suggesting readers to buy new shares. Comparing the three valuation methods, we believe
that FCF is the most appropriate for SYD and we suggest readers to invest in SYD."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>