Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145753 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"perpustakaan dan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar Metode penelitian ini deskriftif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, penelitian kepustakwanan dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Pemanfaatan Perpustakaan STMIK Handayani Makassar berada pad a kategori tinggi ( 66,67%), hal ini menegaskan bahwa komunikasi Pustakawan, melalui pendekatan komunikasi opini, empati, dan keterbukaan kepada mahasiswa yang akan berdampak baik terhadap meningkatkan motivasi dan hasil proses belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMlK Handayani Makassar berada pad a kategori tinggi. (53,34%) hal ini memberikan apresiasi dan keinginan oleh Pustakawan, bahwa dengan penerapan Strategi komunikasi antapribadi yang efektifmaka peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan dorongan, rasa ingin tahu dan kemampuanlkepercayaan diri dengan Pustakawan akan semakin tinggi pula motivasi belajar yang didapatkan kemudian. Strategi Komunikasi Pustakawan mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1)."
020 JUPITER 13:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Metri Arindi
"Perpustakaan sekolah merupakan sarana dan pra sarana penunjang kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah karena perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari programpendidikan di tingkat sekolah. Perpustakaan sekolah dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat di setiap lingkungan sekolah, terutama guru dan siswa. Pada perpustakaan sekolahterdapat bermacam koleksi yang harus diolah agar mudah digunakan oleh para pengunjungperpustakaan atau pemustaka. Adapun hal yang dapat dilakukan oleh petugas perpustakaanadalahkatalogisasi bahan pustaka atau koleksi untuk mempermudah proses temu kembali informasi yangdibutuhkan pemustaka. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, agar mampu menggambarkan bagaimana katalogisasi di perpustakaan SMA N 1 Payakumbuh. Dari data dan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas pengkatalogan atau katalogisasi sudah mengikuti dan sesuai dengan sistem katalogisasi yang berpedoman dengan International Standard BibliographicDescription (ISBD). Dalam proses pengkatalogan koleksi atau bahan pustaka dengan menggunakanSLiMS merupakan suatu kemudahan bagi pustakawan dalam pengelolaan data hingga berpengaruhterhadap layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan atau pemustaka."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2021
020 VIS 23:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Puspa Nurmasyitah
"Perpustakaan sekolah memiliki manfaat sangat penting. Satu fungsi penting pemanfaatanperpustakaan sekolah adalah sebagai sumber belajar. Siswa dapat melakukan kegiatan literasi bacatulis yang merupakan bagian dari pelayanan perpustakaan. Namun, bagi siswa yang mengalami keterlambatan paham literasi baca tulis tentu menjadi hal yang sangat sulit untuk memanfaatkanperpustakaan sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, dirancang teknik pembelajaran konsultasi, mandiri dan dorongan moral (KO-MAN-DO) pada kegiatan literasi baca tulis (LI-BAS) di perpustakaansekolah oleh pustakawan sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah membantu siswa mengatasi masalah keterlambatan paham LI-BAS dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan kondisi objek kajian pada kondisi awal dan kondisi akhir. Teknik pengumpulandata dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif objek kajiankemampuan baca tulis. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa yang lambat paham LI-BAS di SMPN3 Galang. Hasil yang diperoleh setelah penerapan LI-BAS KO-MAN-DO berupa peningkatankemampuan membaca dan menulis rata-rata siswa sebesar 38%. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi progres kemampuan membaca dan menulis. Berdasarkan capaian kondisi akhir siswa makadinyatakan bahwa teknik KO-MAN-DO dapat diterapkan LI-BAS bersumber pada perpustakaan."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Redita Yuliawati
"Perpustakaan sekolah mengambil peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional. Salah satu peranan yang terus dikembangkan adalah perpustakaan sekolah sebagai penyedia bahan pustaka berkualitas dan bervariasi.
Tujuan utama proses biblioterapi adalah siswa mampu mengambil informasi, nilai, dan solusi tepat dari permasalahan yang dihadapi melalui buku yang dibaca. Dengan terlaksananya layan biblioteraphy secara tidak langsung siswa diarahkan untuk meningkatkan minat baca mereka terhadap koleksi bahan pustaka yang disediakan oleh perpustakaan sekolah. Selain itu proses biblioterapi memungkinkan siswa untuk menciptakan banyak kelompok diskusi berdasarkan bahan pustaka yang dirujuk sebagai buku terapi."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:3 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ibrahim Bafadal
Jakarta: Bumi Aksara, 1999
027.8 IBR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Kanisius, 1986
027.8 MEM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Suhendar
Jakarta : Prenada, 2014
027.8 YAY p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
David Widyanto W.
"Anak-anak penderita cacat terdapat di mana-mana, di negara maju maupun di negara berkembang. Dalam kehidupan sehari-hari mereka mendapat hambatan karena cacat yang di_sandangnya itu, sehingga diperlukan usaha khusus untuk mempersiapkan mereka dalam menerima pendidikan. Diperlu_kan waktu yang lebih lama dan ketelitian yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan belajar mereka. Dalam hal pendidikan inilah perpustakaan dapat berperan secara po_sitif dalam membantu para penyandang cacat, terutama per_pustakaan pada sekolah-sekolah khusus untuk penyandang cacat. Walaupun masih banyak orang, bahkan pustakawan pun mengira bahwa pelayanan perpustakaan hanyalah untuk orang normal saja, patutlah disadari bahwa para penyandang cacat sebetulnya mempunyai hak untuk mendapat pelayanan perpus_takaan sama seperti anggota masyarakat lainnya. Penulis berkeyakinan bahwa perpustakaan pada sekolah khusus untuk penyandang cacat dapat juga berfungsi seba_gai pusat informasi, pusat belajar-mengajar dan rekreasi, serta dapat menjadi alat yang efektif untuk mempertinggi hasil usaha sekolah tersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Irma Utari Aditirto
"Skripsi ini merupakan suatu laporan dan hasil penelitian terhadap perpustakaan sekolah dasar percontohan, salah satu u_saha di bidang pembinaan, pengembangan, dan penyelenggaraan perpustakaan sekolah pada sekolah-sekolah dasar negeri di wilayah DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Departeraen Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta, dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran DKI Jakarta. Dalam rangka menyebarluaskan dan meningkatkan mutu pe_layanan perpustakaan lima puluh lima sekolah dasar negeri yang tersebar di kelima wilayah DKI Jakarta ditunjuk sebagai perpustakaan percontohan. Sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara perpustakaan percontohan bertugas membimbing dan membina perpustakaan-perpustakaan sekolah di sekolah dasar negeri, subsidi, dan swasta dalam lingkungan masing-masing. Dengan adanya kelima puluh lima perpustakaan percontohan ini, yang cara-cara penyelenggaraan dan kegiatan-kegiatan lainnya dapat dipergunakan sebagai contoh untuk ditiru, dan sekelompok guru pelaksana perpustakaan yang mampu membina rekan-rekan me.reka di sekolah-sekolah lain, perkembangan perpustakaan seko_lah dasar diharapkan akan mengalami kemajuan yang pesat_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>