Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116500 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fatni Yanti
"English is one of means of International communication. it is compulsory suject in Senior High School.There arefour skills, listening , speaking , reading , writing in learning English. "
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Johanes Anggara Mustika Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus kepada peningkatan pemahaman membaca pelajar SMP dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Selain itu, penelitian ingin mengetahui sikap mereka terhadap pembelajaran kolaboratif. Menurut Barkley, Cross, Major 2005 , metode pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan pemahaman membaca pelajar. Penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan di dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pelajar di kelas eksperimen berjumlah 15 orang dan pelajar yang belajar di kelas control berjumlah 12 orang. Peneliti merupakan pengajar di kedua kelas tersebut. Kedua kelas diberi tes awal dan tes akhir yang menguji pemahaman membaca mereka. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif selama satu bulan. Pelajar di kelas eksperimen juga mencatat kegiatan mereka dalam lembar evaluasi diri dan lembar evaluasi teman sejawat. Di kelas kontrol, kegiatan belajar berjalan seperti biasa dengan materi pelajaran yang disamakan dengan materi yang digunakan di kelas eksperimen. Setelah perlakuan selesai, kelas eksperimen dan kontrol diberikan tes akhir. Di kelas eksperimen, peneliti juga membagikan kuesioner untuk mengukur sikap mereka terhadap metode pembelajaran kolaboratif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pelajar SMP. Selain itu, sikap pelajar, yang secara keseluruhan bersikap positif, berkolerasi terhadap keberhasilan metode pembelajaran kolaboratif.

ABSTRACT
This research focuses on improving the reading comprehension of junior high school students by using collaborative learning method. In addition, this study also aims to observe their attitudes toward collaborative learning. The research was conducted at an English language institution in Jakarta. This research applied an experimental research approach with 15 students in the experimental class and 12 students in the control class. The researcher was the teacher in both classes. Both classes were given the pre test and post test to assess their reading comprehension. The experimental class was taught using the collaborative learning method for one month. Students in the experimental class also recorded their activities. Meanwhile in the control class, the learning activities applied the regular learning approach. After the program was completed, the experimental and control classes were given a post test. In the experimental class, the researcher also distributed a questionnaire to assess students rsquo attitudes towards the collaborative learning method. The results of this study have revealed that the collaborative learning method is quite effective in improving the reading comprehension of junior high school students. In addition, the attitudes of junior high schools were mostly positive and have contributed to the success of implementing the collaborative learning method. "
2017
T49654
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester kedua pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya pada tahun akademik 2003-2004. Data didapatkan melalui tes, observasi, kuesioner, wawancara, rekaman audio-visual, catatan lapangan, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran membaca dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca mahasiswa. Berdasarkan cloze test procedure, tingkat membaca mahasiswa pada tingkat independen dapat ditingkatkan, tingkat instruksional dapat dikurangi, dan tingkat frustasi dapat dihilangkan. Berdasarkan hasil multi tes, kemampuan membaca literasi, inferensi, reorganisasi, evaluasi, dan apresiasi dapat dikembangkan."
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Noviarti Rahayu
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelibatan Reading to Learn (R2L) dalam pengajaran Digital Multimodal Composing (DMC) teks eksplanasi dan implikasinya pada tulisan pemelajar. R2L merupakan sebuah program pengajaran yang dikembangkan berdasarkan teori Systemic Functional Linguistics (SFL) yang telah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan literasi pemelajar dalam berbagai konteks pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, spesifiknya studi kasus yang dilakukan di sebuah Sekolah Menengah Atas di Depok. Dua jenis data diperoleh dalam penelitian ini. Data pertama berupa observasi implementasi R2L dan analisis tulisan pemelajar kelas XII tingkat sekolah menengah atas berupa teks eksplanasi multimodal jenis digital. Data observasi merupakan laporan dari pelaksanaan R2L sebagai bentuk intervensi pengajaran dan interpretasi ke dalam konteks pengajaran di kelas. Data berupa teks visual dan tertulis pemelajar dianalisis menggunakan kerangka SFL yang berfokus pada teori perkembangan bahasa tulisan dan visual. Terdapat beberapa temuan penting dalam penelitian ini. Pertama, implementasi R2L dilakukan melalui dua bagian intervensi dengan dua topik yang berbeda. R2L diaplikasikan dnegan memilih tahapan strategi R2L. Temuan berdasarkan analisis tulisan pemelajar menunjukkan signifikansi implementasi R2L pada perkembangan tulisan pemelajar yang meliputi perkembangan pemahaman genre, perkembangan gramatika dan kosa kata, serta perkembangan pemahaman fungsi representasional elemen visual pada produk teks ekspalanasi multimodal. Temuan perkembangan tulisan pemelajar tersebut menunjukkan bahwa pengaplikasian R2L dalam pengajaran menulis teks eksplanasi multimodal digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pemelajar. Temuan tersebut merekomendasikan penelitian mengenai pengaplikasian R2L untuk konteks lainnya, serta menekankan pentingnya penelitian berkelanjutan untuk menyempurnakan dan memperluas penelitian tentang dampak R2L terutama dalam penulisan teks multimodal digital.

This research aims to investigate the involvement of Reading to Learn (R2L) in teaching Digital Multimodal Composing (DMC) explanation text and its implications on students' writing. R2L is a teaching program developed based on Systemic Functional Linguistics (SFL) theory which has been proven to be successful in increasing students' literacy skills across the globe. This research is qualitative in nature, specifically a case study which was conducted at a high school in Depok. Two types of data were obtained in this research. The first data is in the form of observations of the implementation of R2L in that the account of R2L implementation is reported. The second data is drawn from the analytical results of the students’ written and visual texts before and after the R2L implementation. The data obtained in the form of students’ visual and written texts were analyzed using SFL frameworks focusing on the theory of written and visual language development. There are several important findings in this research. First, R2L implementation is carried out through two intervention parts with two different topics. R2L is applied through selected the R2L stages. Findings based on the analysis of students' writing show the significance of the implementation of R2L on the development of students' writing, including the development of genre understanding, the development of grammar and vocabulary, as well as the development of understanding the representational function of visual elements in multimodal explanation text product. These findings indicate promising R2L application in teaching digital multimodal explanation composition and improving students' writing skills. These findings suggest further research on the application of R2L in other contexts in order to refine the results of R2L application especially in digital multimodal text writing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Article described the code sound reading system applied in I Can Read(ICR) Greenville language center. The research was done qualitatively through the observation of teaching and learning process in three different classes of ICR I level at the center. A pre-test and post-test for reading were taken from Book 2 of ICR 1. Participants were three classes with three different teachers having different working experiences. The results of the research were: (l) the use of code sounds in reading was useful to improve students' reading skill which was shown by the increasing of correctly pronounced code sounds, (2) the students' reading skill and reading comprehension had improved, regardless the teachers' teaching style. In conclusion, a code sound reading system is successful in helping students to improve their reading skill and reading comprehension regardless the teachers teaching style."
LINCUL 8:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
London: Falmer Press, 1995
372.4 EME
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sylvana Uli Basa Evi Dame Manaloe
"ABSTRAK
Pada penelitian ini intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy adalah dengan memberikan pelatihan pemahaman bacaan melalui self expalanation reading training (SERT) sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan berbagai strategi memahami bacaan yang terdapat di SERT. Selain itu, memberikan pelatihan memahami bacaan dengan SERT dapat membuat siswa mengembangkan kemampuan untuk meregulasi proses memahami bacaannya secara mandiri sehingga siswa merasakan pengalaman keberhasilan dalam memahami bacaan ekspositori. Penelitian ini menggunakan single subject design pada siswa dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, diketahui bahwa melatih pemahaman bacaan melalui self explanation reading training yang diberikan efektif dalam meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy pada siswa kelas 4 SD.

ABSTRACT
This research using intervention in order to improve reading comprehension and reading self-efficacy by providing training through self explanation reading training (SERT) so that student is expected to improve its ability to explain the content of the reading materials using a variety of reading comprehension strategies contained in SERT. In addition, providing a training activity to understand the reading materials using SERT can make the student develop the ability to regulate the process of reading on their own understanding, so that student experienced success in expository reading comprehension. This research uses a single subject design with the selection of the student sample using purposive sampling. After analyzing the results between pre-test and post-test results, it is understood that the given reading comprehension through self-explanation reading training proved as effective in improving reading comprehension and reading self-efficacy on fourth grade elementary student."
2013
T36741
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>