Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126837 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arman Harijanto
"ABSTRAK
Melalui televisi konsumen tidak hanya menikmati program-program televisi yang disajikan melainkan juga memperoleh informasi. Salah satu bentuk informasi
yang ditayangkan melalui televisi adalah iklan. Dari seluruh media yang ada, televisi merupakan media terefektif bagi pengiklan untuk mengkomunikasikan produk / Jasa nya kepada target pasar. Kenyataan membuktikan bahwa di kota besar di Indonesia terdapat 80% pria dan wanita dan seluruh penduduk, menonton televisi.
Berbagai pesan atau informasi mengenai produk / jasa perusahaan direncanakan sedemikian rupa agar dapat diterima oleh target pemirsa yang tepat. Berkaitan dengan perencanaan tersebut, perusahaan umumnya menggunakan biro iklan. Di dalam biro iklan terdapat media planning department yang terkait dengan
proses mendesain sebuah perencanaan periklanan baik waktu maupun media yang tepat. Para media planner di dalam membuat suatu perencanaan media di televisi
mengacu pada angka rating.
Setiap program televisi dapat diukur jumlah pemirsanya melalui suatu alat yang dinamakan people meter. Alat inilah yang menghimpun data kepemirsaan televisi yang akhirnya menghasilkan suatu angka rating program. Jika pengiklan hendak mengkomunikasikan produk / jasa yang ditawarkan ke sebanyak mungkin orang, maka seorang media planner akan menempatkan iklan perusahaan pada program yang ratingnya tinggi. Perusahaan yang juga dinamakan sebagai pengiklan dalam konteks ini, menginginkan agar produk / jasa dapat dikomunikasikan dengan efektif kepada target pasarnya.
Rating televisi dianggap sebagai satu-satunya dasar untuk membantu media planner dalam mencari dan menentukan program yang tepat bagi produk / jasa pengiklan. Di sisi lain rating tersebut mengandung banyak pertanyaan khususnya mengenai keabsahan angka rating. Pertanyaan tersebut umumnya berkisar mengenai
metode riset. jumlah sampel dan validitas rating serta banyak hal lainnya. Oleh karena itu perlu dievaluasi sampaì seberapa jauh para media planner memanfaatkan
angka rating yang diperoleh dengan kondisi dimana rating televisi tersebut masih dianggap mengandung banyak kekurangan dan kritìk.
Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai kegunaan rating televisi bagi media planner. Disamping itu, penelitian ini ingin memperoleh gambaran mengenai penilaian para Media planner terhadap rating serta manfaat yang diperoleh melalui analisis rating.
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah rating yang diartikan sebagai jumlah rumah tangga atau orang yang ditarget untuk sebuah program, jaringan. stasiun atau komersial khusus, Pengembangan dan konsep tersebut
di Iengkapi dengan ulasan analisis rating beserta rnanfaatnya masing-masing. Analisis tersebut secara garis besar dapat dipilih berdasarkan analisa penonton. analisa program dan analisa jangkauan. Berbagal kritik dan pendapat banyak pihak, memberikan gambaran yang lebih Iengkap untuk memahami keadaan rating televisi
dalam penggunaannya.
Metode penelitian diakukan dengan menggunakan dua tahap riset yaitu riset eksploratori dan riset deskriptif. Salah satu cara yang dilakukan dalam riset
eksploratori adalah melakukan in-depth interview dengan media planner dari pihak AC Nielsen Indonesia Metode pengumpulan data yang digunakan adalah self-administered survey. Evaluasi rating diukur pada skala ordinal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dan analisa asosiatif
dengan menggunakan SPSS v.10.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa para media planner pada dasarnya memiliki pengetahuan yang baik terhadap metode pengujian rating. alat ukur yang digunakan, perhitungan rating dan survei kepemirsaan televisi Tingkat pengetahuan tersebut lebih dipengaruhi oleh karakteristik individual. Responden juga mengetahui
dengan baik penggunaan alat analisis rating namun mereka merasa kurang puas dengan rating televisi. Sementara itu, tingkat pengetahuan media planner mengenai alat analisis rating lebih dipengaruhi oleh TV AdSpend yang ditangani. Rating masih dianggap sebagai satu-satunya alat terbaik (saat ini) yang digunakan sebagai dasar
untuk melakukan perencanaan media di televisi.
Beberapa saran diberikan kepada AC Nielsen, media planner dan pengiklan, AC Nielsen diharapkan dapat mengedukasi pengiklan agar tidak mendasarkan keputusan beriklan hanya dengan melihat program berating tinggi. Dalam proses itu, AC Nielsen juga perlu memberikan penjelasan mendalam mengenai keberadaan rating terniasuk metode pengujian, perhitungan dan sebagainya. Adopsi teknologi terbaru dalam survei kepemirsaan televisi dapat semakin mempermudah biro iklan dalam merencanakan media di televisi.
Media planner hendaknya lebih berkonsentrasi pada tujuan media yang jelas
agar perencanaan yang dibuatpun benar-benar menjawab apa yang dibutuhkan oleh
pengiklan, Biro iklan sebaiknya juga berfungsi sebagai fungsi kontrol dan media
buyer harus dapat menilai kesesuaian antara karakteristik program dengan
karakteristik produk atau jasa yang akan dikomunikasikan kepada target konsumen.
Profil target pemirsa sangat penting dalam perencanaan media termasuk media
televisi.
Para media planner, pengiklan serta perencana program di stasiun televisi
semakin cermat menanggapi adanya pergeseran preferensi konsumen. Cara yang
dapat dilakukan adalah membentuk bagian riset kepermirsaan secara internal yang
akhirnya, membantu perencanaan media dengan Iebih efektif dan menjawab
kebutuhan pengikian.
P3I sebagai lembaga periklanan yang mengelola keberadaan organisasi
perikianan di Indonesia, diharapkan dapat mendorong dan mengusulkan kepada
pemerintah. Usulan tersebut berupa suatu upaya untuk berdirinya sebuah lembaga
riset kepemirsaan televisi lain agar survei kepemirsaan televisi dapat
dipertanggungiawabkan dan menjadi masukan yang berarti bagi insan periklanan di
Indonesia.
"
2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Keisha Meutiarani Mongula
"ABSTRAK
Makalah ini membahas tentang bagaimana framing NYTimes.com terhadap berita mengenai Islam dan bagaimana Islam sebagai agama dikonstruksikan dalam pemberitaan tersebut. Cara media tersebut menampilkan, memilih dan memilah fakta yang ditonjolkan dalam pemberitaan penting untuk diteliti karena setiap media massa mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan daya yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis framing dan perspektif analisa kritis wacana media.
ABSTRACT
This paper discusses how NYTimes.com 39 s framing of news about Islam and how Islam as a religion is constructed in its preaching. The way the media show, select and sort the facts highlighted in the news is important to be studied because each mass media has a different tendency. The data was the collected through literature study and the collected data were analyzed by framing analysis method and perspective of critical analysis of media discourse."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Syarief
"ABSTRAK
Saga Penistaan Agama rdquo; oleh Basuk Cahaya Purnama menyita berbagai varian opini publik dan terdispersi kedalam sentimen-sentimen tertentu. Demikian dampaknya tidak terhenti pada wacana mengenai ldquo;radikalisme Islam rdquo;, akan tetapi secara riil terkontestasikan pada aksi yang lebih konkrit di dalam dunia nyata. Wacana ini membuka serangkaian debat publik di media sosial yang dikontestasikan melalui media framing. Secara umum, penelitian dengan topik serupa melihat framing sebagai pencipta wacana melalui pembelokan makna kebahasaan dan memuat berbagai kepentingan tertentu terhadap subyeknya. Sedangkan, penelitian ini berupaya menyingkap pembingkaian wacana ldquo;radikalisme rdquo; pada ldquo;Aksi Bela Islam rdquo; beserta konskuensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa analisis framing diserta beberapa wawancara mendalam untuk melihat relevansi mengenai wacana terkait

ABSTRACT
Ahok Blasphemy rsquo s Saga seized variants of public opinion and dispersed into certain sentiments. Thus, the impact doesn rsquo t cease in the discourse on 39 radicalism 39 . But in real terms, it also contested in many concrete actions in the real world. This discourse contributes towards a series of public debates on social media which contested by media framing. Commonly, some research with similar topics sees framing as a discourse creator through the deflection of linguistic meaning and contains certain interests to the subject. Meanwhile, this research seeks to uncover the framing of the radicalism discourse on the Aksi Bela Islam and the impact of the framing. This study used a qualitative approach in framing analysis and several in depth interviews to see the relevances of the related discourse."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: InsistPress, 2015
302.23 ORD
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizah
"Penelitian ini berusaha melihat penerapan peraturan dean pers dalam pembingkaian bunuh diri di media sebagai upaya pencegahan bunuh diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing yang dikembangkan oleh Robert N. Entman. Objek yang diteliti yaitu berita terkait bunuh diri yang dipublikasikan melalui media daring dengan sampel lima berita dari lima media yang berbeda, diambil dari Maret 2020 hingga Agustus 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media belum sepenuhnya menerapkan peraturan dewan pers terkait pemberitaan bunuh diri dan pemberitaan yang dilakukan belum berfokus pada upaya pencegaham bunuh diri.

This research tries to see the application of Press Council regulation about suicide coverage in media as suicide prevention. The method used is qualitative approach with framing analysis method developed by Robert N. Entman. The object under study is news articles about suicide published on online media with a sample of 5 news articles from 5 different media, taken from March 2020 to August 2020. The result of this study shows that media has not applied Dewan Pers regulation about suicide and the news coverage has not focused on suicide prevention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jauza Alayya
"Peristiwa terorisme memiliki nilai berita dan tidak mungkin dilewatkan oleh media. Pemberitaan terorisme dalam pandangan kritis tidaklah bebas nilai melainkan dipengaruhi banyak hal termasuk kepentingan dan ideologi media. Peran media dalam pemberitaan terorisme tidak hanya menyampaikan dan menyediakan informasi, melainkan mengkonstruksi realitas melalui wacana media yang menghasilkan wacana publik. Penelitian ini berupaya untuk menggambarkan wacana terorisme oleh media Jawa Pos pada peristiwa terorisme tahun 2018, sekaligus berupaya untuk menjelaskan faktor apa saja yang berpengaruh dalam pembentukan wacana. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis wacana kritis milik Fairclough yakni melalui tahapan analisis teks, analisis praktik diskursif, sampai dengan analisis sosial budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberitaan terorisme tahun 2018, 1) Surat kabar Jawa Pos memiliki ketertarikan khusus terhadap isu terorisme, 2) Pro pemerintah, yakni fokus pada menyoroti tindakan sekaligus keberhasilan pemerintah dalam menangani aksi terorisme, yang secara tidak langsung merupakan upaya Jawa Pos untuk mengkonstruksi realitas tertentu yakni mengarahkan agar publik mempercayai bahwa pemerintah telah melakukan banyak hal dan aksi terorisme ditangani dengan baik oleh pemerintah, 3) Pemberitaannya dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor individu, rutinitas media, organisasi media, ekstra media, dan ideologi media. Ideologi media tercatat sebagai faktor yang memegang peranan paling penting pada terciptanya wacana pro pemerintah melalui pemberitaan yang disajikan, dan 4) Pemberitaan terorisme versi Jawa Pos telah dijalankan dengan memegang prinsip jurnalisme positif sekaligus melakukan upaya counter-terrorism.

Terrorist events have news value and cannot be ignored by the media. Reporting on terrorism in a critical view is not value-free but is influenced by many things including media interests and ideology. The role of the media in reporting on terrorism is not only conveying and providing information, but also constructing reality, namely through media discourse to produce public discourse. This study attempts to describe the terrorist discourse carried out by the Jawa Pos during the 2018 terrorism incident, while at the same time trying to describe the factors that influence the formation of this discourse. The research was conducted using the Fairclough critical discourse analysis method, namely through the stages of text analysis, analysis of discursive practices, to socio-cultural analysis. The results of the study show that in reporting on terrorism in 2018, 1) Jawa Pos has special interest in the issue of terrorism, 2) Jawa Pos is pro-government, focus on highlighting the actions and success of the government in dealing with acts of terrorism, which is indirectly an attempt by Jawa Pos to constructing a certain reality, namely directing the public to believe that the government has done many things and terrorism issue are well handled by the government, 3) Terrorism news are influenced by several factors, namely individual factors, media routines, media organizations, extra media, and media ideology. Media ideology is recorded as the factor that plays the most important role in the creation of pro-government discourse through the news it presents, and 4) The Jawa Pos version of terrorism reporting is also carried out by upholding the principles of positive journalism and counter-terrorism."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fairclough, Norman
London: Hodder Education, 1995
302.23 FAI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Nur Syamsiah
"Penelitian yang berjudul "Pengaruh Orientasi Media Terhadap Perceived Realism Berita di Televisi" ini berusaha untuk mengukur pengaruh variabel ritualized, instrumental, afinitas televisi, dan audience activity terhadap variabel perceived realism berita konflik Mesuji di televisi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Universitas Indonesia sebanyak 277 responden dengan metode kuantitatif dan analisis Structural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan tingkat perceived realism mahasiswa terhadap berita konflik Mesuji cenderung rendah. Tidak terdapat hubungan antara variabel ritualized, instrumental, afinitas televisi, dan audience activity terhadap perceived realism. Namun terdapat hubungan antara variabel ritualized dengan afinitas televisi dan variabel instrumental dengan audience activity.

This study titled "The Influence of Media Use Orientation to Perceived Realism of Conflict News in Television" mesured the influence of ritualized, instrumental, television affinity, and audience activity to perceived realism of Mesuji conflict news on television. The study was conducted to 277 University of Indonesia students with quantitative method and Structural Equation Model (SEM) analysis.
The result showed student perceived realism to Mesuji conflict news tended to be low. There were no relationships from ritualized, instrumental, television affinity, and audience activity to perceived realism. But there was relationship between ritualized and television affinity, also between instrumental and audience activity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Risya Rahmalia
"Seorang anak keturunan Jepang yang berhasil menjadi kepala negara di negara lain dan berhasil membangkitkan perekonomian negara tersebut dari keterpurukan dan juga berhasil memerangi terorisme yang sejak lama telah menjadi momok bagi masyarakat Peru?, itulah hal yang selalu dielu-elukan oleh Jepang terhadap sosok Alberto Fujimori, mantan Presiden Peru 1990-2000, walaupun segudang kasus kriminal telah ia lakukan selama masa pemerintahannya hingga akhirnya ia pun kabur ke Jepang.
Fokus penelitian ini adalah mengenai pemberitaan media massa Jepang akan sosok Alberto Fujimori setelah beliau "kabur" ke Jepang, yaitu akhir tahun 2000. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana citra Alberto Fujimori digambarkan melalui pemberitaan media massa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data primer artikel-artikel surat kabar Jepang dan data sekunder berupa buku bacaan yang berkaitan dengan tema penelitian.
Analisis dalam penelitian ini berupa kutipan artikel surat kabar Jepang yang kemudian dikaji melalui teori analisis wacana kritis. Pada akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa citra Alberto Fujimori yang digambarkan melalui pemberitaan media massa Jepang adalah citra baik. Meskipun terdapat pemberitaan kontra, namun hal tersebut tidak mengubah citra baik Fujimori di media Jepang.

A son of Japanese immigrant who became a President in another country outside Asia and successfully save the country from economic failure and fight against terrorism which is already appear from many years before and threatening Peru's society?, that was the things which is always become a pride for Japanese people about it's descent, Alberto Fujimori a former President of Peru for 1990-2000, although so many criminal cases he has done during his regime until he finally fled to Japan.
The focus of this research is how the Japanese mass media news describe about this figure after he "escaped" to Japan at the end of 2000. The purpose of this research is to examine image of Alberto Fujimori illustrated through the Japanese mass media. The method of this research is qualitative with newspaper articles as the primary data and several books which is related with the theme as the secondary data.
The analysis of this research is quotation from newspaper articles and analyzed it with critical discourse analysis theory. Finally this research concluding that the image of Alberto Fujimori which is described by Japanese mass media is good image. Although there are negative news about Fujimori does exist too but it doesn't change the good image of Fujimori in the Japanese media.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>