Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168628 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sagala, Jakson Harianto Johannes
"Teknologi End to End QoS Quality of Services adalah teknologi pemrioritasan trafik pada jaringan IP Internet Protocol dan solusi bagi permasalahan delay yang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya, dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP Traffic Handling Priority/Allocation Retention Priority dan dikontrol oleh perangkat PCRF Policy and Charging Rule Function untuk mekanisme pentarifan.PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utama dalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunan pertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanan konvensional SMS dan suara menjadi layanan OTT Over The Top . Hal ini terlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End to End QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiata saat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis layanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untuk pendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18 .Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemen strategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini di internal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats dan QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan strategi utama dan pendukung.Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. Menurut Pearce and Robinson 1998 , perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisi strategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT. XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk terus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatan teknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yang dikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkala berdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringan mendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan dan perawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja.
Technology of End to End QoS Quality of Services is a traffic prioritization technology in IP Internet Protocol based network and the solution for delay problem caused by IP network characteristics. In its development, THP ARP Traffic Handling Priority Retention Priority Allocation feature is used for data services prioritization and controlled by the PCRF Policy and Charging Rule Functin for the pricing mechanism.PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor in maintaining the network quality and the main solution for revenue growth decreasing trend as result of displacement use of conventional services SMS and voice into OTT over The Top services. This is evident from the lack of planing for maintenance mechanism for End to End technology and THP ARP feature have not been exploited on the PT. XL Axiata 39 s product. Though the THP ARP feature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while the contribution of data services is only about 18 for revenue of PT. XL Axiata.Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy management theory, by identifying associated internal and external factors with the technology, then map it to SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats and QSPM Quatitative Strategic Planning Matrix analysis to determine primary and supporting strategies.Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I and according to Pearce and Robinson 1998 , companies that are in the quadrant has a good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaning PT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue to expand, growing, and achive the maximum progress.In order to make the progressive strategy implementation running well, it requires good maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combined with QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on the combination of a specific time period or network growth gain greater value than no maintenance option, and maintenance options based on the time period only or network growth only."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagala, Jakson Harianto Johannes
"ABSTRAK
Teknologi End to End QoS (Quality of Services) adalah teknologi pemrioritasan
trafik pada jaringan IP (Internet Protocol) dan solusi bagi permasalahan delay
yang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya,
dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP (Traffic
Handling Priority/Allocation Retention Priority) dan dikontrol oleh perangkat
PCRF (Policy and Charging Rule Function) untuk mekanisme pentarifan.
PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utama
dalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunan
pertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanan
konvensional (SMS dan suara) menjadi layanan OTT (Over The Top). Hal ini
terlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End to
End QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiata
saat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis
layanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untuk
pendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18%.
Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemen
strategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini di
internal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan QSPM (Quantitative
Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi utama dan pendukung.
Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. Menurut
Pearce and Robinson (1998), perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisi
strategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT.
XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk
terus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.
Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatan
teknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yang
dikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkala
berdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringan
mendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan dan
perawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja

ABSTRACT
Technology of End to End QoS (Quality of Services) is a traffic prioritization
technology in IP (Internet Protocol) -based network and the solution for delay
problem caused by IP network characteristics. In its development, THP/ARP
(Traffic Handling Priority/Retention Priority Allocation) feature is used for data
services prioritization and controlled by the PCRF (Policy and Charging Rule
Functin) for the pricing mechanism.
PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor in
maintaining the network quality and the main solution for revenue growth
decreasing trend as result of displacement use of conventional services (SMS and
voice) into OTT (over The Top) services. This is evident from the lack of planing
for maintenance mechanism for End to End technology and THP/ARP feature
have not been exploited on the PT. XL Axiata's product. Though the THP/ARP
feature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while the
contribution of data services is only about 18% for revenue of PT. XL Axiata.
Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy management
theory, by identifying associated internal and external factors with the technology,
then map it to SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) and
QSPM (Quatitative Strategic Planning Matrix) analysis to determine primary and
supporting strategies.
Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I and
according to Pearce and Robinson (1998), companies that are in the quadrant has
a good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaning
PT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue to
expand, growing, and achive the maximum progress.
In order to make the progressive strategy implementation running well, it requires
good maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combined
with QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on the
combination of a specific time period or network growth gain greater value than
no maintenance option, and maintenance options based on the time period only or
network growth only."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T47068
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchammad Ghofur Al Amin
"Seiring dengan perkembangan dalam teknologi seluler, telah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan dari jaringan, perangkat hand phone dan jumlah aplikasi yang tersedia, terjadi ledakan permintaan akan layanan data. Pengembangan jaringan secara masif untuk jaringan seluler generasi 2G, 3G dan 4G turut memacu pertumbuhan layanan data. Berdasarkan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Kualitas Jasa Teleponi Dasar Pada Jaringan Bergerak Seluler, standar tolok ukur QoS hanya dilakukan untuk jenis layanan suara.
Dalam penelitian ini akan dilakukan proses analisis terhadap performansi QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler di DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Depok, Indonesia dengan sistem uji petik secara drive test dan static test. Pada proses drive test dilakukan uji coba untuk aplikasi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk static test dilakukan uji coba aplikasi PING. Untuk melengkapi hasil analisis dilakukan dengan benchmarking terhadap regulasi layanan data pada ETSI, MCMC, IDA, dan Ofcom.
Diharapkan hasil penelitan ini dapat menjadi gambaran secara utuh terhadap performansi QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler yang dapat indikator penting dalam menentukan parameter QoE dan QoS layanan data guna perbaikan regulasi pada penentuan standar tolok ukur QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler di Indonesia.

Along with the development in the mobile technology, there has been a significant increase in the ability of the network, the device is a mobile phone and the number of applications available, causing explosion in demand for data services. Massive's network development for 2G, 3G and 4G mobile netowork helped increasing the growth of data services. Based on the regulation of the Minister of Communication and Information number 16 of 2013 on Basic Telephone Service Quality Standard On Mobile Cellular Network, the measurement of QoS is only done for voice services.
In this study we will perform an analysis of the performance of QoS and QoE data services on mobile networks in Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor and Depok, Indonesia with pick-test system as drive test and static test. In the drive test conducted trials for application HTTP (Hypertext Transfer Protocol) and for the static test trials conducted PING application. The results of the analysis is completed with regulation benchmarking on data services at the ETSI, MCMC, IDA, and Ofcom.
Expected results of this research can be a full picture of the performance of QoS and QoE data services on mobile networks that can be an important indicator in determining the parameters of QoE and QoS data services for the improvement of the regulation on the standard QoS and QoE data services on mobile networks in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Ronald
"Internet Protocol Television (IPTV) merupakan suatu layanan multimedia seperti TV, video, audio, text, grafik, dan data yang dikirim melalui jaringan berbasis Internet Protocol (IP) yang membutuhkan suatu level quality of service (QoS). Internet Protocol Multimedia Subystem yang dikenal dengan IMS adalah suatu teknologi dimana layanan komunikasi multimedia multi akses pada jaringan IP dengan memberikan suatu Jaminan QoS. Dengan layanan IPTV melalui IMS diharapkan layanan IPTV dapat diakses dari jaringan akses yang berbeda. Dari hasil testbed IPTV melalui IMS, pelanggan yang melakukan roaming di visited network pada jaringan wireless ketika putus dari jaringan dan mendapatkan sinyal kembali tidak perlu melakukan register ulang. Dan dari hasil pengukuran semakin tinggi video bit rate dari server IPTV, throughput semakin tinggi sedangkan delay dan jitter semakin menurun. Nilai dari delay lebih kecil dari 32 ms dan jitter lebih kecil dari 20 ms, masih dalam range spesifikasi standard ITU-T Y.1541.

Internet Protocol Television (IPTV) is multimedia services such as TV, video, audio, text, graphics, and data that sent through the network based Internet Protocol (IP), which requires a level of quality of service (QoS). Internet Protocol Multimedia Subsystem known as IMS is a technology where multi-access multimedia communication services on IP networks by providing a QoS guarantee. With IMS based IPTV service is expected to be accessible from different access networks. From the results of testbed IMS based IPTV, user who is roaming in the visited network on wireless networks when disconnected from the network and get the signal back do not need to register again. And from the result of measurement the higher video bit rate of the server IPTV, the higher throughput while the lower delay and jitter. The value of delay is below 32 ms and jitter is below 20ms, still in range specification standard ITU-T Y.1541."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27917
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"End to End Quality of Service is a way to provide data package service in a telecommunication network that based on Right Price, Right Service Level, and Right Quality. The goal of this research is to analyze the impact of End to End QoS use on 3G telecommunication network for voice service and data. This research uses an analysis method by doing the application on the lab. The result that is achieved in this research shows that End to End QoS is very influental to the Service Level Agreement to the users of the telecommunication service.
"
621 COMMIT 6 (1-2) 2012
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Toufik Gozali
"ABSTRAK
PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) merupakan perusahaan yang memiliki usaha utama dibidang penyelenggaraan jaringan, jasa telekomunikasi dan informatika. Berbagai jenis produk Telkom dihasilkan dengan berbasiskan teknologi jaringan internet protocol (IP) yang didukung oleh luasnya infrastruktur telekomunikasi Telkom. Pada kondisi terjadi gangguan infrastruktur yang berakibat saturasi bandwidth diharapkan layanan dapat beroperasi dengan kualitas yang baik sesuai dengan service level agreement (SLA) produk dan jenis pelanggan. Fakta yang terjadi pada saat keadaan saturasi bandwidth yaitu performansi layanan koneksi data dan internet menjadi lambat, tidak dapat melakukan panggilan telpon serta terjadi penurunan kualitas layanan televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan QoS yang ideal terhadap jenis produk berbasis IP pada infrastruktur backbone Telkom agar memberikan prioritas traffic pada saat terjadi saturasi bandwidth. Rancangan QoS bersumber pada studi komposisi biaya setiap jenis produk, SLA, segmen pelanggan, dan utilisasi penggunaan bandwidth pada infrastruktur Telkom. Dalam keadaan infrastruktur normal, penerapan QoS ini tidak memiliki pengaruh terhadap penerapan proses antrean paket pada network element infrastruktur jaringan. Sebaliknya, implementasi QoS sangat berguna jika terjadi traffic congestion yang berakibat pada saturasi bandwidth. Dengan diterapkannya QoS pada setiap network element infrastruktur jaringan akan memberikan jaminan bandwidth dan preferensi prioritas bagi masing-masing jenis produk berbasis IP.

ABSTRACT
PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) is a company whose core business is in network operations, telecommunications services and informatics. Various types of Telkom products are produced based on internet protocol (IP) network technology which is supported by the broad telecommunications infrastructure. In conditions of infrastructure disruption, it is expected that services can operate with good quality in accordance with the product service level agreement (SLA) and type of customer. The fact that the performance of data connection services and the internet becomes slow, unable to make telephone calls and low quality of television services. This study aims to determine the ideal QoS design for IP-based products on Telkom's backbone infrastructure when bandwidth saturation occurs. The QoS design is based on the study of cost composition in each products, SLA, customer segment, and bandwidth usage utilization. In normal operation, the application of QoS has no effect on the implementation of the packet queue process on network infrastructure element networks. Conversely, QoS implementation is very useful if there is traffic congestion which results in bandwidth saturation. With the implementation of QoS on each network element, network infrastructure will provide bandwidth guarantees and priority preferences for each type of IP-based product.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Krisna Juanita
"Skripsi ini membahas mengenai implementasi Policy Control Rules Function (PCRF) pada jaringan OpenIMSCore. PCRF berfungsi sebagai penentu kebijakan pada OpenIMSCore dalam pengaturan Quality of Service (QoS). QoS dapat menjamin layanan OpenIMScore agar dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Implementasi PCRF dilakukan untuk memodelkan suatu jaringan OpenIMSCore dalam pengaturan bandwidth yang diberikan kepada layanan yang ada. Instalasi PCRF membutuhkan komponen penting yaitu protocol DIAMETER yang memiliki peranan dalam Authentication, Authorization, and Accounting (AAA). PCRF terhubung langsung dengan P-CSCF sehingga pada P-CSCF juga harus dilakukan pengaturan protocol DIAMETER agar dapat tersambung dengan PCRF.

This paper discusses the implementation of the Policy Control Rules Function (PCRF) on the OpenIMSCore network. PCRF functions as a determinant in setting policy on OpenIMSCore Quality of Service (QoS). QoS can guarantee OpenIMScore services in order to operate as expected. Implementation PCRF performed to model a OpenIMSCore network in bandwidth settings given to existing services. Installation requires a critical component of PCRF DIAMETER protocol that has a role in the Authentication, Authorization, and Accounting (AAA). PCRF is connected directly to the P-CSCF to the P-CSCF should also be performed DIAMETER protocol settings in order to connect to the PCRF."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1849
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Rizkiyanto
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas jaringan Virtual Private Network (VPN) yang
merupakan metode komunikasi pada jaringan publik yang aman, dengan
melakukan tunneling dan enkripsi. Teknologi terbaru dari VPN adalah Dynamic
Multipoint VPN (DMVPN) yang dapat melakukan komunikasi ke banyak jaringan
lokal secara mudah, dibandingkan dengan VPN, karena bekerja secara multipoint.
Perbedaan antara DMVPN dengan VPN, seperti cara membuat tunnel dan
konfigurasi, tidak jauh berbeda. Pada penulisan ini akan dibahas perbedaan kedua
metode VPN dan DMVPN dalam Quality of Service (QoS) tertentu, seperti delay,
jitter, dan throughput. Metode yang digunakan untuk mengukur QoS tersebut
adalah dengan melakukan berbagai komunikasi, seperti video streaming, audio
streaming, dan pengiriman file antar jaringan lokal dengan menggunakan jaringan
VPN dan DMVPN. Hasil yang didapat dari penelitian ini, secara keseluruhan
pada aplikasi video call dan audio call, VPN memiliki QoS lebih baik
dibandingkan dengan DMVPN dengan perbedaan keseluruhan dibawah 10 %,
sedangkan untuk aplikasi file transfer, secara keseluruhan DMVPN lebih banyak
unggul dengan perbedaan yang sedikit lebih baik, hanya sekitar 5 %. Perbedaan
yang tidak terlalu jauh ini membuat DMVPN baik digunakan untuk komunikasi
data yang aman.

ABSTRACT
This thesis discusses about Virtual Private Network (VPN) network,
which is a secure communication method in public network using tunneling and
encryption. The latest VPN technology is Dynamic Multipoint VPN (DMVPN)
that can communicate to multiple local networks easily compare to VPN, because
it works in multipoint way. The differences between DMVPN and VPN, for
instance methods to make tunnels and configuration are not too contrast, In this
paper, the differences between the two methods, DMVPN and VPN, in a certain
Quality of Service, such as delay, jitter, and throughput. Methods which will be
used to measure QoS is by using various communications, such as video
streaming, audio streaming, and file transfer between local network that use VPN
and DMVPN network. By obtaining the data QoS from various type of
communications, it will be analyzed to get the best QoS method. The results
obtained from this research, overall the video call and audio call application, a
VPN has a better QoS than the DMVPN with differences below 10%, while for the file transfer application, DMVPN overall more superior with the difference
that a little better , only about 5%. The difference is not too much of this makes
good DMVPN used for secure data communication."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Abadi Arji
"Named Data Networking (NDN) adalah arsitektur jaringan baru yang diproyeksikan sebagai arsitektur jaringan masa depan. Tidak seperti jaringan konvensional yang bergantung terhadap model komunikasi client-server, model komunikasi NDN menggunakan data sebagai sebuah entitas. Oleh karena itu user hanya memerlukan sebuah aplikasi dan konten yang dibutuhkan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Penggunaan jaringan yang berbasiskan NDN diharapkan dapat meningkatkan performa transaksi data, karena pada jaringan berbasiskan NDN tidak terdapat lagi fungsi layer-layer komunikasi seperti konsep modem TCP/IP yang saat ini digunakan didunia. Direct Speech (DS) Aeronautical Fixed Service merupakan model komunikasi yang memungkinkan komunikasi dua arah antara  Air Traffic Controller (ATC). Untuk itu dibutuhkan sebuah model komunikasi yang dapat menangani aplikasi DS tersebut dengan performansi dan reliability yang baik. Pada penelitian ini dilakukan transimisi aplikasi DS dengan melewati jaringan berbasiskan NDN pada saat pengiriman datanya. Kinerja jaringan kemudian dievaluasi dengan menggunakan parameter round-trip delay, jitter, Mean Opinion Score (MOS)  dan menggunakan berbagai macam codec. Kemudian dapat ditarik kesimpulan apakah hasil yang didapat sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh otoritas penerbangan, selain itu juga dapat dilakukan perbandingan performansi antara DS dilewatkan pada jaringan NDN dengan DS yang dilewatkan pada jaringan berbasiskan TCP/IP. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi DS yang melewati jaringan berbasiskan NDN sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan. Namun terjadi penurunan kualitas round-trip delay, jitter dan MOS pada tiap codec yang diujikan jika dibandingkan dengan hasil yang didapat pada jaringan yang berbasiskan IP, dengan nilai MOS terbaik yang didapatkan adalah 3,9 dengan menggunakan codec G711u.

The use Named Data Networking (NDN) is a newly projected future network architecture. Unlike conventional networks that rely on client-server communication models, the NDN communication model uses data as an entity. Therefore users only need an application and the content needed to communicate with each other, using NDN-based networks that are expected to increase data transaction performance. Network based on NDN do not have functions of communication layers such as the concept of TCP / IP modems currently used in the world. Direct Speech (DS) Aeronautical Telecommunication is a communication model that enables two-way communication between Air Traffic Controllers (ATC). Therefore we need a communication model which can handle the Direct Speech with good performance and reliability. In this study DS application transmission is carried out by passing the network based on NDN at the time of data transmission. Network performance is then evaluated using round-trip delay, jitter, failover time parameters and by various type of codecs used to conclude whether the results obtained are in accordance with the standards set by the aviation authority. We evaluate DS transmission performance DS on NDN networks which is passed on TCP / IP based networks. Evaluation results show that DS applications that pass through an NDN-based network are in accordance with the standards set by the aviation authority. However, there is a decrease in the quality of round-trip delay, jitter and MOS in each tested codec compared to results obtained on IP-based networks. The best MOS value obtained is 3.9 using the G711u codec."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53213
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>