Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 219577 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Ihsan
"ABSTRAK
Lingkungan bisnis industri kayu dan furnitur telah berkembang dengan pesat dan semakin kompleks. Selain mementingkan fungsi dasar, banyak konsumen semakin mempertimbangkan desain sesuai selera pribadi guna mewakili jatidiri. Furnitur telah menjadi semakin bersifat identitas personal, sehingga konsumen cenderung menghindari membeli dengan desain dan produk yang sama dengan milik orang lain. Selain itu, sentimen isu lingkungan melalui isu ekolabeling turut membuat lingkungan bisnis industri kayu dan furnitur makin kompleks. Perubahan tersebut menuntut industri kayu dan furnitur meningkatkan mutu, desain dan standar eko-labeling dengan melakukan strategi inovasi yang tepat untuk menciptakan daya saing yang berkelanjutan .Inovasi menjadi dilema, untuk bertahan perusahaan dituntut meningkatkan efisiensi melalui optimalisasi resource, disisi lain harus berinvestasi mencari peluang atau produk baru. Akan tetapi penelitian sebelumnya menyatakan perusahaan yang sukses memiliki kemampuan inovasi yang dapat mengoptimalkan resource, sekaligus mencari cara, pasar, peluang, dan produk baru. Tujuan penelitian ini mengkaji anteseden yang mempengaruhi kemampuan inovasi pada perusahaan kayu dan furnitur di Jawa Tengah.Penelitian menggunakan unit analisis perusahaan kayu dan furnitur di Jawa Tengah dan teknik statistik yang digunakan adalah SEM dengan metode PLS. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan bisnis, struktur organisasi, SDM, dan interfirm linkage mempengaruhi inovasi, dan inovasi mempengaruhi kinerja perusahaan kayu dan furnitur di Jawa Tengah. Kata kunci:Innovation, dynamic environment, competitive environment, struktur organisasi, SDM, interfirm linkage, performance, kinerja, perusahaan kayu dan furnitur

ABSTRACT
The business environment of wood and furniture industry has grown rapidly and become more complex. Beside the basic functions concerned, many consumers are increasingly considering the design according to personal taste in order to represent their identity. Furniture has become as personal identity, therefor consumers tend to avoid buying the same product design with anyone else. In addition, environmental issues through the Eco labeling issues involved in making the business environment increasingly complex. The change of business eviornment requires the industry to improve quality, design and eco labeling standards by doing the right innovation strategy to create sustainable competitiveness. Innovation becomes a dilemma, the companies must improve efficiency through the optimization of resources to survive, on the other side they should invest to look for opportunities or new products. However, previous studies stated a successful company has the innovation ability to optimize the resource, as well as seeking ways, markets, opportunities, and new products. The purpose of this study examines the antecedents that affect the ability of innovation in the wood and furniture industry in Central Java. The research using wood and furniture company in Central Java as unit analysis, and the statistical techniques used is SEM with PLS method. The results showed the business environment, organizational structure, human resources, and interfirm linkage affect innovation, and innovation affect the performance of Wood and Furniture Company in Central Java. "
2017
T47796
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dudi Hendrakusuma Syahlani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran konteks internal terhadap proses inovasi manajemen dan pengaruhnya pada kinerja perusahaan. Konteks internal organisasi diteliti dari beberapa variabel yang terdiri dari enacted environment, kepemimpinan inovasi, strategi bisnis, disain organisasi, dan kapabilitas organisasi. Penelitian ini berargumen bahwa proses inovasi manajemen dapat memberikan pengaruh kepada kinerja perusahaan dengan dukungan peran konteks internal organisasi dengan menggunakan konsep dan kerangka kerja inovasi manajemen yang dikembangkan oleh Birkinshaw, Hamel dan Mol (2008) dan inovasi manajemen dipercaya akan meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan keunggulan sumber daya saing.
Penelitian ini merupakan penelitian level organisasional dan menguji hipotesisnya pada salah satu perusahaan media penyiaran televisi nasional di Indonesia dengan menggunakan teknik sequential equitation methodology (SEM). Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis kualitatif melalui forum group discussion (FGD) dan wawancara kepada pihak eksternal.
Kontribusi penelitian ini adalah menjelaskan fenomena proses inovasi manajemen yang terjadi di perusahaan yang memiliki two sided market serta peningkatan salah satu kinerjanya yang belum beriringan di Indonesia. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa proses inovasi manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan konteks internal organisasi enacted environment, kepemimpinan dan kapabilitas organisasi berperan dan memberikan pengaruh positif terhadap proses inovasi manajemen, namun konteks internal strategi bisnis dan disain organisasi terbukti belum memberikan pengaruh yang positif terhadap proses inovasi manajemen di unit analisis penelitian ini.
Berdasarkan telaah lebih lanjut melalui FGD, interview dengan pihak eksternal serta tinjauan pustaka lebih lanjut, ditemukan bahwa faktor korporat memiliki peran atas pengaruh konteks internal organisasi terhadap proses inovasi manajemen. Pada penelitian ini diduga bahwa faktor korporat menjadi penghambat peran konteks internal organisasi strategi bisnis dan disain organisasi terhadap keberlangsungan proses inovasi manajemen di dalam unit analisis penelitian, sehingga belum memberikan dampak optimal pada peningkatan dua kinerja perusahaan two sided market secara beriringan.

ABSTRAK
The Research was meant to study the role of internal context on the management innovation process and its influence on the company performance. The Organisation?s internal context was analysed through several variables namely: enacted environment, innovation leadership, business strategy, organisational design, and organisational capabilities. The Research argued that the management innovation process can influence the company performance through the support of the role of organisation?s internal context based on the concept and framework developed by Birkinshaw, Hamel, and Mol (2008). Management innovation is believed will increase company performance and create competitive advantage.
The Research is an organisational level research and tests its hypotheses on one of national broadcasting television media company in Indonesia utilising sequential equitation methodology (SEM), qualitative analysis through forum group discussion (FGD) and interviews with external parties.
The Research?s contributions are to give explanation on the phenomenon of management innovation process in a two-sided market company in Indonesia with and the rise of performance in only one of its market. The finding of the Research is the management innovation process positively influences the company?s performance while the internal context of the organisation namely the enacted environment, organisational leadership and capabilities positively influence the management innovation process. However the business strategy and organisational design internal contexts are proven to not give a positive influence on the management innovation process in this Research?s analysis unit.
A further research through FGD, interviews with external parties, and library studies shows the corporate factor plays a role in determining how the organisational internal contexts give effects to the management innovation process. In this Research, it is assumed that the corporate factor is the limiting factor which hinder the role of business strategy and organisational design internal contexts in the continuation of management innovation process in the Research?s analysis unit, therefore yielding a less optimal effect on the side-by-side performance increase of a two-sided market company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
D1495
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Buana
"Penelitian tentang kinerja perusahaan telah banyak dilakukan sebelumnya, begitu juga dengan manajemen pengetahuan, kinerja inovasi dan kapabilitas dinamis. Namun demikian, ketika kita melihat variabel-variabel tersebut dan aplikasinya di industri financial technology di Indonesia, yang masih tergolong baru dan berkembang secara pesat, fenomena tersebut menjadi menarik untuk diteliti. Hingga saat ini terdapat 161 perusahaan financial technology yang terdaftar dan berizin di Indonesia. Secara kolektif perusahaan-perusahaan financial technology tersebut menyumbangkan 25,92 trilliun rupiah kepada kreditur di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara manajemen pengetahuan, kapabilitas dinamis dan kinerja inovasi terhadap kinerja perusahaan di industri financial technology di Indonesia. Dalam penelitian ini dilakukan survei dengan 60 responden dari berbagai perusahaan financial technology di Indonesia, dan data survei diolah dengan menggunakan partial least square stuctural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan, kapabilitas dinamis dan kinerja inovasi memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja perusahaan.

Research about firm performance has been conducted by many researchers before, the same goes with knowledge management, innovation performance, and dynamics capabilities. however, when we put those variable and try to find the correlation in Financial Technology industry in Indonesia, where the industry is still new and rapidly growing it became an interested phenomenon to look at. Until now there are 161 Financial Technology companies that run in Indonesia, collectively they give more than 25.92 Trillion Rupiah to the lender across Indonesia. In this paper researcher try to see the relationship between knowledge management, dynamics capabilities and innovation performance on firm performance in financial technology's industry in Indonesia, this research has collect 60 samples from different fintech company in Indonesia, using PLS analysis the results shows that knowledge management, dynamics capability and innovation performance has positive impacts towards their firm performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Indah Mutiara Sari
"Penelitian ini meneliti mengenai motivasi akusisi asing (strategi masuk pasar), motivasi akuisisi domestik (kontrol perusahaan) atas perusahaan target di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga meneliti pengaruh akuisisi asing dan domestik terhadap kinerja dan struktur kepemilikan perusahaan target. Metode yang digunakan yaitu wilcoxon signed rank test, multinomial logistic regression, dan uji beda.
Hasil yang diperoleh tidak mendukung strategi masuk pasar sebagai motivasi akuisisi asing dan kontrol perusahaan sebagai motivasi akuisisi domestik. Kinerja keuangan (return on asset) yang dihasilkan perusahaan target akuisisi asing meningkat signifikan tiga tahun setelah akuisisi, dan kinerja keuangan perusahaan target akuisisi domestik tidak mengalami peningkatan signifikan. Tidak ditemukan perubahan struktur kepemilikan yang signifikan pada perusahaan target akusisi domestik, sebaliknya ditemukan perubahan struktur kepemilikan yang signifikan pada perusahaan target akuisisi asing yang menunjukkan perusahaan pengakuisisi asing mengakuisisi untuk mengontrol perusahaan target di Indonesia.

This research examines the motivation of foreign acquisitions (market entry strategies), motivation of domestic acquisitions (corporate control) over the targeted companies in Indonesia. In addition, this research also examine the effect of domestic and foreign acquisition on targeted company?s performance and ownership structure. The method used are the wilcoxon signed rank test, multinomial logistic regression, and the different test.
The results does not support the market entry strategies as foreign acquisition motivations and corporate control as domestic acquisition motivations. Financial performance (return on assets) of foreign acquisitions of targeted companies increased significantly three years after acquisition, and financial performance of domestic acquisitions of targeted companies did not experience significant improvement. There were no significant changes in ownership structure on corporate acquisitions of domestic targets. On the contrary there were significant changes in ownership structure on foreign acquisitions of targeted companies which indicate that foreign acquirer acquires companies to control the targeted companies in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rendhy Ardya Pradhita
"Tesis ini membahas mengenai kewirausahaan, inovasi dan kepuasan pelanggan pada perusahaan penyedia layanan logistik dalam konteks yang terjadi pada PT Puninar Jaya, salah satu perusahaan logistik di Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dilakukan melalui survei kuesioner terhadap karyawan di PT Puninar Jaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks perusahaan logistik, nilai-nilai kewirausahaan pada perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap terciptanya inovasi dan peningkatan kepuasan pelanggan. Namun demikian inovasi yang ada pada perusahaan logistik tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggannya. Hal ini mengindikasikan terjadinya perangkap inovasi, yaitu nilai yang dihasilkan dari inovasi tidak dianggap oleh pelanggan sebagai sesuatu yang menguntungkan pelanggan.
Penelitian ini menyarankan manajerial perusahaan yang bergelut di dalam perusahaan logistik agar menumbuh kembangkan nilai-nilai kewirausahaan di dalam perusahaan serta benar-benar memperhatikan kebutuhan pelanggan dengan cara berkolaborasi dengan pelanggan di dalam melakukan inovasi demi memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
The aim of this study is to analyze entrepreneurship, innovation and customer satisfaction in the logistics service providers within PT Puninar Jaya, a logistics company in Indonesia. This is a quantitative research using questionnaire survey method on the employees of PT Puninar Jaya.
The results showed that in the context of logistics service providers, entrepreneurship has a positive effect on the creation of innovation and increase customer satisfaction. Nevertheless, it is alarming to see that innovations in logistics service providers have no effect on customer satisfaction. This result might be indicates an innovation trap, that is value created from innovation is not perceived by customers to be useful.
This study suggests managers who deals in logistics companies to encourage entrepreneurship within the company and consider the needs of customers by collaborate with customers in creating innovation in order to provide the best service for customers so that they can increase customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Syahrani Amrullah
"Selaras dengan kebutuhan dan perkembangan industri digital dalam era globalisasi ini, aspek teknologi informasi dan komunikasi dinilai banyak manfaat di berbagai bidang, perkembangan ini tidak terlepas dari peran kepemimpinan entrepreneurial . Model kepemimpinan entrepreneurial (entrepreunerial leadership) sering diabaikan oleh perusahaan terutama petahana, karena efek inersia. Seiring perusahaan tumbuh besar, mereka cenderung berhadapan dengan kekuatan inertia (Tornatzky dan Fleischer 1990). Penelitian ini dilakukan di PT Telekomunikasi Indonesia yang merupakan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah dan sebagai incumbent pada industri telekomunikasi telah banyak melakukan inovasi, namun kemampuan untuk mengembangkan inovasi tersebut masih rendah. Faktor yang mempengaruhi antara lain kepemimpinan entrepreneurial  merupakan kemampuan untuk memerankan sumber daya pengelolaan lainnya untuk mencari peluang dan mencari keuntungan (Ireland, 2003), kapabilitas inovasi dan pada gilirannya kinerja inovasi itu sendiri. Untuk memperoleh kinerja inovasi yang baik, perusahaan memerlukan kepemimpinan entrepreneurial  yang didukung oleh kapabilitas inovasi. Temuan utama penelitian ini menunjukkan kepemimpinan entrepreneurial berpengaruh dalam pembentukan kapabilitas inovasi dan pada performa inovasi perusahaan, terutama perusahaan petahana. Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep kepemimpinan entrepreneurial dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer dalam menerapkan kepemimpinan entrepreneurial. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menstimulasi terciptanya kapabilitas inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja inovasi perusahaan. Penelitian ini menguji hipotesisnya dengan menggunakan SEM PLS.

In line with the needs and developments of the digital industry in this era of globalization, information and communication technology aspects are valued for many benefits in various fields, this development is inseparable from the role of entrepreneurial leadership. The entrepreneurial leadership model (entrepreneurial leadership) is often overlooked by companies especially incumbent, as it focuses on mining old business. One industry that is expected to have competitiveness is the telecommunications industry. PT Telekomunikasi Indonesia, which is a state-owned telecommunications company and as an incumbent in the telecommunication industry has made many innovations, but the ability to develop innovation is still low. Factors that influence, among others, entreurpreneurial leadership are the ability to portray other management resources to seek opportunities and seek profit (Ireland, 2003), innovation capabilities and in turn innovation performance itself. To achieve good innovation performance, companies need innovative capabilities supported by business strategy and organizational capability in strategically managing human resources and knowledge. The main purpose of this research is to explain the link between entrepreneurial leadership, innovation capacity, and innovation performance. It is expected that this research has theoretical and managerial contribution, to know the entreurpreneurial leadership relationship through innovation capability to innovation performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52138
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah
"Penggunaan Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Hater - SWH) akan terus tumbuh dan berkembang karena merupakan produk terbarukan yang ramah lingkungan. Perusahaan distribusi pemanas air dituntut mampu mengembangkan strategi mencapai keunggulan bersaing, menjaga pertumbuhan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Pasar dan Adaptabilitas terhadap Lingkungan dengan mediasi Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan Distribusi Pemanas Air Tenaga Surya di Indonesia. Metode penelitian menggunakan diskriptif kuantitatif. Teknik mengumpulkan data dengan penyebaran kuesioner kepada perusahaan distribusi (distributor/dealer). Teknik analisa data memakai software statistik Structural Equation Model (SEM) dan dioperasikan melalui program Analysis Moment of Structure (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan: Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, Inovasi Pasar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, kemampuan Adaptabilitas Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, dan Keunggulan Bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan.

The use of Solar Water Hater (SWH) will continue to grow and develop because it is an environmentally friendly renewable product. Water heater distribution companies are required to be able to develop strategies to achieve competitive advantage, maintain growth and improve company performance. This study aims to determine the effect of market orientation, market innovation and adaptability to the environment by mediating competitive advantage on the performance of solar water heater distribution companies in Indonesia. The research method uses descriptive quantitative. The technique of collecting data is by distributing questionnaires to distribution companies (distributors / dealers). The data analysis technique uses statistical software Structural Equation Model (SEM) and is operated through the Moment of Structure Analysis (AMOS) program. The results showed: Market Orientation has a positive and significant effect on Competitive Advantage, Market Innovation has a positive but not significant effect on Competitive Advantage, the ability of Environmental Adaptability has a positive and significant effect on Competitive Advantage, and Competitive Advantage has a positive and significant effect on Company Performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal Abdul Rasyid
"Industri manufaktur berperan besar terhadap ekonomi Indonesia. Namun, pertumbuhan industri manufaktur tidak terlepas dari efek negatif yang muncul. Sektor industri mendapatkan tekanan untuk menurunkan emisi dan sampah produksi dengan bertransformasi ke arah lebih hijau. Penelitian ini akan mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional hijau dan berorientasi pengetahuan, serta kewirausahaan hijau pada kinerja keberlanjutan melalui peran mediasi inovasi hijau dan manajemen pengetahuan. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif terhadap 133 perusahaan di Indonesia dengan analisis SEM-PLS untuk menguji hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukan peran mediasi berpengaruh positif terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan khususnya proses manajemen pengetahuan yang mampu menjadi mediator antara variabel independen dengan kinerja keberlanjutan.

The manufacturing industry plays a major role in the Indonesian economy. However, growth of manufacturing industry cannot be separated from the negative effects that arise. The industrial sector is under pressure to reduce emissions and production waste by transforming in a greener direction. This research will examine the influence of green transformational and knowledge-oriented leadership, as well as green entrepreneurship on sustainability performance through the mediating role of green innovation and knowledge management. The research was conducted using quantitative methods on 133 companies in Indonesia with SEM-PLS analysis to test the hypothesis. The research results show that the role of mediation has a positive influence on the company's sustainability performance, especially the knowledge management process which is able to act as a mediator between independent variables and sustainability performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faathir
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan entrepreneurial, kemampuan inovasi, dan performa inovasi pada unit bisnis di industri perbankan. Industri perbankan dipilih karena mereka sedang diambang revolusi yang didorong oleh perkembangan teknologi yang telah mengubah perilaku manusia hingga tingkatan aktivitas kesehariannya. Fenomena ini dapat mengancam model bisnis klasik di industri perbankan. Untuk mengetahui apakah industri perbankan berada pada posisi incumbent, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan perbankan saat ini memiliki karakteristik inovasi yang berkelanjutan. Sampel pada penelitian ini adalah Sentra Kredit Kecil SKC BNI dan Jenius BTPN, dengan karyawan mereka sebagai unit observasi. Hasil penelitian menunjukkan tiap variabel saling memengaruhi dan peran kemampuan inovasi sebagai variabel mediasi penuh. Manajer perlu waspada terhadap munculnya kompetitor dengan inovasi disruptif. Model bisnis yang ada rentan untuk terdisrupsi, seiring dengan telah dikembangkannya teknologi yang diperlukan.

This study aims to analyze entrepreneurial leadership, innovation ability, and innovation performance in business units in the banking industry. The banking industry is chosen because they are on the verge of a revolution driven by technological developments that have transformed human behavior. This phenomenon can threaten the classic business model in the banking industry. To find out whether the banking industry is in an incumbent position, this study also aims to find out whether banking companies now have sustainable innovation characteristics. The samples in this study are BNI Small Credit Center SKC and BTPN Genius, with their employees as an observation unit. The results confirmed positive relationship and full mediation. Banking managers need to be aware of potential disruptive competitor. Current traditional business model is open to be disrupted, and the technology needed to disrupt is already exist.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>