Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85302 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Savran Billahi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran Kyai Rifa rsquo;i dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung, Tangerang, Banten sebagai pesantren modern. Penelitian ini berada dalam kurun waktu 1968 hingga 1997, yang bermula dari Kyai Rifa rsquo;i mendirikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam dan berakhir pada tahun wafat Kyai Rifa rsquo;i. Pada dasarnya, Kyai Rifa rsquo;i menerapkan pendidikan pesantren Pondok Modern Darussalam Gontor di Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Namun, terdapat beberapa hal berbeda yang dikembangkan Kyai Rifa rsquo;i, seperti penggabungan santri putra dan putri dalam kegiatan belajar mengajar, penambahan kurikulum pendidikan nasional, dan pengembangan fasilitas. Berbagai upaya Kyai Rifa rsquo;i itu memberikan pengaruh yang signifikan bagi proses santrinisasi. Sebagian santrinya mendirikan pesantren-pesantren sejenis di Banten. Sebagian lainnya menyebar dan menduduki posisi strategis di struktur pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, pendidikan tinggi, dan sekolah inklusif bertaraf internasional. Dengan posisi strategis mereka, ajaran-ajaran Islam dapat lebih mewarnai kehidupan sosial.

ABSTRACT
This thesis examines Kyai Rifa rsquo i rsquo s role in the development of Pesantren Daar el Qolam, Gintung, Tangerang, Banten as modern pesantren. This study focused on 1968 1997 started by the time Kyai Rifa 39 i founded Pondok Pesantren Daar el Qolam and ended in the year of Kyai Rifa 39 i 39 s death. Basically, Kyai Rifa 39 i adopted the educational system of Pondok Modern Darussalam Gontor in Pondok Pesantren Daar el Qolam. However, there are several different things that Kyai Rifa 39 i developed in Pondok Pesantren Daar el Qolam, such as the incorporation of santriwan and santriwati in learning, the adoption of national education curriculum, and the development of facilities. It rsquo s contribution encourages a significant impact on the process of santrinization. Some of his santri founded similar pesantren in Banten. Others have spread and occupied on strategic positions in government, non governmental organizations, university, and international inclusive schools. By their strategic position, they made a contribution in providing Islamic society."
2017
S69124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ryo Emier Islamy
"Artikel ini membahas tentang kebijakan KH. Syahiduddin dalam menguatkan Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung, Tangerang, Banten sebagai pondok pesantren modern. Penelitian ini berada dalam kurun waktu abad ke-20. Pondok pesantren Daar el-Qolam merupakan pondok pesantren yang menggunakan sistem modern, didirikan pada 20 Januari 1968 oleh KH. Ahmad Rifa`i Arief. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang bertujuan untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif guna memperoleh kesimpulan yang akurat, penelitian ini dilakukan melalui tahapan heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Temuan dalam penelitian ini adalah bahwasannya Pondok Pesantren Daar el-Qolam berkembangan mengikuti arus kemodernan dalam dunia pendidikan yang berbasis pondok pesantren. Dewasa ini, pondok pesantren Daar el-Qolam telah mendirikan 4 institusi pendidikan yaitu Daar el-Qolam 1, Daar el-Qolam 2, Daar el-Qolam 3, dan Daar el-Qolam 4, yang masing-masing memiliki kekhasan dan karakteristik yang berbeda-beda.

This essay discusses about the policy of KH. Ahmad Syahiduddin in strengthening Daar el-Qolam Islamic Boarding School, Gintung, Tangerang, Banten as a modern boarding school. This study was in the period of  20th century. Daar el-Qolam Islamic Boarding School was established in 20th of January 1968 by KH. Ahmad Rifa`i Arief. In conducting this research, the author uses historical research methods to reconstruct the past systematically and objectively in order to obtain accurate conclusions, this research is carried out through the stages of heuristics (source collection), source criticism, interpretation , and historiography (historical writing). The findings in this study is that Daar el-Qolam Islamic Boarding School is developing to follow the current of world education modernity based on Islamic boarding school. Today, Daar el-Qolam Islamic Boarding school has established 4 educational institutions namely Daar el-Qolam 1, Daar el-Qolam 2, Daar el-Qolam 3, and Daar el-Qolam 4, each of Daar el-Qolam has different characteristics."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Dani Puji Astuti
"ABSTRAK
Pondok pesantren di Indonesia saat ini cenderung mengalami perubahan dari pesantren tradisional menjadi pesantren modern. Pesantren modern biasanya menggunakan label Islamic Modern Boarding School yang terlihat menerapkan biaya yang mahal, hal ini berbeda dengan biaya pada pondok pesantren tradisional. Berdasarkan studi literatur sebelumnya ditemukan bahwa terdapat kompetisi dan komersialisasi pada lembaga pendidikan Islam. Sehingga ada beberapa pondok pesantren yang memberikan opsi biaya asrama. Penulis berargumen dengan berkembangnya masyarakat muslim kelas menengah di perkotaan mendorong komersialisasi dalam pendidikan Islam. Meskipun melakukan komersialisasi, sebagai lembaga pendidikan Islam pesantren modern masih menganggap modal spiritual sebagai hal yang penting. Pondok pesantren modern dapat berperan sebagai agen sosialisasi dalam menciptakan identitas para santri menjadi muslim modern. Pada artikel ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dari pondok pesantren serta beberapa penelitian sebelumnya yang sejenis. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Adzkar Pamulang.

ABSTRACT
Islamic boarding schools in Indonesia tend to change from a traditional boarding school into a modern boarding school. Modern boarding school usually uses the ldquo Islamic Modern Boarding School rdquo label that seem have an expensive cost, differently from the traditional boarding school cost. Based on previous studies, it was found that there is competition and commercialization in Islamic education institutions. Because of that commercialization, many Islamic Boarding School gives some option for santri to stay at dormitory that boarding school serve. The writer argues that the development of middle class muslim in cities pushed the commercialization in the education of Islam. Although doing commercialize, modern boarding school as an education of Islam still considers spiritual capital as important thing. However, the consequences of commercialization cause the majority of modern boarding students come from the mid high class. Modern boarding school can act as an agent of socialization in creating the identity of the students into a modern Muslim. In this research, the writer use a qualitative method. The research was using primary data and secondary data from the boarding school and some previous of studies that simmilar. This research was conducted in Pondok Pesantren Al Adzkar, Pamulang."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nilmanjaya
"Pondok modern Darussalam Gontor yang muncul aejak tahun 1926 merupakan lembaga pendidikan Islam yang maju sampai sekarang merupakan pelopor pembahruan pendidikan pondok pesantren secara modern. Dalam penelitian ini menitik beratkan pada cara pendidikan dan penajaran yang ada di pondok Gontor, serta sejarahnya dan pengajaran."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13330
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyadi
"ABSTRAK
KH. Hasyim Asy'ari adalah seorang ulama yang cukup dikenal khususnya di kalangan pondok pesantren dan masyarakat Islam Indonesia pada umumnya.
Riwayat hidup KH. Hasyim Asy'ari tidak bisa dilepaskan dengan Pesantren Tebuireng. Karena dari sinilah KH. Hasyim Asy' ari memulai kari r per juangannya, sehingga tokoh ini dan pondok pesantrennya dikenal ma-syarakat luas.
Kebijaksanaan yang ditempuh Kh. Hasyim Asy' ari men j adi panutan bagi pondok pesantren lainnya.
Adapun tujuan membicarakan sejarah pondok pe_santren Tebuireng, riwavat hidup, serta perjuangan ulama besar ini sebagai suri teledan bagi generasi pe_nerus dan masyarakat pada umumnya.
Di saat menghadapi aneka ragam tuntutan dan tantangan zaman sekarang ini, ada baiknya kita mempe_lajari perjuangan dan pesantrennya. Perjuangan yang di dasarkan atas keikhlasan berkorban dalam membela kepentingan agama dan cita _cita.

"
1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beta Firmansyah
"Penyakit yang sering terjadi pada lingkungan pondok pesantren yaitu skabies. Penyakit ini di sebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei var hominis yang erat kaitannya dengan sanitasi kamar tidur dan personal hygiene santri di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sanitasi kamar tidur dan personal hygiene santri dengan gejala skabies di Yayasan Pondok Pesantren Daar El Hasanah Kabupaten Serang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang (cross sectional) dengan total sampel sebanyak 77 santri di pondok pesantren Daar El Hasanah. Uji statistik yang dilakukan adalah uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan 44.2% responden mengalami gejala skabies. Diketahui pula adanya hubungan yang signifikan antara variabel kelembaban (p=0.001 OR=11.520), ventilasi (p=0.007 OR=4.156), penggunaan handuk (p=0.006 OR= 4.173), dan penggunaan pakaian (p=0.042 OR=2.923) terhadap gejala skabies. Sedangkan variabel suhu, kebersihan tempat tidur, mandi menggunakan sabun dan penggunaan alas kaki tidak ada hubungan yang signifikan terhadap gejala skabies.

The disease that often occurs in Islamic boarding schools is scabies. This disease is caused by the mite Sarcoptes scabiei var hominis which is closely related to bedroom sanitation and personal hygiene of students in Islamic boarding schools. This study aims to analyze the relationship between bedroom sanitation and personal hygiene of students with scabies symptoms at the Daar El Hasanah Islamic Boarding School Foundation, Serang Regency in 2021. This study used a cross-sectional design with a total sample of 77 students at the Daar El Hasanah Islamic boarding school. The statistical test performed was the chi-square test. The results showed 44.2% of respondents experienced symptoms of scabies. It was also known that there was a significant relationship between the variables of humidity (p=0.001 OR=11.520), ventilation (p=0.007 OR=4.156), use of towels (p=0.006 OR= 4.173), and use of clothing (p=0.042 OR=2.923) on symptoms of scabies. Meanwhile, the variables of temperature, bed cleanliness, bathing using soap and using footwear had no significant relationship with the symptoms of scabies."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Harjati
"Tesis ini berfokus pada hubungan Budaya sekolah (School Culture) dengan bentuk-bentuk kekerasan yang terjadi di pondok pesantren. School culture yang dibahas meliputi nilai dan norma yang diyakini dan digunakan sebagai landasan
dalam proses pendidikan di pondok pesantren. Tesis ini juga mendeskripsikan relasi kekuasaan antara Kyai, Guru dan Santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan menjadikan pondok pesantren Miftahul Khaer sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kultural dan nilai-nilai agama mendominasi seluruh proses pendidikan di pondok pesantren. Nilai-nilai ini berkontribusi dalam memberikan ruang bagi munculnya kekerasan dalam proses pendidikan di pondok pesantren. Nilai-nilai seperti konsep kepatuhan murid terhadap guru memberi ruang bagi guru untuk melakukan kekerasan. Bentuk kekerasan yang terjadi di pondok pesantren adalah kekerasan fisik yang diwujudkan dalam aturan tertulis. Bentuk kekerasan lainnya
adalah kekerasan psikis dalam bentuk intimidasi dan ancaman. Pelaku kekerasan adalah guru dan santri senior, sedangkan yang menjadi korban adalah santri junior. Relasi kekuasaan di pondok pesantren di dominasi oleh pimpinan pondok yang secara penuh mengendalikan kehidupan pesantren. Akhirnya penelitian ini
menyarankan bahwa pondok pesantren perlu mengembangkan model disiplin dengan meninggalkan cara-cara kekerasan yang selama ini digunakan. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan pemerintah dan masyarakat agar berperan dengan lebih aktif dalam penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren.

This thesis focused on the relationship between the School Culture and forms of
violence occured in islamic boarding school. School culture discussed herein comprises values and norms admitted and applied as the underlying bases of the schools education process. This also describes the relationship between the elders, teachers and pupils. This study is a qualitative case study by making the Miftahul Khaer boarding school as its object. The study result showed that both cultural
and religious values dominate the whole education process in the school. Such values contributes providing gaps for violence to occur within the process of education in the school itself. Such values as pupils obedience toward teachers do give the teachers chance to act violent. Violences occured in the school are being physical which realized in expressed rules, while other form of violence are more
psychological by intimidations and threats. Subject of violence are teachers and senions pupils, while their victims are junior pupils. Relations of authority in the Islamic boarding school is dominated by its chairman who, absolutely controls the life of the school. This study suggests that islamic boarding school need to develop a disciplinary model by leaving behind violent manners applied thus far. In addition, this study also suggests that the government and the society to be more involved actively in education of the islamic boarding school.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30148
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djumali Alam
1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Baedowi
"Sikap, pemikiran dan tradisi pesantren merupakan tradisi yang terbuka, toleran, sopan dan moderat. Tradisi ini dibuktikan pesantren melalui perjalanan sejarah dan kontribusinya terhadap kehidupan bangsa dan negara. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah memberikan gambaran yang komprehensif dan mendalam tentang peran pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang dalam mencegah radikalisme dan fundamentalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memberikan bukti bahwa pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang dengan sikap dan tradisi keagamaan dapat berperan dalam pencegahan paham radikalisme dan fundamentalisme, sehinga masyarakat tidak memberikan stigma bahwa pesantren adalah tempat pembibitan kaum radikal teroris Islam. Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang adalah salah satu pesantren yang mengajarkan keluhuran akhlakul karimah dan juga mengajarkan pemahaman ajaran islam yang damai, moderat dan toleran sehingga mampu mencegah pemahaman yang fundamen dan radikal.

Attitude, thought and tradition of pesantren are an open, tolerant, polite and moderate tradition. This tradition is showed by pesantren through its history and contribution to the nation life. The approach used in the study is to provide a comprehensive and in-depth description about the role of pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang in preventing radicalism and fundamentalism. The purpose of this study is to investigate and to provide evidence that the pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang with attitude and religious traditions can play a role in preventing radicalism and fundamentalism, so that public will not leave a stigma that pesantren is the nurseries of the radical Islamic terrorists. Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang is one of the pesantren that teaches good nobleness manner and also teaches understanding of the peaceful, moderate and tolerant Islamic thought so that it can prevent the understanding of fundamental and radical."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Kesehatan, 1993
614.44 IND p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>