Ditemukan 110665 dokumen yang sesuai dengan query
Aida Desy Sheellawati
"
ABSTRAKJurnal ini menjelaskan tentang citra tubuh SPG rokok Jaya yang secara tidak langsung dibentuk oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Perusahaan Jaya dapat dikatakan sebagai agen konstruksi standar kecantikan, karena menerapkan peraturan penampilan fisik dan melakukan kontrol terhadap penampilan SPG rokok Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para SPG rokok Jaya mematuhi peraturan penampilan fisik Perusahaan Jaya dan membentuk tubuhnya sesuai dengan standar kecantikan Perusahaan Jaya. Kepatuhan para SPG terhadap peraturan penampilan fisik secara tidak langsung membentuk citra tubuh mereka, hal tersebut terlihat dari perubahan citra tubuh ketika sebelum bekerja dan setelah bekerja sebagai SPG rokok Jaya. Penelitian ini menunjukkan kapasitas agensi Perusahaan Jaya dalam mengonstruksi standar kecantikan kepada SPG rokok Jaya.
ABSTRACTThis journal describes the body image of the sales promotion girl of Rokok Jaya. The body image which indirectly constructed by the company can be regarded as a standard construction of the beauty by the agent, which is the company itself. Company as the agent described as they applied and controlled the physical appearance of the sales promotion girl. The results of this research showed that the SPG of Rokok Jaya adhere to the regulation of physical appearance of the company and establish its body in accordance with the standard beauty determined by the company. The compliance of SPG to the regulation of physical appearance indirectly constructs their body image. This can be seen from the change of their conception of body image before and after they join the company. This research shows the capacity of Jaya Company 39 s agency in constructing the standard of beauty to SPG Rokok Jaya. "
2017
S69884
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cintya Irsanty
"
ABSTRAKArtikel ini membahas stratifikasi pekerjaan sales promotion girl SPG berdasarkan standarisasi tubuh serta bagaimana upaya SPG dalam menghadapinya. Studi sebelumnya mengenai perempuan dan pekerjaan belum banyak mengaitkan secara langsung bagaimana tubuh perempuan menjadi dasar stratifikasi pekerjaan.Studi dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui tujuh kasus SPG perusahaan rokok X yang terkategorike dalam grade A, B, dan C berdasarkan standar tubuh perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap SPG juga pihak perusahaan serta agency sebagai perekrut SPG.Temuan studi mengukuhkan argumentasi bahwastandarisasi tubuh perempuan mencerminkan kepentingan perusahaan/korporat karena merupakan komoditi yang menguntungkan bagi korporat. Kebijakan standarisasi tubuh cenderung memposisikan SPG sebagai pihak yang rentan dan tak berdaya bahkan tereksploitasi. Data menunjukkan bahwa kepentingan korporat ini dikendalikan oleh agency yang bukan hanya berperan sebagai perekrut SPG tetapi sekaligus perpanjangan korporat.
ABSTRACTThis article discusses occupation stratification of sales promotion girl SPG based on body standardization and how SPG efforts to deal with it. Previous studies of women and employment have not been much linked directly to how the female body forms the basis of occupation stratification. The study is conducted with qualitative approach through seven cases of SPG from X cigarette company that are categorized into grade A, B, and C based on female body standard. Data collection is done through in-depth interviews and observation of SPG as well as the company and agency as SPG recruiters. The study findings reinforce the argument that the standardization of women 39;s bodies reflects corporate interests because it is a profitable commodity for the corporation. The body standardization policy tends to position the SPG as vulnerable and helpless and even exploited. The data show that corporate interests are controlled by agencies that not only act as SPG recruiters but also corporate extensions. "
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Annisa Karnesyia
"Kelelahan merupakan suatu perasaan pada seseorang yang menyebabkan penurunan kesiagaan dan kelambanan pada setiap aktivitas. Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor pekerjaan, faktor individu dan faktor lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain studi metode survei deskriptif yang melibatkan 67 orang Sales Promotion Girl (SPG) Swalayan di Jakarta. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari pengisian kuisioner untuk mengetahui kelelahan berdasarkan variabel monotoni kerja, tuntutan pekerjaan, waktu istirahat, jumlah pengunjung dan penggunaan waktu istirahat. Hasil penelitian adalah (70%) atau 47 orang responden mengalami kelelahan ringan, dan (21%) atau 14 orang responden mengalami kelalahan berat dan sebanyak (9%) atau 6 orang yang tidak lelah. Sedangkan SPG menjawab lelah pada monotoni kerja, yaitu lelah (80,6%), bosan (46,3%), lelah pada tuntutan pekerjaan berupa target kerja (56,7%) dan tuntutan berpriaku tertentu (50,7%), kesesuaian waktu istirahat (86,6%) dan penggunaan waktu istirahat yang baik (73,1%). Mengubah posisi kerja secara teratur dan memberikan suasana tertentu di tempat kerja seperti melakukan senam ringan atau perenggangan menjadi salah satu cara untuk mengurangi kelelahan."
2015
S60398
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Myrna Amelia Pranowo
"Skripsi ini meneliti tentang perbedaan respon antara konsumen yang loyal dan non loyal terhadap promosi penjualan yang dilakukan gerai-gerai kopi Jakarta. Starbucks, Coffee Bean & Tea Leaf, Bengawan Solo, Anomali Coffee, Spinelli Coffee. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan kertas. Berhasil mendapatkan valid respon sebanyak 124 warga Jakarta yang mempunyai kegemaran minum kopi. Skripsi ini menggunakan uji perbedaan yang akan diuji menggunakan mann-whitney untuk jenis loyalitasnya dan menggunakan kruskal wallis untuk mengetahui loyalitas menurut SES nya.
Hasil dari penelitian kami adalah benar-benar terdapat perbedaan responantara pelanggan loyal dan non loyal. Pelanggan non loyal cenderung mudah tergiur oleh tawaran-tawaran promosi penjualan sedangkan pelanggan loyal cenderung memegang teguh gerai favoritnya. Walaupun pelanggan loyal tidak memungkiri bahwa mereka juga menunggu diadakannya promosi di gerai favoritnya. Namun promosi penjualan yang diadakan gerai lain tidak akan mempengaruhi loyalitasnya. Jadi, promosi yang diadakan gerai favorit justru menambah nilai plus bagi pelanggan loyal. Sedangkan ternyata fakta mengatakan bahwa terdapat perbedaan responterhadap promosi penjualan pada faktor SES seperti pengeluaran, jenis kelamin dan umur.
The focus of the study is difference reaction among brand loyalist and non-loyalist in respect to coffeehouses sales promotion suck as Starbucks, CoffeeBean & Tealeaf, Excelso, Bengawan Solo, Anomali Coffee and Spinelli Coffee. This research using online and paper questionnaire, with up to 124 valid response, this research using difference test analysis. Mann-whitney for testing loyalty difference and kruskal wallis to test the SES loyalty difference. Result of this research shows that there is really exist consumer behavior differentiation between loyalist and non-loyalist. Non-loyalist are really easily allure and switch to another brand due to sales promotion while loyalist tend to stick to their favorite brand despite sales promotion. But loyalist still find sales promotion is favorable and delightful and can enhanced their loyalty status to their favorite brand. In other hand difference consumer respon behavior are someway influenced by SES factor such as gender, expense and age."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Sindi Fatimah Dewantari Nugraha
"Skripsi ini mengkaji tentang pembentukan body image anggota cover dance VERMILION yang mengidolakan SNSD. Melalui wawancara mendalam dan pengamatan saya berusaha mengetahui body image anggota VERMILION yang terbentuk berdasarkan pengetahuan mereka mengenai SNSD. Anggota VERMILION memanfaatkan media untuk mencari informasi tentang SNSD. Pengetahuan tentang SNSD mempengaruhi pandangan anggota VERMILION tentang body image, sehingga kriteria kecantikan mereka mengacu pada gambaran tubuh anggota SNSD. Anggota VERMILION melakukan perbandingan tubuhnya dengan tubuh SNSD, kemudian menyadari kenyataan bahwa bentuk tubuhnya berbeda dengan tubuh SNSD dan menyebabkan mereka mengalami body dissatisfaction. Berbekal pengetahuan yang diperoleh dari orang terdekat, artikel tentang kecantikan, dan film tentang kecantikan mereka melakukan perubahan bentuk tubuh. Anggota VERMILION juga melakukan peniruan penampilan idola ketika menjadi cover dance dan ketika tidak menjadi cover dance. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan bahwa mereka adalah cover dance dan fans dari SNSD.
This study examines the forming of body image of VERMILION cover dance members who love SNSD. In depth Interviews and observations were conducted to reveal the body image of VERMILION members which was formed based on their knowledge regarding SNSD. VERMILION members use media to search information regarding SNSD. The knowledge regarding SNSD affects VERMILION members rsquo s point of view regarding body image. As the result, the beauty criteria of VERMILION members refer to SNSD members rsquo s body image. VERMILION members compare their body with SNSD members rsquo s body. They found the fact that their shape of body is different from SNSD members rsquo s body which causes body dissatisfaction. The knowledge which is gained from relatives, beauty articles, films regarding beauty becomes a base in forming body image. VERMILION members also imitate their idol rsquo s appearance whether they become a cover dance or not. This matter is conducted to show that they are the cover dance and fans of SNSD."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S70038
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cummins, Julian
Jakarta: Ikrar Mandiriabadi, 2004
658.82 CUM s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Desty Hersiana Mustikaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran citra tubuh remaja yang mengidolakan tokoh idola. Citra tubuh merupakan persepsi individu dan orang lain tentang bentuk dan ukuran tubuh individu. Remaja biasanya mengharapkan ukuran dan bentuk tubuhnya menjadi ideal seperti apa yang sering dilihatnya, salah satunya tokoh idola. Metode penelitian deskriptif sederhana dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana pada 224 remaja dan menggunakan Contour Drawing Rating Scale sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 89,3% remaja yang mengidolakan tokoh idola di SMAN 1 Depok memiliki citra tubuh positif. Pemahaman tentang citra tubuh perlu diberikan kepada remaja seperti di lingkungan sekolah agar remaja mengerti perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh beserta dampaknya.
This study aimed to identify the overview of body image in adolescents who idolize idols. Body image is the perception of the individual and others about individual?s body shape and size. Teens usually expect their body shape and size to be ideal as what they used to watched, like idols. Simple descriptive study with simple random sampling technique to 224 students and used the Contour Drawing Rating Scale as an instrument of research. The result showed 89,3% of teens who idolize idols in SMAN 1 Depok have a positive body image. Understanding of body image needs to be given to adolescents in the school environment in order to understand the changes that occur in the body and the impacts."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46444
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ananda Dyastiawan Putra
"PT Modern Internasional Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bisnis fotografi dan ritel, yang memiliki lisensi merk ritel 7-Eleven di Indonesia. Pada program magang ini, penulis ditempatkan di divisi food and beverages. Jabatan penulis adalah sebagai bagian dari tim sales dan marketing yang berperan untuk mengelola produk secara keseluruhan mulai dari proses impor hingga produk sampai ke tangan konsumen akhir. Tujuan dari laporan akhir magang ini yaitu untuk melihat seberapa efektif kegiatan promosi penjualan yang dilakukan dan apakah berdampak postitif pada penjualan Welch`s.
PT Modern Internasional Tbk is a company engaged in the business of photography and retail, which has licensed the 7-Eleven retail brands in Indonesia. At this internship program, the authors placed in the food and beverages division . Position the writer is as part of a sales and marketing team whose role is to manage the overall product from the import process until the product reaches the final consumer. The purpose of the final report of this internship is to see how effective sales promotion activities are carried out and whether a positive impact on sales of Welch`s."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Spitzer, Harry
New York: Harper and Row, 1982
658.8 SPI i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Deanyta Puspa Dwita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan ketidakpuasan citra tubuh pada anak usia sekolah di SDI PB Soedirman Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional pada total responden 137 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan pengukuran antropometri, meliputi pengukuran berat badan menggunakan timbangan dan pengukuran tinggi badan menggunakan microtoise, kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,8% siswa mengalami ketidakpuasan citra tubuh. Status gizi, distorsi citra tubuh, riwayat diet, pengaruh orang tua, dan pengaruh media massa memiliki hubungan yang bermakna dengan ketidakpuasan citra tubuh. Peneliti menyarankan agar siswa diberikan informasi dan edukasi yang berhubungan dengan status gizi, diet seimbang, dan gaya hidup sehat.
This study aims to determine factors associated with body image dissatisfaction amongst School-Age Children at SDI PB Soedirman Jakarta. This research will be based on a quantitative cross-sectional research method on 137 students. Data were collected from questionnaire and anthropometric measurements, including weight measurement using weight scales and height measurements using microtoise, then analyzed using chi-square test. The results showed that 62,8% students were dissatisfied with their body. Nutritional status, body image disturbance, weight-loss diet, parental influence, and media influence has a significant association with body image dissatisfaction. Researcher suggests that students could be given information and education related to nutritional status, balanced diet, and healthy lifestyle."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S64253
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library