Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112667 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Clara Marianna
"ABSTRAK
Heimat merupakan konstruksi sosial yang esensial bagi diaspora. Konstruksi tersebut mengikat diaspora dengan lingkungan yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap proses identifikasi diri. Konstruksi Heimat terhadap diaspora dapat kita lihat melalui film dokumenter Yes, I Am, yang mengangkat kisah tentang konflik budaya yang dialami tiga pemusik Afro Jerman selama tinggal di Jerman serta bagaimana Reunifikasi Jerman mempertemukan mereka untuk bersatu melawan diskriminasi warna kulit dan ras yang masih terjadi di Jerman. Film ini sangat menarik karena terdapat lagu karya ketiga pemusik tersebut yang memvisualisasikan kisah hidup mereka. Konstruksi makna Heimat dalam film akan dianalisis berdasarkan beberapa adegan dan satu lagu dalam film dengan menggunakan teori circuit of culture Stuart Hall mengenai representasi dan identitas.
hr>
ABSTRACT
Heimat is an essential social construction for the diaspora. This construction binds the diaspora to the environment which can have a major influence on the process of self-identification. We can see the Heimat construction on the diaspora through the documentary Yes, I Am, which raises the story of the cultural conflicts experienced by three German Afro musicians while living in Germany and how German Reunification brought them together to unite against the discrimination of skin color and race that still occurs in Germany . This film is very interesting because there are songs by the three musicians who visualize their life stories. The construction of Heimat's meaning in the film will be analyzed based on several scenes and one song in the film using Stuart Hall's circuit of culture theory of representation and identity."
2017
S69116
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvina Tamarine
"Ze Noemen Me Baboe adalah film dokumenter karya Sandra Beerends yang mengangkat cerita Alima, seorang pribumi yang bekerja sebagai pembantu untuk keluarga Belanda. Film dokumenter ini juga tidak jauh berbeda dan memiliki pola-pola yang mirip dengan film dokumenter sejarah lainnya. Perbedaan film Ze Noemen Me Baboe dengan film dokumenter sejarah lainnya adalah sudut pandang film ini diceritakan oleh seorang baboe, seorang dari kelas sosial rendah. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menunjukkan bagaimana representasi budaya Jawa dari sudut pandang orang Belanda dalam film dokumenter Ze Noemen Me Baboe. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori semiotika oleh Roland Barthes. Data yang digunakan adalah film dokumenter berjudul Ze Noemen Me Baboe karya Sandra Beerends yang dirilis pada tahun 2019. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data penelusuran pustaka dan observasi. Hasil yang didapatkan setelah analisis yang dilakukan adalah budaya Jawa direpresentasikan sebagai kelompok masyarakat tradisional yang kaya akan tradisi dan bangsa yang terjajah dari sudut pandang masyarakat Belanda.

Ze Noemen Me Baboe is a documentary by Sandra Beerends that tells the story of Alima, a native who works as a maid for a Dutch family. This documentary is also not much different and has similar patterns to other historical documentaries. The difference between Ze Noemen Me Baboe and other historical documentaries is that the point of view of this film is told by a baboe, a person from a low social class. This research was made with the aim of showing how Javanese culture is represented from the perspective of the Dutch in the documentary Ze Noemen Me Baboe. The theory used for this research is the semiotic theory by Roland Barthes. The data used is a documentary titled Ze Noemen Me Baboe by Sandra Beerends released in 2019. The method used is descriptive qualitative method with data collection techniques of literature search and observation. The results obtained after the analysis carried out are that Javanese culture is represented as a traditional community group rich in traditions and a colonized nation from the perspective of Dutch society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Irma Suryani
"Tulisan ini berupaya menjelaskan film dokumenter The True Cost melalui pendekatan kriminologi visual. Tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah film dokumenter The True Cost memposisikan fast fashion sebagai bentuk kejahatan lingkungan terhadap negara-negara yang tidak atau belum maju (Global South). The True Cost merupakan film dokumenter yang rilis pada tahun 2015 dengan Andrew Morgan sebagai sutradaranya. Film ini menampilkan mengenai kenyataan di balik murahnya fast fashion. Fast fashion sebagai bentuk kejahatan lingkungan dianalisis menggunakan teori Southern Green Criminology oleh Goyes. Teori ini melihat bahwa fast fashion sebagai bentuk kejahatan lingkungan diciptakan oleh Global North dengan mengorbankan Global South. Hasil analisis menunjukkan bahwa murahnya fast fashion ternyata dibayar mahal oleh kerusakan lingkungan di kawasan Global South. Film dokumenter ini memperlihatkan fast fashion sebagai kejahatan lingkungan yang merugikan manusia, hewan, dan ekosistem. Berbagai macam kejahatan lingkungan tersebut ditemukan dari proses produksi dan siklus akhir fast fashion, dimana keduanya terjadi di Global South.

This paper attempts to explain The True Cost documentary film through a visual criminology approach. The aim is to answer the question of how The True Cost documentary film positions fast fashion as a form of environmental crime against countries that are not or have not yet developed (the Global South). The True Cost is a documentary film released in 2015 with Andrew Morgan as the director. This film shows the reality behind the cheapness of fast fashion. Fast fashion as an environmental crime is analyzed using the Southern Green Criminology theory by Goyes. This theory sees that fast fashion as a form of environmental crime was created by the Global North at the expense of the Global South. The results show that the cheapness of fast fashion is paid for by environmental damage in the Global South. This documentary film shows fast fashion as an environmental crime that harms humans, animals, and ecosystems. Various kinds of environmental crimes are found in the production process and the final cycle of fast fashion, both of which occur in the Global South."
2023
TA5331
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Liem Satya Limanta
"

Disertasi ini membahas bagaimana perempuan dikonstruksi dalam representasi nasionalisme pada tiga film daerah perbatasan Indonesia. Ketiga film yang dikaji, Tanah Air Beta, Batas, dan Tanah Surga Katanya...dianalisis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan konsep utama tentang bangsa, nasionalisme dan identitas nasional, konsep unsur-unsur formal dan naratif film, dan konsep pendukung Jakarta gaze dan tourist gaze. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana konstruksi perempuan dalam menyoal nasionalisme dalam film perbatasan dilakukan, bagaimana konstruksi perempuan dalam menghadirkan nasionalisme melalui simbol-simbol dalam ketiga film, dan bagaimana konstruksi perempuan dalam menyikapi oposisi biner terkait nasionalisme dalam ketiga film daerah perbatasan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejauh mana konstruksi perempuan dalam representasi nasionalisme dalam ketiga film daerah perbatasan menunjukkan peran perempuan terkait isu nasionalisme. Penelitian ini menemukan bahwa konstruksi perempuan dalam representasi nasionalisme di dalam film-film daerah perbatasan Indonesia dilakukan melalui agensi perempuan sebagai single mother dan guru, agensi perempuan terkait simbol-simbol nasionalisme, dan agensi perempuan dalam menyikapi oposisi biner antara pusat dan pinggiran serta antara Indonesia dan non-Indonesia. Dalam konstruksi tersebut ditemukan bahwa perempuan berperan sangat penting dalam menumbuhkan rasa bangga dan meningkatkan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.


This dissertation discusses how women are constructed in the representation of nationalism in three Indonesian border films. The three films, namely Tanah Air Beta, Batas, and Tanah Surga Katanya...were analyzed with a qualitative method applying the main concepts of nation, nationalism, national identity, formal and narrative elements of film, and supporting concepts of Jakarta and tourist gaze. The problems to be discussed cover the questions on the construction of women in nationalism issues in border films, on the construction of women in representing nationalism through certain symbols, and on the construction of women in giving response toward the binary oppositions related to nationalism in the three Indonesian border films. The purpose of this research is to show the expansion of womens roles in relation to nationalism issues. This research finds that the construction of women in representing nationalism in Indonesian border films is carried out through womens agency as single mothers and teachers, through their agency in relation to symbols of nationalism, and through their agency in giving response toward the binary opoosition between the centre (Jakarta) and periphery and also between Indonesia and non-Indonesia. The construction shows that women play a very important role in instilling the pride of being Indonesians and sharpening the sense of nationalism in daily life.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
D2751
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahrina Zul Tamimi
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis representasi Heimat yang tergambar di dalam novel
Heimsuchung karya Jenny Erpenbeck dengan menggunakan teori representasi
yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Tesis ini mengungkapkan bagaimana
representasi Heimat terlihat pada keberadaan dua ruang spasial utama dalam
novel, yaitu Haus (rumah) dan Garten (taman). Kedua ruang spasial ini kemudian
dikaitkan dengan kehidupan tokoh-tokoh terpilih serta sejarah Jerman yang
melatarbelakangi periode waktu penceritaan tersebut. Hasil analisis menunjukkan
bahwa perbedaan latar belakang sosial dan waktu penceritaan menghasilkan
representasi sebuah Heimat yang berbeda terhadap Haus dan Garten. Hal ini
disebabkan oleh perbedaan keadaan bangsa Jerman serta perbedaan ideologi para
penguasa yang menaungi bangsa Jerman pada kurun waktu tertentu. Dengan
demikian, setiap tokoh terpilih memiliki konsep yang berbeda-beda mengenai
Heimat yang direpresentasikan melalui keberadaan Haus dan Garten dalam kisah
mereka.

ABSTRACT
This study investigates the representation of Heimat in Heimsuchung written by
Jenny Erpenbeck. By using Stuart Hall's concept of representation, this thesis
explains how the concept of Heimat isrepresented by two main spatial spaces in
Heimsuchungwhich play pivotal role here, Haus (home) and Garten (garden).
Those two spatial spaces are related to the lives of the chosen characters as well as
historical background of Germany which is appeared through its evocation of
particular period of Germany in the narrative. Analysis indicates the difference of
social backgroundand life time of the chosen characters result the various
concepts of Heimatwhich are represented by Haus and Garten. It is because of the
particular period in Germany that also brings the particular ideology of German
authority. Therefore, the conclusion shows that each of characters has his own
concept of Heimatwhich is represented by Haus and Garten."
2016
T46730
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Mukti Indriani
"Ilaa Samaa merupakan film dokumenter karya Waad Al-Kateab mengenai perang di Suriah yang ditayangkan pertama kali dalam festival film South by Southwest di Texas, Amerika Serikat pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dampak perang Suriah terjadi di kota Aleppo dengan melalui unsur-unsur intrinsik dan representatif yang muncul dalam film Ilaa Samaa. Untuk itu penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan fokus pada adegan-adegan yang menggambarkan representasi dampak perang Suriah dalam film. Teori strukturalisme dan representasi digunakan dalam penelitian ini untuk memaparkan representasi dampak perang yang terdapat dalam struktur film Ilaa Samaa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Film Ilaa Samaa menampilkan dampak perang dalam tiga representasi, yaitu dampak perang secara fisik, dampak perang secara emosional, dan dampak perang secara sosial. (2) Representasi dampak perang secara fisik diperlihatkan dengan jatuhnya korban jiwa, hancurnya bangunan dan infrastruktur kota, juga sekolah anak. Dampak perang secara emosional diperlihatkan dengan kondisi psikis seperti rasa tidak aman, guncangan jiwa, dan kebimbangan. Sementara itu, dampak sosial perang Suriah ditandai dengan meningkatnya rasa kemanusiaan dan solidaritas warga Aleppo.

Ilaa Samaa is a documentary by Waad Al-Kateab about the war in Syria which was premiered at the South by Southwest film festival in Texas, United States in 2019. This study aims to describe the impact of the Syrian war that occurred in the city of Aleppo through the intrinsic and representative elements that appear in the film Ilaa Samaa. For this reason, the author uses qualitative research methods with a focus on scenes that describe the representation of the impact of the Syrian war in the film. The theory of structuralism and representation is used in this study to describe the representation of the impact of war contained in the structure of the film Ilaa Samaa. From the results of the study obtained the following conclusions: (1) The Ilaa Samaa film shows the impact of war in three representations, namely the physical impact of war, the emotional impact of war, and the social impact of war. (2) The representation of the physical impact of war is shown by the loss of life, the destruction of buildings and city infrastructure, as well as children's schools. The emotional impact of war is shown by psychological conditions such as insecurity, mental shock, and indecision. Meanwhile, the social impact of the Syrian war is marked by the increasing sense of humanity and solidarity of the people of Aleppo."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Oktafia Dwijayanti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas fungsi makian dalam tuturan dialog film Wer Bin Ich ? Kein System ist Sicher berdasarkan konteks dan situasi pembicaraan yang menyertai tuturan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang disertai penghitungan jumlah data. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum makian memiliki 4 fungsi, yaitu expletive, abusive, stylistic atau auxiliary, dan social atau humorous. Namun, keempat fungsi ini dapat muncul di saat bersamaan (overlap), disebabkan oleh situasi pembicaraan saat penuturan.

ABSTRACT
This research focuses on the analysing the swearwords? functions in the movie Who Am I, based on context and speech situations they are spoken. This research uses qualitative descriptive method, supported by calculation of datas. Analysis? results show that swearwords generally have 4 functions (expletive, abusive, stylistic/auxiliary, social/humorous). However, these functions can overlap each other caused by the context and speech situation of the spoken swearwords.
"
2016
S64064
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Molony, John
Ringwood, Vic: Penguin Books Australia, 982
364.155 MOL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
El-Fandy, Mohammed Gamal El-Din
Cairo: The Supreme Council for Islamic Affaires, 1972
297.2 ELF w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Natsume, Soeki
Rutland: Vermont : Charles E. Tuttle, 1979
895.634 2 NAT i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>