Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206051 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marsha Renzani Hakim
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi mahasiswa untuk memilih akuntan publik sebagai pilihan karier. Analisis dilakukan dengan melakukan penelitian menggunakan kuesioner yang disebar kepada 135 responden yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia FEB UI . Selain menggunakan kuesioner, metode wawancara terstuktur dilakukan kepada enam orang responden. Dalam penelitian ini, faktor yang dianggap dapat mempengaruhi mahasiswa memilih karier sebagai akuntan publik terdiri atas lima faktor yaitu potensi diri, ketidakcocokan, daya tarik profesi, tekanan pekerjaan, serta sosial dan lingkungan.Penelitian ini menggunakan model regresi logistik.
Hasil regresi menunjukkan bahwa secara serentak seluruh faktor berpengaruh terhadap pemilihan karier sebagai akuntan publik. Namun berdasarkan uji parsial hanya terdapat tiga faktor yang secara signifikan mempengaruhi mahasiswa dalam memilih karier sebagai akuntan publik yaitu daya tarik profesi, tekanan pekerjaan, serta sosial dan lingkungan.Faktor daya tarik profesi dan sosial dan lingkungan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pemilihan karier mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik. Sedangkan faktor tekanan pekerjaan secara signifikan berpengaruh negatif terhadap pemilihan karier mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor ekstrinsik dan pengaruh dari pihak luar secara signifikan mempengaruhi pemilihan karier mahasiswa sebagai akuntan publik.

The purpose of this study is to determine any factor that could influence accounting student in becoming a public accountant. The analysis was done by conducting research through questionnaires distributed to 135 senior year accounting students in Faculty of Economics and Business Universitas Indonesia. Other than using questionnaires, structured interview was done to six respondents. On this research, the factors considered influencing students to choose public accountant as a career consist of self potential, incompatibility between personality and profession , profession attractiveness, work pressure, and social environment.This research used logistic regression model.
The result shows that all factors simultaneously affect the choice of career as public accountant. However, based on partial test conducted, there are only three significant factors that affect students to choose public accountant as career which are profession attractiveness, work pressure, and social environment. Profession attractiveness and social environment have positive significant effects on students rsquo career choice as public accountant. While work pressure has negative significant effects on students rsquo career choice as public accountant. This result shows that extrinsic factors and influence from external parties significanly affect students rsquo career choice as public accountant.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasna Ufairah
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel yang berdampak terhadap keputusan karier mahasiswa perguruan tinggi negeri di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan menggunakan metode analisis data structural equation modelling (SEM). Penelitian ini menggunakan sebanyak 527 responden dari 672 responden yang dikumpulkan, yang merupakan mahasiswa di perguruan tinggi negeri di wilayah Jabodetabek melalui survei cross-sectional design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik variabel protean career orientation dan variabel peer support memiliki pengaruh positif terhadap career decision self-efficacy mahasiswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa career decision self-efficacy berperan sebagai mediator pada hubungan protean career orientation terhadap career adaptability, serta hubungan protean career orientation terhadap career adaptability. Adapun career adaptability ditemukan tidak memiliki pengaruh positif langsung terhadap career decidedness, dan tidak dapat berperan sebagai mediator pada hubungan career decision self-efficacy terhadap career decidedness. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh antara variabel-variabel yang memengaruhi keputusan karier mahasiswa di perguruan tinggi negeri di wilayah Jabodetabek, sebagai sumber pengetahuan yang berharga bagi lembaga pendidikan dan praktisi di sektor pengembangan karier.

This study aims to examine the influence of various variables on the career decision-making of students at state universities in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek) area using structural equation modelling (SEM) data analysis. The study utilized a sample of 527 respondents out of 672 collected respondents, who are students at state universities in the Jabodetabek area, through a cross-sectional survey design. The results indicate that both protean career orientation and peer support variables positively influence students’ career decision self-efficacy. The study also found that career decision self-efficacy acts as mediator in the relationship between protean career orientation and career adaptability, as well as in the relationship between peer support and career adaptability. However, career adaptability was found to have no direct positive effect on career decidedness and could not act as a mediator in the relationship between career decision self-efficacy and career decidedness. This study aims to investigate the impact of variables influencing career decision-making among students at state universities in the Jabodetabek area, providing valuable insights for educational institutions and practitioners in the career development sector. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenty Tut Megasari
"Penelitian ini berisi tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih karir di bidang akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa dalam pemilihan karir, baik yang berprofesi sebagai akuntan maupun yang tidak. Analisis dilakukan dengan melakukan penelitian melalui kuesioner yang disebarkan pada responden yang berasal dari tiga universitas yang berbeda. Pertama, faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih karir di bidang akuntansi terdiri atas sembilan faktor. Kedua, faktor yang mempengaruhi mahasiswa tidak memilih karir di bidang akuntansi terdiri atas delapan faktor. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih karir di bidang akuntansi, antara lain salary, independent dan business. Sedangkan faktor yang mempengaruhi mahasiswa tidak memilih karir di bidang akuntansi adalah other fields salary.

This study contains factors that can affect student interest in choosing a career in accounting. The purpose of this study was to determine the factors that can affect student interest in the choice of careers, both work as accountants or not. The analysis was done by conducting research through questionnaires distributed to the respondents came from three different universities. First, the factors that affect student interest in choosing a career in accounting consists of nine factors. Second, the factors that affect students do not choose a career in accounting consists of eight factors. The results of the analysis in this study shows that there are three factors that affect the interest of students in choosing a career in accounting, such as salary, independent and business. While the factors that affect students do not choose a career in accounting is the other field salary.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44293
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Mariama Putri
"Berada pada usia perkembangan remaja akhir (late adolescence), siswa SMA sudah mulai dihadapkan pada situasi menentukan keputusan karier. Berdasarkan kondisi tersebut, studi mengenai keputusan karier (career decidedness) semakin berkembang dengan banyaknya variabel terkait, diantaranya variabel adaptabilitas karier (career adaptability) dan identitas kejuruan (vocational identity). Dalam rangka meneliti lebih lanjut mengenai keputusan karier, peneliti ingin mengetahui kontribusi adaptabilitas karier dan identitas kejuruan dalam menentukan keputusan karier pada siswa SMA. Dalam penelitian ini, variabel dependen yaitu keputusan karier diukur menggunakan Career Decision Scale (CDS) oleh Osipow, et al. (1976), kedua variabel independen yaitu identitas kejuruan dan adaptabilitas karier diukur menggunakan Vocational Identity Status Assessment(VISA) oleh Porfeli, et al. (2011) dan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) oleh Savickas dan Porfeli (2012). Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang melibatkan 172 siswa SMA di Indonesia (36 laki-laki dan 136 perempuan). Hasil penelitian menunjukan bahwa identitas kejuruan dan adaptabilitas karier terbukti secara signifikan berkontribusi terhadap keputusan karier siswa SMA (F=19.758 > 3.049 F Distribution, two-tailed; Sig. 0.000). Dari kedua variabel ini tampak bahwa identitas kejuruan memiliki kontribusi yang lebih besar (t = 5.885) terhadap keputusan karier siswa SMA dibandingkan dengan adaptabilitas karier (t = -4.425). Adapun kelemahan dalam penelitian ini yaitu adanya item pada alat ukur VISA dengan skor reliabilitas dan validitas yang masih rendah setelah tahap pengambilan data. Selain itu juga perlu pertimbangan pada item-item CDS yang bermakna ganda. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bukan saja untuk siswa tetapi juga guru di sekolah yang dapat membantu siswa agar dapat memutuskan kariernya.

Being at the age of late adolescence, high school students have begun to be faced with the situation of determining career decisions. Based on these conditions, the study of career decisions (career decidedness) is growing with many related variables, including career adaptability and vocational identity. In order to further research of adolescence career decisions, the researcher wants to know the contribution of career adaptability and vocational identity in determining career decisions in high school students. In this study, the dependent variable, career decidedness, was measured using the Career Decision Scale (CDS) by Osipow, et al. (1976), the two independent variables, vocational identity and career adaptability were measured using the Vocational Identity Status Assessment (VISA) by Porfeli, et al. (2011) and Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) by Savickas and Porfeli (2012). This research is a quantitative study involving 172 high school students in Indonesia (36 boys and 136 girls). The results showed that vocational identity and career adaptability were proven to significantly contribute to high school students' career decisions (F=19,758 > 3,049 F Distribution, two-tailed; Sig. 0.000). From these two variables, it appears that vocational identity contributes more (t = 5.885) to high school students' career decisions compared to career adaptability (t = -4.425). The existence of VISA items that have low reliability and validity scores even though it has passed the data collection stage can be a consideration of weaknesses in this study. In addition, it is also necessary to consider CDS items that have multiple meanings. The implications of this research are expected to be useful not only for students but also for teachers in schools who can help students decide their careers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Piotrowski, Katy, 1962-
Indianapolis: JIST Works, 2009
650.14 PIO c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hanita Fitriyani
"ABSTRAK
Menentukan pilihan karier merupakan proses yang tidak mudah bagi fresh
graduate. Menurut hasil dari beberapa penelitian terdahulu, terdapat beberapa
variabel yang mempengaruhi career choice fresh graduate diantaranya adalah
person-organization fit, person job fit, dan job attribute. Penelitian ini juga
menganalisis pengaruh mediasi dari internship opinion dalam menentukan pilihan
karier mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 127 mahasiswa jurusan akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2011, 2012, dan 2013
yang pernah melakukan magang di Kantor Akuntan Publik selama masa
perkuliahan. Data yang diperoleh diolah dengan metode structural equation
modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa person-organization fit
dan job attribute berpengaruh positif terhadap career choice mahasiswa dalam
hubungannya secara direct effect. Secara indirect effect, variabel mediasi internship
opinion secara signifikan memediasi pengaruh person-organization fit, person-job
fit, dan job attribute terhadap career choice mahasiswa.

ABSTRACT
Choosing a career for fresh graduate has always been a challenging task.
Reviews from existing research, there are several variables that have an impact on
career choice of fresh graduate such person-organization fit, person job fit, and job
attribute. Internship opinion also tested as mediating variable that determine career
choice of accounting student. The data were collected from 127 student majoring
in accounting in University of Indonesia batch 2011, 2012, and 2013 that already
had internship experience on accounting firms. The data were analysed using
structural equation modeling (SEM). The result of this study showed that from
direct effect analysis, person-organization fit and job attribute positively related
toward career choice of fresh graduate. From indirect effect analysis, internship
opinion significantly mediated the effect of person-organization fit, person-job fit,
and job attribute toward career choice."
2016
S62848
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston, MA: Harvard Business School Press, 2004
658.409 RES
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Thalia Zamira
"Siswa SMK yang menjalani kurikulum berorientasi kerja yang dilengkapi kegiatan magang, diharapkan untuk dapat memilih pilihan karir yang sesuai bidang studinya. Walaupun begitu, hasil wawancara awal menunjukkan siswa SMK masih mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan karirnya. Seharusnya melalui pengalaman magang ini siswa SMK memiliki kecerdasan emosional dan goal commitment yang dapat membuat mereka tidak mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran goal commitment sebagai mediator dalam hubungan antara kecerdasan emosional dan kesulitan pengambilan keputusan karir. Penelitian dilakukan pada satu SMK di Kabupaten Bogor pada 173 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa goal commitment terbukti berperan sebagai mediator parsial pada hubungan antara kecerdasan emosional dan kesulitan pengambilan keputusan karir. Dalam penelitian ini juga diuraikan mengenai keterbatasan dan saran-saran terkait.

Vocational high school students experienced a specially-designed curriculum with an internship program to accommodate them on transitioning into the working industry. Elicitation studies show that vocational high school students had career decision making difficulties. The internship program is supposed to enrich students’ emotional intelligence and goal commitment that would prevent career decision making difficulties to occur. This research aims to study the mediation effect of goal commitment in the relationship between emotional intelligence and career decision making difficulties. This research is conducted in a vocational high school in Bogor with a total of 173 participants. Result shows that goal commitment plays a partial mediation role in the relationship of emotional intelligence and career decision making difficulties. This research will also present the limitations and suggestions for future study."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Angelia
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara adaptabilitas karir dan prestasi akademik pada mahasiswa. Pengukuran adaptabilitas karir menggunakan modifikasi dari Career Issues Survey milik Creed, Fallon dan Hood (2008). Untuk pengukuran prestasi akademik menggunakan indeks prestasi yang diraih oleh partisipan. Partisipan berjumlah 158 mahasiswa yang memiliki usia remaja, 18-19 tahun.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara adaptabilitas karir dengan prestasi akademik pada mahasiswa (r = 0.177; p = 0.026, signifikan pada L.o.S 0.05). Artinya, semakin tinggi adaptabilitas karir yang dimiliki seseorang, maka semakin tinggi prestasi akademik yang ia miliki. Berdasarkan hasil tersebut, seseorang perlu diintervensi dalam hal adaptabilitas karir agar ia memiliki kemantapan dalam tugas vokasional sehingga kesadaran akan pentingnya memiliki prestasi akademik akan tertanam sejak dini.

This research was conducted to find the correlation between career adaptability and academic achievement among students. Career adaptability was measured using a modification of Career Issues Survey from Creed, Fallon and Hood (2008). For academic achivement was measured using grade point average (GPA) index reached by the participants. The participants of this research are 158 students who have adolescent ages around 18-19 years old.
The main results of this research show that career adaptability positively correlated significantly with academic achievement (r = 0.177; p = 0.026, significant at L.o.S 0.05). That is, the higher career adaptability of one?s own, the higher having academic achievement. Based on these results, someone needs to intervened in the career adaptability, so they will have a readiness in vocational tasks, so that they will understand the importance of having an academic achievement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Merman, Stephen K.
"Creating a workforce development system that encourages and supports employee talents and motivation is difficult work without a systematic approach. This Infoline shows you how to accomplish this goal using a six-step process for creating and implementing a career system. Detailed background sections provides information on what these systems can do for an organization along with case studies to demonstrate how career systems have succeeded in other organizations and explains the components of a career development system. It outlines six steps for creating and implementing a career system."
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press, American Society for Training and Development Press], 2002
e20435550
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>