Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150209 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Qurrotu Aini
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh public service motivation dan readiness for change terhadap ambidexterity pembimbing haji. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif yang menganalisis melalui dimensi dari variabel dimana ambidexterity memiliki dua dimensi yaitu eksploitasi dan eksplorasi. Sedangkan public service motivation memiliki tiga dimensi yaitu attraction to public policy making, compassion dan self sacrifice. Readiness for change memiliki lima dimensi yaitu change self efficacy, discrepancy, personal valence, organizational valence dan senior leadership support. Penelitian ini dilakukan pada pembimbing haji tahun 2015 yang berjumlah 123. Data yang terkumpul kemudian dianalisisis dengan menggunakan General Linier Model dengan menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1 Attraction to public policy making memiliki pengaruh terhadap eksploitasi. Sedangkan compassion dan self sacrifice tidak memiliki pengaruh terhadap eksploitasi. 2 Change Self Efficacy dan Discrepancy memiliki pengaruh terhadap eksploitasi, sementara personal valence, organizational valence dan senior leadership support tidak memiliki pengaruh terhadap eksploitasi 3 Compassion memiliki pengaruh terhadap eksplorasi sementara attraction to public policy making dan self sacrifice tidak memiliki pengaruh terhadap eksplorasi, 4 Change Self Efficacy, discrepancy personal valence, organizational valence memiliki pengaruh terhadap eksplorasi sementara senior leadership support tidak memiliki pengaruh terhadap eksplorasi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of public service motivation and readiness for change to the ambidexterity by focusing the study on the Hajj guide. This study is a quantitative study that analyze within dimensions from the variable ambidexterity has two dimensions which are exploration and exploitation. While the public service motivation has attraction to public policy making, compassion and self sacrifice and readiness for change has change self efficacy, discrepancy, personal valence, organizational valence dan senior leadership support.This study is distributed among 123 Hajj Guides. The collected data is then analyzed using SPSS 23, using general linear model. The result of the study shown us that 1 Attraction to public policy making has an influenced to the exploitation. However, compassion and self sacrifice have no influenced to the exploration 2 Compassion has an influenced to exploration. However, attraction to public policy making and self sacrifice have no influenced to the exploration 3 Changing self efficacy and discrepancy have an influenced to the exploitation. However personal valence, organizational valence and support senior leadership have no influenced to the exploration 4 Changing self efficacy, discrepancy, personal and organizational value have an influenced to the exploration. However support senior leadership have no influenced to the exploration"
2016
T49306
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Astivian
"Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah salah satu lembaga yang akan menghadapi perubahan organisasi dalam rangka pengintegrasian lembaga-lembaga riset nasional ke dalam Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) oleh pemerintah indonesia, sehingga penting untuk menganalisa readiness for change dan resistance to change pegawai lembaga riset ini. Psychological capital merupakan unsur psikologi yang dapat dikembangkan dan berkaitan dengan persepsi pegawai atas dukungan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kotribusi secara praktik sehingga LIPI dapat menjawab tantangan perubahan dari pemerintah dan memberikan kontribusi dari segi ilmu pengetahuan dengan memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai mekanisme pembentukan kesiapan dan resistensi pegawai dalam menghadapi perubahan khususnya di sektor publik. Sampel penelitian ini adalah 378 PNS LIPI dan model penelitian di analisis dengan structural equation modelling menggunakan Lisrel. Hasilnya adalah psychological capital hanya memediasi pengaruh perceiveds organizationals support terhadap respon pegawai untuk berubah, tetapi tidak dapat memediasi pengaruh perceivedssupervisor support terhadap respon pegawai untuk berubah. Artinya adalah kesiapan dan resistensi pegawai LIPI untuk berubah dipengaruhi oleh persepsi pegawai terhadap dukungan organisasi dan sumber daya psikologis positif yang mereka miliki.

Indonesian institute of Sciences is one of the institutions that will face organizational change in the framework of integrating national research institutions into the National Innovation Research Agency (BRIN) by the Indonesian government. Hence, it is essential to analyze the readiness for change and resistance to change of this research institute's civil servants. Psychological capital is an element of psychology that can be developed and related to employee perceptions of organizational support. The purposesof this studysis to contribute in practice so this research institute can answer challenges of change from government and contribute in terms of science through provide a comprehensive understanding of the mechanisms for forming employee readiness and resistance in the face of change, especially in the public sector. The sample of this study was 378 civil servants from Indonesian Institute of Sciences, and the research model was analyzed with structural equation modeling using Lisrell. The result is psychological capital only mediates the effect of perceived organizational support on employee responses to change, but cannot mediate the effect of perceived supervisor support on employee 'responses to change. This means that LIPI employees readiness and resistance to change is influenced by employees' perceptions of organizational support and their positive psychological resources.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Putri Nurfida
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh involved communication terhadap readiness for change yang dimediasi oleh organizational identification dan change recipients’ beliefs pada pendidik dan tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional dan metode purposive sampling dalam mengumpulkan data primer dengan jumlah sampel 211 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa involved communication memiliki pengaruh positif terhadap organizational identification dan change recipients’ beliefs, memiliki pengaruh bersifat negatif terhadap resistance to change, tetapi tidak memiliki pengaruh positif terhadap readiness for change. Kontribusi teoritis penelitian ini adalah dapat menemukan pengaruh positif involved communication terhadap organizational identification, change recipients’ beliefs, dan readiness for change dan disaat yang sama memiliki pengaruh negatif terhadap resistance to change. Selain itu, kontribusi praktis dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk dapat menciptakan strategi komunikasi dan keterlibatan tenaga pendidik dan kependidikan perguruan tinggi yang lebih kreatif dan menyesuaikan perkembangan zaman.

This study aims to determine the effect of involved communication on readiness for change mediated by organizational identification and change recipients’ beliefs in the educators and educational staff in state and private universities in Indonesia. This quantitative research uses cross-sectional design and purposive sampling method to collect primary data with a number of 211 respondents. Data processing is performed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that involved communication has a positive influence on organizational identification and change recipients’ beliefs, has a negative effect on resistance to change, but does not have a positive effect on readiness for change. The theoretical contribution of this research is that it can find the positive influence of involved communication on organizational identification, change recipients’ beliefs, and readiness for change and at the same time have a negative influence on resistance to change. Meanwhile, the practical contribution is a material consideration to be able to create a communication strategy and involvement of educators and tertiary education staff who are more creative and adapt to the time."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Zahroh Uswatun Chasanah
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh public service motivation PSM dan job satisfaction terhadap organizational citizenship behaviour OCB di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan pada 108 responden dari total populasi 131 pegawai. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan public service motivation berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh secara langsung terhadap organizational citizenship behaviour dan public service motivation berpengaruh secara langsung terhadap organizational citizenship behaviour

ABSTRACT
This research discuss about The Effect of Public Service Motivation PSM and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behaviour OCB in Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. The research conduct 108 respondent among 131 total population of employees. Data analysis is conducted using SPSS version 22.0 software. The results of this research shows that public service motivation have direct influence on job satisfaction, job satisfaction have direct influence on organizational citizenship behaviour and public service motivation have direct influence on organizational citizenship behaviour."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Aufa Dwi Saraswati
"Studi ini menguji pengaruh motivasi pelayanan publik, yang dimediasi oleh personalisasi dan kecocokan orang-pekerjaan, tentang perilaku peran ekstra organisasi dan organisasi komitmen. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan organisasi layanan publik di Jabodetabek dengan kuesioner yang diperoleh dari 200 responden dari berbagai kalangan industri jasa. Hipotesis yang dirumuskan sebelumnya kemudian diuji menggunakan metode model persamaan struktural (SEM).
Hasil penelitian ini adalah publik motivasi pelayanan memiliki efek langsung pada komitmen organisasi tetapi tidak secara langsung mempengaruhi perilaku peran ekstra. Kecocokan orang organisasi terbukti bermeditasi sepenuhnya dalam hubungan antara motivasi pelayanan publik dengan perilaku peran ekstra, tetapi sebagian menengahi dengan komitmen organisasi. Person-job fit ditemukan memediasi sebagian hubungan antara motivasi pelayanan publik dengan perilaku peran ekstra dan komitmen berorganisasi.

This study examines the influence of public service motivation, which is mediated by personalization and person-job compatibility, about the behavior of extra organizational roles and organizational commitment. This research was conducted on employees of public service organizations in Greater Jakarta with questionnaires obtained from 200 respondents from various service industry circles. Previously formulated hypotheses are then tested using the structural equation modeling (SEM) method.
The results of this study are public service motivation has a direct effect on organizational commitment but not directly influence extra role behavior. The compatibility of the organization's people is proven to meditate fully in the relationship between public service motivation and extra role behavior, but partly mediates with organizational commitment. Person-job fit was found to partially mediate the relationship between public service motivation and extra role behavior and organizational commitment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nazila Dwi Rahmawati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kesiapan karyawan untuk berubah melalui knowledge sharing sebagai variabel mediasi di Kantor Pusat PT Iwan Tirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan non-manajerial Kantor Pusat PT Iwan Tirta yang berjumlah 39 karyawan. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif melalui visualisasi nilai mean dan frekuensi serta menggunakan tabulasi silang terhadap karakteristik responden dan masing-masing variabel penelitian. Selain itu, analisis inferensial juga dilakukan untuk melihat pengaruh dan menguji hipotesis penelitian melalui uji regresi linier sederhana dan berganda serta uji mediasi melalui tahapan uji kausal dan sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kesiapan untuk berubah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa knowledge sharing secara parsial memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap kesiapan untuk berubah.
ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of organizational culture on employee readiness to change through knowledge sharing as a mediating variable at the Head Office of PT Iwan Tirta. This study uses a quantitative approach with data collection methods through surveys using questionnaires distributed to non-managerial employees of PT Iwan Tirta Head Office, totaling 39 employees. The analysis of the research results was carried out through descriptive analysis through visualizing the mean and frequency values ​​and using cross tabulation on the characteristics of respondents and each research variable. In addition, inferential analysis was also carried out to see the effect and test the research hypotheses through simple and multiple linear regression tests and mediation tests through causal and sobel test stages. The results of this study indicate that organizational culture has a significant effect on readiness to change. This study also shows that knowledge sharing partially mediates the influence of organizational culture on readiness to change."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rikda Rindiantika
"Organisasi layanan publik dituntut untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Tingkat kepuasan pelanggan telah menjadi salah satu indikator penting bagi keberhasilan organisasi. Dalam organisasi layanan publik di mana layanan adalah produk yang ditawarkan, interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan menjadi titik penting dalam proses memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemampuan organisasi untuk menjalankan praktik manajemen sumber daya manusia yang dapat menciptakan perilaku layanan yang diharapkan, sangat penting dalam strategi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menguji pengaruh human resource management practices terhadap service behaviors melalui work engagement. Penelitian ini juga menguji peran moderasi dari HRM system strength dan public service motivation terhadap hubungan antara human resource management practices dan work engagement. Penelitian ini menggunakan survei sebagai metode pengumpulan data dan melibatkan 282 responden dari BPJS Kesehatan. Menggunakan smartPLS 3.0 sebagai perangkat lunak analisis data, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara human resource management practices terhadap work engagement, dan  juga menemukan peran mediasi work engagement terhadap hubungan antara human resource management practices dengan in-role performance dan organizational citizenship behavior. Namun, tidak ada efek moderasi signifikan yang ditemukan dalam penelitian ini.

Public service organizations are required to provide the best service to the community. The level of customer satisfaction has become one of the important indicators for the success of the organization. In public service organizations where services are the products offered, the interaction between service providers and customers becomes an important point in the process of meeting customer needs. The ability of the organization to run human resource management practices that can create expected service behaviors is very important to the organization’s strategy to achieve its organizational goals. This study examined the impact of human resource management practices to the service oriented behaviors through work engagement. The study also tested the moderating role of HR system strength and public service motivation between human resource management practices and work engagement. This research employed surveys as the data collection method and involved 282 respondents from BPJS Kesehatan. Using smartPLS 3.0 as the data analysis software, the researcher found that there was a significant impact of human resource management practices to work engagement, and also found the role of mediating work engagement on the relationship between human resource management practices with in-role performance and organizational citizenship behavior. However, there was no significant moderating effect found in this study."
2019
T54650
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hahotan, Siregar Minardo Resky, author
"Penataan struktur disertai pembenahan alur kerja dan proses bisnis pada organisasi
sektor publik dilakukan agar terwujud pemerintahan yang efektif dan efisien. Penelitian ini
menggunakan teori pertukaran sosial untuk mengamati pengaruh internal communication
satisfaction dan perceived organizational support terhadap readiness to change yang
dimediasi employee engagement untuk mendukung pembaruan pada pegawai Lembaga Fiskal
Pusat (LFP). Hasil analisis data dari 387 responden pegawai LFP menunjukkan bahwa 7
hipotesis memiliki pengaruh positif dan signifikan, sementara 3 hipotesis ditemukan tidak
signifikan. Data primer dikumpulkan melalui metode survei dengan mengirim kuesioner
daring kepada responden. Hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)
dengan aplikasi Lisrel 8.8.

The structuring of the organizational framework, coupled with the improvement of
workflow and business processes in the public sector, is undertaken to achieve effective and
efficient governance. This research utilizes social exchange theory to examine the influence
of internal communication satisfaction and perceived organizational support on readiness to
change, mediated by employee engagement, to support reforms among employees of the
Central Fiscal Agency. The results of data analysis from 387 respondents of Central Fiscal
Agency employees indicate that seven hypotheses have a positive and significant influence,
while three hypotheses are found to be not significant. Primary data were collected through a
survey method by sending online questionnaires to respondents. Hypotheses were tested using
Structural Equation Modeling (SEM) with Lisrel 8.8 application.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Favilia Franziska
"Reformasi Birokrasi menuntut pemerintah melakukan perubahan dalam mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia. Dalam menjalankan Reformasi Birokrasi tersebut banyak perubahan yang dilakukan oleh pemerintah berupa perubahan manajemen kinerja, perubahan pola kerja, perubahan budaya kerja dan lainnya. Berdasarkan penelitian terdahulu, perubahan yang sukses perlu adanya commitment to change pada individu di organisasi. Studi menemukan bahwa transformational leadership, readiness for change dan public service motivation memiliki pengaruh terhadap commitment to change. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui peranan readiness for change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change. Dengan menggunakan online survey kepada 174 responden dengan pengolahan data Lisrel didapati hasil penelitian berupa readiness for change dan public service motivation secara signifikan dan positif memediasi pengaruh dari Transformational leadership terhadap Commitment to Change. Berbeda dari hasil penelitian terdahulu, penelitian ini menemukan bahwa transformational leadership memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap commitment to change. Hal ini menekankan bahwa pentingnya peranan readiness to change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change pegawai negeri sipil di pemerintahan pusat. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan reformasi birokrasi sehingga pemerintahan pusat dapat mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia.
Bureaucratic Reform requires the government to make changes in achieving world-class governance. In carrying out this Bureaucracy Reform many changes made by the government consist of change management, work patterns, changes in work culture and others. Based on previous research, successful change requires commitment to change in individuals in the organization. The study found that transformational leadership, readiness for change and public service motivation have an influence on commitment to change. The purpose of this study is to determine the role of readiness for change and public service motivation in mediating the effect of transformational leadership on commitment to change. Using an online survey of 174 respondents by processing the Lisrel data, the results of the study were in the form of readiness for change and motivation for public services that significantly and positively mediated the effect of transformational leadership on Commitment to Change. Different from the initial research, this study found that transformational leadership has a negative and significant influence on commitment to change. Therefore, Readiness for change and public service motivation has important role for mediating the influence of transformational leadership on commitment to change in central government. This research is expected to solve the problem of bureaucratic reform so that so that the central government can realize world-class governance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lara Alexandra Syahrial
"ABSTRAK
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perubahan budaya organisasi"
"pada RSUD Cengkareng setelah berstatus BLUD. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses perubahan budaya organisasi tersebut terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tujuan bersifat deslaiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, proses perubahan budaya organisasi pada RSUD Cengkareng melewati beberapa tahapan. Mulai dari rapat manajemen bersama konsultan, merumuskan nilai-nilai yang dirasa sesuai dengan perusahaan, kemudian menetapkan tata nilai, melakukan sosialisasi budaya organisasi yang baru kepada seluruh pegawai dan yang terakhir adalah penerapan dan internalisasi terhadap seluruh pegawai RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

ABSTRACT
"This study aims to analyze the process of organizational cultural change in"
"Cengkareng Regional Public Hospital, West Jakarta. Question of this research is how the process of cultural change in the organization of Cengkareng Regional Public Hospital, West Jakarta. The approachment .for the research is qualitative esearch and the purpose of this research is desctiptive. Based on the result of this esearch, organizational culture change process is consisted of several stages, initially the management team held a meeting with special consultant, formulating new cultural value that fit with the organization, deciding the new culture, and the last is the socialization to all employees of Cengkareng Regional ublic Hospital, West Jakaria.""
2015
S61042
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>