Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192308 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Hanif Rizkyana Rahman
"Motivasi merupakan suatu energi yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri sesorang untuk bertindak sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan. Pada penelitian ini dilakukan analisa mengenai Faktor-faktor motivasi Pendorong dan penarik serta pengaruhnya terhadap perkembangan usaha, ini bertujuan untuk melihat sejauh ana hubungan diantarakeduanya di kota Depok. Penelitian ini mengambil penelitian ini diolah dengan software SPSS, Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa faktor penarik lebih penting dibanding faktor pendorong namun begitu keduanya emiliki pengaruh yang kecil terhadap pertumbuhan suatu usaha.

Motivation is an active energy that causes a change in someone to act insomething due to the goals, needs, or desires to be satisfied. In this study conducted an analysis of the factors of motivation and its corelation with firm growth. This reseach aims to see what is more important in motivating people in Depok city research is processed by SPSS 17 software, data processing results show that the pull factors is more important than Push factor Never ther less both have small corellation with firm growth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfah Hasanah
"Saat ini, konsep sharing economy telah semakin berkembang di masyarakat karena kemampuannya untuk menghasilkan efisiensi biaya dan partisipasi komunitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor motivasional yang membentuk intensi konsumsi terhadap layanan Airy Rooms sebagai salah satu produk sharing economy yang bergerak dalam industri pariwisata di Indonesia. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah attitude, subjective norms, perceived behavior control, perceived value, perceived risk, unique experience expectation, dan electronic word-of-mouth eWOM . Penelitian ini meneliti sebanyak 371 pengguna internet di atas 18 tahun yang mengetahui Airy Rooms, tetapi belum pernah menggunakan jasa penginapan Airy Rooms sebelumnya. Hasil dari penelitian ini membuktikan pengaruh yang signifikan dari variabel attitude, subjective norms, perceived value, dan unique experience expectation terhadap purchase intention serta pengaruh dari subjective norms, perceived value, dan unique experience expectation terhadap attitude. Penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh signifikan dari perceived risk terhadap attitude maupun purchase intention. Namun, penelitian ini menemukan adanya peran variabel attitude dan subjective norms sebagai variabel mediasi.

The rise of sharing economy in Indonesia has demonstrated its power of cost efficiency and community participation. This study would like to shed light on the insight between motivational factors of purchase intention on Airy Rooms as sharing economy product in the tourism industry in Indonesia. These shaping factors are attitude, subjective norms, perceived behavior control, perceived value, perceived risk, unique experience expectation, and electronic word of mouth eWOM . Respondents of this study are 371 internet users above 18 years old knowing Airy Rooms without ever purchasing it. The result of this study indicates the significant influence of attitude, subjective norms, perceived value, and unique experience expectation towards purchase intention. Moreover, this study also proves the significant impact of subjective norms, perceived value, and unique experience expectation towards attitude. This study does not find the significant effect of perceived risk to attitude and purchase intention, but obtain the mediation role of attitude and subjective norms. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fatimah Hadiyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh personal trait terhadap intensi berwirausaha pelaku UMKM di kota Depok. Bukti empris menyatakan bahwa personal trait dapat memengaruhi intensi seseorang untuk berwirausaha. Hal ini berarti bahwa jika pemerintah Indonesia ingin menciptakan lebih banyak lagi pengusaha, bisa dimulai dari memperbaiki pribadi individu. Dari empat variabel personal trait yang ditelti, variabel-variabel seperti risk tolerance dan entrepreneurial alertness dikonfirmasi memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha dikalangan pemilik UMKM di Kota Depok. Variabel locus of control dan need for achievement. Hal ini menunjukkan bahwa pada karakter UMKM di Kota Depok, walau hanya dengan kepribadian seperti risk tolerance dan entrepreneurial alertness saja mampu mendorong seseorang untuk memiliki intensi berwirausaha dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pengusaha.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine effect of personal trait on entrepreneurial intention among MSMEs in Depok. The empirical evidence proves that personal trait has effect on entrepreneurial intention. This means that if government in Indonesia is willing to create more entrepreneur, they must start oin creating personality which support the intention to become entrepreneur. This research found that personal trait like risk tolerance and entrepreneurial alertness have significantly effect on entrepreneurial intention among MSMEs in Depok. Furthermore, this study also examinewhich factors have the most significant effect on it. The findings show that even with two traits are enough to support people to become entrepreneur."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Ali Rusdi
"Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hasil hasil penelitian yang bervariasi (yang menyimpulkan orientasi kewirausahaan berpengaruh kuat, sedang, dan tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha bahkan berpengaruh negative) yang berasal  dari 400 artikel penelitian yang meneliti hubungan orientasi kewirausahaan dan kinerja UKM/UMKM yang dilakukan di Indonesia yang telah diterbitkan oleh berbagai jurnal sejak  Januari 2015-Juni 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan meta analisis dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal hasil penelitian di Indonesia yang tedapat pada pangkalan data Science and Technology Index (SINTA), Copernicus, EBSCO, Google scholar, dan Scopus yang berisi topik pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja. Hasil: Pada periode sebelum dan selama pandemi orientasi kewirausahaan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UKM/UMKM di Indonesia yang sama dengan nilai pengaruh r 0.26 – 0.35 (0.30) dengan p < 0.001 dan r 0.24 – 0.32 (0.28) dengan p<0.001 yang menurut Cohen classified effect pengaruhnya kecil-sedang namun signifikan. Hal ini berarti pengaruh orientasi kewirausahaan pada berbagai turbulensi lingkungan bisnis adalah sama.

This study aims to answer the results of varied research results (which conclude that entrepreneurial orientation has a strong, medium, and no effect on business performance or even has a negative effect) originating from 400 research journals examining the relationship between entrepreneurial orientation and SME/MSME performance conducted in Indonesia which have been published by various journals from January 2015 – June 2023. Method: This study uses a meta-analysis approach using secondary data obtained from research articels in Indonesia date base in the Science and Technology Index (SINTA), Copernicus, EBSCO, Google scholar, and Scopus which contain topics on the influence of entrepreneurial orientation on performance. Results: In the pre-pandemic and pandemic period, entrepreneurial orientation had a same positive effect on the performance of SMEs/MSMEs in Indonesia with an influence value of r 0.25 – 0.34 (0.30) with p < 0.001 and r 0.24 – 0.32 (0.28) with p < 0.001 which according to Cohen classified the effect was small-moderate but significant. This means that the influence of entrepreneurial orientation on the various turbulences of the business environment is the same."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dede Puad Mansur
"Penelitian ini menggunakan model Strategic Entrepreneruship SE Model yang dikembangkan Ireland et al. 2003 , yang menggabungkan manajemen stratejik dan kewirausahaan. Dalam perspektif SE, untuk meningkatkan daya saing diperlukan pengelolaan sumber daya secara stratejik yang membuahkan inovasi sebagai salah satu sumber keunggulan kompetitif. Namun sebelumnya, diperlukan pola pikir, budaya, dan kepemimpinan entrepreneurial sebagai prasyarat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pikir, budaya, dan kepemimpinan entrepreneurial dan pengelolaan sumber daya secara stratejik terhadap inovasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebanyak 86 pemilik UMKM di Jakarta dan Depok dilibatkan dalam penelitian. Data yang diperoleh kemudian dioleh menggunakan metode Partial Least Square PLS . Hasilnya diketahui bahwa budaya dan kepemimpinan entrepreneurial memberikan pengaruh paling signifikan terhadap inovasi pada UMKM.

This study uses Strategic Entrepreneurship SE Model from Ireland et al., 2003 , that is combined strategic management and entrepreneurship on its analysis. On SE perspective, ability to manage resources strategically and innovation is needed to build firm competitiveness. But in the other hand, firms need an entrepreneurial mindset, entrepreneurial culture, and entrepreneurial leadership as necessary condition.
This study aims to investigate the effect of entrepreneurial mindset, entrepreneurial culture, entrepreneurial leadership and managing resources strategically on Small Medium Enterprise's Innovation process. Responses from 86 SME's owners who reside in Jakarta and Depok was involved in the study. Data collection was analyzed using Partial Least Square PLS method. This study finds that entrepreneurial culture and leadership have the strongest effect on SME's Innovation process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S70085
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Fanny Ruth Andira
"Artikel ini membahas mengenai peran jaringan sosial dalam mendorong pengusaha level mikro untuk pengembangan bisnisnya. Studi-studi sebelumnya berargumen bahwa faktor ekonomi (modal uang, teknologi, tenaga kerja), faktor psikologi (skill dan motivasi), dan faktor sosiologi (internalisasi nilai) menjadi faktor utama dalam mendorong pengembangan bisnis bagi pengusaha level mikro. Dengan berpijak pada kasus pengusaha tenun kain ulos di Kecamatan Muara-Kabupaten Tapanuli Utara dan dengan berkaca pada studi-studi sebelumnya, penelitian ini berargumen bahwa jaringan sosial memiliki peran penting bagi pengusaha level mikro sebagai pendorong untuk pengembangan bisnisnya dalam aspek finansial, pemasaran dan produksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa jaringan sosial memiliki peran penting terhadap ketiga aspek pengembangan bisnis, yang mana setiap aspek memiliki peran yang berbeda-beda. Selain itu, ditemukan pula bahwa jaringan sosial memiliki peran yang dominan terhadap aspek produksi, yang mana pengembangan pada aspek produksi dapat menunjang pengembangan bisnis pada aspek lainnya, yaitu aspek pemasaran dan aspek finansial.

This article discusses about the role of social networks in encouraging micro entrepreneurs to develop their business. Previous studies argued that economic factors (money capital, technology, labor), psychological factors (skill and motivation), and sociological factor (internalization of values) were the main factors in encouraging the development business of micro entrepreneurs. Based on the case of ulos weaving entrepreneurs in Muara Sub-District and reflecting on previous studies, this research argues that social networks have an important role for micro entrepreneurs as a driver for business development in financial, marketing and production aspect. This research uses qualitative methods as well as data collection conducted through in-depth interview, observation and document studies. The findings of this study show that social networks have an important role for all three aspects of business development, which each aspect has a different role. In addition, social networks has a dominant role for a production aspect."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Daffa Firdaus
"Perkembangan ekonomi nasional yang terjadi saat ini tentu menciptakan peluang ekonomi yang besar bagi masyarakat Indonesia, salah satu sektor yang bermunculan saat ini adalah sektor pangan. Produsen pangan memiliki tanggung jawab utama terhadap produk pangan yang diedarkan dan dipasarkan, menyangkut gangguan kesehatan dan kematian orang yang mengkonsumsinya. Maka dari itu, perlu adanya pelindungan bagi para konsumen. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengangkat tiga pokok rumusan permasalahan yaitu pengaturan kewajiban Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang produk pangan, perlindungan bagi konsumen, dan upaya pemerintah terhadap pelaku UMKM yang tidak memenuhi standarisasi. Tujuan daripada penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan untuk UMKM Pangan terhadap SNI. Lebih lanjut penulisan ini menggunakan metodologi yuridis-normatif. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, cara untuk meningkatkan keamanan untuk para konsumen adalah dengan meingkatkan pengawasan oleh lembaga pengawas makanan.

The development of the national economy that is currently happening certainly creates great economic opportunities for the people of Indonesia, one of the sectors that is emerging at this time is the food sector. Food producers have primary responsibility for the food products that are distributed and marketed, regarding health problems and deaths of people who consume them. Therefore, there is a need for protection for consumers. Based on this, the authors raise three main problem formulations, namely regulation of obligations of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) against the provisions of the Indonesian National Standard (SNI) regarding food products, protection for consumers, and government efforts against MSME actors who do not meet standardization. The purpose of this writing is to find out and analyze the arrangements for Food SMEs against SNI. Furthermore, this writing uses a juridical-normative methodology. The conclusion drawn from this research is that the way to improve security for consumers is to increase supervision by food supervisory agencies. In addition, the government can conduct outreach to business actors and consumers about the importance of SNI so that people can better understand and be more careful in buy food products."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Bhagaskara
"Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Mampang. Fokus penelitian ini yaitu menganalisa implementasi program PKT pada UMKM Kuliner di Kecamatan Mampang Prapatan. Keberhasilan implementasi program dinilai berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Marilee S. Grindle dimana memuat dimensi-dimensi seperti kepentingan kelompok sasaran, tipe manfaat, perubahan yang diinginkan, letak pengambilan keputusan, pelaksana program, sumber daya yang terlibat, kekuasaan kepentingan strategi, karakteristik aktor, dan daya tanggap kelompok sasaran. Metode penelitian yang digunakan yakni melalui pendekatan post-positivist, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Implementasi program PKT pada UMKM Kuliner dinyatakan berhasil karena telah memuat delapan indikator, satu indikator yang belum memuat yakni indikator karakteristik aktor dimana dalam keberjalanan program PKT di Kecamatan Mampang Prapatan belum menjelaskan secara rinci karakteristik tersebut.
This study discusses The Implementation of Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) program to Culinary Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) at Mampang Prapatan District. The focus of this research is to analyze The Implementation of Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) program to Culinary Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) at Mampang Prapatan District. The successful implementation of the program is assessed based on the theory put forward by Marilee S. Grindle which includes dimensions such as the interests of the target group, the types of benefits, desired changes, location of decision making, program implementers, resources involved, power of strategic interests, actor characteristics, and responsiveness of the target group. The method of this research used post-positivist approach, the techniques of this research with literature studies and in-depth interviews. The Implementation of Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) program to Culinary Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) at Mampang Prapatan District is success because that explain eight indicators, one indicator that did not explain is actor characteristics."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqa Akbar Romdloni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude toward behavior, social norm dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur entrepreneurial intention adalah theory of planned behavior, Ajzen 1991. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei penyebaran kuesioner untuk memperoleh data, penarikan sampel sendiri menggunakan teknik total sampling, adapun sampel yang terkumpul adalah sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada dua variabel independennya yaitu attitude toward behavior dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention, namun social norm tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI.

ABSTRACT
This study aims to analyze the influences of attitude toward behavior, social norm and perceived behavioral control on entrepreneurial intention of DIIB UI s incubated startup founder and co-founder. This study used theory of planned behavior, Ajzen 1991 to measure the intention. This study used a quantitative approach by using survey method, in obtaining data, this study used a structured questionnaire. Total sampling is used for determining the sample number. The sample collected on this study were 60 respondents. The results of this study indicate that there is a significant influence among two independent variables, that is attitude toward behavior and perceived behavioral control toward entrepreneurial intention, while social norm did not have a significant influences on incubated startups founder and co-founder in DIIB UI entrepreneurial intention.>i/>
"
Depok: Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manggopa, Safriani Andira Gracia
"Perkembangan digitalisasi dan pandemi Covid-19 mendorong berbagai ritel untuk melakukan pengembangan model bisnisnya dalam menanggapi adanya pergeseran perilaku konsumen. Pengembangan tersebut dilakukan dengan menerapkan omnichannel pada model bisnisnya, di mana pada model bisnis ini merupakan model bisnis yang terintegrasi dan dapat memberikan pengalaman berbelanja yang seamless pada setiap Kanalnya. Pada beberapa tahun terakhir terdapat perkembangan yang pesat pada industri kosmetik di Indonesia, pasar lokal berhasil menghasilkan produk yang bersaing dengan produk luar negeri dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat lokal. Dalam menanggapi perkembangan yang ada pada konsumen, peneliti melakukan penelitian untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan beauty omnichannel di Indonesia. Penelitian ini menggunakan subjek Sociolla dan Avoskin sebagai pemimpin pasar pada bidangnya. Pada penelitian ini akan meneliti terkait faktor-faktor yang memengaruhi pengalaman berbelanja konsumen terhadap intensi dan perilaku penggunaan beauty omnichannel Sociolla. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan mendapatkan 251 responden Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel-variabel pada omnichannel customer experience seperti connectivity, integration, dan consistency memliki hubungan yang signfikan terhadap perceived compatibility. Pada variabel lainnya seperti flexibility dan personalization tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perceived risk. Adapun perceived compatibility memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian omnichannel kecantikan dan perceived risk tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian di omnichannel kecantikan. Dengan adanya penelitian ini maka diharapkan dapat menjadi wawasan bagi pembaca baik dalam segi beauty omnichannel maupun industri kecantikan secara umum. Penelitian ini juga ditujukan pada para pelaku ritel untuk dapat memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan preferensi konsumen, diikuti dengan adanya Kanal management yang baik pada setiap Kanalnya.

The digitalization and the Covid-19 pandemic have driven various retailers to develop their business models in response to the shifting of consumer behaviours. This development is achieved by implementing an omnichannel approach to their business model, which integrates multiple channels and provides a seamless shopping experience across the channel. In recent years, the cosmetic industry in Indonesia has experienced rapid growth, the local market starts to producing competitive products and received positive responses from the local consumer. In response to these consumer developments, researchers have conducted a study to examine the factors influencing the usage of beauty omnichannel in Indonesia. The study focuses on PT Social Bella Indonesia (Sociolla) and Avoskin as market leaders in beauty retail industry and skincare brand in Indonesia. The research aims to investigate the factors influencing consumer shopping experiences, customer intention, and customer behaviour towards using the beauty omnichannel. Data collection was conducted through a survey, with total of 251 respondents. The data was analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The test results indicate that variables related to omnichannel customer experience such as connectivity, integration, and consistency have a significant relationship with perceived compatibility. However, few variable such as  flexibility and personalization do not have a significant relationship with perceived risk. Furthermore, perceived compatibility has a significant relationship with the intention to purchase beauty products through omnichannel, while perceived risk does not have a significant relationship with the intention to purchase beauty products through omnichannel. This research is expected to provide insights for readers, both in terms of beauty omnichannel and the beauty industry in general. It also aims to guide retailers to provide services and products that suits with consumer preferences, accompanied by effective channel management across all channels."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>