Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 218064 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tyan Hanriarseto
"ABSTRAK
Industri perbankan memainkan peran penting dalam ekonomi suatu negara dan secara proaktif terlibat dalam kegiatan CSR sementara industri lainnya reaktif terhadap CSR karena tekanan stakeholder eksternal Decker, 2004 . Reputasi lembaga keuangan bergantung pada program CSR mereka Poolthong Mandhachitara, 2009 , inilah sebabnya mengapa lembaga perbankan cenderung memiliki peringkat tinggi pada indeks peringkat CSR internasional Perez et al., 2013 . Salah satu tantangan ini berasal dari dampak negatif persepsi individu terhadap institusi keuangan 39; Matute et al., 2010 . Hal ini merujuk bahwa persepsi tiap individu memainkan peranan sangat penting terhadap institusi keuangan. Salah satu fokus program CSR Bakti BCA yakni pendidikan karena menyadari bahwa pendidikan merupakan indikator untuk membentuk mental dan karakter individu untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi beneficiaries program CSR pendidikan terhadap dimensi CSR dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persepsi positif dari para penerima manfaat baik itu stakeholder internal ataupun eksternal akan memberikan dampak terhadap operasional dan bisnis perusahaan sehingga memberikan manfaat secara langsung dalam kesejahteraan sosial yakni manfaat kepada masyarakat umum sebagai external stakeholder dan karyawan sebagai internal stakeholder dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan.

ABSTRACT
The banking industry plays an important role in a country 39 s economy and proactively engaged in CSR activities while other industries are reactive to CSR due to external stakeholder pressure Decker, 2004 . The reputation of financial institutions depends on their CSR programs Poolthong Mandhachitara, 2009 , which is why banking institutions tend to rank high on the international CSR rating index Perez et al., 2013 . One of these challenges stems from the negative impact of individual perceptions on financial institutions 39 Matute et al., 2010 . This refers to the perception that each individual plays a very important role in the financial institution. One focus of Bakti BCA CSR program is education because it realizes that education is an indicator to form mental and individual character to improve social welfare. The objective of this research is to know the perception of beneficiaries of education CSR program on CSR dimension by using quantitative research. The result of this research explained that positive perceptions of beneficiaries consisting external or internal stakeholder will have an impact on company rsquo s operations and business. So that provide direct benefits in the social welfare of the benefits to the general public as external stakeholders and employees as internal stakeholders in order to improve the standard of living"
2018
T50704
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Harry Ferdinand
"Penelitian ini berupaya menganalisis tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial bank umum di negara negara ASEAN 5 yaitu Indonesia Filipina Malaysia Singapura dan Thailand pada tahun 2014. Tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial ini diketahui melalui analisis deskriptif dari hasil content analysis dengan menggunakan indikator GRI G4 Sustainability Reporting Guidelines dan GRI G4 Sector Disclosures Financial Services. Penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan tingkat pengungkapan perbankan di Thailand adalah yang tertinggi disusul oleh Indonesia Malaysia Filipina dan tingkat pengungkapan terendah oleh perbankan di Singapura Selain itu perbankan yang menerbitkan Laporan CSR Tersendiri diketahui menunjukkan tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan perbankan yang hanya mengandalkan pengungkapan tanggung jawab sosial melalui Laporan Tahunan.

The objective of this research is to analyse the level of corporate social responsibility in commercial banks in ASEAN 5 namely Indonesia The Phillipines Malaysia Singapore and Thailand in 2014. The level of corporate social responsibility disclosure is known through descriptive analysis of the result of content analysis process which use indicators from GRI G4 Sustainability Reporting Guidelines and GRI G4 Sector Disclosures Financial Services This research finds out that overall the level of disclosures in commercial banks in Thailand is the highest followed by Indonesia Malaysia while the lowest level of disclosures is conventional banks in Singapore. Also banks which published Standalone CSR Report show higher level of corporate social responsibility disclosures compared to banks which rely on their Annual Report as a medium to publish information of corporate social responsibility."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61662
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danang Ajianto Adhi Pratama
"Skripsi ini meneliti mengenai inisiatif Corporate Social Responsibility PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Tujuan penelitian, adalah untuk melihat inisiatif pelaksanaan CSR dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan CSR di PT Bank Rakyat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa inisiatif pelaksanaan CSR di PT Bank Rakyat Indonesia berdasarkan visi dan misi serta kebijakan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN. Selain itu faktor pelaksanaan CSR di PT. Bank Rakyat Indonesia, diketahui dari upaya memenuhi kewajiban serta adanya dorangan dari dalam bahwa CSR selain memberikan bantuan juga ada dukungan bisnis.

The focus of this study is to describe initiative of the implementation of Corporate Social Responsibility at PT Bank Rakyat Indonesia. The purpose is to decribe initiative of CSR program and influence factor during of CSR implementation program at BRI. The data were collected by literature study and means of interview. The output showed that implementation CSR at BRI based on vision and mission, and also the rules from government especially BUMN ministry of Indonesia. The implementation focussing charity and support business."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47463
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Sujatmiko
"Program kemitraan usaha mikro kecil dan menengah adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) perusahaan, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Skripsi ini mengkaji pelaksanaan program kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan pelaksanaannya dalam bentuk program kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilakukan oleh PT. Bank Mandiri Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Pelaksanaan program kemitraan BUMN diamanatkan dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan sebagai peraturan pelaksananya. Pada intinya ketentuan tentang pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) wajib memperhatikan antara lain mengenai kriteria calon mitra binaan, kewajiban BUMN pembina dan mitra binaan, sumber dana program kemitraan, mekanisme penyaluran dana, kualitas pinjaman dan lain sebagainya. Pelaksanaan program kemitraan PT. Bank Mandiri Tbk. telah sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari kewajiban yang telah dipenuhi PT. Bank Mandiri Tbk. sebagai BUMN pembina sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. Namun dalam ketentuan yang mengatur mengenai program kemitraan dan bina lingkungan tidak diatur mengenai sanksi bagi BUMN yang tidak melakukan progam kemitraan dan bina lingkungan.

Partnership Program is one form of Corporate Social Responsibility (CSR), particularly State-Owned Enterprise (SOE). This thesis examines the implementation Partnership Program of Micro, Small and Medium Business as a Corporate Social Responsibility (CSR) in the law number 19 Year 2003 about State-Owned Enterprise and implementation partnership Program of Micro, Small and Medium Business as a Corporate Social Responsibility (CSR) at PT. Bank Mandiri Tbk. A method used in analyze this case is a normative juridical. The implementation partnership program of SOE is contained in the law number 19 Year 2003 about State-Owned Enterprise and Minister of State Enterprises Regulation No. PER-05/MBU/2007, dated 27 April 2007, on the Partnership Program of SOE with Small Business and Environmental Development Program as the rule?s executioner. In essence the implementation partnership program and environmental development program must be observe criteria of partners, liabilities of SOE and partners, source of funds, mechanism of channeling funds, quality of loan, etc. Bank Mandiri?s Partnership Program has been in accordance with a regulation. It can be seen from the obligations have been performed PT. Bank Mandiri Tbk. as a SOE builder regulated as Minister of State Enterprises Regulation No. PER-05/MBU/2007, dated 27 April 2007, on the Partnership Program of SOE with Small Business and Environmental Development Program. But then in provisions of the partnership program is not arranged sanctions for the SOE that doesn?t do partnership program and environmental development program."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
S42530
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Hasan Albaqir
"Indonesia  merupakan negara yang terdiri dari berbagai agama yang didominasi oleh penduduk beragama Islam. Kehadiran bank syariah di Indonesia menjadi hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan yang sesuai dengan ajaran Islam. Pertumbuhan jumlah nasabah bank syariah yang cukup besar belum mampu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan bank syariah itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi bank syariah untuk membuat nasabah menjadi loyal dengan membangun yang baik di mata nasabah. Kegiatan corporate social responsibility (CSR) dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan reputasi dan persepsi suatu brand di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan brand equity bank syariah di Indonesia. Penelitian ini akan menggunakan dua dimensi dari CSR yaitu philanthropic responsibility dan ethical responsibility serta dua dimensi dari brand image yaitu functional image dan symbolic image. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah yang aktif menggunakan layanan perbankan syariah dalam 1 tahun terakhir dan pernah mengetahui mengenai kegiatan CSR yang dilakukan bank syariah yang mereka gunakan. Penelitian ini akan menggunakan analisis Structural Equation Modelling SEM) dengan software Lisrel 8.8 untuk mengolah data kuesioner yang memiliki skala likert 1- 5 dari 230 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethical responsibility berpengaruh positif terhadap functional dan symbolic image. Sedangkan philanthropic responsibility tidak berpengaruh positif terhadap functional symbolic image. Selain itu functional dan symbolic image berpengaruh positif terhadap brand equity.

Indonesia is a country with a population consisting of various religions, with a predominantly Muslim population. The presence of Islamic banking industry in Indonesia is important to fulfill banking service needs which comply to sharia teachings. The growth of Islamic banking customers which is quite large to date has not been able to provide a significant influence on the growth of Islamic banking themselves. Therefore, it is important to improve customer loyalty by creating good image seen from the customers perspective. Corporate Social Responsibility (CSR) activities are one way to improve brand reputation and perception on consumers perspective. Therefore, this study aims to determine whether the CSR affects brand image (BI) and brand equity (BE) of islamic banking in Indonesia. This study uses two dimensions of CSR (philanthropic responsibility and ethical responsibility), and two dimensions of BI (functional image and symbolic image). Respondents in this study were islamic banking customers who actively used the islamic banking services over the past 12 months and had learned about CSR activities carried out by the Islamic banking they were using. Using the Analysis of Structural Equation Modeling (SEM) on Lisrel 8.8 software, this study processes the data which were obtained through 230 returned questionnaires from respondents with using Likert scale of 1 to 5 as a tool. The results of this study indicate that ethical responsibility has a positive effect on functional and symbolic image, while philanthropic responsibility does not positively influence the functional and symbolic images. On the other side, functional and symbolic images have a positive effect on BE.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Mahmuda
"Negara bukan satu-satunya aktor untuk dapat mencapai kesejahteraan, perusahaan diharapkan dapat berkontribusi melalui program CSR. Salah satu perusahaan yang berpartisipasi melaksanakan CSR adalah Bank Mandiri Taspen yang bergerak pada usaha bidang perbankan yang berfokus pada segmen UMKM dan pensiunan. Metode yang digunakan pada karya akhir ini adalah tinjauan literatur yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Tujuan dari tinjauan pustaka ini adalah untuk mendeskripsikan teori dan informasi terkait baik dari masa lalu maupun saat ini, serta mengorganisasikan sumber-sumber pustaka tersebut sesuai dengan topik penelitian yang bersangkutan. Program CSR Bank Mandiri Taspen 2018 menerapkan konsep Triple Bottom Line, yaitu Profit, People, dan Planet. Dalam kaitan dengan keilmuan kesejahteraan sosial, penelitian ini berfokus pada analisis program CSR Bank Mandiri Taspen di aspek People dan aspek Planet dengan beberapa kegiatan yang dilakukannya.

The state is not the only actor to achieve prosperity, companies are expected to contribute through CSR programs. One of the companies participating in implementing CSR is Bank Mandiri Taspen which operates in the banking sector focuses on the MSME and retiree segments. The method used in this work is a literature review which is then analyzed descriptively. The purpose of this literature review is to describe theories and related information from both the past and present, as well as organizing paper and document sources according to the research topic. Bank Mandiri Taspen 2018 CSR Program applies the Triple Bottom Line concepts: Profit, People and Planet. Thus, related to social welfare studies, this research focuses on the analysis of Bank Mandiri Taspen CSR programs, specifically related to People and Planet aspects."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Welliani Ridwan
"Penelitian ini membahas implementasi, tahapan kemitraan dan manfaat kemitraan rantai pasokan Program Pengembangan Petani Kedelai Hitam (P3KH) terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia, Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama dalam melakukan implementasi kemitraan rantai pasokan sebagai program CSR tahapan need assesment pemetaan sosial penerima manfaat dan potensi wilayah menentukan keberhasilan dan keberlanjutan program. Kedua, terjadinya pergeseran paradigma CSR ke Creating Share Value. Ketiga, kehadiran P3KH di Pringkuku dirasakan manfaatnya bagi sebagian besar petani kedelai hitam, meskipun belum signifikan pada peningkatan pendapatan para petani tetapi tetap dapat menjadi penghasilan tambahan selain pendapatan utamanya. Manfaat bagi Unilever adalah terjaminannya ketersediaan rantai pasokan.

This study discusses the implementation stages of partnership and the benefits of supply chain partnerships Black Soybean Farmers Development Program (P3KH) on Corporate Social Responsibility (CSR) PT Unilever Indonesia, Tbk. This study used descriptive qualitative approach. The results showed, first in implementing supply chain partnerships as CSR program needs assessment stage of social mapping areas of potential beneficiaries and determine the success and sustainability of the program. Second, a paradigm shift CSR to Creating Share Value. Third, the presence P3KH in Pringkuku perceived benefits for the majority of black soybean farmers, although not significant in increasing farmers' income, but still can be an extra income in addition to its main income. Benefits for Unilever is availability guaranteed of the supply chain.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mgs. Ahmad Ramadhani
"ABSTRAK
Angka pengangguran yang cukup tinggi terutama dari lulusan SMK di Indonesia dapat diatasi salah satunya melalui program CSR pemagangan terhadap siswa SMK ataupun alumninya agar kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja. Tidak banyak industri yang melakukan program CSR di bidang pendidikan dalam bentuk pemagangan yang terstuktur dan komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek input dan proses dari program tersebut yang dilakukan oleh PT. Citra Tubindo Tbk, perusahaan manufaktur Oil & Gas di Indonesia. Hasil penelitian menemukan aspek input yang menjadi sumber kesuksesan program dan aspek proses yang menentukan kualitas program. Kedua aspek tersebut mengarahkan pencapaian outcome yang melebihi ekspektasi dan menyediakan informasi untuk dapat direplikasi.

ABSTRACT
The high unemployment rate in Indonesia, especially derived from vocational school graduates, could be overcome through Corporate Social Responsibility program of internship and apprenticeship to equip recipients with set of competences therefore they will be competent and able to compete in the job market. Only few industries carry out the program in the educational form of structured and comprehensive internship or apprenticeship. This study aimed to evaluate the input and process of the program deployed by PT. Citra Tubindo Tbk, an Oil & Gas manufacturing company in Indonesia. The results of this revealed some inputs that were the source of program success and processes that determined the quality of the program. Both aspects resulted the achievement of outcome that exceeded expectation and provide information to be replicated."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The research on BRI Bank CSR on the enhancement of family social welfare is meant to know the effect of CSR on family social welfare enhancement, manifested through having habitable and healthy houses which were designed by competent institution, Faculty of Architecture Gadjah Mada University. Refer to the fund benefit for social welfare of the people in need, recommended that corporations should save fund aside for social charity like CSR, as corporation helping hand to give social service for people who need. To disburse CSR fund, it needs colaboration with social organizations having long experience in social activities. Claboration should be done in fund and activities management for CSR receipients."
MIPKS 36:4 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Teofilus Raka Ryandito
"Skripsi ini membahas mengenai implementasi program CSR revitalisasi pasar yang termasuk dalam Program Peduli Pasar oleh BRI di Pasar Serpong dengan merujuk pada  teori sistem CSR. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian post positivist yang dijelaskan secara deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR Peduli Pasar yang dilakukan oleh BRI tidak memberikan dampak ekonomis maupun sosial baik bagi BRI maupun pedagang Pasar Serpong. Dalam pelaksanaannya, revitalisasi yang dilakukan BRI ini tidak melibatkan pedagang pasar dari perencanaan, pengelolaan, hingga pengawasannya. Adapun dari sisi keberlanjutan, meskipun CSR yang dilakukan oleh BRI dalam perencanaan maupun pelaksanaan sudah sesuai dengan indikator tetapi tidak berkelanjutan dan bermanfaat di masa depan. Meskipun demikian, CSR revitalisasi pasar yang ada di BRI sudah sesuai dengan norma dan etika baik perusahaan maupun penerima.

This thesis will discuss about implementation of market revitalization CSR, which is included in BRI's market care program in the Serpong market, towards the theory of CSR as a system. This research is a post-positivist research which is explained descriptively. The Methods used for collecting data in this study are through in-depth interviews and secondary data.The results of this study indicate that CSR does not provide economic or social impacts for both BRI and the Serpong Market traders. In its implementation, BRI's revitalization does not involve market traders from planning, management, to supervision. As for sustainability, even though the CSR carried out by BRI is suitable  in planning and implementation , their program is not sustainable and useful in the future. Nevertheless, the market revitalization CSR at BRI is in accordance with the norms and ethics of both the company and the recipient.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>