Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172721 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nani Zara
"ABSTRAK
Model penetapan harga hedonis digunakan untuk menilai dampak tol yang baru dibangun dan fasilitas umum lainnya misalnya, stasiun bus, stasiun kereta api di Kota Depok pada harga tanah di enam puluh tiga kelurahan. Data diperoleh untuk dua periode waktu: sebelum dan sesudah selesainya pembangunan tol Segmen Pertama. Data panel dianalisis menggunakan regresi efek acak. Hasilnya menggambarkan bahwa ketersediaan jasa transportasi memiliki korelasi positif dengan nilai tanah. Pintu masuk tol baru hanya menguntungkan area yang terletak di dekat proyek; hasil maksimal adalah sebanyak 18 . Meskipun efeknya tidak merata, diperkirakan bahwa daerah lain akan mengalami keuntungan di masa depan, setelah proyek selesai secara keseluruhan.
ABSTRACT
The hedonic pricing model was used to assess the impact of Depok City rsquo s newly built tollgate and other public facilities e.g., bus station, train station on land prices in sixty three city subdistricts. Data were obtained for two time periods before and after the completion of Segment One of the toll development. The panel data was analyzed using a random effects regression. The results illustrate that the availability of transportation services has a positive correlation with the land value. The new toll entrance only benefits the areas located near the project the maximum return is as much as 18 . Although the effect is not evenly distributed, I estimate that other regions will experience a profit in the future, after the project has been completed. "
Lengkap +
2018
T49932
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Solichin
"Skripsi ini membahas nilai tanah pada suatu permukiman di Kecamatan Beji Kota Depok dengan menggunakan analisis regresi berganda dari harga tanah di permukiman di Kecamatan Beji Kota Depok pada tahun 2008 berdasarkan beberapa variabel, yaitu jarak dari jalan kolektor, jarak dari jalan lokal, jarak dari stasiun kereta api, jarak dari pasar tradisional, jarak dari mal/pertokoan, jarak dari perguruan tinggi, jarak dari sekolah, jarak dari fasilitas kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif keruangan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui permukiman mana di Kecamatan Beji Kota Depok yang memiliki nilai tanah yang tinggi, sedang, maupun rendah pada tahun 2008 dan variabel apa saja yang mempengaruhinya.

This script discusses about land value in one settlement in Beji District, Depok City, by utilizing multiple regression analysis from land price of settlements in Beji District, Depok City in 2008, based on couple variables, such as dictance from collector road, distance from local, distance form railway, distance from traditional market, distance from malls and retails, distance from university, distance from school, distance from public health facility. This research is close to quantitative research by spatial descriptive analysis. The output of this research is to know which settlements, in Beji District, Depok City, has high land value, which one is middle, or low in 2008 and to know what variables influence them."
Lengkap +
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S34053
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lissa Elmayuningsih
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor determinan apa saja yang mempengaruhi harga pasar tanah di Kota Depok sebagai pengambilan keputusan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear dengan model data cross section tahun 2015. Model regresi linear dapat menjelaskan variasi harga tanah dengan diketahui nilai dan arahnya dari variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Penelitian ini memberikan hasil temuan selisih harga pasar dengan NJOP berpengaruh positif terhadap harga pasar tanah. Sementara itu jarak dari kelurahan ke universitas terdekat Universitas Indonesia , dan rata-rata luas bangunan terjual masing-masing memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap harga pasar tanah. Dengan demikian, penelitian ini menemukan adanya keputusan masyarakat membeli tanah didominasi oleh kondisi infrastruktur yang sudah terbangun. Faktor lain di luar model seperti luas tanah, jarak, aksesibilitas, dan sebagainya tidak terlalu mempengaruhi harga pasar karena masyarakat yang tinggal di wilayah Kota Depok diasumsikan memiliki kemampuan dalam mengakses faktor lain tersebut.

ABSTRACT
This study conducted to see the determinant factors influencing the market price of land in Depok City. This research use linear regression method with cross section data model in year 2015. Linear regression model can explain the variation of land price with known value and direction toward its dependent variables. This research shows that the market price difference between market price and NJOP have positive effect to land market price. Meanwhile, the distance from the village to the nearest university Universitas Indonesia , and the average area of buildings sold respectively have a negative and significant relationship to the market price of land. This study also found that the decision of people to buy land is dominated by infrastructure conditions that have been built. Other factors outside the model such as land area, distance, accessibility, etc. do not affect the market price significantly."
Lengkap +
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ghaisani Shabrina Rahma
"[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh aktivitas pelabuhan terhadap perekonomian Indonesia dilakukan melalui analisis angka pengganda (multiplier analysis), analisis kontribusi (share analysis) dan keterkaitan antar sektor pelabuhan Indonesia; (2) Untuk menganalisis posisi pelabuhan dalam sektor kunci perekonomian Indonesia; (3) Untuk menganalisis dampak investasi PT. Pelabuhan Indonesia (BUMN) terhadap pendapatan (income) dan nilai tambah bruto (NTB) perekonomian Indonesia.
Adapun data yang digunakan menggunakan data-data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Universitas Indonesia (UI) khususnya adalah Tabel Input Output 2008 Updating dan 2010. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan pendekatan analisis Input-Output, yaitu angka pengganda (multiplier analysis), analisa keterkaitan antar sektor (forward-backward linkage), analisis kontribusi (share analysis) dan analisis dampak investasi terhadap pendapatan (income) dan nilai tambah bruto (NTB) sektor-sektor perekonomian Indonesia.
Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Sektor-sektor pelabuhan memiliki nilai angka pengganda output yang relatif besar dan angka pengganda pendapatan yang relatif kecil. Hal ini menunjukkan bahwa 4 (empat) sektor terpilih yaitu Jasa Penunjang Angkutan, Jalan, Jembatan dan Pelabuhan, Angkutan Laut dan Industri Kapal dan Jasa Perbaikannya, memiliki potensi penciptaan output yang besar dari permintaannya, tetapi memiliki sedikit potensi penciptaan pendapatan rumah tangga, hal ini disebabkan karena 4 (empat) sektor ini hanya sedikit menggunakan input yang berasal dari rumah tangga atau hanya menyerap sedikit tenaga kerja rumah tangga. (2) Koefisien teknologi tahun 2008 dan 2010, terdapat perbedaan
sehingga terjadi perubahan teknologi dalam proses produksi output perekonomian. Sektor Jalan, Jembatan dan Pelabuhan merupakan sektor yang memiliki kontribusi output (output share) dan kontribusi permintaan antara (intermediate demand) tertinggi.(3) Sektor Kunci perekonomian, yaitu sektor Jalan, Jembatan, dan Pelabuhan, Angkutan Laut, dan Jasa Penunjang Angkutan, sedangkan Industri Kapal dan Jasa perbaikannya masih belum menjadi sektor kunci perekonomian. (4) Stimulus investasi terhadap sektor-sektor pelabuhan
dapat meningkatkan distribusi pendapatan ke seluruh sektor-sektor perekonomian lainnya dan terjadi peningkatan total pendapatan dari output seluruh perekonomian.(5) Stimulus investasi terhadap sektor-sektor pelabuhan dapat meningkatkan nilai tambah bruto (NTB) ke seluruh sektor-sektor perekonomian lainnya dan terjadi peningkatan total NTB dari output seluruh perekonomian.(6) penurunan dwelling time terhadap sektor-sektor pelabuhan dapat meningkatkan nilai tambah bruto (NTB) ke seluruh sektor-sektor perekonomian lainnya dan
terjadi peningkatan total NTB dari output seluruh perekonomian.

ABSTRACT
The purpose of this study were: (1) To analyze the effect of the port activity on the Indonesian economy is done through the multiplier analysis, analysis of the contribution (share analysis) and linkages between Indonesian port sector; (2) To analyze the position of the port in the key sectors of the Indonesian economy; (3) To analyze the impact of investment and dwelling time on PT. Pelabuhan Indonesia to earnings and gross value added Indonesian economy.
The data that is being used from the data published by the Central Statistics Agency (BPS) and the University of Indonesia (UI) in particular is Updating Input Output Table 2008 and 2010. The analysis tool used is using the Input-Output analysis approach, the multiplier analysis, forward-backward linkage analysis, the analysis of the contribution (share analysis) and the analysis of investment impact on income and gross value added the Indonesian economy sectors.
The conclusion is (1) Sectors port multiplier output value is relatively large and income multiplier is relatively small. This shows that 4 (four) selected sectors namely Supporting Services Transport, Roads, Bridges and Ports, Sea Transport and Industrial Ship and Improvement Services, has a great potential output
creation of demand, but it has small potential for the creation of household income, this due to the 4 (four) sector is only inconsiderably small in using the input that comes from households or just absorb small amount of household labor. (2) The coefficient of the technology in 2008 and 2010, there is a difference resulting in a change of technology in the production process of the economy's output. Sector Roads, Bridges and Ports is the one that has the highest output share and intermediate demand. (3) The Roads, Bridges, and Ports, Sea Transport, Transport and Supporting Services are the key sectors of the economy, while the Shipbuilding Industry and Services improvement is still not a key sector of the economy. (4) Stimulus investments to the port sectors can improve income
distribution to all other sectors of the economy and an increase in total revenue of the output of the entire economy. (5) Stimulus investments to the port sectors could increase the gross value added to throughout other sectors of the economy and an increase in the total value added of the output of the entire economy. (6) reduction in dwelling time for the Indonesian port could increase gross value added to all other sectors of the economy and an increase in the total value added of the whole output economy., The purpose of this study were: (1) To analyze the effect of the port activity
on the Indonesian economy is done through the multiplier analysis, analysis of the
contribution (share analysis) and linkages between Indonesian port sector; (2) To
analyze the position of the port in the key sectors of the Indonesian economy; (3)
To analyze the impact of investment and dwelling time on PT. Pelabuhan
Indonesia to earnings and gross value added Indonesian economy.
The data that is being used from the data published by the Central Statistics
Agency (BPS) and the University of Indonesia (UI) in particular is Updating Input
Output Table 2008 and 2010. The analysis tool used is using the Input-Output
analysis approach, the multiplier analysis, forward-backward linkage analysis, the
analysis of the contribution (share analysis) and the analysis of investment impact
on income and gross value added the Indonesian economy sectors.
The conclusion is (1) Sectors port multiplier output value is relatively large
and income multiplier is relatively small. This shows that 4 (four) selected sectors
namely Supporting Services Transport, Roads, Bridges and Ports, Sea Transport
and Industrial Ship and Improvement Services, has a great potential output
creation of demand, but it has small potential for the creation of household
income, this due to the 4 (four) sector is only inconsiderably small in using the
input that comes from households or just absorb small amount of household labor.
(2) The coefficient of the technology in 2008 and 2010, there is a difference
resulting in a change of technology in the production process of the economy's
output. Sector Roads, Bridges and Ports is the one that has the highest output share and intermediate demand. (3) The Roads, Bridges, and Ports, Sea Transport,
Transport and Supporting Services are the key sectors of the economy, while the
Shipbuilding Industry and Services improvement is still not a key sector of the
economy. (4) Stimulus investments to the port sectors can improve income
distribution to all other sectors of the economy and an increase in total revenue of
the output of the entire economy. (5) Stimulus investments to the port sectors
could increase the gross value added to throughout other sectors of the economy
and an increase in the total value added of the output of the entire economy. (6)
reduction in dwelling time for the Indonesian port could increase gross value
added to all other sectors of the economy and an increase in the total value added
of the whole output economy]"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joice Erha Juliet Bakara
"ABSTRAK
Karya akhir ini menggambarkan pengaruh ekonomi makro, return pasar dan lHPB yang mempengaruhi return saham perdagangan, yang dapat berguna bagi pihak yang ingin mengetahui informasi mengenai saham perdagangan yang ada di BEJ, oleh sebab itu dalam penelitian ini menggunakan data variabel makro, return pasar yang di wakili oleh IHSG dan IHPB yang mewakili karakteristik dari perdagangan.
Variabel ekonomi makro yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi perubahan nilai tukar dollar AS terhadap rupiah, tingkat SBI untuk satu bulan, Jumlah Uang Beredar (M2) dan perubahan tingkat inflasi, sedangkan variabel pasar di wakili oleh IHSG dan variabel lainnya yang di ikutkan adalah IHPB. Penelitian ini menggunakan 15 saham perdagangan, yaitu AKRA, EPMT, HEXA, INTA, INTO, LTLS, MORN, TGKA, TURI, UNTR, SOPC, TIRA, WICO, KONI, TMPI.
Penelitian ini menggunakan regresi melalui empat tahapan. Pertama, regresi untuk melihat pengaruh pasar, yang di wakili oleh IHSG, Kedua regresi untuk melihat . pengaruh IHSG dengan variabel ekonomi makro. Ketiga, regresi untuk melihat pengaruh IHSG dengan IHPB. Keempat, regresi untk melihat pengaruh bersama- sama variabel ekonomi makro, IHSG dan IHPB.
Berdasarkan basil penelitian di peroleh bahwa variabel independent di atas mempunyai pengaruh beragam terhadap kinerja saham perdagangan, tidak semua variabel independent mempunyai pengaruh terhadap return saham perdagangan, sebagian tidak berpengaruh terhadap return saham perdagangan, di mana variabel tersebut yang bervariasi, ada yang berpengaruh negative dan ada juga yang berpengaruh positif.
Akhirnya untuk lebih akuratnya penelitian ini penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan yang membedah lebih detail mengenai saham perdagangan."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jimmy Rahmadio
"Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan pembatasan aktivitas manusia di ruang publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan lanskap ekonomi dan efisiensi serta struktur produksi sebelum dan selama pandemi. Penelitian ini menggunakan Tabel IO 2016 dan diperbarui dengan metode RAS untuk tahun 2021, dengan tambahan analisis multiplier product matrix. Secara keseluruhan, terjadi perubahan kecil dalam lansekap perekonomian di Sumatera Barat. Sektor industri pengolahan berkinerja buruk di banyak indikator dan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan masih mendominasi. Justru, perekonomian Sumatera Barat semakin menguat di sektor pertanian dan beberapa jasa tertentu. Perubahan yang ada gagal menunjukkan bukti keberhasilan industrialisasi, justru penguatan di sektor yang diuntungkan dalam pandemi Covid-19, seperti sektor informasi dan komunikasi.

The Covid-19 pandemic has resulted in humans having to limit their activities in public spaces. This study aims to analyze changes in the economic landscape, and the efficiency and structure of production before and during the pandemic. This study uses the 2016 IO table and is updated with the RAS method for 2021, with the addition of a product matrix multiplier analysis. Overall, there has been little change in the economic landscape in West Sumatra. The manufacturing sector has underperformed in many indicators while the agriculture, plantation and fishery sectors still dominate. West Sumatra's economy got stronger in the agricultural sector and certain services. Existing changes due to pandemic failed to show evidence of successful industrialization process, instead strengthening in sectors that benefited from the Covid-19 pandemic, such as the information and communication sector."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Kementerian Luar Negeri, 2013
337.1 IND k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Citra Heryviani
"ABSTRACT
Perubahan penggunaan tanah tidak terbangun menjadi tanah terbangun merupakan suatu fenomena yang terjadi pada sebuah kota yang sedang berkembang, salah satunya adalah Kota Depok. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola perubahan penggunaan tanah di Kota Depok apabila ditinjau dari kepadatan bangunannya. Data penggunaan tanah, jaringan jalan, pusat kegiatan, dan citra landsat 7 TM dan citra landsat 8 OLI menjadi data yang digunakan pada penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode urban index untuk mengetahui perubahan kepadatan bangunan dan metode regresi linier berganda untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam mendorong perubahan penggunaan tanah. Analisis spasial deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan tanah terbangun pada tahun 2017 mempunyai luasan 88,15 sedangkan penggunaan tanah tidak terbangun mempunyai luasan 11.85 dari luasan kota Depok. Perubahan penggunaan tanah di Kota Depok memiliki pola semakin menjauhi jaringan jalan atau pusat kota perubahan penggunaan tanah tidak terbangun menjadi penggunaan tanah terbangun semakin besar.

ABSTRACT
Changes not built land use into the built land use is a phenomenon that occurs in a developing city, one of which is The City of Depok. The problem in this research is how the pattern of land use change in Depok City when viewed from the density of the building. Land use data, road network, activity center, and landsat 7 TM imagery and landsat 8 OLI image become the data used in this research. The method used in this study is the urban index method to determine changes in building density and multiple linear regression methods to determine what factors are the most dominant in encouraging changes in land use. Descriptive spatial analysis shows that land use built in 2017 has an area of 88.15 while unused land use has an area of 11.85 of Depok city area. Changes in land use in Depok City have a pattern of getting away from the road network or the city center of land use change is not built into the use of increasingly wake land."
Lengkap +
2017
S69477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rabiatul Adabia Zahra
"Tanah merupakan suatu bagian yang penting bagi kehidupan manusia, tanah-tanah ini harus didaftarkan untuk mendapat validasi kepemilikan yaitu, melalui sistem pendaftaran tanah yang difasilitasi oleh Kantor Pertanahan. Dalam hal pendaftaran tanah sering ditemukan kesalahan pada administrasi yang dapat menyebabkan sertipikat hak atas tanah menjadi cacat administrasi, hak ini biasanya berujung menjadi sengketa pertanahan seperti dalam kasus ini Ny. IF melawan PT. X dimana PT. X menjual bidang tanah yang Ny. IF sedang lakukan upaya hukum di Pengadilan, sejalan dengan permasalahan yang diangkat penulis dalam tesis ini yaitu Tanggung jawab Pejabat Pembuat Akta Tanah Pada Akta Jual Beli dari Objek Tanah Yang Masih Dalam Upaya Hukum. Penelitian ini menganalisis pertimbangan Kantor Badan Pertanahan dalam menerbitkan kembali Sertipikat Hak Guna Bangunan saat masih ada sengketa dan juga meneliti tanggung jawab Pejabat Pembuat Akta Tanah dalam membuat Akta Jual Beli dari objek tanah yang masih bersengketa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berbentuk yuridis-normatif, dengan tipologi penelitian diagnostik dan preskriptif. Pengumpulan jenis data sekunder dengan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, yang berupa studi literatur dan wawancara sebagai bahan pendukung. Data yang sudah ada akan dianalisis secara kualitatif, dan bentuk hasil penelitian ini bersifat deskriptifanalitis. Hasil dari penelitian, yakni atas penerbitan kembali sertifikat yang telah dibatalkan juga adanya perbuatan hukum jual-beli atas tanah tersebut ternyata sah adanya, dikarenakan telah terdapat putusan terdahulu yang menyatakan Ny. IF Ne Bis In Idem yang artinya atas keluarnya putusan tersebut atas objek tanah tidak dapat lagi dilakukan upaya hukum. Oleh Karena itu Pertanggung Jawaban PPAT terhadap Akta Jual Beli tidak memenuhi unsur untuk dapat dimintakan pertanggung jawaban baik secara administratif, perdata, maupun pidana.

The land is a crucial aspect of human existence; this land must be registered to get ownership validation, which is done through a land registration system facilitated by the Land Office. Administrative faults are frequently discovered in land registration, causing the certificate of land rights to become administratively faulty; this right usually results in a land dispute, as in Mrs. IF's case against PT. X, where PT. X sold the plot of land for which Mrs. IF is currently pursuing legal action in court, in line with the problem raised by the author in this thesis; It is Responsibilities of the Land Deed Officer in the Sale and Purchase Deed of Disputed Land Objects. This study analyzed some concerns of the Land Agency Office in re-issuing the Right to Build Certificate while there is still a disagreement and the obligation of the Land Deed Official in creating the Sale and Purchase Deed of land objects that are still in dispute. This study used a juridicalnormative research method with a diagnostic and prescriptive typology of research. Secondary data types were collected using primary, secondary, and tertiary legal documents in literature reviews and interviews as supporting materials. Existing data will be qualitatively examined, and the research's findings will take the form of descriptiveanalytical reports. Based on the findings, the re-issuance of a canceled certificate, as well as a legal act of purchasing and selling land, were both lawful due to a previous ruling saying that Mrs. IF Ne Bis In Idem, which indicates that legal remedies are no longer available following the issuing of the decision on land objects. Therefore PPAT's Liability for the Sale and Purchase Deed does not meet the elements to be able to be held accountable both administratively, civilly, and criminally."
Lengkap +
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kahfi Kurnia
"ABSTRAK
Indonesia negara yang sedang melakukan pembangunan infrastruktur transportasi secara massif masih memiliki permasalahan yang besar terutama dari aspek pendanaan. Dengan Kebutuhan biaya yang sangat besar serta proyek yang dilakukan secara bersamaan, salah satu solusi yang bisa di tawarkan adalah pemanfaatan nilai lahan untuk membantu pemerintah dalam meringankan biaya pengeluaran. Untuk bisa melakukan pemanfaatan nilai lahan diperlukan terlebih dahulu untuk mengetahui nilai harga tanah ketika proyek transportasi tersebut selesai dibangun. Dalam penelitian ini saya akan mengembangkan model persamaan berdasarkan variabel variabel yang mempengaruhi nilai harga tanah sehingga bisa membuat model untuk memprediksikan nilai harga tanah dimana nantinya harga tanah tersebut bisa di manfaatkan untuk skema pemanfaatan nilai lahan untuk membantu pemerintah dalam aspek pembiayaan. Penelitian menemukan bahwa variabel yang mempengaruhi nilai harga tanah adalah bentuk tanah, sosial ekonomi masyarakat sekitar, jarak dari stasiun dan umur bangunan diatasnya dengan model regresi LnHarga Tanah = 16.991 0.203 Bentuk 0.084 Ekonomi ndash; 0.719 Stasiun ndash; 0.405 LgUmur

ABSTRACT<>br>
Indonesia is one of the countries building massive transportation infrastructure project, which currently facing a lot of problems especially in the aspect of funding. One of the solutions which can be offered to solve the great requirement cost neede is using land value capture mechanism to ease the expenses of the government. In order to develop land value capture mechanism we need to know the land value when the transportation project finished its construction. In this research I will develop a model formula based on the variables which effects the land value which can be used as land value capture mechanism to help government in funding aspect. The variable which shows dominance as a factor for the price of land are shape of land, social status of residents, distance from station and age of building above the land. The final equation for the multiple linear regression obtain to estimate land price is LnLandPrice 16.991 0.203 Shape 0.084 Economy ndash 0.719 Station ndash 0.405 LgAge"
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>