Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 204865 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Listya Diani Pramudyaningtias
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh organization citizenship behavior terhadap efektivitas organisasi yang dipengaruhi oleh praktik manajemen sumber daya manusia dan dimediasi oleh komitmen organisasi di PT XYZ. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 112 orang responden yang merupakan karyawan tetap dari PT. XYZ dan 104 (92%) kuesioner kembali dan menjadi sampel penelitian. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SEM-PLS yaitu dengan program Smart-PLS 3.
Hasil dari studi ini menunjukan bahwa organization citizenship behavior memiliki hubungan positif dengan efektivitas organisasi dimana organization citizenship behavior dipengaruhi oleh manajemen SDM yang dimediasi oleh komitmen organisasi. Manajemen SDM memiliki pengaruh terhadap organization citizenship behavior dengan adanya mediasi komitmen organisasi maupun tidak. Hasil dari penelitian ini penting bagi PT. XYZ, sebagai masukan dalam upaya mengembangkan strategi dan kebijakan SDM di masa depan dan juga untuk perusahaan baru yang akan berjalan pada 2019.

The purpose of this study is to analyze the influence of organization citizenship behavior on organizational effectiveness that is influenced by human resource management practices and mediated by organizational commitment at PT XYZ. This research was conducted through a quantitative approach by conducting a questionnaire survey. The questionnaire was distributed to 112 respondents who were permanent employees of PT. XYZ and 104 (92%) questionnaires returned and became the study sample. Data obtained were then processed using SEM-PLS, with Smart-PLS 3 program.
The results of this study indicated that the organization citizenship behavior had a positive relationship with organizational effectiveness where organizational citizenship behavior was influenced by HR management mediated by organizational commitment. HR management had an influence on the organization citizenship behavior with the mediation of organizational commitment or not. The results of this study are important for PT. XYZ, as an input in the effort to develop HR strategies and policies in the future and also for new companies that will run in 2019.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Choerunisa
"Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim sebanyak 87.2 dari total jumlah penduduk. Dengan banyaknya populasi muslim terdapat kemungkinan bahwa nilai Islam dapat mempengaruhi lingkungan kerja dalam bentuk peraturan yang diterapkan untuk karyawan. Penelitian ini menguji apakah praktik manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari seleksi, pelatihan, evaluasi, partisipasi karyawan dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Selain itu, penelitian ini juga menguji apakah prinsip Islam dapat memoderasi hubungan antara praktik manajemen sumber daya manusia dengan kinerja organisasi. Penelitian ini mengambil sampel dari lima lembaga nirlaba Islam. Pengolahan data dilakukan dengan metode SEM PLS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik manajemen sumber daya manusia mempengaruhi kinerja organisasi secara signifikan, sedangkan variabel prinsip Islam tidak terbukti memoderasi hubungan antara praktik sumber daya manusia dan kinerja organisasi. Implikasi dari penelitian ini yaitu praktik manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari seleksi, pelatihan, evaluasi, partisipasi karyawan dan kompensasi dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mencapai kinerja organisasi yang baik.

Indonesia is a country with the largest Muslim population with 87.2 of the total population. With so many Muslim populations, there is the possibility that Islamic values can affect the work environment in the form of rules applied to employees. This study examined whether human resource management practices consist of selection, training, evaluation, employee participation and compensation affect organizational performance. In addition, this study also examines whether Islamic principles can moderate the relationship between human resource management practices and organizational performance. The study took samples from five non profit Islamic institutions. Data processing is done by SEM PLS method.
The results of this study show that the practice of human resource management significantly influences organizational performance, while Islamic principle variables are not proven to moderate the relationship between human resource practices and organizational performance. The implications of this study that human resource management practices which consist of selection, training, evaluation, employee participation and compensation can be taken into consideration to achieve good organizational performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Alyah Amalia Anugrah
"Penelitian ini menguji pengaruh praktik manajemen sumber daya Insani yaitu, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi terhadap komitmen organisasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Partial Least Squares PLS yang diolah dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 dengan jumlah data sebanyak 92 responden yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada karyawan lembaga filantropi Islam di Indonesia.
Berdasarkan hasil pengujian dan olah data, ditemukan bahwa diantara empat dimensi praktik manajemen sumber daya Insani, penelitian ini menemukan bahwa pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi, sedangkan rekrutmen dan seleksi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi diantara karyawan lembaga filantropi Islam.
Penelitian ini memiliki implikasi, yaitu pentingnya penerapan prinsip Islam dalam praktik manajemen sumber daya manusia pada organisasi yang berbasis Islam. Selain itu, menjadi bahan pertimbangan bagi divisi sumber daya manusia untuk memaksimalkan praktik manajemen sumber daya Insani yang mempengaruhi secara signifikan terhadap pembentukan komitmen organisasi diantara karyawan.

This research examines the effect of Islamic human resource management practices such as recruitment and selection, training and development, performance appraisal, and compensation on organizational commitment. The hypotheses were tested by using Partial Least Squares PLS research method which is processed by using SmartPLS 3.0 software using data taken from 92 respondents obtained from questionnaires distributed to employees of Islamic philanthropy organization in Indonesia.
Based on the results of testing and data processing, it was found that training and development, performance appraisal, and compensation have a significant effect on organizational commitment, while recruitment and selection do not have a significant effect on organizational commitment among employees of Islamic philanthropy institutions.
The implication of this research is the importance of applying Islamic principles in the practice of human resource management in Islamic based organizations. Moreover, this study has the implications of being the consideration for human resources division to maximize the practice of Islamic human resource management that significantly affects the formation of organizational commitment among employees.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Sekar Arum
"Job embeddedness dan organizational citizenship behavior merupakan dua faktor penting yang perlu diperhatikan oleh suatu organisasi/perusahaan karena dapat dijadikan sebagai kunci utama dalam membangun dan meningkatkan efektivitas karyawan dan keberhasilan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat job embeddedness dan organizational citizenship behavior adalah work-life conflict dan emotional exhaustion serta adanya peran Manajemen SDM dalam organisasi/perusahaan untuk dapat meminimalkan work-life conflict dan emotional exhaustion untuk dapat meningkatkan job embeddedness dan organizational citizenship behavior pada seorang karyawan khususnya karyawan yang sudah berkeluarga. Work-life conflict yang dialami karyawan dalam pekerjaan dan rumah tangga dapat berhubungan dengan emotional exhaustion dan outcome pekerjaan yaitu job embeddedness dan organizational citizenship behavior pada karyawan di DKI Jakarta dan sekitarnya dengan emotional exhaustion sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM . Data penelitian ini diperoleh dari 196 karyawan di DKI Jakarta dan sekitarnya yang sudah menikah melalui kuesioner secara online dan offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-life conflict memiliki pengaruh positif terhadap emotional exhaustion. Selain itu, work-life conflict memiliki pengaruh negatif terhadap organizational citizenship behavior, sedangkan work-life conflict ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap job embeddedness. Lebih lanjut, emotional exhaustion juga tidak memiliki pengaruh terhadap job embeddedness dan organizational citizenship behavior. Hal tersebut menunjukkan bahwa emotional exhaustion tidak memiliki peran sebagai mediasi antara work-life conflict terhadap job embeddedness dan organizational citizenship behavior.

Job embeddedness and organizational citizenship behavior are two important factors that need to be considered by an organization company because it can be used as a key in building and improving employee effectiveness and success in an organization company. One of the factors that can influence the level of job embeddedness and organizational citizenship behavior is work life conflict and emotional exhaustion and the role of HR Management in organization company to minimize work life conflict and emotional exhaustion to increase job embeddedness and organizational citizenship behavior on an employee especially an already married employee. Work life conflicts experienced by employees in work and households can relate to emotional exhaustion and work outcomes such as job embeddedness and organizational citizenship behavior in employees in DKI Jakarta and surrounding areas with emotional exhaustion as mediation. This research uses Structural Equation Modeling SEM method. This research data was obtained from 196 employees in DKI Jakarta and surrounding areas who have been married through questionnaires online and offline. The results showed that work life conflict has a positive effect on emotional exhaustion. In addition, work life conflict has a negative influence on organizational citizenship behavior, whereas work life conflict is found to have no effect on job embeddedness. Furthermore, emotional exhaustion also has no effect on job embeddedness and organizational citizenship behavior. It shows that emotional exhaustion has no role as mediation between work life conflict towards job embeddedness and organizational citizenship behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Caroline
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh manajemen keberagaman terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan mempertimbangkan juga pengaruh mediasi inklusi organisasi, komitmen afektif, dan keterikatan pekerjaan. Data untuk penelitian kuantitatif ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dari 263 pegawai perusahaan FMCG di wilayah Indonesia yang memiliki masa kerja minimal setahun. Pengolahan data yang dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling menunjukkan bahwa manajemen keberagaman tidak memiliki pengaruh langsung terhadap OCB. Hubungan kausalitas manajemen keberagaman terhadap OCB dimediasi penuh oleh inklusi organisasi dan keterikatan pekerjaan. Sementara itu, komitmen afektif tidak terbukti menjadi mediator dalam hubungan pengaruh manajemen keberagaman terhadap OCB. Penelitian ini menunjukkan pentingnya implementasi manajemen keberagaman di dalam perusahaan sekaligus mengungkapkan tindakan untuk meningkatkan OCB pegawai.

This study aims to understand the effect of diversity management on Organizational Citizenship Behavior (OCB), taking into account the mediating role of organizational inclusion, affective commitment, and work engagement. The data for this quantitative study were collected using questionnaire from 263 employees who have worked for at least one year in FMCG company operating in Indonesia. The data analyzed in Structural Equation Modelling showed that diversity management had no direct effect on OCB. The result also indicated that the causal relationship between diversity management and OCB was fully mediated by organizational inclusion and work engagement. However, affective commitment was not proven to be a mediator in the causal relationship of diversity management on OCB. This study reveals the importance of diversity management implementation within a company as well as courses of action to boost OCB of the employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Fadhila
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi retensi karyawan di Nielsen Indonesia dengan menganalisis beberapa faktor, yaitu praktek manajemen sumber daya manusia (kompensasi, pelatihan, keseimbangan kehidupan kerja, dan pengembangan karir), person-organization fit dan organizational citizenship behavior (OCB). Analisis model persamaan struktural (N=120) mengungkapkan bahwa hubungan antara praktek manajemen sumber daya manusia dan retensi karyawan dimediasi sebagian oleh person-organization fit dan organizational citizenship behavior (OCB).

This study was conducted to investigate the factors that influenced employee retention in Nielsen Indonesia by analyzing several factors, namely human resource management (HRM) practices (compensation, training, work-life balance, and career development), person-organization fit and organizational citizenship behavior (OCB). Structural equation modelling analysis (N = 120) revealed that relations between employees' evaluations of HRM practices and the employee retention were partially mediated by perceptions on person-organization fit and OCB.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruqaya Annisa Nurul Haq
"Tesis ini menganalisis dua faktor yang mempengaruhi burnout, yaitu persepsi terhadap human resource management dan perceived organizational support. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengukuran burnout pada 45 orang sampel karyawan Bank X. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor persepsi terhadap manajemen SDM pada dimensi pengembangan pribadi yang paling berpengaruh terhadap burnout. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bahwa perlu dilakukan sosialisasi kebijakan dan dukungan organisasi oleh manajemen SDM terhadap karyawan yang mengalami burnout.

This thesis analyzes two factors that affect burnout, the perception of human resource management and perceived organizational support. This research is quantitative by measuring burnout in the sample of 45 employees of Bank X. The study found that factors in the perception of human resource management dimension's - personal development the most influence on burnout. Based on the research results, the researchers suggest that this problem needs to be disseminated by the organization's policies and human resource management support for employees experiencing burnout."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41549
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuanita Sunatrio
"Arus globalisasi dunia menyebabkan semakin banyaknya perusahaan asuransi multinasional beroperasi di Indonesia, sehingga menyebabkan pasar asuransi semakin kompetitif. Mengingat pasar asuransi di Indonesia sebagian besar bersifat captive market, industri asuransi Indonesia haws mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Salah satu cara menghadapi persaingan adalah meningkatkan kualitas SDM. Sistem SDM di PT. Asuransi XYZ masih diwarnai dengan adanya nepotisme, adanya kecenderungan santai dan kurangnya komitmen terhadap pekerjaannya berpengaruh terhadap kinerja organisasi, baik produktivitas maupun kualitas pelayanan terhadap nasabahnya. Dalam rangka bersaing dengan perusahaan asuransi asing maupun lokal lainnya PT. Asuransi XYZ harus mengadakan perubahan dari segi kualitas SDM.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa salah satu upaya meningkatkan kinerja organisasi adalah dengan menganalisis kualitas dan kinerja SDM-nya. Untuk mengukur kinerja SDM, Becker, Huselid dan Ulrich (2001) telah mengembangkan suatu sistem pengukuran yang dinamakan Human Resource Scorecard. Pengukuran ini merupakan pengembangan dari Balanced Scorecard yang dibuat oleh Norton & Kapplan, dimana pengukuran HR Scorecard lebih memfokuskan pada kegiatan SDM atau menilai kontribusi SDM dalam penciptaan value dalam perusahaan. Dasar peran SDM yang stratejik terdiri dari 3 dimensi rantai nilai yang diwakili oleh Arsitekur SDM, yaitu: Fungsi SDM, Sistem SDM dan Perilaku Karyawan yang stratejik. Selain itu ada Model 7 Langkah dalam merancang suatu system pengukuran HR Scorecard. Adapun dimensi pengukuran HR Scorecard, adalah: HR Competency, High Performance Work System (HPWS), HR System Alignment, HR Eficiency dan HR Deliverable. HRScorecard, merupakan salah satu mekanisme yang secara komprehensif mampu menggambarkan dan mengukur bagaimana sistem pengelolaan SDM (yang sifatnya intagibel) dapat menciptakan value atau kontribusi bagi organisasi. Sehubungan dengan hal di atas, penulis tertarik untuk menerapkan sistem pengukuran HR Scorecard untuk menilai kinerja SDM di PT. Asuransi XYZ. Mengingat kinerja SDM Brat kaitannya dengan kinerja Perusahaan, maka peneliti juga ingin melihat bagaimana kinerja organisasi di PT. Asuransi XYZ.
Penelitian dilakukan terhadap 58 orang karyawan dan 58 pelanggan PT. Asuransi XYZ. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan korelasi spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Kepala Bagian SDM, cenderung dinilai sedang oleh karyawan, mengingat secara umum program yang dilakukan oleh Kepala Bagian SDM belum terlihat hasilnya secara nyata. Dan dimensi HPWS, aspek yang masih perlu ditingkatkan adalah proses rekrutmen yang sesuai prosedur dan kompetensi, sistem penggajian yang menunjang produktivitas dan kualitas pelayanan, sistem penilaian kinerja yang obyektif dan meningkatkan kinerja, penghargaan non moneter, merancang program pengembangan dan jenjang karir yang sesuai kebutuhan, dan berdasarkan kompetensi yang sesuai, serta memfasilitasi kebijaksanaan dan prosedur yang konsisten dan mendukung karyawan dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk dimensi HR Alignment, diukur kepuasan karyawan dan kapabilitas pelayanan, dan hasilnya secara umum karyawan cukup puas dan merasa mampu memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Dilihat dari dimensi HR Efficiency, perhitungan HR ROl tidak dapat dilakukan mengingat program SDM yang mengkontribusi sasaran belum terlaksana, biaya SDM per karyawan masih di bawah rata-rata biaya industri, laju turn over 16%, intensi turn over tergolong sedang, dan biaya absenteisme 1,5% dari total biaya SDM. Selanjutnya dilihat dari dimensi HR Deliverable, secara umum karyawan mempersepsi iklim organisasi yang mendukung kinerja dan motivasi kerja yang cukup baik, namun aspek komitmen dan tingkat kepercayaan organisasi dinilai rendah. Hal tersebut terjadi dimungkinkan karena perusahaan dalam tahap evaluasi dari pemegang saham, adanya perubahan kebijaksanaan dan prosedur serta komunikasi yang kurang transparan dari pihak manajemen. Mengenai kinerja perusahaan di tahun 2002, tampak produktivitas masih di bawah rata-rata produktivitas industri, dan tingkat kepuasan pelanggan mencapai 79%."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T10800
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syauqiyah Nur Salma
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi terhadap diversity management dan retaining diversity berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior toward the organization dan organizational citizenship behavior toward individual pada karyawan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Dalam hubungan tersebut juga diuji efek dari workplace happiness sebagai mediator. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dengan total sebanyak 195 responden. Model yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software LISREL versi 8.80 untuk mengetahui hubungan dari variabel yang diuji. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perceptions of diversity management tidak memiliki pengaruh terhadap organizational citizenship behavior toward the organization dan organizational citizenship behavior toward individual, sedangkan perceptions of retaining diversity memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan hanya terhadap organizational citizenship behavior toward individual. Perceptions of diversity management juga tidak berpengaruh terhadap workplace happiness, akan tetapi perceptions of retaining diversity memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap workplace happiness. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa workplace happiness hanya memediasi hubungan antara perceptions of diversity management dan organizational citizenship behavior, baik toward the organization maupun toward individual.

This study aims to determine whether perceptions of diversity management and retaining diversity affect organizational citizenship behavior toward the organization and organizational citizenship behavior toward individuals at PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk employees. In this connection, the effect of workplace happiness as a mediator is also tested. The research data was obtained through a questionnaire with a total of 195 respondents. The model used in this study was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL software version 8.80 to determine the relationship of the variables tested. The results of this study prove that perceptions of diversity management have no effect on organizational citizenship behavior toward the organization and organizational citizenship behavior toward individuals, while perceptions of retaining diversity have a direct positive and significant effect only on organizational citizenship behavior toward individuals. Perceptions of diversity management also have no effect on workplace happiness, but perceptions of retaining diversity have a direct, positive and significant effect on workplace happiness. In addition, this study also shows that workplace happiness only mediates the relationship between perceptions of diversity management and organizational citizenship behavior, both toward the organization and toward the individual."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pebri Tutur Srihadi
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh variabel laten penelitian budaya organisasi terhadap variabel laten performa kerja individu dan variabel laten kinerja organisasi yang dilakukan pada salah satu perusahaan otomotif di Indonesia. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh dan taraf signifikansi antara variabel laten (eksogen) budaya organisasi terhadap variabel laten (endogen) performa kerja individu dan variabel laten (endogen) kinerja organisasi pada salah satu perusahaan otomotif di Indonesia.
Budaya organisasi model Denison digunakan dalam penelitian ini yang memiliki empat dimensi yaitu mission, consistency, involvement dan adaptability. Performa kerja individu merujuk pada empat dimensi task performance, contextual performance (interpersonal), contextual performance (organizational), adaptive performance dan counterproductive work behaviour. Sedangkan kinerja organisasi berdasarkan kepada konsep balance scorecard dimana terdapat empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajar dan pertumbuhan. Sample sejumlah 174 ditujukan bagi karyawan pada seluruh divisi dan pada seluruh tingkat jabatan di perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap performa kerja individu dan kinerja organisasi sehingga perusahaan dipandang memiliki kemampuan yang memadai terkait penerapan budaya organisasi dalam perusahaan yang berdampak pada performa kerja individu yang berpotensi meningkatkan kinerja organisasi perusahaan guna menghadapi ketatnya persaingan pada industri otomotif di Indonesia.

This study aims to see the effect of organizational culture research variables on employee performance variables and organizational performance variables carried out in one automotive company in Indonesia. This study discusses the difference between latent variable (exogenous) organizational culture on latent variable (endogenous) individual performance and latent variable (endogenous) organizational performance at one of automotive company in Indonesia.
The Denison cultural organization model is used in this study which has four dimensions, such as mission, consistency, involvement and adaptability. Individual work performance refers to five dimensions of task performance, interpersonal performance, contextual performance (organization), adaptive performance and counterproductive work behavior. Meanwhile, company performance is based on the concept of balance scorecard where there are four perspectives, such as financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and learning and growth perspective. The sample is 174 which is intended for all employees throughout at all levels and divisions in the company.
The results showed that organizational culture has a significant influence on individual performance and organizational performance in accordance with the needs of the company in accordance with the needs of cultural organizations that improve the performance of companies that support the performance improvement of automotive companies in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
T53530
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>