Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130989 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Irdayati
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya entrepreneurial desirability pada mahasiswa Master Degree disertai kajian komparasinya. Penelitian dilakukan untuk memverifikasi pengaruh interaksi antara kognisi kewirausahaan (the perceived entrepreneurial self efficacy, the perceived entrepreneurial feasibility, entrepreneurial desirability). Survei dilakukan pada 196 mahasiswa Master Degree di 2 perguruan tinggi yakni sampel kampus A di Indonesia dan sampel kampus B di Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM).
Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa pada responden di sampel kampus A di Indonesia, faktor self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability, self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability. Adapun pada responden di sampel kampus B di Malaysia, faktor self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability, self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility tidak berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability.
Adapun keterbatasan pada penelitian ini hanya memberikan gambaran umum tentang kondisi peserta di 2 sampel kampus yang mungkin memiliki visi dan misi penyelenggaraan program kewirausahaan yang berbeda. Penelitian berikutnya dapat menyelidiki pola interaksi yang lebih komprehensif pada faktor-faktor yang mempengaruhi entrepreneurial desirability dengan mempertimbangkan variabel lain selain variabel yang telah peneliti teliti.

The purpose of this study was to investigate the factors that influence the emergence of entrepreneurial desirability in Master Degree students accompanied by a comparative study. The study was conducted to verify the effect of interaction between entrepreneurial cognition (the perceived entrepreneurial self-efficacy, the perceived entrepreneurial feasibility, entrepreneurial desirability). The survey was conducted on 196 Master Degree students in 2 universities namely sample A campus in Indonesia and sample B campus in Malaysia. This study uses the method of Structural Equation Modeling (SEM).
The findings in this study stated that in respondents in sample campus A in Indonesia, the self-efficacy factor had no significant effect on entrepreneurial desirability, self-efficacy had a significant effect on entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility had a significant effect on entrepreneurial desirability. As for the respondents in sample campus B in Malaysia, the self-efficacy factor has a significant effect on entrepreneurial desirability, self-efficacy has a significant effect on entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility has no significant effect on entrepreneurial desirability.
The limitations of this study only provide an overview of the conditions of participants in 2 campus samples that may have different vision and mission of organizing entrepreneurship programs. Subsequent research can investigate a more comprehensive interaction pattern on the factors that influence entrepreneurial desirability by considering other variables besides variables that researchers have meticulously examined.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Hardianti Saputri
"Pengelolaan keuangan merupakan suatu hal yang penting di zaman ini, perkembangan digital membuat setiap orang dengan sangat mudah untuk mendapatkan apapun termasuk membeli makanan, pakaian dan sebagainya. pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan baik supaya setiap individu dapat terhindar dari kesulitan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik, tentu didasarkan pada pengetahuan mengenai konsep keuangan. Pemahaman tersebut akan menentukan bagaimana individu berperilaku dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Pemahaman mengenai keuangan akan membentuk sikap keuangan mahasiswa dan dapat menentukan perilaku keuangan yang baik maupun buruk. Perilaku keuangan yang baik dapat dipengaruhi juga oleh kontrol diri mahasiswa, semakin baik kontrol diri maka semakin baik mahasiswa dalam mengambil keputusan keuangan. Dalam mengatur keuangan, faktor religiusitas juga dapat menentukan perilaku seseorang dalam mengambil keputusan keuangan. Memasukkan unsur religiusitas (iman) akan mempengaruhi perilaku keuangan individu menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling menggunakan metode analisis deskriptif dengan jumlah 189 sampel mahasiswa bidikmisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial knowledge, financial attitude, kontrol diri dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa financial knowledge adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. 

Financial management is an important thing in this era, digital developments make it very easy for everyone to get anything including buying food, clothes and so on. Financial management must be carried out properly so that each individual can avoid financial difficulties. Good financial management, of course, is based on knowledge of financial concepts. This understanding will determine how individuals behave in managing their finances. An understanding of finance will shape students' financial attitudes and can determine good or bad financial behavior. Good financial behavior can also be influenced by student self-control, the better self-control, the better students are in making financial decisions. In managing finances, the religiosity factor can also determine a person's behavior in making financial decisions. Incorporating elements of religiosity (faith) will affect individual financial behavior for the better. The type of research is qualitative research with purposive sampling technique using descriptive analysis method with a total sample of 189 Bidikmisi students. The results showed that financial knowledge, financial attitudes, self-control and religiosity had a significant effect on financial behavior and the results also showed that financial knowledge was the most dominant factor influencing student financial management behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggraeni Asha Haryanto
"Entrepreneur dengan passion dianggap lebih sukses dibandingkan yang tidak memilikinya (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Dengan adanya passion dapat memberikan individu rasa senang dan kesanggupan untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai secara sepenuh hati. Dengan adanya entrepreneurial passion, entrepreneur dapat menghadapi kesulitan-kesulitan yang mereka temukan selama menjalani bisnis (Bird, 1969). Dengan entrepreneurial passion tersebut dapat mengantarkan mereka untuk bisa mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari entrepreneurial passion terhadap entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) akan diukur melalui dimensi EP for inventing, EP for founding, dan EP for developing. Lalu, entrepreneurial behavior akan diukur menggunakan dimensi business planning, financing the new firm, dan interaction with the external environment. Total responden valid yang didapatkan berjumlah 107 responden dengan kriteria mahasiswa Universitas Indonesia berstatus aktif dan sedang memiliki bisnis saat data penelitian ini diambil. Hasil analisis terhadap data yang didapatkan dari responden tersebut menunjukkan bahwa entrepreneurial passion berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap entrepreneurial behavior.

Entrepreneurs with passion are considered more successful than those without it (Baum & Locke, 2004; Cardon, Zietsma, Saparito, Matherne, & Davis, 2005; Moses, 2001). Having passion can give individuals a sense of joy and the ability to do something they like wholeheartedly. With entrepreneurial passion, entrepreneurs can face the difficulties they encounter while running a business (Bird, 1969). This entrepreneurial passion can lead them to be able to maintain their business in the long term. This research aims to analyze the influence of entrepreneurial passion on entrepreneurial behavior. Entrepreneurial passion (EP) will be measured through the dimensions EP for inventing, EP for founding, and EP for developing. Then, entrepreneurial behavior will be measured using the dimensions of business planning, financing the new firm, and interaction with the external environment. The total number of valid respondents obtained was 107 respondents with the criteria being that students at the University of Indonesia had active status and were owning a business when the data for this research was taken. The results of the analysis of the data obtained from these respondents show that entrepreneurial passion has a significant positive effect on entrepreneurial behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syarif Hidayatullah
"Semakin meningkatnya persaingan dalam industri menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan kualitasnya dengan memiliki SDM terbaik khususnya pada bidang manajerial dan bisnis. Hal ini menuntut individu untuk terus meningkatkan kualitas mereka untuk dapat bersaing. Program studi Magister Manajemen Universitas Indonesia mencoba menyediakan solusi atas permasalahan tersebut. Namun dengan semakin ketatnya persaingan antar pendidikan tinggi diperlukan strategi untuk dapat bersaing. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi student loyalty dan word of mouth pada pendidikan tinggi dengan menggunakan variabel higher education quality, student satisfaction, student trust, dan university image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi support services merupakan dimensi yang paling berpengaruh terhadap higher education quality. Higher education quality, student satisfaction dan university image berpengaruh positif dan signifikan terhadap student loyalty. Student trust berpengaruh negatif terhadap student loyalty dan word of mouth. Sedangkan university image berpengaruh positif terhadap student trust, student loyalty, dan word of mouth

Increasing competition on industry requires company to continuously improve their quality by having the best people, notably on managerial and business knowledge. This requires peoples to improve their quality to compete. Master of Management University of Indonesia try to provide to these problem. But with increasing competition among higher education, strategy is required to be compete. This study aims to determine factors that affecting student loyalty and word of mouth on higher education by using higher education quality, student satisfaction, student trust, and university image. The result showed that support services are the most influential dimension of higher education quality. Higher education quality, student satisfaction and university image have positive and significant effect on student loyalty and word of mouth. Student trust have negative effect on student loyalty and word of mouth. University image have positive effect on student trust, student loyalty, and word mouth"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handyta Nusansari Putri
"ABSTRAK
Persaingan industri perawatan dan kecantikan kulit saat ini sangat ketat terutama
di kota besar seperti Jakarta dengan banyaknya skin care clinic center yang ada,
sehingga klinik-klinik tersebut tidak dapat hanya mengandalkan keunggulan fitur
dan manfaat fungsional lagi saja agar dapat memiliki citra (image) positif di mata
konsumen. Maka penelitian ini ingin mengetahui apa saja yang mempengaruhi
terbentuknya Brand Image terutama oleh aspek tak berwujud (intangible) suatu
merek seperti faktor-faktor demografi yang meliputi variabel Usia, Pengeluaran
per bulan, Jenjang Pendidikan, dan Status Pekerjaan, serta variabel Experiential
Marketing dan variabel Word-of-Mouth (WoM). Analisa penelitian dengan 69
responden menggunakan regresi berganda dengan hasil responden dengan jenjang
pendidikan sarjana memiliki tingkat persepsi lebih tinggi terhadap Brand Image
dibandingkan dengan responden dengan jenjang pendidikan pascasarjana, serta
variabel Experiential Marketing dan variabel Word-of-Mouth (WoM) yang
dialami memiliki pengaruh persepsi responden terhadap Brand Image.

ABSTRACT
Competition and beauty skin care industry is very tight, especially in big cities
like Jakarta with many skin care center clinic there, so that clinics can not just rely
on the superior features and benefits of functional again just to be able to have the
image on the positive eyes of the consumer. So this study wanted to find out what
influences the formation of Brand Image primarily by intangible aspects of a
brand such as demographic factors, including age variable, expenditure per
month, education level, and job status, as well as variable Experiential Marketing
and variable Word-of-Mouth (WoM). Analysis of the study with 69 respondents
using multiple regression with the results of respondents with graduate education
had a higher level of perception of the brand image compared to respondents with
graduate education, as well as variable variables Experiential Marketing and
Word-of-Mouth (WoM) has experienced the influence of perception respondents
to the Brand Image."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35387
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Dewi Purnama Sari
"Perkembangan teknologi sangat pesat dan memberikan kemudahan pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya kemudahan dalam melakukan donasi secara online. Saat ini terdapat sebuat metode penggalangan dana dari sejumlah orang untuk sebuah proyek tertentu melalui internet yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Salah satu situs crowdfunding yang popular di Indonesia yaitu Kitabisa.com. Namun, saat ini penyaluran dana per bulan melalui Kitabisa.com belum sesuai target. Ternyata hanya 37 dari total campaign yang penggalangan dananya terdanai atau dinyatakan sukses, dengan rincian total penggalangan dana yang mencapai target hanya 6 . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan donasi online.Analisis data pada penelitian ini menggunakan Varian Based SEM VB-SEM yaitu PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS 3.2.6 terhadap 494 responden yang merupakan pengguna internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan untuk melakukan donasi online ditentukan oleh keterikatan emosional pada campaign emotional attachment toward campaign , ketergantungan fungsional pada platform functional dependence on platform , dan kepercayaan pada campaigner trust toward campaigner yang dipengaruhi oleh faktor sosial identifikasi dan faktor-faktor teknologi personalisasi, sistem achievement, dan fitur teknologi internet . Faktor kepercayaan pada campaigner memberikan pengaruh paling signifikan terhadap keinginan melakukan donasi online. Semakin tinggi kepercayaan pengguna pada campaigner maka keinginan melakukan donasi semakin meningkat.

The development of technology is very rapid and provide convenience to various areas of life, one of which ease to donate online. Currently there is a method of fundraising from a number of people for a particular project over the internet known as crowdfunding. One of the most popular crowdfunding sites in Indonesia is Kitabisa.com. However, the current monthly distribution of funds through Kitabisa.com has not been on target. It turns out that only 37 of the total campaign fund raising is funded or declared successful, with details of total fundraising achieve the target of only 6 . Therefore, this research aims to determine the factors affect the intention to donate online.The data analysis in this research is using Varian Based SEM VB SEM with SmartPLS 3.2.6 toward 494 respondents who are internet users. The results of this research indicate the intention to donate online is determined by emotional attachment toward campaign, functional dependence on platform, and trust toward campaigner, which are influenced by social factors identification and technological factors personalization, achievement system, and internet technology features . Trust to campaigner gives the most significant influence intention to donate online. The higher user 39 s trust to campaigner, then the more intention to donate online."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Yeonardy
"Branchless banking adalah layanan sistem perbankan terbatas yang dilakukan tidak melalui fisik kantor bank, tetapi dengan menggunakan sarana teknologi dan jasa pihak ketiga atau agen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel task fit, monetary value, connectivity, personal innovativeness, absorptive capacity, perceived usefulness, dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap usage intention Mandiri E-cash. Desain penelitian yang dilakukan adalah konklusif deskriptif dengan metode cross-sectional dan diolah dengan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM). Responden yang diteliti adalah sebanyak 150 orang dengan menggunakan metode pengambilan sampel convenience sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel task fit, connectivity, personal innovativeness, absorptive capacity, dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap usage intention. Namun, variabel monetary value berpengaruh negatif dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan Mandiri E-cash.

Branchless banking is simply employing technology or agent to deliver financial services for the population without the need of conventional bank branches. The purpose of this research is to verify whether the 7 variables; task fit, monetary value, connectivity, personal innovativeness, absorptive capacity, perceived usefulness, perceived ease of use have positive impact toward usage intention of Mandiri E-cash. The conclusive-descriptive research with cross-sectional method is using analysis technique of Structural Equation Modelling (SEM). The collected 150 respondets was selected by convenience sampling and snowball sampling method. The result showed that task fit, connectivity, personal innovativeness, absorptive capacity and perceived ease of use have positive impact. However, monetary value is the opposite by giving negative impact and perceived usefulness has no impact toward usage intention of Mandiri E-cash."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paruntung, Abigail Thyca
"UMKM memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor-faktor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis dalam UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skema, efikasi diri, ikatan sosial yang lemah, ikatan sosial yang kuat, mentor, dinamisme pasar, heterogenitas pasar, dukungan pasar terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan single cross-sectional. Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dalam skala Likert yang kemudian dianalisis dengan metode regresi. Hasil analisis membuktikan bahwa skema, mentor, heterogenitas pasar dan akses pasar secara signifikan berpengaruh positf terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition.

SME play an important role in the growth of the Indonesian economy. Therefore SME industry is needed to be addressed in order to have more understanding about the factors that are contributing towards its business growth. This study investigates the perceived importance of schema, self efficacy, weak ties, strong ties, mentor, market dynamism, market heterogeneity and market munificence to Entrepreneurial Opportunity Recognition in SME under State Minister For Cooperatives Small And Medium Enterprises. An empirical survey was conducted through a structured questionnaire in Likert scale which were analyzed by regression. The results of the analysis prove that schema, mentor, market heterogeneity and market munificence is positively related to Entrepreneurial Opportunity Recognition for SME's. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Salsabila
"Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan.

Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthmainnah
"ABSTRAK
Konsumi minuman berkarbonasi di dunia tahun 2007 menunjukkan angka 552 miliar liter atau 82.5 liter per orang. Remaja di Indonesia mengonsumsi minuman berkarbonasi rata-rata 2 botol/kaleng seminggu. Tingginya perilaku remaja mengonsumsi minuman berkarbonasi disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, mengambil sejumlah 96 orang mahasiswa menjadi responden.
Tujuan penelitian ini adalah teridentifikasinya faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi minuman ringan berkarbonasi pada mahasiswa Administrasi Bisnis PNJ 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46.9% responden mengonsumsi minuman ringan berkarbonasi tingkat tinggi. Pengetahuan gizi, preferensi, teman sebaya, keluarga memiliki peran dalam konsumsi minuman ringan berkarbonasi pada mahasiswa.

Abstract
Consumption carbonated beverage in the world 2007 was 552 billion liters or 82.5 liters per person. Indonesian adolescent consumed beverage of carbonated was about 2 bottles/canes per week. The high consumption of carbonated beverage in adolescent was caused by internal and external factors. This study was a quantitative study with cross sectional design, used 96 students as respondents.
The aim of the study was to identify factors influenced consumption carbonated beverage in student of Administration Business Polytechnic of District Jakarta 2009. The result showed that 46.9 respondent who often consume carbonated beverage in large amount. Nutrition knowledge, preference, friend and family had a strong relation with student?s carbonated beverage consumption.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43167
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>