Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185445 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wulan Suciyatma
"Dengan perkembangan teknologi, mekanisme alat pembayaran tunai mulai bergeser ke penggunaan alat pembayaran kartu debit, sehingga masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dalam menggunakan alat pembayaran untuk bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil survei mengenai pengaruh karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, status pekerjaan, dan pendapatan) dan diskon terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan alat pembayaran (tunai dan kartu debit). Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah masyarakat yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan usia antara 17-45 tahun dan memiliki kartu debit. Data diolah dengan menggunakan metode Probit Regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik demografi dengan aspek jenis kelamin, status pekerjaan, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan alat pembayaran kartu debit, sedangkan aspek usia tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa diskon berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat yang cenderung beralih dari alat pembayaran pilihan sebelumnya ke alat pembayaran kartu debit.
ABSTRACT
With the development of technology, the cash payment instrument mechanism has begun to shift to using a debit card payment instrument, so that people are faced with various options for using payment instruments for transactions. This study aims to explain the survey results regarding the effect of demographic characteristics (age, gender, employment status, and income) and discounts on people's preferences in using payment instruments (cash and debit cards). In this study, the sample used is people who live in the areas of Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek) with ages between 17-45 years and have a debit card. The data were processed using the Probit Regression method. The results of this study indicate that demographic characteristics with aspects of gender, employment status, and income have a significant effect on people's preferences in using debit card payment instruments, while the age aspect has no significant effect. This study also shows that discounts have a significant effect on people's preferences who tend to switch from the previous preferred payment instrument to the debit card payment instrument."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifqi
"Industri pariwisata memainkan peran utama yang memicu pertumbuhan ekonomi dan merangsang pengembangan sektor lain di suatu wilayah. Kunjungan wisatawan di dalamnya menjadi penentu keberhasilan pariwisata suatu daerah, dan Kota Bogor mencatatkan prestasi tinggi dalam jumlah kunjungan. Potensi Kota Bogor dalam pariwisata didukung oleh berbagai objek wisata yang memainkan peran kunci dalam menarik wisatawan dan memicu motivasi untuk melakukan perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi objek wisata Kota Bogor berdasarkan karakteristik demografi wisatawan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis statistik deskriptif dan analisis spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan satu objek didominasi wisatawan usia 24 - 30 tahun, jenis kelamin laki-laki, dan pekerjaan pegawai swasta. Wisatawan dua objek wisata didominasi wisatawan usia 17 - 23 tahun, 30 - 40 tahun, dan lebih dari 40 tahun, jenis kelamin perempuan, dan pekerjaan pegawai swasta. Wisatawan tiga objek wisata didominasi wisatawan usia 17 - 23 tahun, 30 - 40 tahun, dan lebih dari 40 tahun, jenis kelamin laki-laki dan perempuan, dan pekerjaan pegawai swasta. Motivasi dominan untuk wisatawan satu objek wisata, wisatawan dua objek wisata, dan wisatawan tiga objek wisata adalah adalah restorasi.

The tourism industry plays a primary role in triggering economic growth and stimulating the development of other sectors in a region. Tourist visits are a decisive factor for the success of tourism in an area, and the city of Bogor has achieved high performance in terms of visitor numbers. The tourism potential of Bogor is supported by various tourist attractions that play a key role in attracting visitors and motivating them to travel. This research aims to analyze the preferences for tourist attractions in Bogor based on the demographic characteristics of tourists. The research methodology involves descriptive statistical analysis and spatial analysis. The research findings indicate that visitors to the first tourist attraction are predominantly in the age group of 24 to 30 years, male, and employed in the private sector. Visitors to the second tourist attraction are dominated by individuals aged 17 to 23 years, 30 to 40 years, and over 40 years, female, and employed in the private sector. Visitors to the third tourist attraction are predominantly in the age groups of 17 to 23 years, 30 to 40 years, and over 40 years, both male and female, and employed in the private sector. The dominant motivation for tourists with one tourist attraction, tourists with two tourist attractions, and tourists with three tourist attractions is restoration."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rafid Edi Putra
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen saat menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada sistem pembayaran seluler di Indonesia. Dengan munculnya pembayaran seluler QRIS, transaksi di banyak area bisnis, terutama di toko, telah terganggu. Dari pembayaran tunai dan EDC (Electronic Data Capture), sudah menjadi hal umum di Indonesia menggunakan pembayaran QR dengan QRIS. Sebuah tinjauan komprehensif dari literatur ilmiah menunjukkan pengembangan model perilaku yang menjelaskan preferensi untuk menggunakan QRIS. Penelitian ini menggunakan sampel berusia 17-30 tahun yang tergolong pengguna mobile payment aktif yang rutin menggunakan QRIS dalam bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara dua variabel dengan menganalisis tipe kuantitatif dengan desain penelitian konklusif dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan model penerimaan teknologi (TAM) untuk membentuk perilaku yang berbeda tergantung pada penggunaan pengguna dari setiap metode pembayaran yang ditawarkan. Wawasan dan dampak pada manajemen memberikan alternatif untuk menjalankan bisnis. Penelitian ini menggunakan SmartPLS karena fokus penelitian adalah menganalisis hubungan antara konstruk, bukan menganalisis model. Hasil empiris menunjukkan bahwa kenyamanan dan kecepatan yang diakui merupakan hambatan penting dalam proses pembayaran, seiring dengan niat perilaku pengguna terhadap pembayaran QRIS. Hambatan potensial lainnya termasuk pemilihan pembayaran seluler di dalam toko, ketidaktahuan konsumen terhadap QRIS, kebiasaan lama, citra, dan inovasi pribadi dari layanan dan kebutuhan pengguna yang dapat diterima secara sosial.

The purpose of this study is to analyze the factors that influence consumer preference when using QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) in Indonesian mobile payment systems in-store. With the advent of QRIS mobile payments, transactions in many areas of the business scene, especially in stores, have been disrupted. From cash and EDC (Electronic Data Capture) payments, it has become common in Indonesia to use QR payments with QRIS. A comprehensive review of the scientific literature shows the development of a behavioral model that explains the preference for using QRIS. This study uses a sample of 17-30 years old classified as active mobile payment users who regularly use QRIS in their business. This research aims to seek relationships between two variables by analyzing a quantitative type with conclusive and descriptive research design. This study uses technology acceptance model (TAM) to form different behaviors depending on the user's usage of each payment method offered. Insights and impacts on management provide an alternative to operating a business.This research uses SmartPLS since the focus of the research is to analyze the relationship between construct, not analyzing a model. Empirical results show that the recognized convenience and speed constitutes an important barrier to the payment process, along with the behavioral intention of users towards the QRIS payment. Other potential obstacles include in-store selection of mobile payments, consumer ignorance of QRIS, old habits, image, and personal innovativeness of users' socially acceptable services and needs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ricardo Indra
"Masyarakat dihadapkan pada perkembangan teknologi yang dapat memberikan dampak perubahan kehidupan sosial. Kehadiran teknologi di tengah masyarakat kini tidak dapat dihindari lagi seperti penggunaan uang elektronik untuk keperluan transportasi bis Transjakarta, kereta Commuter Line, akses jalan tol, kemudian layanan elektronik perbankan, belanja online, perubahan surat kabar menjadi media digital, transportasi berbasis online, dan berbagai inovasi lainnya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ditemukan penyatuan karakteristik inovasi sebagai penentu dominan proses adopsi pada model penerimaan teknologi dapat menghasilkan suatu model baru penerimaan teknologi. Model ini menggambarkan peran penting dari karakteristik inovasi Innovations Diffusion Theory IDT yaitu Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialiblity, dan Observability dalam membentuk persepsi individu melalui Technology Acceptance Model TAM . Hasil penelitian terhadap pengguna mobile money menunjukkan kontribusi ilmu komunikasi di bidang sistem informasi, melalui penyatuan karakteristik inovasi ke dalam model penerimaan teknologi.

People are faced to the technological developments that can have a life changing social impact. The presence of technology in the community is now inevitable such as the use of electronic money for Transjakarta bus transportation, Commuter Line train, toll road access and electronic banking services, online shopping, newspapers that changed into the digital media, online based transportation and various other innovations. Quantitative approach was used to find the innovation characteristics unification as the dominant determinant of the adoption process on the technology acceptance model that can produce a new model of technology acceptance. This model illustrates the important role of Innovations Diffusion Theory IDT such as an innovation characteristic of Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialiblity, and Observability in shaping individual perception through Technology Acceptance Model TAM . The results of research on mobile money users showed the contribution of communication science in the field of information system, through the unification of innovation characteristics into the technology acceptance model.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malinda Ria Fariza
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi usia, jenis kelamin, dan pendidikan dewan eksekutif terhadap risiko portofolio bank. Penelitian ini menggunakan 32 sampel bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2011-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko portofolio bank dapat dipengaruhi oleh usia dewan eksekutif. Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa usia dewan eksekutif berpengaruh negatif secara signifikan terhadap risiko portofolio bank. Sedangkan kehadiran dewan eksekutif wanita tidak berpengaruh secara signifikan terhadap risiko portofolio bank. Selain itu, pendidikan dewan eksekutif juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap risiko portofolio bank.

This objective of this research to examine the effect of age composition, gender, and education of the executive board on bank portfolio risk. This study uses a sample of 32 banks listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2013. This study argues that the bank portfolio risk could be influenced by the age of the executive board. Analysis of regression is used to test the hypothesis in this study.
The result of this research give evidence that the age of the executive board significantly negative effect on bank portfolio risk. Whereas the presence of female executive board does not significantly effect on bank portfolio risk. In addition, the executive board of education did not significantly effect on bank portfolio risk."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S60546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Petra Christianto
"Satu diskon itu seperti satu kali, tapi kenyataannya konsumen sering mencicipinya dua kali. Akibatnya konsumen merasa dikucilkan lebih sedikit, dan bersedia mengeluarkan lebih banyak. Penelitian dalam tes skripsi ini apakah bentuk promosi seperti kredit promosi dan cashback dapat mendorong konsumen untuk menggandakan biaya transaksi mereka dan menghasilkan persepsi biaya lebih rendah dari yang seharusnya dirasakan. Skripsi ini juga melengkapi penelitian tersebut sebelumnya (Cheng & Cryder, 2018) dengan menambahkan faktor situasional lainnya seperti cara pembayaran dan juga jenis toko dalam kaitannya dengan persepsi biaya. Penelitian eksperimental dilakukan pada 215 mahasiswa UI yang berusia 18-23 tahun yang terbiasa menggunakan dompet digital, melalui penyediaan serangkaian skenario hipotetis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen yang menerima promosi seperti kredit promosi dan cashback mengurangi biaya transaksi dua kali, sedangkan metode pembayaran dan jenis toko tidak berpengaruh terhadap persepsi biaya konsumen.

One discount is like one time, but in reality consumers often taste it twice. As a result, consumers feel isolated less, and willing to spend more. The research in this thesis tests whether forms of promotion such as promotional credit and cashback can encourage consumers to double their transaction costs and result in a perceived cost that is lower than the perceived cost. This thesis also complements the previous research (Cheng & Cryder, 2018) by adding other situational factors such as the method of payment and also the type of shop in the assessment with the perception of costs. Experimental research was conducted on 215 UI students aged 18-23 years who are accustomed to using digital wallets, through the provision of hypothetical scenarios. The results of this study indicate that consumers who receive promotions such as promotional credit and transaction fee repayments twice, whereas the payment method and type of shop had no effect on consumers' perceptions of costs."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Rizqia Chabsah
"Inovasi teknologi yang dilakukan oleh sektor keuangan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara riil, hal tersebut merupakan teori Supply Leading View oleh Schumpeter. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah inovasi finansial sistem pembayaran non tunai. Instrumen yang digunakan pada sistem pembayaran non tunai dapat dikelompokkan berdasarkan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) dan uang elektronik. Dengan adanya sistem pembayaran non tunai diharapkan secara ekonomi mikro dapat mempermudah transaksi pembayaran dan secara ekonomi makro dapat mengurangi biaya transaksi sehingga dapat meningkatkan konsumsi rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis dampak dari APMK dan uang elektronik terhadap konsumsi rumah tangga maupun konsumsi rumah tangga menurut pengeluaran. Analisis dilakukan menggunakan metode Fixed Effect data panel pada 33 provinsi di Indonesia dari tahun 2019 sampai 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa APMK dan uang elektronik berpengaruh signifikan positif terhadap konsumsi rumah tangga. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa APMK berpengaruh signifikan positif terhadap konsumsi rumah tangga menurut pengeluaran hanya pada sektor tertentu saja. Sedangkan uang elektronik menunjukkan pengaruh signifikan positif terhadap konsumsi rumah tangga menurut pengeluaran hampir di semua sektor.

Technological innovations carried out by the financial sector can drive real economic growth, which is part of Schumpeter's Supply Leading View theory. One form of such innovation is the financial innovation of the non-cash payment system. If grouped by instrument, cashless payment systems consist of: payment instruments using cards (APMK) and electronic money. It is expected that on a microeconomic scale, payment transactions can be facilitated, and on a macroeconomic scale, transaction costs can be reduced, thereby increasing household consumption with the presence of non-cash payment systems. Therefore, the purpose of this study is to analyse the impact of APMK and electronic money on household consumption as well as household consumption by expenditure. The analysis was carried out using the Fixed Effect panel data method on 33 provinces in Indonesia from 2019 to 2023. The results of this study indicate that APMK and electronic money have a significant positive impact on household consumption. In addition, the study also shows that APMK has a significant positive impact on household consumption by expenditure only in certain sectors. Meanwhile, electronic money shows a significant positive impact on household consumption by expenditure in almost all sectors."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Dian Affandi
"Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan nilai manfaat ekonomi Kebun Raya Bogor (KRB) dengan Travel Cost Method (TCM) dan memperkirakan marginal willingness to pay dari setiap karekteristik KRB dan kenaikan harga tiket masuk dari skenario yang ditetapkan dengan Choice Modelling Method (CM). Survey dilakukan terhadap 414 pengunjung lokal. Hasil regresi linear TCM menunjukkan bahwa biaya perjalanan, jenis kelamin dan pendidikan signifikan mempengaruhi jumlah kunjungan ke KRB. Nilai Consumer Surplus sebesar Rp582.072,00 (US $ 40,90) dan nilai total manfaat yang diperoleh sebesar Rp728.825.156.754,00 (US $ 51,21 juta) pertahun. CM dirancang untuk menilai skenario pengelolaan KRB bedasarkan tugas dan fungsi KRB. Atribut jumlah jenis tumbuhan, informasi dan pendidikan lingkungan, layanan mobil wisata serta atribut moneter berupa tiket masuk. Hasil regresi Conditional logit menunjukkan bahwa pengunjung KRB memberikan nilai tertinggi pada atribut layanan mobil wisata gratis diikuti atribut informasi dan pendidikan lingkungan. Nilai compensating surplus diperkirakan sebesar Rp19.695,729 (US $ 1,38) dan nilai total manfaat sebesar Rp24.661.455.447,81 (US $ 1,732 juta) pertahun. Rencana kenaikan harga tiket masuk KRB wisatawan lokal diperkirakan sebesar Rp20.269,41 perkunjungan. Harga tiket masuk perlu ditingkatkan secara efisien untuk peningkatan pendapatan dan pendanaan KRB yang berkelanjutan.

This study aims to estimate Bogor Botanical Gardens (BBG) economic benefit value with the Travel Cost Method (TCM) and to estimate the marginal willingness to pay of each BBG characteristic and the increase in the entrance ticket price from the scenario determined by the Choice Modeling Method (CM). The survey was conducted on 414 local visitors. The linear regression results show that travel cost, gender and education significantly affect the number of visits to BBG. The value of Consumer Surplus amounted to IDR582.072,00 (US 40,90) and the total value of benefits obtained was IDR728.825.156.754,00 (US $ 51,21 million) per year. CM is designed to assess BBG management scenarios based on the tasks and its functions. Attributes to the number of plant species, information and environmental education, tourist car services and monetary attributes in the form of entrance tickets. Conditional logit regression shows that BBG visitors provide the highest value on the attributes of free tourist car services followed by information and environmental education. Compensating surplus was estimed at IDR19.695,729 (US $ 1,38) and the total value of benefits is IDR24.661.455.447,81 (US $ 1,732 million) per year. The planned increase in the ticket prices for local tourist is estimated at IDR20.269,41 (US $ 1,42) per visit. Entrance ticket prices need to be increased efficiently for increased revenue and sustainable BBG funding."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53918
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saladin Markanday
"ABSTRAK
Jakarta berpotensi besar di bidang pariwisata, dan jika dibanding dengan daerah lain, pariwisata Jakarta telah berkembang secara pesat. Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi objek wisata di Jakarta berdasarkan karakteristik demografi wisatawan. Penelitian ini menggunakan data karakteristik demografi berdasarkan dari usia dan pekerjaan. Jenis wisata yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisata rekreasi, sejarah dan budaya, serta belanja dan kuliner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui kecenderungan wisatawan terhadap pemilihan objek wisata, dilihat dari karakteristik demografi wisatawan tersebut dan juga untuk melihat pengaruh efisiensi terhadap pemilihan rute wisata. Hasil penelitian preferensi menunjukkan bahwa wisata rekreasi yang menjadi pilihan utama kelompok demografi berusia 17-23 tahun dan 24-30 tahun, serta kelompok pekerjaan sebagai PNS dan Swasta, memilih Taman Mini Indonesia sebagai pilihan utama. Kelompok usia 31 ndash; 40 tahun dan 41 tahun ke atas, serta kelompok pekerjaan lain-lain memilih Kebun Binatang Ragunan sebagai pilihan utama. Kelompok pelajar memilih Kota Tua sebagai pilihan utama. Untuk objek wisata sejarah dan budaya, semua kelompok usia serta kelompok pekerjaan pelajar, swasta, dan lain-lain memilih Monumen Nasional sebagai pilihan utama, hanya kelompok pekerjaan PNS saja yang memilih Museum di Kawasan Kota Tua sebagai pilihan utama. Jenis wisata yang ketiga yaitu belanja dan kuliner, yang menjadi objek wisata pilihan utama wisatawan berprofesi sebagai pelajar serta kelompok pekerjaan pelajar dan PNS adalah Senayan City. Kelompok usia 31-40 tahun dan 41 tahun keatas, serta kelompok pekerjaan lain-lain yang memilih Kelapa Gading sebagai pilihan utama, sedangkan kelompok usia 24-30 tahun serta kelompok pekerjaan swasta, memilih Blok M sebagai pilihan utama mereka. Kesimpulan penelitian pengaruh efisiensi terhadap pemilihan rute wisata berbeda tiap jenis wisata dan tidak berpengaruh secara signifikan antara efisiensi dengan pemilihan rute wisata. Wisata rekreasi mempunyai persentase pemilihan rute efisien sebesar 42 dari total pemilihan rute wisata rekreasi. Wisata sejarah dan budaya, persentase pemilihan rute efisien sebesar 32,5 dari total pemilihan rute wisata sejarah dan budaya. Wisata belanja dan kuliner, persentase pemilihan rute efisien sebesar 31 dari total pemilihan rute wisata belanja dan kuliner.

ABSTRACT
Jakarta is growing rapidly in the field of tourism compared with other provinces. To support the development of the tourism sector, this study aims to determine the attraction preference based on tourist demographic characteristics. This study uses demographic characteristics data based on age range and occupation. Types of tours used in this study are recreational, history and culture, as well as shopping and culinary. The method of analysis used in this study is descriptive statistics. Descriptive statistics used to determine the tendency of tourists to the attractions preference, viewed from the demographic characteristics of these tourists and also to see the effect of efficiency on the tour routes preference. The results show the majority of demographic groups aged 17 23 years and 24 30 years, as well as employment groups as civil servants and private, chose Taman Mini Indonesia as the main choice of recreational tours. Groups aged 31 40 years also 41 years and over, as well as other employment groups chose Ragunan Zoo as the top choice. Student groups choose Old Town as the primary choice. For historical and cultural attractions, all age groups and occupation types like student, private, and others choose the National Monument as the primary choice, only civil servant groups who choose the Museum in the Old Town Area as the primary choice. The last type of tours is shopping and culinary, which Senayan City became the main choice of the 17 23 year age group as well as the student work group and civil servants. Age groups 31 40 years also 41 years and above, as well as other employment groups chose Kelapa Gading as the primary choice, while the 24 30 years age groups as well as private employment groups chose Blok M as their primary choice. The conclusion for the effect of efficiency on the selection of different tour routes for each type of tours, is that the efficiency does not significantly influence the selection of tour routes. Recreational tours has an efficient routes selection percentage of 42 of the total selection of recreational tourist routes. Historical and cultural tours, efficient routes selection percentage of 32.5 of total selection of historical and cultural routes. Shopping and culinary tours, efficient routes selection percentage of 31 of total selection of shopping and culinary tour routes."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Sardiana
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah literasi keuangan syariah dan indikatornya yaitu pengetahuan, kemampuan dan keyakinan diri berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap preferensi penggunaan jasa keuangan syariah. Dengan demikian, berdasarkan literasi keuangan dapat diketahui preferensi konsumen dalam menggunakan jasa keuangan syariah. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi binary logistik. Data yang digunakan adalah data primer dengan metode penyebaran kuesioner kepada pengguna dan non pengguna jasa keuangan syariah yang tersebar di Jakarta dengan periode April hingga Mei 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap preferensi penggunaan jasa keuangan syariah. Dalam pengujian lebih lanjut, indikator pengetahuan berpengaruh secara parsial signifikan terhadap preferensi penggunaan jasa keuangan syariah, adapun indikator kemampuan dan keyakinan diri tidak mempengaruhi preferensi penggunaan jasa keuangan syariah.

The purpose of this study was to determine whether the Islamic financial literacy and the indicator as the knowledge, ability or skills and the confidence have a significant effect together and partially to the preferences of using the Islamic financial services. Thus, financial literacy can be determined by consumer preferences in using the services of Islamic financial institutions. This type of research is descriptive research, while the method of analysis used in this study is the method of binary logistic regression analysis. The data used is primary data by the method of distributing questionnaires to users and non-users of Islamic financial services in Jakarta spread to the period April to May 2014. The results of this study indicate that Islamic financial literacy significantly influence preference use Islamic financial services. In further testing, the knowledge indicator is partially significant toward the preferences of the use of Islamic financial services, as for indicators of ability and confidence does not affect the preferences of the use of Islamic financial services.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>