Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119689 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asep Saepullah
"ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekuensial/bertahap
(sequential mixed methods) terutama strategi sekuensial explanatory dengan tujuan
untuk mengetahui trend, pertumbuhan dan pengaruh antara kunjungan wisatawan
terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata di Banten pada periode 1999-
2018, dengan menggunakan data time series melalui pengujian ko-integrasi
Johannsen dan kausalitas Granger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjalanan
wisatawan nusantara berpengaruh jangka panjang dan berdampak besar terhadap
penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata di provinsi Banten dibuktikan dengan
pengujian Johannsen cointegration dan Granger causality. Wisatawan nusantara
pada pola plot membentuk trend menaik dan seiring berjalannya waktu jumlah
wisatawan nusantara cenderung terus meningkat, namun pada tahun 2009 sd 2010
tampak terjadi lonjakan pesat wisatawan nusantara. Kunjungan wisatawan
mancanegara dalam kurun waktu 20 tahun terakhir mengalami pertumbuhan
kenaikan tertinggi pada tahun 2017 sebesar 403.463 kunjungan wisatawan
mancanegara, dan mengalami penurunan sebesar 18,95 % di tahun 2018 menjadi
sebesar 327.003 kunjungan.
Hasil penelitian terdapat penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi
Banten yang terjadi pada tahun 2018, salah satu penyebabnya adalah status level 2
(waspada) Gunung Anak Krakatau yang ditetapkan oleh pemerintah dan terjadinya
bencana alam yang menyebabkan tsunami di pesisir laut wilayah Banten pada tahun
2018. Terjadi pergeseran tren pariwisata, yaitu dari motivasi bersenang-senang
menjadi mencari pengalaman baru. Paradigma pariwisata ini pun bergeser
dari sun, sand and sea menjadi serenity, sustainability and spirituality.
Pemekaran 2 Kabupaten yang terjadi di Provinsi Banten pada tahun 2007 dan 2008
berdampak terhadap peningkatan penyerapan tenaga kerja di wilayah pemekaran,
dengan berdiri banyaknya instansi-instansi pemerintahan daerah otonom dan dunia
usaha, serta pertumbuhan ekonomi sekitar

ABSTRACT
The research uses sequential mixed methods strategies, especially
explanatory sequential strategies with the aim to determine trends, growth and the
influence of tourist visits on tourism employment in Banten period 1999-2018,
using data time series through testing Johannsen co-integration and Granger
causality. The results showed that the travel of domestic tourists had a long-term
effect and had a large impact on the employment of the tourism sector in Banten
province as evidenced by Johannsen cointegration and Granger causality testing.
Domestic tourists in the plot pattern formed an upward trend and over time the
number of domestic tourists tended to continue to increase, but in 2009 to 2010
there appeared to be a rapid surge in domestic tourists. Foreign tourist visits in the
last 20 years experienced the highest growth in 2017 at 403,463 foreign tourist
visits and decreased by 18.95% in 2018 to 327,003 visits.
The results of the study have decreased in the number of tourist visits to
Banten province that occurred in 2018, one of the causes was the level 2 (alert)
status of Gunung Anak Krakatau set by the government and the occurrence of
natural disasters that caused tsunamis in the coastal area of Banten in 2018. A shift
in tourism trends, which is from the motivation of having fun being looking for
new experiences. This tourism paradigm shifted from sun, sand and sea to
serenity, sustainability and spirituality. There are two autonomous districts that
occurred in Banten Province in 2007 and 2008 had an impact on increasing
employment in the newly created regions, with the standing of many autonomous
regional government agencies and the business sector, as well as economic growth.
"
2019
T53831
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kotler, Philip
Boston, MA : Pearson Education, 2014
658.8 KOT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kotler, Philip
Boston: Pearson, 2010
658.8 KOT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"The objective of the research is to examine the significance influence of organizational culture and information technology to firm performance through innovation. Population of the research is hotel firms exist in North Sulawesi. The sample is 87 hotel firms which taken by stratified random sampling. Partial Least Square(PLS) is the analysis tool applied in this research. The results of the research show that organizational culture has significant influence to innovation, however, has no significant influence to firm performance. Information technology has significant influence to innovation, but has no significant influence to firm performance. Based on the research result then it is suggested to the management and hotel owners to revise the existing cultural values which are considered not relevant to business development, and used the innovation to improve the competitiveness of firm. In addition to that, employees as the operator of information technology should be improved their skill to be able to innovate with the technology itself. "
JUKIN 5:2 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kotler, Philip
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1998
647.94 KOT m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Prameswari
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi komunikasi dan web pada industri pariwisata kian mempengaruhi cara orang dalam mengakses informasi. Salah satu bentuk perkembangannya diwakili dengan ulasan online oleh pengguna hotel pada travel website yang keberadaannya tengah menjamur dewasa ini. Opini pengguna dapat dimanfaatkan oleh pengelola hotel dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan, bersamaan dengan rencana pemerintah untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan opinion mining guna mengetahui aspek yang berkaitan dengan layanan dan fasilitas beserta sentimennya untuk menggambarkan pendapat pengguna terhadap kualitas hotel. Sebuah program yang bekerja atas prinsip Recursive Neural Tensor Network (RNTN) digunakan dalam penelitian ini. Ulasan pengguna hotel di Labuan Bajo, Lombok, dan Bali digunakan untuk mewakili daerah wisata yang mirip dan berdekatan, serta tingkat perkembangan pariwisata yang berbeda-beda. Luaran analisis sentimen menunjukkan bahwa aspek yang berkaitan dengan aktivitas dan hiburan, fasilitas ruangan, dan jasa transportasi di ketiga daerah masih didominasi dengan sentimen negatif. Hasil penelitian dapat digunakan untuk evaluasi dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan sebagai penunjang pariwisata di Indonesia

ABSTRACT
The rapid development of communication technology and website on the tourism domain increasingly influence the way people access information. One of the development impact is represented by hotel users? review on travel websites whose existence is flourishing today. Users? opinion can be used by hotel managers for improving the quality of the hospitality industry, in line with the government plans to bring more tourists to Indonesia. Opinion mining approach is used in this research to determine the aspects related to service and facility of the hotel, along with the sentiment to describe users? opinion towards the quality of the hotel. A program that works on the principle of Recursive Neural Tensor Network (RNTN) used in this study. Hotel users? review in Labuan Bajo, Lombok, and Bali used to represent the tourist areas that are similar and close to each other, with different levels of tourism development. The output of this research shows that the hotel aspects related to activities and entertainment, room amenities, and transportation services in the three regions are still dominated by negative sentiment. Therefore, the results of this research can be used for evaluation to improve the quality of the hospitality industry as an important support in Indonesia tourism"
2016
S63047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The book addresses topics such as tourism education and its development in the latter part of the twentieth century, taking "tourism" to be a broader field than "hospitality.""
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469268
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Nandi Kurniawan
"Penelitian ini dilakukan di Pesisir Selatan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Memperoleh informasi sebaran dan karakteristik potensi obyek wisata alam. (2) memperoleh informasi kesesuaian wisata yang wisatawan dibutuhkan dalam standar kenyamanan dan kemanan dalam kegiatan pariwisata. Sebaran dan karakteristik obyek wisata di identifikasi melalui studi literatur dan observasi lapangan, kesesuaian wisata alam di identifikasi menggunakan parameter Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) untuk mengukur standar kenyamanan dan keamanan dalam aktivitas pariwisata. Analisis dilakukan dengan overlay peta dan diperkuat dengan metode deskriptif untuk melihat sebaran dan karakteristiknya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akibat kondisi morfologinya Pesisir selatan Kabupaten Sukabumi memiliki 16 obyek wisata yang memiliki karakteristiknya masing masing. Semua obyek wisata memiliki nilai kesesuaian yang sesuai sebagai obyek wisata alam. Namun dari hasil indeks kesesuaian infrastruktur wisata hanya 8 atau 50 % dari seluruh obyek wisata yang ada yang dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata yang aman dan nyaman.

This research was conducted in the South Coast of Sukabumi District, West Java Province. The purpose of this study were (1) Obtaining information of the distribution and characteristics of the potential for natural tourism sites. (2) Obtain conformity information which was needed by tourists in comfort and safety standards in tourism activities. Distribution and characteristics of tourism sites were identified through literature studies and field observations, the suitability of nature tourism sites were identified using parameter of Travel Suitability Index (IKW) to measure the standard of comfort and security in tourism activities. The analysis was performed by overlaying maps and reinforced with descriptive method to see the distribution and characteristics.
These results indicate that due to morphologic factors, South Coast of Sukabumi has 16 tourism attraction sites that have their own characteristics. All attractions have the appropriate suitability value as the natural tourism attraction sites. But from the tourist infrastructure suitability index, only 8 sites or 50% of all existing attraction sites that can be used as a tourist destination that is safe and comfortable.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
T46157
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afiansyah
"Dinas Kesehatan Propinsi Daerah Istimewa Aceh sebagai unsur pelaksana pelayanan kesehatan, telah berupaya memberkan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, salah satunya melalui Puskesmas Latihan. Salah satu unit pelayanan yang dimiliki oleh Puskesmas Latihan adalah poli gigi, dimana fasilitas yang dimilki terdiri dari 5 unit peralatan gigi yang terdiri dari 1 unit fuel elektrrc dan 4 unit sederhana yang dilayani oleh tenaga dokter gigi 2 orang, perawat gigi 9 orang serta 1 orang petugas kartu. Jumlah dokter gigi hanya 2 orang sedangkan beban kerja dokter gigi cukup besar antara lain mengawasi kerja perawat gigi, pencatatan kartu, penulisan resep sampai pembayaran pasien. Akibatnya waktu komunikasi dengan pasien menjadi berkurang, sehingga kemungkinan pasien menjadi kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Jumlah pasien mencapai 60-80 orang perhari dengan berbagai kasus perawatan. Banyaknya pasien mengakibatkan permasalahan permasalahan antara lain :
1. Fasilitas yang tidak mendukung sehingga apabila dibutuhkan pelayanan yang memerlukan mesin bor untuk preparasi kavitas mengakibatkan pasien menunggu terlalu lama. Data tahun 1998 menyatakan hampir 17,31 % setiap bulan pasien dirujuk akibat kurangnya alat ini.
2. Waktu komunikasi yang kurang akibat banyaknya pasien yang berobat, sehingga infonnasi yang disampaikan pasien mengenai penyakit giginya kurang mendapat respon.
3. Krisis ekonomi mengakibatkan harga obat melonjak sampai empat kali lipat sehingga mengakibatkan terbatasnya obat gigi yang digunakan sehingga ada kasus-kasus tertentu dilakukan pengobatan tidak sesuai dengan indikasinya. Data tahun 1998 jumlah kasus tambalan 1487 orang, yang mendapat tambalan tetap hanya 503 orang (25,3 %).
4. Kurangnya jumlah Instrumen dan alat sterilisasi yang hanya satu buah yang tidak sesuai dengan jumlah pasien mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan SOP (Standar Opertional Prosedur). Data dari Dinas Kesehatan Tingkat I tahun 1998 jumlah kasus abces 955 orang (10,8 %).
Penelitian ini hanya menganalisa hubungan antara pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan berdasarkan karakteristik pasien yang meliputi umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan jenis penyakit. Variabel penelitian dibatasi pada responden yang telah berumur 15 tahun keatas, dengan jumlah sampel 399 orang.
Penelitian ini menggunakan rancangan belah lintang ( cross sectional ) untuk mendapatkan gambaran tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan dan mendapatkan informasi tentang hubungan pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien.
Pada pelayanan penerimaan pasien, pelayanan dokter gigi, pelayanan perawat gigi, proporsi pasien yang puas lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak puas. Tetapi pada fasilitas medis dan penunjang medis proporsi pasien yang tidak puas lebih banyak dari pada yang puas. Untuk pelayanan tenaga kesehatan proporsi pasien yang puas terhadap pelayanan perawat gigi lebih besar dibandingkan yang puas atas pelayanan dokter gigi.
Setelah dilakukan pengujian secara statistik dengan Chi- Square maka diperoleh hubungan yang bermakna antara pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan berdasarkan umur (> 25 tahun ), jenis kelamin (laki-laki dan wanita), pendidikan (pendidikan tinggi), pekerjaan ( yang bekerja dan tidak bekerja ), penyakit gigi (berlobang).
Kesimpulannya, hampir semua responden menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan dan hanya sebagian kecil saja yang meyatakan tidak puas.
Daftar bacaan: 25 ( 1969 -1997 )

The Relationship Between Health Provider Service With The Patient Satisfaction for Mouth and Dental Health Service in Public Health Center Latihan Blang Padang Banda Aceh in 1999.Health District in Aceh Province as health service provider had given their best effort to give the optimum service for the community, one of them through the Latihan Public Health Center. One of the service is dental clinic equiped with five dental unit, one fully elektric and the other four are non elektric, manned by two dentists, and nine dental nurses and one medical registrar. As many as 60-80 patients visits per day needing various dental care. The two dentists, have heavy work load such as suvervising the work of the dental nurses. and medical registran, as well as receiving payment from the patients limiting the contact between them and the patients they attended, thus affecting the patients satisfaction.
Problem arise from serving too many patients included:
1. Long waiting time at the result of too few equipments including the drill machine for filling dental cavity. Almost 17,3 % of patients were referred to other dental facilities per month.
2. Limited time for communication renders the officials as unresponsive to their patients complaints.
3. Economics crisis forced the drug price up four times their original price limiting the amount of drug available in the health center, so that many cases were treated inadequadely. In 1998 as many as 1487 cases needed dental repair, only 503 ( 25,3 %) got permanent filling.
4. Too few instruments and only one sterilizer makes it difficult to fulfil the SOP in dental care. 1998 data shows the sum % 955 persons (10,8 %) with abcess after being treated at the health center.
This research is limited to the analysis of the relationships between health provider service with patients' satisfaction with respect to patients' characteristic such as: age, sex, education, job and types of symptoms. Respondents were limited to patients who were more than fifteen years old, numbering 399 person.
Design of this research was cross sectional study to describe the patients satisfaction to the service available at the health center and providing information on the relationship between provider service with patients satisfaction.
In patient admission service, dental service, dental nurse service the proportion of patients who were satisfied with the service is larger than those who were unsatisfied. On the other hand, the proportion of those satisfied with the medical fasilities and supports was smaller than those unsatisfied. With respect to type of personel rendering the service, the proportion of patients who were satisfied with.the dentist's service was smaller than those who were satisfied with the dental nurses's service.
Testing using Chi-square, showed significant relationship between health provider service with satisfaction according to patients characteristic such as age (more 25 years), sex (male and female), education (high), (job and jobless), dental cavity. Conclusion: most of the respondents stated their satisfaction service given in health center only few respondents remain unsatisfied.
References : 25 ( 1969 -1997 )
"
Depok: Universitas Indonesia, 2000
T451
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Karinadewi
"Industri hospitaliti, terutama sektor perhotelan, adalah salah satu industri dengan tingkat perpindahan pekerja tertinggi di dunia. Di Indonesia, sektor hotel mengalami berbagai permasalahan yang disebabkan oleh tingginya tingkat perpindahan pekerja. Hal ini juga dialami oleh berbagai perusahaan operator hotel terkemuka, termasuk PT. Archipelago International. Dalam studi ini, peneliti mengkaji bagaimana pekerja hotel di PT. Archipelago International memaknai pekerjaan mereka dan bagaimana variabel ini berkontribusi terhadap keterlibatan kerja, komitmen organisasional dan intensi pindah kerja. Dalam studi ini dilakukan pula kajian terhadap peran dari keterlibatan kerja sebagai mediator pada hubungan antara makna pekerjaan dan komitmen organisasi. Structural equation model (SEM) digunakan untuk menganalisa data penelitian. Berdasarkan data yang didapatkan dari 406 pekerja hotel di Jakarta dan Bali, hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pekerjaan secara positif memengaruhi keterlibatan kerja, dan keterlibatan kerja secara positif memengaruhi komitmen organisasional. Keterlibatan kerja merupakan mediator penuh pada hubungan antara makna pekerjaan dan komitmen organisasional. Selain itu, ditemukan pula pengaruh negatif komitmen organisasional terhadap intensi pindah kerja. Implikasi manajerial dan ide penelitian berikutnya akan dibahas pada akhir studi.

The hospitality industry, especially the hotel sector, was one of the world’s highest in staff turnover rate. This is also the case in Indonesia, where the hotel sector is rife with problems related to high staff turnover. The situation is felt by hotel management companies in Indonesia, including PT. Archipelago International. In this paper, we explore how PT. Archipelago International’s hotel employees view the meaning of their work and how it contributes to their work engagement, organizational commitment, and turnover intention, along with the role of work engagement as mediator in the relationship between meaning of work and organizational commitment. Structural equation model (SEM) was used to examine the data. Based on the data collected from 406 hotel employees in Jakarta and Bali, results indicated that employees’ meaning of work positively influenced work engagement, and work engagement positively influenced organizational commitment. Work engagement was found to be a full mediator in the relationship between meaning of work and organizational commitment. Additionally, organizational commitment was also found to negatively influence turnover intention. Managerial implications and ideas for future research will be discussed at the end of the paper."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>