Ditemukan 19257 dokumen yang sesuai dengan query
Nopi Melani
"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa."
Jakarta: usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
600 TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Nopi Melani
"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
371 TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JPK 16(1-2)2010
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This research aims the activity and the result of students' learning in physics class VIII3 SMPN 7 Padang model PBI (Problem Bsed Instruction ) bases on media....."
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Diana Wangsa H.
"Peran industri manufaktur terhadap perekonomian Indonesia yang semakin meningkat tentunya harus didukung dengan melakukan continuous improvement pada industri manufaktur. Penelitian ini membahas mengenai perancangan serious simulation game (SSG) sebagai media pembelajaran aktif mengenai manajemen sistem produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan manajemen sistem produksi baik oleh akademisi dan juga praktisi dengan metode pembelajaran experiential learning. Perancangan serious simulation game ini berbasis pada konsep Triadic Game Design. Penelitian ini berfokus pada perancangan serious simulation game dengan papan permainan. Berdasarkan hasil Focus Group Discussion untuk mengevaluasi SSG yang dirancang, pemain mendapatkan pemahaman mengenai variabel dalam sistem produksi dan kemampuan mengaturnya.
The role of manufacturing industry keep growing in Indonesia’s economy needs to be supported by doing the continuous improvement. This research discuss about the serious simulation game design game as learning media for production sistem management. The purpose of this research is to enhance the production sistem managerial ability for both academician and practition through experiential learning method. This game was designed with Triadic Game Design and focused on board game. The focus group discussion shows that game participant get understanding about the variabels consist in the production system and the ability to manage the production system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47021
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
JPP 27:1(2004)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
TEKNODIK 15:1 (2011)(1-2)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
I Wayan Suastra
JPP 40:1(2007)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"esatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak kepada pendidikan, tidak terkecuali di Indonesia. Program pendidikan yang bersifat konvensional sukar dipertahankan seutuhnya, karena tersedianya media dan informasi baru yang semakin banyak dan bervariasi. Salah satu media yang perkembangannya semakin melesat adalah penggunaan komputer. Penggunaan komputer sebagai sarana pendidikan dimungkinkan karena banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dari komputer tersebut. Penelitian ini mencoba melihat efektifitas dan efisiensi pembelajaran dengan merancang media komunikasi berbasis web. Situs pembelajaran Universitas telah diujicobakan terhadap tiga puluh mahasiswa. Sebanyak 96% menyatakan program ini sangat menarik dan sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu 90% menyatakan program ini dapat mengatasi kebosanan terhadap perkuliahan di kelas dalam bentuk metode ceramah.
AbstractThe rapid development of science and technology has affected education, including in Indonesia. Conventional education programs are difficult to be maintained completely, because the availability of new information media is becoming increasingly numerous and varied. One more shot of media development is the use of computers. The use of computers as a means of education is possible because a lot of potential that can be used from that computer. This study tries to see the effectiveness and efficiency of learning by designing a web-based communications media. The e-learning site has been tested to thirty students. As many as 96% said the program is very interesting and very helpful in learning activities. In addition 90% stated that this program can overcome the boredom of lectures in the classroom in the form of the lecture method."
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma], 2009
pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rama Raditya
"
ABSTRAKSistem manajemen rantai pasok adalah sistem yang rumit dengan berbagai entitas yang saling berhubungan dan aktor manusia yang dapat mengambil keputusan. Pemahaman sistem manajemen rantai pasok secara langsung pada sistem membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Penelitian ini akan membahas penggunaan permainan simulasi sebagai sarana berbasis untuk memahami sistem manaemen rantai pasok. Permainan simulasi ini akan menggabungkan dua buah permainan simulasi yang sudah digunakan di lingkungan departemen teknik industri Universtias Indonesia yaitu PPIC GAME dan Geneshoes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa permainan simulasi berbasis web mampu mengajarkan konsep manajemen rantai pasok pada penggunanya.
ABSTRACTSupplyChain Management (SCM) is a complex system which consists of a lot of intercorrelated entities dan human decioan making actor. The full understanding of SCM system by experimenting direcly into the system required lengthly time and expensive. This reserach will propuse the use of web based simulatin gaming as a tools to understand SCM. This Simulationgame will fuse two Simulationgame which have used in departemen of industrial engineerin PPIC GAME and Geneshoes. The result of this research shows that web based Simulation could support the learning of SCM for the player."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43189
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library